Persiapan Bisnis Dropship


Sebelum memulai bisnis online yang khusus menyediakan produk custom terdapat beberapa istilah yang termuat dalam Kamus Bisnins Online, diantaranya:

  1. Mock up atau dikenal sebagai gambaran/preview adalah visualisasi konsep desain produk yang dibuat secara digital dengan menggunakan aplikasi editing gambar. Tujuannya adalah memberikan gambaran nyata berupa hasil cetakan untuk suatu produk.

           

  2. Mentahan adalah gambar original untuk kemudian didesain ke dalam mock up.

        

Untuk lebih jelasnya, perbedaan antara mock up dan gambar mentahan dapat disimak pada video berikut ini:

 

 

Sebagai NubiePreneur terdapat beberapa “senjata” untuk berjualan yang perlu kamu siapkan demi kelanacaran selama menekuni dunia bisnis. Adapun beberapa poin penting yang berperan sebagai senjata kamu adalah:

  • Siapkan akun khusus untuk jualan atau dengan kata lain akun online shop kamu. Perlu digaris bawahi ya akun khusus bukan gunakan akun pribadi. Baik itu akun Facebook, Instagram, dan lain-lain. Penting dan perlu diperhatikan pemberian informasi mendetail pada akun tersebut. Yakni mencantumkan kontak yang dapat dihubungi untuk proses pemesanan, spesialis produk custom yang kamu jual, dan lokasi pengiriman.
  • Sehubungan dengan urusan komunikasi dengan customer, kalian selaku seller harus memiliki nomor handphone dan aplikasi khusus untuk mendukung bisnis kalian. Pada umumnya, akun yang biasa digunakan adalah LINE, Whatsapp, dan Telegram disesuikan dengan kebutuhan kalian. Dan pastikan untuk pemesanan hanya perlu menghubungi salah satu dari alternatif yang ditawarkan agar tidak membingungkan kalian.
  • Silahkan download aplikasi Radja Ongkir. Aplikasi tersebut sangat berguna untuk mengeck ongkos kirim dari berbagai pilihan kurir seperti JNE dan Sicepat. Pastikan pengecekan ongkir dari jakarta ke lokasi penerima berdasarkan kecamatan penerima.
  • Setelah ketiga hal diatas siap, kalian perlu menetapkan niche market kamu. Sederhananya, niche adalah tema yang akan kalian gunakan. Gimana cara menentukannya? Terdapat beberapa cara seperti memilih apa yang menjadi kesukaan/hobi kamu. Atau bisa juga dengan melakukan riset terhadap apa yang sedang happening dan disukai oleh berbagai kalangan. Misalnya, kalian memilih niche OnePiece yang berarti produk custom yang kalian jual adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan OnePiece dan ditargetkan untuk para pecinta OnePiece. Menentukan niche ini adalah salah satu bentuk upaya kalian untuk mencermati peluang yang ada.

Terakhir, untuk terjadinya transaksi perlu adanya kesadaran publik akan produk yang kamu jual. Nah gimana sih caranya? Ya tentunya kamu harus melakukan pemasaran. Adapun teknik pemasaran yang dilakukan dapat dilakukan secara organik maupun berbayar seperti FB organik, FB Ads, PP, Endorse dan lain-lainnya. Secara lebih lanjut, kalian bisa pelajari tiap-tiap teknik pada Panduan Sistem&Materi yang ada di web DA seperti berikut ini: