Written by 2:30 am Berita

Survey Membuktikan, Tokopedia Jadi Platform E-Commerce Paling Aman

survey ecommerce 1

Dropshipaja News – Baru-baru ini, Kadence International melakukan survei dengan tajuk “The Most Trusted E-commerce”. Hasilnya cukup mengejutkan, hasil survei tersebut memperlihatkan kalau mayoritas responden mengatakan kalau Tokopedia adalah platform yang paling aman serta terpercaya.

“Sebanyak 85 persen responden sebut paling aman, dan dapat dipercaya oleh 86 persen responden serta paling memuaskan dari sisi produk serta layanan pengiriman oleh 86 persen responden,” ungkap Associate Research Director di Kadence International, Adhistya Febriani, Kamis, 8/12/22 sebagaimana yang dropshipaja kutip dari laman tempo.co.

Datanya memperlihatkan kalau Tokopedia mendapatkan indeks kepuasan pengguna tertinggi yaitu 89,68, disusul oleh Shopee di peringkat ke 2 dengan 87,77 dan ke 3 Lazada dengan 81,61.

Adhistya mengungkapkan, survei ini dilakukan secara daring dengan melibatkan 1.200 responden dimana mereka adalah pengguna dari platform e-commerce yang tersebar di beberapa kota besar seperti Surabaya, Bandung, Makassar & Medan. Survei ini mengungkap lebih dalam aspek-aspek yang mendorong kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap platform e-commerce yang unggul dalam setiap aspek.

Inilah 3 Faktor Utama Yang Ingin Dicari

Perlu diketahui, Kadence International selaku lembaga riset menemukan fakta kalau setidaknya ada 3 faktor utama yang paling dicari oleh para pengguna platform e-commerce di tanah air, diantaranya :

  1. Faktor Keamanan
  2. Keaslian produk & Kualitas
  3. Pengiriman

Dari 3 faktor diatas akan memperlihatkan seberapa puas para pengguna terhadap platform yang sedang mereka gunakan.

“Maka dari itu faktor-faktor seperti jaminan kualitas barang, kemudahan proses pembayaran dan pengiriman, hingga keamanan dalam bertransaksi juga menjadi unsur esensial yang dipertimbangkan oleh pengguna,” lanjut Adhistya.

Tak hanya itu, Kadence International juga mengungkapkan kalau Tokopedia adalah yang paling terbaik dalam hal kualitas barang 85%, menjaga data pribadi pengguna 84% dan kehandalan layanan pengiriman 85%.

Lembaga riset itu pun melihat kalau suatu keharusan bagi para platform e-commerce untuk dapat mengalihkan strategi yang sebelumnya cuma mengandalkan promo ke penguatan brand positioning khususnya kualitas, keamanan serta pengalaman pengguna.

Adhistya melanjutkan, para netizen pengguna platform juga semakin jeli dalam memilih layanan yang akan dipakai.

“Pada akhirnya, platform e-commerce yang dapat memberikan pengalaman berbelanja yang aman dan berkualitas secara menyeluruh yang akan memenangkan hati pengguna dan kompetisi pasar,” tuturnya.

E-commerce berlomba tingkatkan kualitas

Lalu saat melihat data dari sisi pembayaran, para responden mengatakan kalau Tokopedia & Shopee adalah dua platform teratas dalam hal kemudahan pembayaran serta variasi metode pembayaran, Tokopedia mendapatkan 88% dan Shopee mendapatkan 82%. Disusul oleh Blibli di posisi ke 3 , 62% dan lazada 60%.

Tak luput, jumlah review produk pun menjadi pertimbangan bagi pengguna platform e-commerce, dimana lagi-lagi Tokopedia dan Shopee yang paling unggul dengan 86% responden memilih Shopee dan dilanjutkan Tokopedia 76%, Lazada pun kembali harus ada di posisi ke 3 , yakni 52%.

Di sisi lain, banyaknya promo yang ditawarkan ada pada posisi ke 5 dalam pertimbangan pengguna dalam memilih platform e-commerce, setelah UI/UX (Tampilan Halaman & Kemudahan Pengoperasian Aplikasi). Tokopedia harus tunduk kali ini terhadap Shopee , pasalnya Shopee mendapat 81 persen suara sebagai platform e-commerce yang menawarkan promosi paling menarik.

Dengan semakin ketatnya kompetisi di industri e-commerce, promo menjadi salah satu taktik yang seringkali digunakan untuk menarik pengguna. Namun demikian, survei Kadence International menilai bahwa taktik ini tidak berdampak besar dalam menghasilkan kepuasan dan loyalitas pengguna pada platform e-commerce.

Kesimpulan : Kepuasan pengalaman pengguna e-commerce menciptakan efek jangka panjang yang berujung pada tingkat kepercayaan yang lebih tinggi dan pelanggan yang lebih setia.

(Visited 35 times, 1 visits today)
Close