Written by 3:12 am Informasi

Attitude : Pengertian, Contoh Serta Pentingnya Dalam Dunia Kerja & Usaha

Attitude Pengertian, Contoh Serta Pentingnya Dalam Dunia Kerja & Usaha

Dalam lingkungan pekerjaan baik sebagai karyawan maupun sebagai pemilik bisnis, attitude sangatlah penting, karena dengan menunjukkan attitude yang baik, kamu akan terlihat lebih profesional.

Oleh karena itu, banyak orang yang menganggap attitude penting, karena sebagai penentu akan tindakan seseorang dalam semua aspek baik saat bekerja maupun saat berbisnis. Jika kamu adalah seorang pemula dan baru mulai merintis karir baik sebagai karyawan atau pengusaha, ada baiknya kamu belajar menjaga attitude, karena dalam lingkungan kerja meskipun kamu hanya seorang internship, attitude tetap menjadi penilaian apakah kamu orang yang profesional atau tidak.

Lantas apa pengertian attitude dan seperti apa contoh attitude yang baik dalam bekerja sebagai karyawan maupun sebagai pemilik bisnis.

Pengertian Attitude Dan Contohnya

Attitude adalah perilaku seseorang saat berinteraksi dengan orang lain, lebih tepatnya tindakan seperti apa yang dilakukan seseorang saat bertemu maupun berinteraksi dengan orang lain.

Jika kamu ingin diperlakukan baik oleh seseorang, maka kamu juga harus menunjukkan sikap yang baik pula. Karena setiap interaksi itu ada timbal baliknya, ada feedback.

Selain diartikan sebagai sebuah tindakan saat berinteraksi bersama seseorang, attitude juga bisa diartikan sebagai respon terhadap situasi yang dialami oleh seseorang.

Misalnya, saat kamu baru saja mendapatkan pekerjaan, dan pergi ke kantor, maka attitude yang baik yang harus kamu lakukan adalah datang lebih awal, dan menyapa teman kerja kamu yang baru sebagai perkenalan.

Atau ketika kamu diberikan instruksi atau mendapatkan tugas dari atasan, kamu bisa menjawabnya dengan sopan jika ada keberatan tertentu, sehingga kamu tetap terlihat profesional.

Selain agar kamu terlihat lebih profesional, ternyata attitude juga bisa dianggap sebagai sebuah evaluasi yang menguntungkan bagi seseorang.

Dalam dunia kerja, tak heran persaingan itu selalu ada, bahkan dalam bisnis pun persaingan tetap ada.

Misalnya dalam dunia kerja, jika kamu mempunyai attitude yang baik, kamu akan dipertahankan atau bahkan bisa mendapatkan promosi jabatan. Hal tersebut membawa keuntungan tersendiri.

Di bisnis pun sama, jika kamu berkolaborasi dengan brand tertentu, namun attitude mereka atau attitude dari kamu jelek, maka kerjasama tidak akan berjalan lancar, begitupun sebaliknya.

Ada beberapa contoh attitude di dunia kerja maupun bisnis yang bisa kamu contoh agar memiliki attitude yang baik, yaitu;

Contoh Attitude di Dunia Kerja dan Bisnis

Beberapa contoh attitude dunia kerja yang harus kamu terapkan adalah sebagai berikut:

  • Memiliki Sikap yang Sopan dan Ramah

Sikap sopan dan ramah adalah salah satu sikap atau attitude yang baik. Bayangkan jika kamu memiliki sikap sopan dan ramah di dunia kerja terhadap karyawan lainnya, maka kamu pun akan dihargai, lingkungan kerja menjadi lebih nyaman dan komunikasi pun menjadi lebih baik.

Begitupun di bisnis, jika kamu memiliki sikap sopan dan ramah terhadap pelanggan, maka pelanggan akan mendapatkan kepuasan, dimana feedbacknya akan berdampak pada bisnis yang kamu kelola.

Biasanya orang yang memiliki attitude sopan dan ramah ini yang mampu membuat suasana kerja menjadi lebih nyaman dan baik.

Sebagai contoh, Seorang pelanggan bertanya mengenai produk yang baru saja kamu launching, karena tergolong baru, maka kamu harus sabar untuk edukasi pelanggan mengenai produk kamu. Ingat untuk bersikap sopan dan ramah, agar komunikasi kamu dengan pelanggan pun menjadi nyaman.

  • Memiliki Sikap Konsisten

Jika kamu konsisten sebagai seseorang yang bisa mempertanggung jawabkan hasil kerja, maka attitude kamu dinilai baik.

Biasanya jika kamu mendapatkan deadline kerja, managemen akan berharap kamu bisa menyelesaikannya dengan baik.

  • Memiliki Sikap Tanggung Jawab yang tinggi

Dalam dunia kerja, tanggung jawab adalah salah satu attitude paling penting yang harus kamu miliki, seperti jika kamu berbuat kesalahan kamu berani bertanggung jawab dan memperbaiki kesalahan.

Begitupun dengan bisnis, jika kamu menjual produk yang baik dan berkualitas namun saat sampai ke tangan konsumen ada yang rusak, maka kamu bisa bertanggung jawab dengan memberikan garansi barang dikirim kembali. Itu adalah salah satu contoh attitude bertanggung jawab.

Dengan bertanggung jawab, kamu membangun kepercayaan satu sama lain baik dengan karyawan lain, dengan atasan maupun dengan pelanggan setia kamu.

  • Menjaga hubungan dengan rekan kerja

Tidak bisa dipungkiri dalam lingkungan kerja pasti selalu ada kegiatan politik yang dilakukan oleh oknum tertentu untuk mencapai kepentingan mereka pribadi, biasanya ada yang sampai menyakiti orang, bahkan ada juga yang rela melakukannya hanya agar mendapatkan kenaikan pangkat atau promosi karir lebih tinggi lagi.

Kegiatan politik ini sebenarnya bisa berdampak positif jika dilakukan dengan attitude yang baik tanpa merusak hubungan dengan rekan kerja, namun pada kenyataannya banyak negatifnya, dari mulai gosipin rekan kerja, saling menjatuhkan bahkan lebih parahnya lagi mengadu domba antar rekan kerja atau sampai ke atasan.

Nah, hal tersebut harus banget kamu hindari, karena jika kamu ingin dinilai memiliki attitude yang baik, justru yang harus kamu lakukan adalah fokus menjaga hubungan bersama rekan kerja guna mencapai goal atau tujuan yang diinginkan perusahaan.

Kinerja seseorang akan terlihat lebih baik tergantung dari hasil yang ia kerjakan.

Sama halnya dengan bisnis, kamu harus menjaga hubungan bersama pelanggan, karena tanpa mereka bisnis kamu bukanlah apa – apa, menjaga hubungan dengan pelanggan juga bisa meningkatkan brand awareness bisnis kamu dan meningkatkan penjualan.

Itulah beberapa contoh attitude yang bisa kamu contoh agar hidup lebih baik lagi. Lantas apa saja alasan kenapa attitude menjadi sangat penting di dunia kerja maupun bisnis.

Kenapa Attitude Penting Dalam Dunia Kerja & Usaha ?

Alasan kenapa attitude penting dalam dunia kerja dan usaha adalah karena dengan attitude kita bisa menilai seberapa profesional dan seberapa besar kualitas seseorang dalam sebuah organisasi.

Selain itu, attitude juga mampu menghilangkan stress dan memotivasi karyawan di tempat kerja secara efisien, karyawan yang happy dapat membuat kinerja tim dan kolaborasi tim menjadi lebih baik, sehingga performa kerja pun meningkat.

Karyawan pun akan menjadi lebih produktif, lebih inovatif, yang dimana hal tersebut akan memberikan dampak bagi karyawannya sendiri maupun bagi keuntungan bisnis.

Dari sisi karyawan, attitude juga mampu menjadi jalan pengembangan karir yang cemerlang dan bisa juga sesuai dengan passion yang kamu miliki.

Dengan attitude yang baik, kamu juga bisa siap menghadapi persaingan kerja yang ketat dengan cara yang sehat, attiude bahkan bisa mengalahkan hard skill, sehingga jika kamu sudah mempunyai bakat yang bagus, kamu perlu attitude yang baik sebagai pelengkap, sehingga dipastikan karir kamu akan berkembang lebih maju lagi.

Nah itulah sedikit mengenai attitude di dunia kerja maupun bisnis, dan alasan kenapa attitude itu penting untuk kelangsungan hidup kamu yang lebih baik. Ingat attitude yang baik tidak hanya menguntungkan bagi perusahaan, tapi juga bagi diri kamu sendiri.

(Visited 360 times, 1 visits today)
Close