Written by 12:51 am Informasi

7 Rekomendasi Website Untuk Kamu Yang Hobi Menulis

Rekomendasi Website Untuk Kamu Yang Hobi Menulis

Terciptanya internet membawa perubahan signifikan bagi para penulis, buat kamu yang hobi menulis website untuk menulis menjadi wadah paling sempurna untuk menuangkan setiap tulisan, dari yang tadinya hanya dibaca oleh diri sendiri, berubah menjadi bacaan publik.

Dalam dunia menulis di era digital seperti saat ini, biasanya penulis mempunyai strategi tertentu untuk mendapatkan banyak pembaca, karena semakin banyak pembaca semakin besar pula peluang untuk sukses dari tulisan dan mendapatkan keuntungan.

Namun, tidak hanya dari segi pembaca saja, penulis juga harus selektif dalam memilih website untuk menulis yang bisa jadi sarana paling tepat mempublikasikan tulisan kamu.

Baca juga : 7 Cara Menghasilkan Uang Dengan Menulis Cerpen Online

Oleh karena itu, di artikel berikut ini kamu bisa mendapatkan rekomendasi website untuk menulis yang cocok untuk kamu yang hobi menulis.

7 Rekomendasi Website Untuk Kamu Yang Hobi Menulis

Rekomendasi website untuk menulis ini gratis dan menjadi website untuk menulis yang populer dan sering digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Berikut ini adalah rekomendasi website untuk menulisnya, yaitu;

1. WordPress.com

Website untuk menulis yang pertama adalah wordpress, dimana website menulis ini paling terkenal di dunia dan sudah digunakan oleh banyak penulis. Dari segi layanan, wordpress memiliki dua jenis layanan yaitu wordpress.com dan wordpress.org.

Website untuk menulis dari wordpress adalah wordpress.com, di website ini kamu bisa mempublikasikan tulisan dengan sangat mudah, dari mulai tulisan saja, video, image hingga audio dalam satu halaman.

Nah, untuk memiliki akses ke website untuk menulis ini kamu hanya cukup melakukan pendaftaran, dan bisa langsung menulis dan mempublikasikan tulisanmu dengan menggunakan server hosting web dari wordpress.com.

Website untuk menulis ini sangat fleksibel, kamu bisa mengubah tema, bahkan custom tema sendiri, selain itu kamu juga bisa menambahkan plugin untuk membantu optimasi website menulis kamu.

Jika kamu hobi menulis, maka website untuk menulis satu ini wajib banget kamu coba.

2. Medium

Website untuk menulis selanjutnya adalah Medium, website untuk menulis ini adalah salah satu platform untuk menulis yang gratis dan populer setelah wordpress.

Medium dibuat oleh perancang blogger, tujuan website untuk menulis ini dibuat adalah untuk menjadi wadah yang didedikasikan untuk para penulis, jurnalis hingga ahli yang bisa memberikan ilmu nya secara gratis dalam bentuk tulisan.

Jika kamu hobi menulis dan butuh referensi tulisan – tulisan keren dalam bentuk esai maupun opini, maka medium adalah tempat yang tepat. Bahkan kamu bisa menulis opini kamu sendiri dan mempublikasikannya di Medium.

Medium, sebagai website untuk menulis sejak tahun 2012 sudah banyak penggunanya atau penulis yang sudah membagikan esai hingga opininya, tampilan yang clean dan minimalis juga membuat kamu nyaman dalam membaca tulisan orang lain atau menulis karyamu sendiri.

Jika website untuk menulis lainnya memasang jenis iklan dan promosi produk, berbeda dengan medium sebagai website untuk menulis ini beranggapan iklan akan menjadikan dunia tulisan sebatas ladang untuk jualan saja, tidak ada kebebasan untuk berekspresi lewat tulisan.

Lalu bagaimana jika kamu ingin menghasilkan uang dari hobi menulis menggunakan website untuk menulis seperti medium? Tenang saja, medium sudah menyediakan program khusus untuk para penulis atau pengguna yang ingin menghasilkan pundi – pundi rupiah.

Website untuk menulis ini menyediakan Medium Partner Program, dimana program ini dibuat sebagai bentuk apresiasi atau perhatian dari medium kepada penulis dengan memberikan sebuah insentif berdasarkan berapa lama waktu pembaca menikmati artikel yang sudah kamu tulis dan berapa jumlah like yang pengguna berikan untuk artikel yang kamu tulis.

Jadi semakin banyak pembaca berlama – lama di halaman tulisan kamu, website untuk menulis ini akan memberikan insentif lebih besar.

3. Tumblr

Siapa yang tak kenal tumble? Website untuk menulis satu ini hampir mirip seperti sosial media twitter, saat kamu mengunggah hasil tulisanmu, pengguna lainnya bisa memberikan love sebagai tanda suka.

Konsep website untuk menulis ini bisa dibilang adalah perpaduan blog dan twitter, ada tujuh konten yang bisa di unggah di dalam tumblr, yaitu teks, foto, gambar, video hingga audio.

Yang menariknya lagi kamu bisa mengubah hasil tulisanmu menjadi konten seperti quote, link hingga percakapan chat secara visual.

4. Wattpad

Wattpad, situs atau website untuk menulis yang populer dikalangan penulis fiksi. Jika kamu hobi menulis cerita fiksi, membuat cerita novel, maka website untuk menulis ini cocok untuk kamu coba.

Sama seperti sosial media lainnya, kamu bisa bertukar komentar dan membuat jaringan pembaca setia di dalam wattpad.
Bahkan jika kamu ingin mengembangkan kemampuan menulis, website untuk menulis ini sering mengadakan kompetisi, bahkan jika kamu beruntung cerita – cerita yang kamu upload ke dalam Wattpad bisa diterbitkan oleh penerbit buku, hingga bisa di filmkan jika di lirik oleh production house film.

Namun jika ingin memiliki pembaca yang banyak, kamu sebagai penulis harus produktif dan sering mempublikasikan cerita terbaru, karena dengan begitu kamu bisa dinilai sebagai penulis aktif. Jangan lupa promosikan cerita kamu di website untuk menulis ini melalui sosial media lainnya, agar pembaca baru bisa menikmati karya – karya kamu.

5. Wix

Sama halnya seperti website untuk menulis, wordpress ada platform atau website sejenis yaitu Wix. Wix sendiri adalah solusi bagi siapapun yang ingin mempunyai website dengan tampilan menarik, aesthetic dan bagus secara profesional.

Kamu tidak perlu memahami coding maupun pemrograman, jika ingin menulis di website untuk menulis seperti wix ini, kamu hanya perlu mendaftarkan diri dan membuat halaman website kamu sendiri untuk diisi dengan karya – karya tulisan kamu.

6. Blogger

Website untuk menulis paling familiar di kalangan pengguna internet, yaitu blogger. Banyak penulis menuangkan karya tulisannya melalui website untuk menulis ini. Bahkan seorang Raditya Dika saja mengawali karir menulisnya melalui website ini.

Ada banyak fitur yang bisa kamu coba di blogger, dan kerennya lagi website untuk menulis ini terintegrasi langsung dengan aplikasi google, seperti adwords, adsense hingga google analytics. Sehingga jika kamu membutuhkan riset kata kunci, ingin iklan, secara mudah kamu bisa dapatkan fiturnya di dalam blogger.

7. Penzu

Jika kamu baru mendengar web untuk menulis satu ini, maka kamu belum merasakan sensasi menulis jurnal online yang asyik dan menyenangkan. Sesuai dengan slogannya yaitu “Your Private Online Journal”, Penzu.com memberikan penawaran menarik sebagai website untuk menulis berbagai cerita maupun jurnal dengan tingkat keamanan yang tinggi, bahkan ada beberapa journal yang bisa kamu berikan password dan enkripsi militer yang kuat.

Sehingga kamu bebas menulis cerita apa saja di website untuk menulis satu ini, karena keamanannya super ketat.  Selain itu, kamu juga bisa memilih tipe blog yang kamu inginkan, karena ada tiga tipe blog di Penzu.com yaitu Daily Diary (publik), Ekspresif Journal (pribadi), dan Travel Journal.

Itulah 7 rekomendasi website untuk menulis yang wajib kamu coba jika kamu hobi menulis dan ingin menjadikan tulisan sebagai penghasilan utama kamu.

(Visited 4,833 times, 5 visits today)
Close