Written by 1:18 am Bisnis Online

7 Cara Menghasilkan Uang Dengan Menulis Cerpen Online

Cara Menghasilkan Uang Dengan Menulis Cerpen Online

Sekarang jamannya menulis cerpen dibayar, bayangkan saja di era serba mudah dan serba digital menghasilkan uang pun bisa menjadi mudah dengan modal menulis cerita saja.

Jika zaman dulu menulis hanya dianggap biasa saja, namun sekarang sudah berbeda, dan untuk bisa menghasilkan uang dari menulis kamu harus mempunyai kemampuan, keterampilan maupun skill menulis.

Jadi, jika kamu mempunyai hobi menulis dan kemampuannya sudah terasah tidak ada salahnya memanfaatkan bakat kamu ini menjadi penghasilan, karena potensi penghasilan dari menulis cerpen atau cerita seperti novel tak kalah besar dengan gaji kantoran, malah bisa lebih besar.

Tertarik menghasilkan uang dari menulis cerita saja? Di Artikel ini ada beberapa cara untuk menghasilkan uang dari menulis cerita.

7 Cara Menghasilkan Uang dari Menulis Cerpen

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghasilkan uang dari menulis cerpen yang mudah untuk kamu lakukan, yaitu:

  1. Kirimkan Cerpen Kamu ke Majalah atau Koran

Walaupun sekarang sudah zaman serba online, namun majalah dan koran masih mempunyai peluang untuk bisa dijadikan tempat menghasilkan uang dari menulis.

Sejak dulu, Majalah dan koran memang dikenal sering menerima tulisan dari kontributor baik tulisan cerita maupun tulisan opini, esai, puisi dan lain sebagainya.

Bila tulisan kamu dimuat di majalah atau koran, maka kamu akan diapresiasi dengan diberikan uang.

Cara menjual cerita karangan sendiri ini bisa kamu mulai dengan mengirimkan cerpen ke majalah atau koran seperti, kompas, republika, media indonesia, tempo dan lain – lain.

Dalam sekali muat dalam majalah atau koran, penghasilan kamu dari menulis bisa mulai dari 300 ribu hingga yang paling besar sekitar 1,500,000 ribu rupiah.

Jika kamu tertarik untuk mengirimkan cerpen atau karya tulis lainnya, kamu bisa mengirimkan karya tulis melalui email.

Jika kamu mengirimkan ke tempo, maka kamu kirim ke email sastra@tempo.co.id, jika kamu akan mengirimkan naskah ke media indonesia, kamu bisa kirim email ke cerpenmi@indonesia.com.

  1. Membuat Buku Kumpulan Cerpen

Cara menulis cerpen dibayar berikutnya adalah dengan membuat buku kumpulan cerpen, selain kamu sebagai penulis mendapatkan hak cipta yang sah, kamu juga mendapatkan keuntungan ketika kumpulan cerpen kamu diterbitkan.

Biasanya, penulis cerpen yang membuat buku, sengaja mengumpulkan cerpen yang sudah dikirimkan ke berbagai media cetak maupun media digital, lalu dipublikasikannya secara mandiri dengan menggandeng penerbit dan merilis bukunya.

  1. Kirimkan cerpen kamu ke Situs Penulis

Selain 2 cara diatas, kamu bisa mendapatkan uang dari menulis cerpen dengan mengirimkan cerita kamu ke situs penulis. Biasanya cara ketiga ini adalah ketika penulis aslinya tidak ingin menerbitkan cerpennya sendiri, sehingga dibantu oleh situs penulis artikel.

Beberapa situs penulis yang menerima tulisan seperti kwikku, tulisanku,co,id, vebma dan plukme.

Tulisan – tulisan yang dimuat di situs tidak hanya fiksi namun non fiksi juga bisa diterbitkan.

  1. Terbitkan Cerpen di Blog Pribadi

Menulis di blog pribadi bisa dibayar? Ya benar sekali jika kamu memasang iklan di blog pribadi kamu. cara menghasilkan uang dengan menulis cerpen di blog ini bisa dibilang sangat menjanjikan lho. Akan tetapi kamu harus membuat blog kamu terlihat menarik.

Salah satu cara menghasilkan uang di blog pribadi adalah dengan monetisasi spot iklan dengan mendaftar di google adsense.

Namun memang keuntungannya tidak bisa langsung besar, biasanya monetisasi keuntungan dimulai dari 20000 saja, tapi jika kamu konsisten mengupload cerita dan banyak yang membaca blog kamu, maka keuntungan yang dihasilkan akan cukup menjanjikan.

  1. Membuat ebook kumpulan cerpen

Di jaman serba digital, banyak sekali cara menghasilkan uang dengan mudah, salah satunya dengan membuat elektronik book atau ebook.

Sama seperti membuat buku kumpulan cerpen diatas, kamu bisa mengumpulkan cerpen yang sudah pernah dikirimkan ke media digital atau cetak, setelah itu kamu buat dan publikasikan dalam bentuk ebook, biasanya berupa pdf.

Cara menghasilkan uangnya, kamu bisa menjual ebook ini di media sosial kamu, dan tarif untuk ebooknya juga bisa kamu sesuaikan.

  1. Membuka Jasa Menulis cerita

Cara menghasilkan uang dari menulis berikutnya adalah dengan membuka jasa menulis, jasa ini sangat dibutuhkan baik oleh situs digital maupun situs – situs penerbit.

Biasanya penerbit akan mencari penulis cerpen terbaik dan akan diterbitkan ke dalam sebuah buku.

Namun disini skill dan kredibilitas penulis harus sudah terjamin, karena biasanya dalam sekali project menulis, kamu akan mendapatkan bayaran yang fantastis. Jadi jika kamu tertarik membuka jasa ini kamu bisa mengeksplorasi kemampuan menulis kamu menjadi lebih baik lagi.

  1. Menulis Cerpen di Platform Cerita

Cara menjual cerita karangan sendiri selanjutnya adalah menulis cerpen di platform cerita.

Saat ini banyak platform atau situs cerita yang bisa dijadikan sumber penghasilan, bahkan ada juga aplikasi menulis yang menghasilkan uang.

Banyak penulis yang akhirnya bisa menjadi penulis buku berkat karyanya yang diterbitkan di platform cerita karena dilirik oleh penerbit, bahkan jika kamu beruntung, dan cerita kamu banyak yang membaca maka kemungkinan ada PH film yang akan menjadikan cerita kamu menjadi sebuah film.

Berikut ini ada beberapa platform cerita atau aplikasi menulis yang menghasilkan uang dan bisa kamu gunakan untuk menghasilkan uang dengan menulis yaitu;

Wattpad, vebma, innovel, plukme, dreame, webtoon, novelme, webnovel dan lain – lain.

Baca juga : 16 Kerja Sampingan Online Di Rumah Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Syarat Jika Ingin Menulis Cerpen Dibayar

Selain beberapa syarat administrasi, seperti pendaftaran ke situs penulis, mengisi profil penulis dan lain – lainnya. Ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan untuk bisa mendapatkan penghasilan.

  1. Karya tulisan harus merupakan karya orisinil dan bukan hasil dari plagiat
  2. Belum pernah diterbitkan secara cetak maupun digital
  3. Bisa membuat cerita yang menarik dan baru
  4. Harus bisa mempunyai skill membangun penasaran pembaca
  5. Membuat tulisan yang tepat sasaran pembaca
  6. Menggunakan gaya bahasa yang sudah ditentukan sesuai target sasaran
  7. Konsisten dan tepat waktu dalam pengiriman karya
  8. Memiliki nilai kualitas tulisan yang baik
  9. Mau menerima kritik dan saran dalam bentuk apapun.

Nah itulah beberapa syarat yang harus kamu miliki untuk bisa menghasilkan uang lewat menulis cerpen.

7 Platform Menulis yang Menghasilkan Uang

Jika kamu ingin punya karya tapi bingung menerbitkannya dimana, kamu tidak usah khawatir, karena sekarang banyak platform menulis yang menghasilkan uang dan bisa menghasilkan uang setiap bulannya.

Kapan lagi kamu bisa menuangkan kreativitas dalam tulisan dan dibayar pula?

Menulis di platform tidak hanya mendatangkan keuntungan uang saja, namun juga bisa menambah network, jika karyamu bisa dilirik oleh produser perfilman, seperti contoh:

Drama series My lecturer My husband karya Gilicious, Dear Nathan karya Erisca Febriani, dan Dignitate karya Hana Margaretha dan masih banyak lainnya.

Berawal dari menulis di platform cerita, tapi bisa menguntungkan dari segi materi maupun networking.

Berikut ini adalah beberapa platform menulis yang bisa kamu coba untuk menghasilkan uang.

Baca juga : Hobi Yang Menghasilkan Banyak Uang Dalam Waktu Singkat

  1. Wattpad

Diantara semua platform, wattpad adalah platform dengan pertumbuhan komunitas yang banyak setiap tahunnya, bahkan sejak 2006 hadir sudah ada 90 juta pembaca di seluruh dunia.

Untuk cerita paling populer biasanya memiliki kesempatan untuk dibukukan bahkan difilmkan. Jadi jika kamu punya cerita menarik, kamu bisa mulai dengan menulis di wattpad.

Kalo dibukukan atau difilmkan adalah prospek jangka panjangnya, kamu bisa mulai menghasilkan uang dengan fitur paid stories, dimana pembaca setia kamu akan membayar untuk membaca cerita yang kamu upload setiap hari atau setiap minggunya.

  1. storial.co

Tidak jauh seperti wattpad, aplikasi menulis dan membaca novel ini memberikan kamu kesempatan untuk berkolaborasi dengan penulis lain dan membuat sebuah novel. Selain itu kamu juga bisa bekerja sama dengan penerbit buku untuk menerbitkan karya – karyamu.

Untuk Storial.co kamu bisa mendapat cuan melalui tulisan dengan mengikuti program Storial Premium Chapter atau royalti dari storial coin.

  1. Joylada

Berbeda dengan platform menulis lainnya, joylada mempunyai fitur novel chat, dimana keseluruhan cerita berisi percakapan aplikasi chatting. Untuk bisa menghasilkan uang, kamu bisa menulis cerita dan mendapatkan royalti.

  1. Noveltoon

Semua cerita yang ditulis dan diterbitkan di noveltoon sifatnya gratis, kamu bisa baca apapun atau tulis apapun secara gratis. Lalu bagaimana kamu bisa mendapatkan royalti?

Noveltoon menggunakan sistem reward dimana penulis harus bisa mengejar kuantitas tulisan dan pembaca, baru kamu bisa mendapatkan rewardnya.

Ada pula jalur khusus dimana, jika penulis yang sudah mencapai 30,000 kata maka kamu berhak mengajukan kontrak.

  1. Novelme

Di platform ini kamu bisa mendapatkan banyak genre novel karena platform ini memiliki jumlah komunitas penulis sangat banyak.

Selain ceritanya gratis, ada juga konten premium, sehingga jika kamu membuat tulisan di Novelme, kamu bisa mendapatkan uang dari koin premium yang dibayarkan oleh pembaca.

Untuk sisi penulis selain mendapatkan koin, kamu juga bia mendapatkan hadiah puluhan juta dengan mengikuti program next top writer dan kamu juga bisa didampingi langsung oleh editornya san ambassador untuk konsultasi mengenai tulisan kamu.

  1. Dreame

Aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang ini menawarkan novel dengan multi bahasa mulai dari Indonesia, Inggris, Filipina, Jerman hingga prancis.

Cara menghasilkan uang dari menulis cerita di Dreame melalui 3 tahap, yaitu skema kontrak, program baca bayar dan event penulis.

Namun untuk bisa menjadi penulis di dreame, kamu harus mendaftar di aplikasi Stary Writing. Dimana jika kamu menjadi penulis di Dreame, kamu berkesempatan mendapatkan uang puluhan hingga ratusan US Dollar.

  1. KaryaKarsa

Berbeda dengan platform tulisan lain, karyakarsa tidak bisa mencarikan pembaca untuk kamu, namun lebih ke tempat untuk mengunggah karya. Selanjutnya kamu sendiri yang bertugas menjualnya kepada penggemar.

Jadi untuk bisa mendapatkan penghasilan dari Karyakarsa, setidaknya kamu harus mempunyai pengikut setia terlebih dahulu.

Kamu bisa menjualnya lewat sosial media ataupun lewat komunitas tempat pembaca kamu berada.

Cuan yang kamu dapatkan bukan sekedar royalti saja namun murni dari penjualan karya kamu sendiri.

Nah itulah beberapa cara menghasilkan uang dengan menulis, kamu bisa mengasah kemampuan menulis dengan mencoba menulis di blog pribadi maupun di aplikasi platform menulis. Semakin banyak kamu menulis maka semakin baik juga kemampuan yang kamu miliki.

Semakin baik kemampuan kamu, maka semakin besar pula keuntungan yang kamu dapatkan.

 Note : kami tidak berafiliasi atau mengiklankan aplikasi yang telah disebutkan diatas, semua informasi ini berdasarkan kumpulan informasi yang ada di internet. Jika terdapat tindak penipuan atau semacamnya pada aplikasi yang telah disebutkan diatas, kamu bisa laporkan ke kami agar dapat kami hapus segera ya, terimakasih.

(Visited 17,985 times, 112 visits today)
Close