Written by 7:22 pm Bisnis Online

16 Kerja Sampingan Online Di Rumah Untuk Pelajar dan Mahasiswa

16 Kerja Sampingan Online Di Rumah Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Di era sekarang, baik kamu masih pelajar dan mahasiswa tidak cukup hanya memiliki satu sumber penghasilan saja seperti uang jajan, kamu perlu kerja sampingan online untuk menambah penghasilan, sehingga kamu bisa mempunyai penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari, memenuhi keinginan dan menyiapkan dana tak terduga.

Kerja Sampingan Online Di Rumah Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Berikut ini adalah beberapa kerja sampingan online yang cocok dilakukan oleh pelajar maupun mahasiswa di rumah;

1. Kerja Sampingan sebagai Fotografer atau Videografer

kerja sampingan sebagai fotografer

Fotografer dan videografer bisa menjadi salah satu kerja sampingan online yang menjanjikan. Kamu hanya perlu bakat dalam mengambil foto dan video.

Selain itu kamu juga perlu skill tambahan seperti editing foto dan video, apalagi di jaman digital seperti sekarang ini, banyak hasil karya foto maupun video yang di upload ke sosial media sebagai promosi maupun dokumentasi pribadi.

Selain itu, bakat fotografer dan videografer bisa diarahkan untuk jual jasa dokumentasi, seperti wedding, maternity, graduation atau engagement. Biasanya harga yang didapatkan lumayan tinggi lho.

2. Kerja Sampingan sebagai Penjual Foto di Internet

Masih ingat dengan Ghozali yang mengumpulkan foto selfienya dan dijual di NFT dengan harga yang mahal sekitar 1,5 Milyar?

Ya, itu hanya salah satu cara menjual foto di internet yang berhasil. Namun untuk menjual foto selfie sepertinya agak riskan bukan? Kamu perlu alternatif lain seperti memotret foto landscape atau foto produk yang bisa dijual di platform foto.

Apalagi jika kamu hobi dengan fotografi, skill yang kamu miliki bisa kamu manfaatkan untuk kerja sampingan, dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Tahap permulaan kamu bisa menjual foto di situs istock photo atau shutterstock, biasanya akan ada komisi 15% sampai 25% dari setiap foto yang diupload untuk dijual.

Namun karena situs ini adalah situs luar negeri, kamu harus punya akun paypal untuk mencairkan komisi yang kamu dapatkan, secara tidak langsung kerja sampingan online ini tidak mengeluarkan biaya atau modal yang besar kan? Cukup pakai kamera yang kamu miliki dan koneksi internet saja.

3. Kerja Sampingan sebagai Penulis

Bakat menulis memang jadi bakat tanpa modal yang bisa mendatangkan keuntungan, baik untuk pelajar maupun mahasiswa.

Dan pekerjaan online untuk pelajar yang paling mudah dilakukan memang menjadi penulis. Penulis merupakan kerja sampingan online yang sangat menjanjikan. Kamu bisa memanfaatkan hobi menulis menjadi menghasilkan. Biasanya penulis dibutuhkan untuk keperluan penulisan blog, copywriting jualan atau kepentingan marketing sebuah perusahaan.

Menjadi penulis bisa dilakukan oleh siapa saja, baik kamu seorang pelajar maupun mahasiswa. Bahkan beberapa remaja memanfaatkan platform menulis seperti wattpad untuk menulis novel dan menjualnya menjadi sebuah buku. Dan akhirnya menjadi sumber penghasilan utama, karena menulis buku mempunyai prospek keuntungan yang lumayan bagus.

Beberapa platform bahkan membuka kesempatan kepada penulis untuk menulis karya novelnya dan dibaca oleh pembaca setia secara berbayar, dan hasil bayarannya akan menjadi komisi si penulis novel.

Jadi jika kamu memiliki bakat menulis, kerja sampingan online penulis layak untuk di coba.

4. Kerja Sampingan Sebagai Desain Grafis

Jaman sekarang desain grafis gampang dipelajari, baik oleh pemula sekalipun. Ada banyak tools desain yang simple yang bisa dimanfaatkan untuk membuka jasa desain grafis.

Jika kamu punya passion di bidang desain, maka ini adalah kerja sampingan yang menguntungkan. Kamu bisa menjual jasa membuat desain seperti pembuatan logo, kartu nama, poster, mockup baju dan lain – lain.

Kamu bisa menawarkannya secara online maupun offline.

Namun jika kamu tidak mengerti bagaimana cara menjualnya, Tips mendapatkan uang untuk pelajar dengan membuat jasa desain grafis ini bisa kamu coba, yaitu;

  • Daftarkan diri kamu di platform freelance seperti sribu.com, fastwork, Fiverr dan lain – lain
  • Lalu jual jasa membuat desain di platform tersebut
  • Setelah itu kamu membuat desain dengan tool simple seperti canva, tinggal di sesuaikan dengan kebutuhan klien kamu nantinya.

Jika pekerjaannya sudah selesai maka kamu akan mendapatkan komisi atau bayaran dari project yang diambil, dari situlah kamu mendapatkan keuntungan.

5. Kerja Sampingan sebagai Web Developer / Membuat Website

Website adalah salah satu kerja sampingan online yang tidak mudah dilakukan oleh siapa saja, tapi mudah dilakukan jika kamu memiliki kemampuan coding dan bahasa komputer lainnya.

Bisnis sampingan mahasiswa tanpa modal ini bisa dicoba, apalagi jika kamu mahasiswa programmer atau yang berhubungan dengan IT.

Biasanya perusahaan, start up hingga lembaga pemerintahan banyak membutuhkan jasa membuat website untuk menawarkan layanannya. Jika kamu ahlinya, maka kerja sampingan online dengan membuat website wajib dicoba!.

6. Kerja Sampingan Sebagai Blogger

Blogger adalah salah satu kerja online untuk pelajar yang gemar menulis, kamu bisa manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan.

Saat ini di jaman digital, keperluan untuk menulis artikel blog semakin tinggi dengan memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization).

Selain itu, kamu bisa menjadi blogger untuk membuat postingan artikel endorsement, namun kamu perlu membuat beberapa artikel terlebih dahulu dan mendorong traffic ke blog kamu agar artikel kamu banyak yang baca maupun share.

Kerja sampingan online ini mudah dilakukan dan tanpa modal, hanya kuota internet dan laptop saja untuk menulis.

7. Kerja Sampingan sebagai Admin Media Sosial

Bisnis sampingan mahasiswa tanpa modal ya jadi admin media sosial saja. Kamu hanya membutuhkan handphone untuk melakukan pekerjaan ini.

Seperti kita tahu, media sosial saat ini sedang mengalami perkembangan yang pesat, banyak bisnis, UMKM hingga individu yang menawarkan berbagai produk dan jasa nya di media sosial.

Media sosial digunakan untuk menggaet konsumen lebih banyak, mempertahankan eksistensi dan meningkatkan brand awareness. Nah jika kamu tertarik untuk menjadi admin media sosial, maka pekerjaan kamu adalah seputar membuat konten setiap harinya terkait produk dan jasa, menjaga engagement dengan membalas dan merespon interaksi dari audiens baik pelanggan baru maupun pelanggan lama.

8. Kerja Sampingan sebagai Afilliate Produk 

Affiliate marketing memang sedang menjadi perbincangan hangat diantara kaum pencari kerja maupun yang sudah punya penghasilan. Karena sistemnya yang mudah, semudah menyebarkan link produk dan kamu mendapatkan komisi, banyak yang berlomba – lomba melakukan affliate marketing.

Affiliate produk bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja, kamu hanya perlu akun sosial media untuk mempromosikan link produk yang sudah di affliasi.

Selain itu komisi yang akan kamu dapatkan lumayan tinggi lho mulai dari 30 hingga 70%. Jadi semakin banyak terjadi penjualan melalui link yang kamu sebarkan, maka semakin besar pula komisi yang bisa kamu dapatkan.

Untuk menjadi affiliate produk juga gampang lho, kamu tinggal daftarkan diri kamu di program affiliasi seperti Shoppee, tokopedia, lazada dan lain – lain.

Setelah terdaftar dalam program kamu harus membuat konten untuk mempromosikannya. Oh ya pastikan akun kamu sudah memenuhi syarat untuk ikut program affiliasi ya.

Biasanya akun sosial media yang memiliki followers banyak memiliki kemungkinan potensi keuntungan jauh lebih besar dibandingkan akun dengan jumlah followers sedikit.

9. Kerja Sampingan sebagai Joki Game Online

Saat ini, game online tetap menjadi favorit hiburan bagi sebagian orang. Banyak yang tertarik memanfaatkan joki game online untuk menaikkan level atau peringkat yang ada di akun game.

Namun untuk kemudahan transaksi joki game online, kamu harus memiliki PC gaming yang cukup memadai, namun jika kamu belum mempunyai PC gaming, kamu bisa menyediakan jasa joki dari sejumlah game online mobile.

Biasanya joki game online memiliki penawaran yang rasional, semakin sulit naik level dalam game maka semakin tinggi harga yang ditawarkan.

10. Kerja Sampingan sebagai Reseller Produk

Kerja sampingan online berikutnya adalah menjadi reseller, salah satu metode bisnis online tanpa modal.

Reseller adalah pekerjaan online untuk pelajar karena untuk memulai kerjaan ini tidak mengeluarkan modal yang besar, bahkan tidak perlu mempunyai produk sendiri.

Sekarang banyak platform atau aplikasi reseller yang gratis sehingga kamu bisa langsung jualan tanpa perlu membeli produk terlebih dahulu untuk stok.

Keuntungan lain menjalankan kerja sebagai reseller adalah kamu hanya perlu menjual barang atau produk tertentu dan mengambil keuntungan dari harga yang ada di pemilik produk.

Kerja sampingan online menjadi reseller ini bisa juga dikerjakan oleh mahasiswa, banyak yang menjadi reseller di tengah kesibukan perkuliahan. Kamu hanya perlu membagi waktu dengan baik, dan pastikan selalu mempromosikan produk kamu ya agar penjualan terus terjadi.

11. Kerja Sampingan Sebagai Penerjemahan Inggris / Bahasa lainnya

Jika kamu punya skill dan kemampuan dalam menguasai beberapa bahasa, kamu bisa memanfaatkannya dengan baik lho, biasanya beberapa penerbit atau agensi perfilman membuka lowongan kerja online dari rumah untuk pelajar maupun mahasiswa yang bisa menerjemahkan bahasa.

Nah jika kamu tertarik kamu bisa membuka jasa penerjemahan inggris atau bahasa lainnya. Dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan juga lumayan lho.

Tapi bagaimana jika kamu tidak menguasai bahasanya dan ingin mencoba membuka jasa penerjemahan? Tenang, kan ada google translate, atau tool penerjemah lainnya.

Namun kamu jangan asal copy paste ya, perlu diolah kembali agar kalimat yang diterjemahkan mudah dibaca, dimengerti dan tidak kaku.

Jasa ini bisa dibilang tanpa modal, kamu cukup sediakan laptop dan koneksi internet saja untuk memulai jasa penerjemahan bahasa.

12. Kerja Sampingan sebagai Content Creator

Salah satu lowongan bisnis online untuk pelajar yang cocok dilakukan dan mudah dipraktekkan adalah Content creator. Di jaman digital sekarang, content creator menjadi salah satu pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan dirumah tetapi potensi keuntungannya juga lumayan besar.

Kamu bisa membuat konten endorsement, konten iklan, kolaborasi, konten postingan feed, story maupun reels Instagram, dan yang lagi tren adalah konten tiktok.

Peluang bisnis content creator semakin besar karena banyaknya platform yang naik daun seperti tiktok yang menggaet penggunanya untuk bikin konten, karena satu konten yang memiliki view banyak bisa mendapatkan uang.

Namun kerja sampingan online ini tidak bisa instan, kamu perlu membangun branding yang kuat untuk akun dimana kamu mengupload konten. Personal branding yang kuat akan mendatangkan pengikut yang banyak mulai dari ratusan hingga ribuan bahkan jutaan pengikut.

Nah jika kamu tertarik, kamu bisa meningkatkan personal branding dan mulai membuat ide konten. Baca juga :11 Ide Konten Tiktok Untuk Bisnis Biar FYP & Viral

13. Kerja Sampingan Sebagai Guru Freelance atau Tutor Online

Selain beberapa kerja sampingan online diatas, ada juga lowongan bisnis online untuk pelajar yang mau menjadi tutor online atau guru freelance.

Jika kamu memiliki bakat dan kemampuan dalam satu bidang pelajaran, kamu bisa memanfaatkannya dengan membuka jasa tutor online maupun guru freelance, apalagi idi jaman serba online seperti sekarang, banyak orang tua yang mencari tutor online untuk membantu anak mereka belajar secara online, agar tetap berprestasi di sekolah.

Selain pelajar, mahasiswa juga bisa lho membuka jasa ini.

Kamu bisa membuka jasa ini dengan mendaftarkan diri sebagai guru freelance di platform pendidikan seperti ruang guru, atau platform freelancer.

Jangan lupa untuk mempromosikan diri kamu di lingkungan sekitar, bisa menggunakan promosi Whatsapp maupun sosial media. Biasanya guru freelance atau tutor online memiliki potensi keuntungan yang bisa dibayarkan setiap sesi atau setiap jamnya lho.

14. Kerja Sampingan sebagai vlogger

Rasanya kurang lengkap jika vlogger tidak dimasukkan dalam daftar kerja sampingan online yang bisa dilakukan oleh pelajar maupun mahasiswa.

Vlogger pada saat ini bisa ditemui di platform Youtube, dimana banyak beberapa selebgram, influencer, public figure yang memanfaatkan youtube untuk menceritakan daily vlog mereka.

Bayangkan saja, hanya merekam rutinitas setiap hari tapi dibayar, nikmat banget bukan?

Namun jika kamu ingin menjadi vlogger di Youtube, kamu wajib mempunyai akun youtube dan konsisten upload video setiap harinya, semakin banyak video yang kamu upload, semakin besar peluang algoritma youtube memperhatikan akun kamu.

Siapa tau kamu bisa masuk ke dalam daftar content rising yang ada di Youtube.

Untuk memulai menjadi vlogger dibutuhkan kepercayaan diri untuk tampil di depan kamera dan menjadi privasi kamu sedikit dilonggarkan karena menceritakan bagaimana keseharian kamu.

Vlogger yang terkenal dan menjadi top di indonesia bahkan dunia adalah Juni & Family, Ria Ricis, Atta halilintar, Raffinagita17 dan lain – lain.

15. Kerja sampingan sebagai pembuat skripsi

Siapa sangka jago membuat skripsi bisa menjadi ladang cuan? Jika kamu seorang mahasiswa yang sedang mencari penghasilan tambahan, membuka jasa membuat skripsi bisa jadi pilihan lho.

Selain kamu bisa mempelajari banyak ilmu baru dari berbagai bidang, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar, bahkan bisa dan cukup untuk membiayai kuliah kamu.

Biasanya pekerjaan membuat skripsi dilakukan oleh freelancer mahasiswa, kamu bisa membuka jasa tersebut di platform freelancer.

Selain bisa dilakukan oleh mahasiswa – mahasiswi di tengah kesibukan perkuliahan, kamu juga bisa mengerjakannya dirumah.

16. Kerja Sampingan sebagai Proofreader atau Editor

Salah satu kerja sampingan online yang bisa dilakukan di rumah yaitu sebagai proofreader atau editor. Pekerjaan ini dibutuhkan oleh perusahaan percetakan dan penerbitan, dan biasanya pekerjaan ini mempunyai gaji yang cukup tinggi, karena mengerjakan editing untuk setiap halaman.

Bisa saja kamu mematok harga 30Ribu untuk setiap halaman, maka dalam 100 halaman saja kamu sudah bisa mengantongi 300Ribu. Cukup menjanjikan dan fleksibel karena bisa dikerjakan di rumah saja dengan modal laptop dan kuota internet.

Nah itulah beberapa kerja sampingan online yang bisa dilakukan oleh pelajar maupun mahasiswa, tanpa modal besar sudah bisa dijalani. semoga menjadi referensi untuk kamu yang sedang membutuhkan kerjaan sampingan secara online ya.

ingat di jaman serba digital seperti ini kamu harus terus mengupgrade skill, karena dibalik skill yang baik ada penghasilan yang menanti kamu.

(Visited 1,284 times, 1 visits today)
Close