Written by 1:56 am Marketing

5 Cara Memanfaatkan Influencer Marketing dalam Bisnis Online

5 Cara Memanfaatkan Influencer Marketing dalam Bisnis Online

Sekarang, siapa yang tak memanfaatkan influencer marketing untuk bisnis? Pasti hampir semua bisnis menggunakan influencer marketing untuk membantu bisnisnya semakin berkembang dan meningkatkan penjualan.

Hal ini disebabkan karena influencer marketing adalah seorang yang mampu mempengaruhi audiens untuk mengikuti apapun yang dipakai atau digunakan oleh mereka, sehingga influencer marketing adalah peran yang penting dan cocok untuk memperkenalkan brand secara lebih luas.

Dengan menggunakan Influencer marketing kamu bisa meningkatkan brand awareness, mengenalkan produk yang kamu jua dan  meningkatkan penjualan.

Zaman sekarang, sosial media sudah sangat membantu dalam membangun citra bisnis, sehingga influencer marketing pun bertebaran di sosial media yang bisa bebas kamu pilih untuk membantu promosi bisnis kamu lebih sukses.

Lantas, sebenarnya apa sih influencer marketing? Sederhananya influencer marketing adalah sebuah jasa yang untuk mempromosikan sebuah produk secara online di sosial media dengan cara mempengaruhi audiens agar mau membeli produk.

Trend pembelian online memang sedang populer, nah dengan adanya influencer, audiens menjadi lebih mudah dalam mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk.

Sehingga kampanye promosi bisnis bisa semakin sukses, karena brand awareness juga mudah dibangun dan meningkatkan trust dari pelanggan atau audiens.

Oke, sekarang kamu paham bagaimana peran influencer dan seberapa penting influencer marketing bagi bisnis.

Sekarang pertanyaannya bagaimana kamu memilih influencer marketing yang tepat untuk bisnis agar semakin sukses.

Cara Memilih Influencer yang Tepat

Memilih influencer marketing yang tepat punya peran penting bagi keberlangsungan bisnis kamu. Kamu bisa mensukseskan kampanye bisnis jika influencer marketing yang kamu pilih tepat. Itulah mengapa memilih influencer marketing yang tepat sulit dilakukan, karena kamu tidak bisa sembarangan asal pilih.

Untuk memudahkan kamu dalam memilih influencer marketing, berikut ini adalah beberapa cara memilih influencer marketing yang tepat untuk membantu kampanye bisnis kamu, yaitu:

Hubungkan Value Produk dengan influencer marketing

Bagaimana cara menghubungkannya? Sebenarnya salah satu manfaat influencer marketing adalah membangun brand awareness bisnis dengan baik, oleh karena itu kamu harus bisa menghubungkan value produk yang paling menonjol dibandingkan kompetitor dengan si influencer marketing.

Karena hal tersebut bisa dijadikan acuan dalam membuat konten, menentukan target audiens dan sebagainya.

Tentukan Target Kampanye

Setelah kamu menentukan value produk, kamu bisa langsung menentukan siapa target audiens yang ingin kamu sasar untuk memudahkan kamu melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu membuat daftar influencer marketing.

Membuat Daftar influencer marketing

Setelah kamu mengetahui value produk dan siapa target yang kamu tuju dalam promosi. Kamu bisa langsung membuat daftar influencer marketing dengan cara riset siapa yang paling cocok dan paling relevan dengan produk kamu, dan bisa meyakinkan kamu bahwa influencer marketing tersebut bisa membawa dampak yang positif bagi brand kamu.

List Konten Berkualitas dari influencer marketing

Setelah riset daftar influencer marketing, kamu bisa langsung riset kontennya yang berkualitas, dan pilih beberapa sebagai referensi.

Jika semua sudah kamu tentukan dan riset, kamu bisa langsung menghubungi influencer marketing yang relevan dengan semua hal tentang brand kamu.

Setelah kamu melakukan dealing kerjasama, yang harus kamu lakukan berikutnya adalah menjaga hubungan dengan influencer marketing yang baik, sehingga kerjasama pun bisa sukses.

Cara Membangun Hubungan dengan Para Influencer

Bekerjasama dengan influencer marketing memang jadi pengalaman yang menarik untuk dilakukan, apalagi jika berdampak baik bagi brand dan si influencer marketing mampu memberikan pelanggan potensial untuk bisnis kamu sampai akhirnya mereka membeli produk yang kamu tawarkan.

Namun, untuk bisa sukses dalam bekerjasama dengan influencer marketing, kamu harus menjaga hubungan baik dengan para influencer marketing. Berikut ini adalah cara membangun hubungan dengan influencer marketing, yaitu:

1. Pilihlah influencer yang relevan dengan brand kamu, sehingga memiliki satu visi dan misi yang sama. Output yang didapatkan pun akan jauh lebih baik, seperti hasil kontennya relevan dengan brand termasuk sesuai dengan target audiens yang kamu sasar.
2. Berikan nilai lebih untuk influencer marketing dengan memberikan hal yang senilai dengan passion dan kreatifitas dari si influencer marketing.
3. Jangan Batasi influencer marketing, biarkan mereka berkarya dengan bebas, meskipun kamu tetap harus punya kontrol akan konten yang dibuat oleh influencer marketing agar tetap sesuai dengan brand yang kamu promosikan.

Nah itulah, 3 cara untuk membangun hubungan yang baik dengan para influencer marketing, semakin baik hubungan kamu, maka semakin besar pula peluang kamu mendapatkan konten berkualitas dan dampak yang baik yang dibawa oleh influencer marketing  yang kamu pilih.

Agar hasil riset influencer marketing kamu tidak sia – sia, kamu perlu mengetahui cara sukses influencer marketing dalam mempromosikan brand atau bisnis kamu.

Tips dan Trik untuk Sukses Influencer Marketing

Sama halnya dengan strategi marketing lainnya, kamu perlu cara dan tips untuk bisa sukses menggunakan influencer marketing dalam mempromosikan bisnis.

Tentu saja setelah riset dan menghubungi influencer marketing, kamu tidak ingin hasilnya tidak memuaskan bukan? Oleh karena itu, ada tips dan triknya untuk bisa sukses influencer marketing dalam mempromosikan bisnis.

Berikut adalah Tips dan Trik untuk sukses influencer marketing, yaitu:

1. Tentukan Tujuan Promosi Yang Kamu Buat

Kampanye bisnis tidak bisa sembarangan, kamu harus mempertimbangkan banyak hal untuk bisa mensukseskannya. Nah langkah pertama adalah apa yang menjadi tujuan kamu membuat promosi dengan bantuan influencer marketing. Apakah untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan brand awareness, launching produk baru dan sebagainya.

Baca juga : 13 Cara Ampuh Meningkatkan Brand Awareness Di Era Digital

Dengan adanya tujuan kampanye yang pasti, akan membantu kamu dalam evaluasi bisnis agar mengetahui apakah kampanye kamu berhasil atau tidak.

2. Memilih influencer marketing yang tepat

Langkah berikutnya atau tips selanjutnya adalah kamu harus memilih influencer marketing yang tepat, kamu bisa pakai cara diatas untuk menentukan influencer marketing yang tepat untuk promosi bisnis kamu.

3. Mengecek Engagement Rate influencer marketing

Setelah kamu menentukan influencer marketing yang tepat untuk brand dan melakukan kerjasama, kamu perlu membuat evaluasi terhadap konten yang influencer marketing  tersebut unggah di sosial medianya, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan salah satunya adalah engagement rate dari konten yang mempromosikan  bisnis kamu.
Semakin besar engagement ratenya maka semakin besar pula peluang audiens tertarget kamu mengetahui brand dan membeli produk yang kamu jual.

4. Evaluasi Kerjasama dengan influencer marketing

Setelah proses konten selesai, kamu perlu evaluasi apa saja yang berhasil dan berapa presentase sukses kampanye kamu menggunakan influencer marketing tersebut

5. Kompensasi yang Sesuai dengan Kualitas dari influencer marketing

influencer marketing direkrut untuk mempromosikan bisnis kamu tidak dengan cuma – cuma, ada kompensasi yang harus kamu berikan secara adil, sesuai dengan hasil dan kualitas konten yang telah dibuat.

Dengan hal tersebut, kamu bisa menjaga hubungan baik dengan influencer marketing sehingga ketika kamu akan membuat kampanye baru, kamu bisa menghubungi influencer marketing yang sama karena sudah memiliki riwayat kerjasama yang baik.

Nah itulah sedikit tentang influencer marketing yang perlu kamu ketahui, semoga tidak salah langkah dalam memilih influencer marketing yang tepat untuk kampanye bisnis kamu ya.

(Visited 107 times, 1 visits today)
Close