Written by 8:06 pm Marketing

Tips & Trik Menentukan Budget Iklan Untuk Imers Pemula

Tips & Trik Menentukan Budget Iklan Untuk Imers Pemula

Promosi bisnis memang perlu dilakukan jika ingin bisnis berjalan lebih lancar dan memberikan kamu cuan semakin maksimal. Apalagi jika kamu tergolong bisnis baru, promosi iklan wajib dilakukan untuk meningkatkan brand awareness, agar brand semakin dikenal.

Baca juga : 13 Cara Ampuh Meningkatkan Brand Awareness Di Era Digital

Namun untuk melakukan promosi, kamu perlu mempertimbangkan biaya atau budget iklan agar tidak merugikan bisnis kamu. Jika budget dikeluarkan sesuai dengan strategi, kemungkinan besar akan membuahkan hasil yang baik.

Jika ingin iklan berjalan sesuai budget yang sudah kamu tentukan, maka kamu perlu menentukan budget iklan sebelum memulai melakukan promosi.

Sebelum melanjutkan ke tips menentukan budget iklan untuk imers atau internet marketers, kamu perlu mengetahui tujuan dalam menentukan budget iklan itu apa agar iklan kamu bisa lancar.

Tujuan Dalam Menentukan Budget Iklan

Tujuan dalam menentukan budget iklan adalah agar iklan kamu berjalan lebih efektif dan akurat, ada banyak kesalahan yang dilakukan oleh internet marketers yang asal – asalan dalam budget iklan akhirnya promosi yang dilakukan pun boncos.

Untuk menghindari kerugian, kamu memang perlu menentukan budget iklan di awal, karena secara tidak langsung, budget yang dikeluarkan pun akan mempengaruhi hasil akhir dari promosi yang kamu lakukan.

Selain itu dengan menentukan budget iklan di awal, kamu bisa lebih mudah mengatur anggaran iklan, apakah iklan bisa di scale up dengan meningkatkan budget iklan atau tetap stabil di anggaran sebelumnya.

Itulah tujuan utama dari menentukan budget iklan, secara sederhana membantu kamu untuk bisa mengatur budget iklan sesuai dengan strategi yang sudah ditentukan, dan menghindari kerugian di masa yang akan datang.

Lantas bagaimana cara menentukan budget iklan yang baik dan efektif? Berikut ini adalah tips menentukan budget iklan untuk internet marketers pemula agar tidak boncos dalam melakukan promosi.

Tips Menentukan Budget Iklan

Berikut ini adalah tips menentukan budget iklan yang bisa kamu praktekkan khususnya untuk internet marketers pemula, yaitu;

  • Tentukan Tujuan Beriklan Terlebih Dahulu

Langkah pertama dalam menentukan budget iklan adalah tentukan tujuan beriklan terlebih dahulu apakah ingin mencari traffic, impression atau penjualan. Jika sudah menentukan tujuan kamu bisa mulai menentukan budget iklan yang pas.

  • Tentukan CPM dan CPC

CPM dan CPC adalah standar pengukuran untuk menentukan kapan kamu harus membayar iklan, misalnya kamu memilih CPC maka cost per click adalah sistem pembayaran yang kamu pilih, sehingga jika kamu mendapatkan 400 klik dalam iklan, kamu harus membayar cost dari 400 klik tersebut. Sedangkan untuk CPM adalah cost per impression, sehingga jika ada impresi dalam iklan kamu, maka saat itulah kamu membayar impresi tersebut.

Setelah menentukan apakah menggunakan jenis CPC dan CPM, selanjutnya kamu menentukan budget iklan yang akan dikeluarkan untuk promosi

  • Menentukan Budget Iklan

Langkah berikutnya adalah menentukan budget iklan, ini adalah waktu yang tepat untuk kamu memperhitungkan biaya atau anggaran yang harus kamu keluarkan untuk beriklan.

Jika kamu pemula kamu bisa mulai dengan budget kecil start 100 hingga 300 ribu rupiah, atau jika kamu ingin hasil lebih maksimal kamu bisa mencoba budget 1 juta per bulan untuk kamu keluarkan sebagai biaya iklan.

Biasanya dalam iklan ada namanya campaign, kamu bisa mulai dengan biaya 10,000 untuk 3 campaign ads, jika kamu mengeluarkan biaya 300 ribu dalam satu bulan.

  • Optimasi Budget Iklan

Optimasi budget iklan bisa kamu lakukan jika kamu mempunyai indikator KPI, misalnya KPI iklan kamu adalah berapa budget yang dihabiskan untuk iklan atau berapa target yang sudah dicapai setelah beriklan. Cara pertama kamu bisa melihat budget yang dipakai sudah habis atau belum, jika belum kamu bisa melakukan testing dengan menaikan budget iklan yang sedang running.

Cara kedua kamu bisa melihat apakah target sudah tercapai dengan budget yang sudah ditentukan, jika belum tercapai apakah kamu perlu optimasi dengan menaikkan budgetnya atau tidak.

Dua cara tersebut bisa kamu gunakan sesuai dengan analisis dashboard dari iklan kamu, agar lebih akurat.

  • Lakukan Testing

Jika kamu tidak yakin sudah menentukan budget iklan yang tepat dan efektif, kamu bisa melakukan testing terlebih dahulu, untuk mengetahui apakah dengan budget yang sudah di tentukan bisa mencapai KPI yang sudah kamu atur atau belum. Kamu bisa memulai dengan budget kecil sampai menemukan budget yang sesuai.

Testing bisa dilakukan selama 1 hingga 3 bulan untuk mendapatkan data budget yang akurat dengan tingkat keberhasilan iklan yang maksimal

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu praktekkan sebagai imers pemula dalam  menjalankan iklan, lakukan secara perlahan dan teliti karena ini menyangkut anggaran atau biaya yang dikeluarkan. Menentukan budget iklan yang benar juga akan menyelamatkan perusahaan kamu dari boncos atau kerugian.

(Visited 314 times, 1 visits today)
Close