Written by 7:10 am Marketing

Alasan Pentingnya Promosi Bagi Perkembangan Usaha

Pentingnya Promosi Bagi Perkembangan Usaha

Sebagai pemilik bisnis, kamu harus mengetahui betapa pentingnya strategi pemasaran untuk membuat bisnis kamu berkembang lebih pesat.

Oleh karena itu banyak pebisnis yang mulai melirik bagaimana mempromosikan bisnis untuk menjangkau lebih banyak audience dan bisa meningkatkan penjualan mereka.

“Promo hanya berlangsung hari ini, dapatkan produk kecantikan ini beli dua gratis satu”
“Mau banjir cuan dari TikTok live, gabung kelas ini sekarang”
“Ingin ngiklan dapat omset jutaan? Belajar ngiklan disini”

Mungkin itu adalah beberapa contoh teks promosi yang pernah kamu lihat, tujuannya jelas untuk mempromosikan produk baik produk fisik maupun jasa. Dengan adanya promosi maka penjualan pun akan meningkat.

Ternyata tujuan utama promosi bukan hanya menjangkau audience dan meningkatkan penjualan saja lho, ada tujuan lainnya untuk kelangsungan usaha kamu secara jangka panjang.

Simak artikel ini untuk mengetahui informasinya.

6 Tujuan Utama Promosi Bagi Kelangsungan Usaha

6 Tujuan Utama Promosi Bagi Kelangsungan Usaha

Secara umum, tujuan utama promosi untuk kelangsungan usaha adalah untuk meningkatkan penjualan, namun tujuan lainnya juga tidak kalah penting, yaitu;

  1. Sebagai alat penyebaran informasi
  2. Persaingan dengan kompetitor
  3. Membentuk image brand atau produk kamu
  4. Meningkatkan keuntungan
  5. Mengubah sudut pandang konsumen
  6. Menarik calon pelanggan baru

Sebagai alat penyebaran informasi

Bagaimana jadinya jika brand atau produk kamu tidak di sebarluaskan? Tentu tidak akan ada yang mengenal produk maupun brand kamu. Oleh karena itu promosi hadir sebagai penyebar informasi agar pelanggan bisa mengenal kamu. Kamu bisa memberikan informasi tentang penawaran – penawaran menarik.

Persaingan dengan kompetitor

Karena banyaknya kompetitor saat ini, penting untuk kamu bisa menjaga tingkat penjualan tetap stabil bahkan terus naik. Oleh karena itu promosi dilakukan agar kamu tidak kalah dalam persaingan dengan kompetitor.

Membentuk image brand atau produk kamu

Tujuan promosi satu ini penting untuk membangun citra dan membangun brand awareness produk maupun brand kamu di mata pelanggan. Promosi dapat membantu kamu mencapai branding yang diinginkan dan dikenal luas oleh pelanggan kamu.

Meningkatkan keuntungan

Jika tujuan promosi dan branding produk kamu sudah tercapai, hasilnya tidak lain adalah penjualan makin naik atau setidaknya stabil. Artinya kamu bisa mendapatkan keuntungan yang meningkat setiap kali kamu melakukan promosi.

Mengubah sudut pandang konsumen

Kamu bisa mengubah sudut pandang pelanggan dengan cara promosi, mungkin tadinya mereka ragu untuk membeli produk di brand kamu, tapi dengan promosi yang meyakinkan kamu bisa membuat mereka berubah pikiran.

Menarik calon pelanggan baru

Salah satu tujuan paling penting dari promosi adalah menarik calon pelanggan baru, akuisisi pelanggan, sehingga bisnis kamu akan terus berkembang. Selain itu penting juga untuk menjaga pelanggan setia agar tetap bertahan di brand kamu tanpa pindah ke kompetitor.

Nah itu dia tujuan dari promosi untuk kelangsungan bisnis kamu. Tujuan – tujuan tersebut menandakan bahwa promosi begitu penting untuk penjualan dan perkembangan usaha kamu ke depannya.

Selain itu juga, Kamu harus membuat fungsi dari promosi bekerja efektif untuk bisnis kamu dengan memanfaatkannya sebaik mungkin jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Pentingnya Promosi Bagi Penjualan & Perkembangan Usaha

definisi promosi

Tujuan terpenting dari promosi adalah untuk membedakan bisnis dari para pesaingnya. Tidak ada bisnis yang perlu menjalankan promosi apa pun jika tidak ada persaingan. Kamu harus tetap berada di depan pesaing Kamu agar pelanggan tetap berbisnis dengan Kamu.

Jika ada perusahaan yang menjual produk atau layanan serupa dengan milik Kamu, Kamu hanya dapat membuat pelanggan membeli dari Kamu jika Kamu mengadakan promosi khusus. Tentunya juga tidak kalah pentingnya untuk menyebarkan berita tentang promosi kepada masyarakat dengan menggunakan beberapa metode periklanan dan pemasaran.

Bisnis sering kali harus menggabungkan produk mereka untuk menjalankan promosi. Apa yang biasanya mereka lakukan adalah memasukkan barang yang kurang populer dengan barang yang sangat populer.

Promosi juga memungkinkan Kamu memanfaatkan data yang tersedia dan membuat lebih banyak data berguna darinya. Saat Kamu terus melakukan bisnis, Kamu mengumpulkan informasi dari ribuan dan jutaan pelanggan.

Dengan menggunakan perangkat lunak basis data yang tepat, Kamu dapat mengetahui tren, pola, dan kecenderungan pelanggan Kamu. Dengan menggunakan data ini, Kamu dapat meluncurkan promosi yang ditargetkan. Dengan mengumpulkan data promosi lebih lanjut, Kamu dapat mengenal pelanggan Kamu dengan lebih baik.

Saat Kamu mengenal mereka lebih baik, Kamu dapat meluncurkan promosi yang lebih berhasil.

Ketika mereka berbicara tentang promosi Kamu, mereka menjadi agen pemasaran Kamu. Mereka menyebarkan dari mulut ke mulut, dan ini menghasilkan lebih banyak pelanggan yang tertarik untuk berbisnis dengan Kamu.

Branding adalah tentang membuat pelanggan Kamu mengingat Kamu. Ketika mereka mengingat Kamu, mereka ingat untuk berbisnis dengan Kamu. Dengan sering meluncurkan promosi, pelanggan memiliki kenangan tentang brand kamu. Setiap kali pelanggan ingin membeli beberapa barang baru, dia akan berpikir untuk memeriksa Kamu untuk melihat apakah ada promosi yang sedang berlangsung.

Fungsi terbesar dari promosi adalah Kamu menggunakan berbagai platform online untuk memasarkan promosi Kamu. Kamu memiliki blog, situs web jejaring sosial, situs web hosting video, dll. Di mana Kamu dapat menyebarkan berita tentang promosi Kamu.

Ini membuat Kamu terlihat di internet sebagaimana Kamu seharusnya terlihat oleh target pasar Kamu. Dengan terlihat di internet, Kamu sudah menciptakan citra bisnis Kamu yang sangat kuat di benak pelanggan.

Sekarang tahukan kenapa promosi penting untuk penjualan dan kelangsungan bisnis kamu? Yuk promosikan produk dan brand kamu jika ingin terus berkembang.

Kamu bisa mempromosikan dengan berbagai media pemasaran yang ada lho, berikut ini adalah media yang bisa kamu pakai untuk memasarkan produk

7 Media pemasaran untuk memasarkan produk

Berikut ini adalah beberapa media promosi untuk pemasaran produk kamu;

Media cetak

Surat kabar, majalah, dan papan reklame semuanya termasuk dalam kategori media cetak. Meskipun banyak dari outlet media ini mengalami penurunan dalam penetrasi pasar, tetapi ada juga yang tetap mempertahankan kepentingan utama dengan kelompok demografis tertentu. Salah satunya adalah pemasaran lewat papan reklame.

Pemasaran papan reklame belum terlihat mengalami penurunan efektivitas yang dimiliki media cetak lainnya, terutama karena fungsi pemasaran mereka yang terbatas dalam menciptakan kesan pemasaran pada pengemudi di jalan raya. Bentuk pemasaran ini telah efektif untuk beberapa jenis brand awareness dan promosi acara lokal, yang harus terus berlanjut meskipun platform pemasaran online semakin populer.

Radio

Media penyiaran seperti radio bisa sangat efektif dalam menjangkau demografi tertentu. Karena sebagian besar stasiun radio terbatas pada genre musik tertentu seperti pop, klasik, urban atau country, pendengarnya seringkali memiliki karakteristik yang serupa. Dikombinasikan dengan riset pemasaran yang akurat, kampanye pemasaran radio dapat mengkomunikasikan pesan promosi ke segmen sasaran dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.

Televisi

Ini adalah salah satu platform pemasaran termahal dan membutuhkan persiapan yang cukup untuk menjangkau konsumen sasaran serta dalam produksi komersial atau penempatan produk. Televisi tetap menjadi bentuk pemasaran yang paling kuat meskipun internet telah hadir.

SEO Marketing

SEO Marketing menggunakan mekanisme berbayar dan tidak berbayar untuk meningkatkan visibilitas pada halaman hasil mesin pencari. Visibilitas yang meningkat ini menghasilkan traffic yang lebih tinggi untuk situs ecommerce dan peningkatan pendapatan. Mekanisme ini mungkin termasuk teknik SEO seperti penyisipan kata kunci, pembuatan backlink, dan pengoptimalan konten. Teknik berbayar termasuk inklusi berbayar, tautan, dan pemasaran konten.

Pay per click Marketing

Pay per click Marketing sering dikaitkan dengan iklan spanduk, iklan pop up, dan tautan sponsor. Bentuk pemasaran ini biasanya dihargai berdasarkan jumlah klik pada iklan atau tautan. Pemasaran PPC tetap penting karena kemudahan penggunaannya, keefektifannya yang sangat terukur, dan ROI yang sederhana, tetapi model pemasaran PPC telah berkurang pentingnya karena konsumen telah terbiasa menggunakan iklan dan tautan di mana-mana.

Email Marketing

Email Marketing menjadi media penting untuk strategi pemasaran sejak dimulainya pemasaran online. Penggunaan iklan, buletin, dan konten lain yang dikirim langsung ke konsumen yang telah menyatakan minatnya terhadap produk atau bisnis tetap merupakan cara yang sangat berhasil untuk membangkitkan minat konsumen dan menjaga hubungan dengan pelanggan. Karena jendela tanggapan konsumen yang sempit, tingkat konversi email dapat diukur dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi, yang memungkinkan pemasar mengembangkan metrik dan strategi yang sangat canggih untuk media penting ini.

Sosial Media Marketing

Situs media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan youtube memiliki banyak pengikut yang menghadirkan kemungkinan pemasaran yang sangat besar untuk bisnis. Kemampuan untuk mengukur minat konsumen terhadap produk, merek, dan tren sosial menawarkan sejumlah besar informasi berharga yang dapat dimanfaatkan pemasar untuk membuat kampanye pemasaran yang efektif.

Nah itulah media pemasaran yang bisa kamu pakai untuk mempromosikan produk kamu dan menjangkau lebih banyak audience.

(Visited 73 times, 1 visits today)
Close