Written by 2:13 am Marketing, Sosial Media

Ini Bayaran Dari Endorse Berdasarkan Jumlah Follower

Ini Bayaran Dari Endorse Berdasarkan Jumlah Follower

Di era serba digital seperti sekarang banyak yang memanfaatkan selebgram maupun influencer untuk mempromosikan bisnis atau produk.

Namun terkadang, sebagai pemilik produk bingung bagaimana menentukan biaya untuk endorse apalagi jika ingin endorse menggunakan influencer dengan jumlah followers yang banyak.

Saat ini memang influencer sudah menjadi bagian dari promosi marketing bisnis, karena mereka sebagai key opinion leader untuk membantu mempromosikan produk kamu dengan beberapa angle hook atau headline yang berbeda – beda.

Nah, bagaimana cara menentukan harga endorse berdasarkan jumlah followers jika kamu ingin menggunakan influencer untuk mempromosikan produk, atau untuk kamu yang ingin menerima endorse sebagai penghasilan tambahan.

Cara Menentukan Harga Endorse Berdasarkan Jumlah Followers.

Tidak bisa dipungkiri, jumlah followers menentukan apakah biaya endorse kamu tergolong mahal atau murah. Dan dengan adanya jumlah followers bisa menjadi portofolio jika akun influencer tersebut ramai pengunjung yang bisa saja salah satunya adalah pelanggan kamu.

Baca juga : Cara Mendapatkan Endorse di Tiktok Untuk Creator Pemula

Sebaliknya jika kamu ingin akun kamu menerima endorse, tarif atau bayaran dari endorse berdasarkan jumlah followers bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan rate card atau harga endorse pemula kamu.

Berikut ini cara menentukan harga endorse berdasarkan jumlah followers, yaitu;

✅ 1.000 – 10.000 FollowersRp. 350.000 – Rp. 600.000
✅ 10.000 – 50.000 FollowersRp. 600.000 – Rp. 1.000.000
✅ 100.000 – 800.000 FollowersRp. 5.400.000 – Rp. 10.000.000
✅ Diatas 1.000.000 FollowersRp. 15.000.000 ++ (Negosiasi)
  • Influencer harus memiliki minimal 1000 followers untuk bisa mendapatkan endorse. Sehingga pastikan kamu memenuhi syarat dengan mempunyai jumlah followers diatas 1000.
  • Jika followers yang kamu miliki 1000 hingga 10,000 maka kamu termasuk ke dalam nano influencer, kamu bisa menentukan harga endorse sebesar Rp. 350,000 hingga Rp. 600,000
  • Jika followers kamu 10,000 hingga 50,000 maka gaji dari endorse yang bisa diterima mulai dari 600, 000 hingga Rp. 1,000,000
  • Jika followers kamu mencapai angka 100,000 hingga 800,000 maka harga endorse yang bisa diterima mulai dari 5,400,000 hingga 10,000,000
  • Jika jumlah followers yang kamu miliki diatas 1,000,000 maka gaji dari endorsenya adalah mulai dari 15,000,000 bahkan bisa lebih sesuai dengan kesepakatan.

Biasanya harga endorse diatas berlaku untuk jenis konten postingan feed, IG Story dan Video reels. Termasuk dengan fitur swife up.

Dengan harga – harga endorse tersebut akan lebih mudah mengatur budget promosi marketing dan juga sebagai guidance atau panduan bagi endorse pemula dalam menentukan harga.

Biasanya setiap influencer memiliki harga endorse berbeda – beda, ada yang hanya memberikan barang saja, ada pula pembayaran uang untuk jasa endorse yang dipesan.

Berbeda dengan instagram, tiktok dan youtube biasanya memiliki harga endorse yang berbeda – beda.

Seperti Tiktok, biasanya nano influencer dimulai dari harga 100,000, sedangkan micro bisa dimulai dari 200,000 hingga 2,000,000. Sedangkan macro bisa diatas 5,000,000.

Nah kalau di youtube, nano influencer dimulai dari 300,000 hingga macro influencer sekitar diatas 6,000,000 per kontennya.

Selain harga endorse, kamu juga perlu menentukan cara menghubungi influencer untuk mendapatkan harga endorse mereka.

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan, yaitu;

  • Memilih influencer sesuai dengan produk atau brand kamu.

Memilih influencer yang tepat memang tidak mudah, apalagi jika kamu ingin mendapatkan hasil yang sesuai dengan budget yang kamu miliki. Memilih influencer yang tepat itu penting, agar promosi brand kamu berjalan dengan lancar, kamu bisa memilih influencer mulai dari nano, micro, macro hingga mega influencer.

  • Menghubungi manajer influencer satu per satu.

Seorang influencer biasanya mempunyai manajer untuk mengurus kerjasama endorse, namun biasanya yang mempunyai manajer itu adalah influencer mega dan macro. Jika kamu tertarik untuk mengetahui harga endorse mereka, maka kamu perlu menghubungi manajernya. Bisa melalui DM instagram, nomor whatsapp yang tercantum dalam bio Instagram maupun lewat email dari manajernya.

  • Dapatkan Informasi harga influencer di marketing platform

Sekarang ada banyak marketing platform yang menyediakan rate card atau harga endorse setiap influencer baik nano, micro, macro hingga mega, kamu bisa langsung memilih sesuai dengan budget yang kamu miliki, selain itu kamu juga bisa langsung menghubungi pihak influencer untuk diajak kerjasama endorsement.

  • Tentukan konsep endorse sebagai brief project kepada influencer

Biasanya ada influencer yang selalu tanya brief project terlebih dahulu sebelum memberikan harga endorsenya, sehingga kamu perlu menyiapkan konsep konten yang ingin kamu buat. Namun ada juga yang memberikan harga endorse sekaligus meminta konsep kontennya akan dibuat seperti apa, karena mereka biasanya menyesuaikan apakah konsep kontennya cocok untuk mereka atau tidak.

Konsep konten ini penting agar promosi yang dilakukan melalui endorse bisa relate dengan brand atau produk yang kamu jual, sehingga engagement rate dari konten serta keterikatan pelanggan dengan isi konten semakin baik.

Nah itulah beberapa cara untuk mendapatkan harga endorse berdasarkan jumlah followers influencer. Jika kamu pemula dan ingin mempromosikan brand kamu melalui endorse, pilihlah influencer nano maupun micro karena budgetnya tergolong terjangkau dibandingkan influencer macro maupun mega.

(Visited 9,838 times, 29 visits today)
Close