Written by 3:44 am Sosial Media

9 Ide Bio Instagram Untuk Bisnis Agar Tampak Profesional

9 ide bio instagram untuk bisnis agar tampak profesional

Butuh ide / masukan untuk membuat bio Instagram bisnis anda ? Ingin tahu apa yang harus ditambahkan dan fitur mana yang bagus untuk digunakan ?

Di Artikel ini , kamu akan belajar cara membuat bio Instagram untuk bisnis menggunakan setidaknya 9 elemen penting. Disamping itu, kami juga akan memberikan contoh bio instagram untuk bisnis yang akan terlihat profesional dari berbagai industri usaha.

Alasan Kenapa Mengoptimalkan Bio Instagram Bisnis Bisa Membantu Pemasaran

9 ide bio instagram untuk bisnis agar tampak profesional

Dengan perpaduan fitur dan design yang tepat, bio Instagram bisnis anda bisa memberikan informasi yang mereka butuhkan kepada calon pelanggan agar dapat menuju ke langkah selanjutnya. Perli diketahui, Bios bisnis yang ideal untuk Instagram setidaknya harus memenuhi beberapa unsur dibawah ini :

  • Tunjukkan ke calon pelanggan dimana pelanggan bisa membeli produk yang anda jual
  • Beri tahu pelanggan cara untuk menghubungi anda
  • Perjelas alamat dan lokasi fisik (jika ada) dari bisnis yang anda kelola
  • Tuntun orang untuk mengambil tindakan tertentu seperti memesan produk atau setidaknya melihat toko online anda
  • Berikan bukti yang dapat membangun kredibiltas dan kepercayaan pelanggan

Elemen Penting Yang Harus Ada Di Bio Instagram

Memang terlihat mudah untuk mengatur Bio Instagram untuk sekedar memperkenalkan bisnis anda hanya dalam 150 karakter. Namun pada kenyataannya, itu jauh lebih sulit dari yang dibayangkan. Berikut adalah elemen penting yang harus disertakan pada Bio Instagram Bisnis.

Pemilihan Nama Pengguna / Username Instagram

Sebaiknya gunakanlah nama bisnis sebagai nama pengguna / username Instagram anda. Bila anda menggunakan nama bisnis, followers bisa dengan mudah mencari dan menemukan akun anda. Itu disebabkan oleh nama pengguna merupakan sinyal peringkat utama untuk pencarian, jadi pilihlah kata yang kemungkinan akan dicari pelanggan Anda.

Namun ada kalanya nama pengguna sudah digunakan orang duluan sehingga anda tidak bisa lagi menggunakan nama pengguna tersebut atau bahkan nama dari bisnis anda sangat panjang, pertimbangkanlah untuk menyingkatnya atau tambahkan lebih banyak informasi seperti jenis bisnis atau wilayah dari bisnis anda.

Misalnya @dropshipaja menjadi @dropshipaja_official, atau @dropshipaja_jakarta. Menambahkan informasi lainnya kedalam username merupakan cara mudah untuk membedakan bisnis anda dengan yang lainnya, sehingga tampak menonjol di pencarian.

Perlu di ingat bahwa nama pengguna hanya bisa menyertakan huruf, angka dan tanda baca seperti underscore dan titik. Anda juga bisa mengubah nama pengguna setiap saat namun perlu di ingat, dengan mengubahnya terlalu sering itu dapat membingungkan pengikut Anda.

Menambahkan Nama Bisnis Di Instagram

Disamping username / nama pengguna yang harus unik, Instagram juga memberikan batasan yang jauh lebih sedikit pada nama tampilan profil anda. Ini adalah tempat yang bagus untuk mencantumkan nama bisnis anda secara lengkap.

Sebagai contoh, @adventuresbyjessie membuat nama tampilan yang menginformasikan peran dari bisnisnya yaitu travel agent. Bagian ini memberikan informasi kepada klien baru tentang bisnis apa yang ditawarkan oleh akun tersebut.

Menambahkan Nama Bisnis Di Instagram

Nama tampilan dapat mendukung lebih banyak karakter khusus sehingga bisa memberikan anda lebih banyak ruang dalam berkreasi. Anda juga dapat menambahkan emoji untuk menyampaikan apa yang ingin bisnis anda sampaikan.

Pilih Kategori Instagram Yang Sesuai

Dengan anda menambahkan kategori kedalam bio Instagram, Anda bisa memberi tahu pelanggan apa yang anda jual. Jika bisnisnya cocok dengan satu kategori seperti restoran , tentu memilih kategori merupakan langkah yang sangat mudah. Tidak perlu takut kalau bisnis anda tidak memiliki kategori sebab Instagram memiliki lebih dari 1000 opsi.

Pilih Kategori Instagram Yang Sesuai

Coba posisikan diri anda sebagai pelanggan, kemungkinan besar pelanggan akan memilih label apa, jangan risau kok ini bisa diganti kapapun.

Pasang Foto Profil Instagram

Foto profil Instagram bisa membantu pengikut untuk mengindentifikasi bisnis yang anda kelola secara instan. Dalam banyak kasus, logo atau foto lokasi merupakan ide yang patut anda pertimbangkan.

Misalnya bio Instagram @dropshipaja menggunakan logo sebagai foto profil. Dengan memasang logo tentu membuat followers akan dengan mudah menemukan bisnis yang dikelola.

foto profil instagram

Perlu diperhatikan, foto apapun yang nantinya akan anda pilih, unggahlahf oto berikuran minimal 320 x 320 piksel untuk memastikan foto profil bisa tampil secara jelas. Setelah mengunggahnya, periksa kembali apakah bingkai yang melingkar di foto profil instagram tidak memotong bagian foto ya.

Tambahkan Kontak Bisnis Yang Bisa Dihubungi

Profil Instagram memudahkan calon pelanggan untuk dapat menghubungi anda. Dengan menambahkan konak kedalam profil, membuat pelanggan dapat dengan mudah menghubungi anda.

Tambahkan Kontak Bisnis Yang Bisa Dihubungi

Anda bisa menambahkan email, alamat dan nomor telepon. Selain itu, jika diperlukan anda bisa mengaktifkan panggilan audio Instagram atau menautkan nomor Whatsapp Bisnis kedalam profil.

Mengatur Tombol Ajakan Bertindak (Call To Action)

Untuk beberapa jenis bisnis, mungkin menambahkan informasi kontak saja belumlah cukup untuk melayani para calon pelanggan. Jika bisnis anda salah satunya, maka dengan menambahkan tombol CTA kedalam profil adalah pilihan yang tepat, tombol bisa berupa ajakan untuk “Pesan Makanan”, “pesan Sekarang” dan lain sebagainya.

Baca juga : Cara Jualan Di Instagram Agar Laris, Wajib Pakai 8 Trik Ini

Mengatur Tombol Ajakan Bertindak (Call To Action)

Tombol ini akan mengarahkan pelanggan ke link yang telah anda tambahkan dan sudah disetujui oleh pihak Instagram. Jadi anda tidak bisa asal menambahkan link ya.

Tambahkan Deskripsi Di Bio Instagram

Deskripsi yang ada di Bio Instagram memiliki batasan hingga 150 Karakter, jadi anda harus memanfaatkan batasan ini untuk memperkenalkan bisnis anda secara lengkap. Anda juga bisa menggunakan huruf, angka, tanda baca serta emoji. Lantas bagaimana anda bisa memanfaatkan ruang yang terbatas ini ?

Cobalah untuk menjelaskan apa yang ditawarkan oleh bisnis anda, jenis produk dan layanan yang anda tawarkan. Tak hanya itu, anda bisa juga menambahkan hal yang bisa membuat calon pelanggan lebih trust terhadap bisnis yang dikelola seperti penghargaan yang pernah dimenangkan , testimoni dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, Instagram @higharcmedia mencantumkan iklan hingga fotografi. Mereka juga menyebutkan penghargaan yang didapat oleh perusahaannya agar calon pelanggan bisa lebih percaya terhadap jasa yang ditawarkan.

Tambahkan Deskripsi Di Bio Instagram

Apabila bisnis anda menggunakan hashtag ber-merk, anda bisa juga mencantumkannya di bio sehingga pelanggan dapat dengan mudah menelusuri konten yang terkait kedalam hashtag tersebut.

Ingatlah untuk memberikan enter di setiap informasi berbeda yang ingin anda sampaikan agar informasi tersebut lebih nyaman dibaca.

Tambahkan Link Di Bio Instagram

Meskipun anda bisa menautkan kehalaman beranda, tentu solusi bagus jika anda menautkan ke halaman lain yang memang dirancang untuk pengguna Instagram. Dengan begitu, anda bisa memandu followers ke sumber daya relevan yang telah disebutkan didalam postingan, feed ataupun story.

Apabila anda tidak mau mendesain halaman sendiri, anda bisa memilih aplikasi pihak ke 3 yang memang menyediakan fiturnya sehingga menjadi lebih gampang. Salah satunya Linktree dimana memungkinkan anda menyesuaikan link berbasis teks disana.

Tambahkan Link Di Bio Instagram

 

Tambahkan Story Highlight

Walaupun secara teknis story bukanlah bagian dari elemen bio Instagram, penempatan highlight album di profil dapat menguntungkan juga lho. Bila anda memposting story secara teratur, maka kamu akan memiliki kesempatan lain untuk bisa menampilkan konten yang bisa jadi informasi pada bio anda.

Story Highlight ideal untuk menjawab pertanyaan umum, menampilkan produk atau layanan atau bahkan menampilkan ulasan serta tutorial.

Sebagai contoh, @squarespace menyoroti serangkaian cerita yang merincikan fitur pembuatan situs web serta menunjukkan kepada followers cara menggunakan platform.

Tambahkan Story Highlight

Terdapat pula Ask a freelancer yang tujuannya untuk membantu calon pelanggan membangun situs web agar lebih baik.

Contoh Bio Instagram Bisnis

Jika penjelasan kami diatas masih membingungkan anda, mungkin beberapa contoh bio instagram bisnis dibawah ini bisa membantu anda men-desain atau mengatur bio instagram agar lebih profesional.

Contoh Bio Instagram Untuk Restoran

Contoh Bio Instagram Untuk Restoran

Contoh Bio Instagram Untuk Bisnis Hotel

Contoh Bio Instagram Untuk Bisnis Hotel

Contoh Bio Instagram Untuk Bisnis eCommerce / Toko Online

Contoh Bio Instagram Untuk Bisnis eCommerce

Contoh Bio Instagram Bisnis Penyedia Layanan

 

Contoh Bio Instagram Bisnis Penyedia Layanan

Contoh Bio Instagram Untuk Agen Perjalanan

Contoh Bio Instagram Untuk Agen Perjalanan

Kesimpulan

Memperbaiki BIO Instagram Bisnis untuk perusahaan anda sangatlah penting untuk mendorong pelanggan agar bisa lebih trust kepada produk / layanan yang ditawarkan, selain itu dengan Bio yang profesional dapat meningkatkan konversi penjualan. Semoga bio instagram untuk bisnis agar tampak profesional ini bermanfaat dan menjadi informasi berharga untuk anda ya, kami juga telah membuat artikel tentang inspirasi konten instagram agar feed bisa fyp, terimakasih.

Artikel Terkait :
(Visited 57 times, 6 visits today)
Close