Written by 9:08 pm Sosial Media, Tips & Trik

Cara Jualan Di Instagram Agar Laris, Wajib Pakai 8 Trik Ini

Cara Jualan Di Instagram Agar Laris, Wajib Pakai 8 Trik Ini

Instagram Shop memungkinkan anda membuat pengalaman berbelanja yang unik langsung dari profil anda. Setiap hari setidaknya ada jutaan pengguna Instagram mengunjungi feed mereka hanya untuk membeli produk yang mereka sukai.

Siapkah produk anda dilihat banyak orang ? Kabar baiknya adalah membuka toko di Instagram itu gratis dan terbilang sangat mudah untuk dilakukan termasuk oleh pemula sekalipun.

Cara Jualan Di Instagram Agar Laris Manis

Kenapa Jualan Produk / Layanan Di Instagram ?

Cara Jualan Di Instagram Agar Laris, Wajib Pakai 8 Trik Ini

source : gramedia

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara jualan di instagram agar laris, yuk kita terlebih dahulu bahas manfaatnya.

Menjual produk ataupun layanan yang anda miliki di Instagram mampu meningkatkan penjualan secara signifikan, inilah beberapa alasannya :

  1. Instagram merupakan aplikasi paling populer : Karna instagram merupakan salah satu aplikasi sosial media paling populer di dunia, anda tentunya bisa ditemukan oleh lebih banyak orang khususnya pengguna instagram itu sendiri.
  2. Instagram memiliki basis pengguna yang sangat besar : berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh statista, pengguna instagram rata-rata menghabiskan setidaknya 145 menit atau 2 jam setengah per hari di sosial media ini. Dengan lebih dari 99 juta pengguna aktif di Indonesia (per April 2022).
  3. Instagram merupakan platform sosial media yang menarik : instagram merupakan platform yang sangat ramah pengguna untuk jualan produk. Dan itu memberikan kesempatan kepada para creator untuk terlibat langsung dengan para pengikut mereka serta membangun relationship. Anda hanya perlu memposting foto dan video untuk dapat mempromosikan produk anda.

Media sosial sudah menjadi alat yang powerfull yang bisa digunakan para creator dan pengusaha untuk dapat memasarkan produk atau layanan mereka dan mendapatkan pelanggan baru.

Instagram shop membantu anda membantu anda membangun brand dan menunjukan produk anda ke semua penggunanya.

Secara harfiah, dunia ada di ujung jari anda.

Apabila anda sudah berjualan secara online, anda bisa dengan mudah menghubungkan platform e-commerce yang ada ke katalog Instagram milik anda.

Berjualan di instagram juga sangat menguntungkan sebab :

  • Memungkinkan anda bisa menargetkan audiens di niche yang anda mau dan menunjukkan produk serta layanan anda kepada orang yang tepat
  • Memudahkan para pengguna untuk dapat membeli langsung dari toko online anda atau lewat keranjang bawaan yang ada tanpa harus meninggalkan aplikasi
  • Meningkatkan eksposur merk serta mengarahkan trafik ke toko online anda
  • Membantu anda membuat sebuah story dan membuat pengalaman berbelanja yang baik
  • Dapat memperkenalkan produk melalui feed anda, story dan video
  • Memungkinkan orang mencari serta mempelajari lebih lanjut terkait produk dan layanan anda

Jika bisnis anda belum ada di instagram, mungkin sekaranglah saatnya bagi anda mempertimbangkan untuk dapat membuat profil serta berinteraksi dengan para pelanggan.

Atau bisnis anda sudah ada di Instagram sekarang ? Bagus sekali, anda bisa membuka toko online nada dan mulailah jualan di Instagram saat ini juga.

Sebagai pengusaha online baik itu skala kecil maupun besar , penting sekali untuk bisa menghadirkan produk atau layanan anda di sebanyak mungkin platform.

Pengalaman berbelanja di Instagram bisa membantu anda terlibat dengan para followers anda, menemukan pelanggan baru dan meningkatkan penjualan secara signifikan.

Kedengannya bagus bukan ? tapi sebelum kita berbicara tentang cara berjualan di instagram agar laris manis, pastikan terlebih dahulu anda layak untuk hadir disana.

Untuk dapat menggunakan instagram shop, anda perlu memenuhi beberapa persyaratan kelayakan.

Apakah anda perlu izin usaha agar dapat berjualan di instagram ?

Jawabannya tidak harus, anda tidak harus memiliki izin usaha untuk bisa menjual produk anda di Instagram. Namun menurut persyaratan kelayakan perdagangan Instagram, anda harus :

  • Mengikuti kebijakan Instagram
  • Mewakili bisnis dan domain anda
  • Berlokasi di pasar yang didukung
  • Menunjukkan kredibilitas
  • Memberikan informasi yang akurat

Yuk coba kita gali lebih dalam arti dari masing – masing poin diatas.

Ikuti Kebijakan Instagram

Anda diwajibkan untuk ikuti aturan ketentuan penggunaan serta pedoman komunitas Instagram. Jika tidak maka bersiaplah akun anda akan ditutup secara permanen oleh pihak Instagram.

Mewakili bisnis dan domain anda

Akun anda di Instagram harus mencerminkan produk yang telah tersedia di situs web anda. Itu artinya anda memerlukan situs web sebelum anda bisa membuka toko anda di Instagram.

Tentu anda pasti berfikir, “bagaimana jika saya tidak memiliki website ? apakah saya tetap bisa berjualan di Instagram ?”, dengan berat hati kami informasikan bahwa anda tidak bisa.

Anda harus memiliki situs web untuk memenuhi persyaratan Instagram Shop.

Tampaknya sudah waktunya anda membuat situs web sekarang. Selain itu, Instagram juga perlu melakukan verifikasi domain lewat proses verifikasi yang telah mereka siapkan.

Berlokasi di pasar yang didukung

Anda harus memiliki toko fisik di salah satu pasar yang didukung oleh instagram.

Menunjukkan kredibilitas

Merk dan halaman yang anda buat harus memiliki otoritas yang bisa dipercaya dan asli. Anda juga harus memastikan semua followers anda asli bukan bot, jadi jangan sesekali anda membeli followers ya karna anda tidak tahu kualitas followers itu, periksa ulang daftar para followers anda ya.

Memberikan informasi yang akurat

Pastikan lagi kalau produk yang anda miliki tidak menyesatkan dan berlawanan dengan undang – undang.

Detail produk harus sesuai denga napa yang tertulis di situs web anda. Jangan lupa juga kebijakan retur dan pengembalian dana harus tersedia.

Apabila semua sudah ada, maka anda sudah siap untuk mulai jualan di Instagram Shop.

Cara Jualan Produk Di Instagram

Untuk mempelajari bagaimana cara berjualan di Instagram pada awalnya memang tampak menakutkan, namun tenang, kami akan menjelaskan dengan sedetail mungkin sehingga siapapun termasuk pemula akan bisa mengikuti tips yang kami berikan.

Temukan niche yang tepat dan dapatkan followers sebanyak mungkin

Menurut gudangssl.id, Niche market atau biasa dikenal niche adalah sebuah segmen dari target pasar yang lebih besar dan memiliki preferensi atau peminatnya sendiri. Tahukah anda , setiap strategi bisnis yang hebat itu dimulai dengan mempersempit dan mendefinisikan target anda. Dalam hal ini target orang tertentu yang ingin membeli produk / layanan tertentu.

Nah disitulah celahnya, jadi kenalilah audiens anda.

Dengan memahami niche market anda di Instagram membuat anda di perhatikan oleh target konsumen anda.

Inilah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menemukan niche market :

  • Pelajari tentang Hasrat, minat serta perilaku pelanggan ideal anda
  • Pikirkan masalah dan kebutuhan mereka serta bagaimana produk / layanan anda dapat menyelesaikan masalahnya
  • Lakukan Analisa pesaing pada bisnis serupa
  • Seringlah membaca forum, komentar di sosial media serta blog untuk memperluas wawasan terkait masalah pelanggan ideal anda.

Semakin spesifik target market anda, semakin menonjol anda di mata pelanggan.

Setelah tahu apa niche anda, temukanlah pesaing untuk mencari hashtag yang relevan dengan produk / bisnis anda.

Anda juga bisa memeriksa halaman explore dan menelusuri hashtag, akun dan foto yang lagi tren.

Tidak perlu susah payah, anda cukup lihat apakah strategi mereka berhasil dan jangan ragu untuk mengikutinya dan jadikan inspirasi untuk anda. Ingat tujuan anda hanya untuk melihat apa yang mereka lakukan dan anda wajib melakukannya dengan lebih baik.

Menganalisa pesaing merupakan cara yang bagus untuk menemukan wawasan pelanggan serta membantu Menyusun strategi agar sukses jualan di Instagram.

Lalu setelah anda mempersempit niche market anda, anda tentu akan menjadi lebih mudah membangun followers.

Pikirkanlah tentang cara bagaimana memposting foto yang berkualitas tinggi, membuat konten yang berharga dan menulis pesan yang lebih baik.

Mungkin artikel kami sebelumnya tentang Inspirasi konten instagram bisa membantu anda agar tidak kesulitan mengisi konten yang berkualitas.

Buat Profil Instagram Bisnis

Sekarang setelah anda sudah mengetahui niche market yang sesuai dan telah memiliki pengikut yang cocok, saatnya untuk mengganti akun anda ke profil instagram bisnis.

Dengan membuat profil instagram bisnis, itu memungkinkan anda mengelola merk dan toko online anda.

Anda juga akan mendapatkan akses ke wawasan, postingan bersponsor, iklan, postingan terjadwal, balasan cepat, konten bermerk, link ke story Instagram dan masih banyak fitur bermanfaat lainnya.

Akun instagram bisnis merupakan pilihan terbaik jika anda memang serius membangun bisnis agar dapat berjualan produk / layanan secara professional.

Yang perlu anda lakukan untuk beralih ke akun instagram bisnis adalah pergi ke Settings -> Account -> dan klik Switch Account Type.

Buat Profil Instagram Bisnis

Source: Instagram

Disini anda bisa mengaktifkan akun bisnis hanya dalam satu Langkah mudah.

Setelah berhasil, anda akan mendapatkan akses ke konten eksklusif dimana konten ini hanya untuk bisnis.

Ikutilah tour fitur dan tips trik terbaru yang di rekomendasikan untuk mendapatkan pengalaman terbaik.

Atur Toko Instagram / Instagram Shop

Setelah anda mendapatkan followers dan telah beralih ke akun instagram bisnis, maka anda memenuhi syarat untuk membuat Instagram Shop. Sekarang anda sudah siap untuk membuka toko di Instagram.

Mari kita mulai dari yang paling dasar, Langkah demi Langkah.

Pertama, anda tentunya harus masuk ke akun Instagram milik anda dan pastikan pula anda adalah seorang admin, lalu buka dashboard profil anda.

Ikuti Langkah – Langkah dibawah ini :

  • Masuk ke settings dan klik Creator, setelah itu anda bisa klik Set up Instagram Shopping
  • Lalu anda akan diminta untuk menghubungkan katalog
  • Masukkan website anda (Instagram akan melakukan verifikasi)
  • Atur pengaturan checkout anda
  • Pilih sales channels
  • Tambahkan produk setidaknya 1 katalog
  • Preview toko anda dan pastikan itu terlihat bagus

Set up Instagram Shopping

Membuka Instagram Shop dapat memberikan anda akses ke fitur yang bisa anda gunakan untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang berkualitas.

Followers dapat mengunjungi toko anda, explore produk dan membeli langsung dari profil, postingan ataupun story anda.

Sayangnya di Indonesia belum tersedia fitur utnuk dapat langsung melakukan pemesanan di Instagram, calon pembeli anda diharuskan keluar dari aplikasi / mengunjungi web toko online yang telah anda tautkan sebelumnya.

Namun kami yakin fitur tersebut akan tersedia dalam waktu dekat kok, jadi sabar saja.

Buat Postingan yang dapat dibeli

Cara yang baik agar produk anda ditemukan adalah lewat postingan yang dapat dibeli.

Postingan yang dapat dibeli disini yaitu postingan feed, Reels atau Stories yang menyertakan tag produk.

Tag ini akan memperlihatkan kepada pengguna harga, nama produk dan memungkinkan mereka membuka situs web anda untuk dapat melakukan pembelian.

Pengguna juga bisa meng-klik tag untuk mendapatkan lebih banyak produk atau layanan yang anda tawarkan.

Ingatlah untuk selalu menggunakan Call To Action / ajakan bertindak di setiap postingan agar lebih menarik tentunya.

Beri tahu juga orang-orang untuk memeriksa link yang ada di bio anda jika ingin mempelajari lebih lanjut terkait bisnis anda.

Setelah toko anda aktif, anda bisa menggunakan 2 opsi untuk mengiklankan produk kepada calon pelanggan yaitu cara organic atau membuat iklan berbayar di Instagram.

Cara Membuat Postingan Yang Dapat Dibeli (shoppable posts)

Yang perlu anda lakukan untuk membuat shoppable posts adalah membuat postingan baru atau bisa juga mengubah postingan yang sudah ada dengan tag.

Anda bisa menandai foto ataupun video. Jadi, pamerkan produk anda sehingga tampak menarik dan enak di pandang.

Untuk postingan baru, anda cukup memilih tag products di dalam post editor.

Selanjutnya pilih produk yang ada didalam katalog atau anda juga dapat memasukkan ID Produk atau mencari menggunakan nama produk.

Cek ulang apa yang sudah anda pilih dan pastikan anda sudah memilih produk yang tepat sebelum mempublish postingan tersebut, lalu klik Done.

Sekarang feed post anda sudah shoppable dan pelanggan sudah dapat langsung meng-klik tautan yang ada pada postingan anda.

Cara Membuat Shoppable Posts terjadwal Dengan Hootsuite

Terkadang anda kesulitan jika harus bersamaan mengurus bisnis dan mengurus akun sosial media, maka cara jualan di Instagram agar laris sangat memerlukan fitur jadwal postingan. Sayangnya, secara default instagram belom meiliki fitur ini sehingga anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Hootsuite adalah aplikasi pihak Ketika yang bisa di hubungkan dengan aplikasi Instagram. Dengan Hootsuite anda bisa membuat dan menjadwalkan postingan secara otomatis termasuk foto dan video.

Cara Menghubungkan Instagram Ke Hootsuite

Saya asumsikan anda sudah daftar dan login ke akun hootsuite milik anda, jika belum silahkan daftar hootsuite terlebih dahulu.

Untuk menghubungkan akun instagram dengan hootsuite, ikuti step by step dibawah ini :

  • Pastikan anda sudah masuk ke akun hootsuite, lalu klik mulai sekarang, maka akan terdapat pilihan sosial media disebelah kanan.
  • Karna anda akan mengelola akun Instagram, maka ceklish saja Instagram dan klik berikutnya.
  • Lalu anda disuruh untuk memilih akun Instagram, jika anda belum pernah menautkan sebelumnya, anda bisa klik “Add Instagram Account”
  • Lalu dibagian “add Network” pilih Instagram, dan klik “terhubung dengan Instagram”
  • Disini Hootsuite akan meminta otoritas agar bisa mengakses akun Instagram bisnsi anda, klik saja “Otorisasi”
  • Lalu klik lagi “terhubung dengan instagram” , dan apabila muncul poup, silahkan klik continue / selanjutnya
  • Jika anda diminta untuk mengkonfirmasi akun facebook (jika anda menggunakan halaman facebook sebagai katalog), silahkan anda login facebook juga
  • Selesai

postingan Instagram menggunakan Hootsuite

Untuk memasukan produk kedalam postingan Instagram menggunakan Hootsuite, silahkan ikuti Langkah berikut :

  • Buka dashboard hootsuite dan pergi ke composer
  • Dibawah Publish to, pilih profil instagram bisnis yang telah anda hubungkan sebelumnya
  • Unggahlah gambar produk / video dan tulis caption
  • Disebelah kanan akan muncul preview postingannya, pilih Tag Products. Proses memasukkan produk akan berbeda antara video dan gambar :

Gambar : pilih area pada gambar dan cari item produk anda di katalog. Ulangi hingga 5 tag pada gambar yang sama. Jika sudah, silahkan klik Done untuk menyelesaikan proses tag produk di Instagram.

Video : Pencarian produk di katalog akan langsung muncul. Silahkan cari dan pilih semua produk yang ingin anda tag kedalam video tersebut

  • Terakhir anda bisa pilih Post Now jika ingin memposting saat itu juga, atau bisa pilih schedule for later untuk mempostingnya terjadwal. Ingat untuk memposting , kami sarankan untuk memilih waktu yang terbaik agar anda bisa mendapatkan engangement yang maksimal.

Sekarang postingan anda yang sudah ada tag produknya akan muncul di Hootsuite Planner Bersama dengan semua konten terjadwal lainnya,.

Catatan : Anda wajib sudah memiliki akun Instagram Bisnis dan Instagram Shop Untuk melakukan tagging produk di Hootsuite.

Itulah beberapa langkah mudah cara jualan di Instagram agar laris yang bisa dilakukan oleh anda bahkan jika anda pemula sekalipun, terimakasih.

Artikel Terkait :
(Visited 37 times, 16 visits today)
Close