Written by 11:05 am Sosial Media

7 Inspirasi Konten Instagram Agar Reels FYP, Terbukti Ampuh !

Mengenal Algoritma Instagram

Inspirasi Konten Instagram Yang Terbukti Ampuh – Siapa sih yang tidak kenal dengan Instagram ? social media terbesar di dunia dengan lebih dari 141jt ulasan di playstore ini merupakan lahan empuk untuk menggaet calon customer baru anda.

Banyak sekali orang memanfaatkan social media yang acap kali di sebut IG ini. Bahkan tak sedikit pula orang yang mampu mendulang ratusan bahkan miliaran rupiah dari sana.

Namun sama halnya dengan berjualan di marketplace seperti shopee, Tokopedia, bukalapak dan lain sebagainya. Berjualan di Instagram pun terbilang cukup sulit jika anda tidak memiliki strategi tertentu khususnya dalam membuat konten di akun kalian, apalagi anda tidak memiliki inspirasi konten Instagram yang disukai orang. Jangankan untuk bisa viral, agar konten anda bisa masuk reels fyp pun peluangnya sangatlah kecil.

Seperti yang kita ketahui Bersama, aplikasi jejaring social ini memiliki fitur dimana anda dapat membagikan foto, tulisan, video serta saling berkomentar pada sebuah konten yang di upload.

Meskipun awalnya Instagram merupakan aplikasi berbagi foto gratis, Instagram terus berkembang hingga memiliki banyak sekali fitur sebagaimana yang anda nikmati sekarang.

Maka dari itulah anda dapat memanfaatkan fitur yang disediakan agar produk yang anda jual dapat menjangkan ribuan calon customer, apalagi anda tau trik ataupun cara agar reels Instagram bisa fyp, wah tentunya akan ada jutaan calon customer menanti anda.

Lalu pertanyaan yang saya yakin ada di benak banyak orang adalah “bagaimana sih membuat konten Instagram yang menarik dan di sukai banyak orang ?” , anda sudah ada ditempat yang tepat. Disini kami akan membahas tuntas bagaimana mencari inspirasi konten Instagram agar konten / reels bisa fyp.

Mengenal Algoritma Instagram, Bagaimana Konten Bisa Masuk FYP ?

Mengenal Algoritma Instagram

Mengenal Algoritma Instagram | sumber : https://ardata.co.id/wp-content/uploads/2021/08/algoritma-instagram.jpg

Sebelum membahas bagaimana konten IG anda bisa viral, anda harus tau dulu bagaimana IG mempromosikan postingan setiap penggunanya, atau yang biasa disebut algoritma.

Apakah mereka melakukannya secara manual ? tentu tidak, setiap hari ada miliaran konten baru di Instagram dan sangat mustahil jika ini dilakukan oleh manusia.

Setidaknya ada 3 algoritma Instagram yang harus kalian tahu sehingga anda akan lebih mudah mencari inspirasi konten Instagram agar kontennya bisa fyp, yuk mari kita bahas satu per satu.

Intereset atau minat

Ini adalah algoritma yang sebenernya dipakai oleh semua sosial media popular seperti tiktok, facebook, twitter, dan lain sebagainya. Anda mungkin sering merasakan ini namun anda tidak sadar bahwa ada algoritma yang bermain dibelakangnya.

Katakanlah anda sekarang sedang menyukai konten – konten atau postingan tentang kucing. Secara tidak sadar anda akan terus disajikan konten semacam itu setiap anda membuka fyp nya, benar atau tidak ? nah itulah yang dinamakan minat.

Lalu timbullah pertanyaan lain, bagaimana mereka tahu minat anda sekarang ? kan mereka tidak pernah bertanya kepada anda ?

Nah mereka bisa tahu minat anda dari aktivitas anda, anda harus tahu bahwa setiap kali anda berselancar di instagram, mereka akan merekam semua aktivitas anda seperti memberikan komentar, melilhat postingan, memberikan like, dan lain sebagainya. Disinilah mereka melihat kesukaan anda dan mereka sajikan itu kepada anda.

Relationship atau hubungan

Algoritma yang satu ini akan membaca orang orang yang pernah berinteraksi dengan anda dahulu dan dia pernah melakukan aktivitas seperti like, komen, direct message, tagged photos, dll pada postingan anda.

Maka saat anda melakukan update konten , maka Instagram akan otomatis menyajikannya ke orang tersebut.

Begitu juga sebaliknya, jika anda pernah melakukan aktivitas seperti yang disebutkan diatas kepada salah satu postingan, maka kemungkinan besar nantinya postingan terbaru mereka akan masuk ke fyp anda.

Timeliness atau ketepatan waktu

Algoritma Instagram selanjutnya adalah timeliness atau ketepatan waktu. Menurut para penggiat marketing, Instagram mengasumsikan kalau postingan terbaru merupakan makanan hangat bagi semua orang dan pantas untuk disajikan agar bisa dimakan segera.

Untuk itu, feed pengguna pasti akan menampilkan foto atau video terbaru agar pengguna Instagram betah untuk terus berlama-lama bermain IG.

Selain 3 faktor diatas, pihak Instagram juga mengatakan ada 3 faktor lain yang juga mempengaruhi jangkauan audiens postinganmu, seperti :

Orang yang diikuti atau following

Perlu diketahui, semakin banyak jumlah following akun, maka semakin sedikit juga kesempatan untuk mereka dapat melihat semua konten yang di upload.

Katakanlah kamu memiliki following sebanyak 2000 pengguna, tentulah aka nada beberapa postingan yang terlewatkan dari pandanganmu karna postingan tersebut tidak muncul di feed IG.

Frekuensi Penggunaan

Apabila kamu mempunyai pengikut yang sering membuka feed mereka, maka postinganmu pun besar kemungkinan akan muncul di feed mereka.

Instagram akan mengikuti frekuensi pemakainya Ketika mereka sedang mengakses aplikasi. So, jika pengguna jarang membuka aplikasi IG, jangan heran jika postingan anda sepi dan tidak dilirik oleh para follower anda.

Lamanya bermain Instagram

Semakin lama follower kamu bermain Instagram, khususnya melihat-lihat feed mereka, maka semakin besar pula persentase postingan anda nyangkut di feed mereka.

Ini disebabkan karena jika followers kamu lebih lama membuka feed Instagram, tentu semakin banyak postingan yang mereka lihat, dan kesempatan konten anda dilihat pun semakin besar.

Bagaimana Cara Agar Konten / Reels Instagram Bisa FYP ?

Cara Agar Konten / Reels Instagram Bisa FYP

Cara Agar Konten / Reels Instagram Bisa FYP | sumber : kompas.com/

Setelah kita membahas algoritma Instagram diatas, seharusnya anda sudah dapat menyimpulkan bagaimana ccara agar reels / konten postingan anda bisa fyp. Tapi , disini kami akan menjelaskannya Kembali agar anda bisa lebih mudah mengerti.

Carilah followers dengan minat yang sama dengan produk jualanmu

Sebelumnya kita telah membahas bahwa minat  / intereset merupakan salah satu faktor penting agar postingan anda bisa masuk fyp atau setidaknya ada di feed mereka. Maka dari itu, pastikan bahwa semua followers kamu memiliki minat yang sama dengan produk jualanmu sehingga Instagram akan menyajikan postinganmu kepada followers kamu.

Inilah alasan kenapa orang dengan modal yang besar mau meng-endorse artis / beriklan di instgaram, gunanya untuk mendapatkan followers yang memang menyukai produk jualannya.

Jadi kedepannya pastikan bahwa anda tidak sembarangan mencari follower ya, atau jangan heran jika followers anda hanyalah sebuah angka tanpa ada interaksi sama sekali.

Pancing followers / Pengguna lain untuk memberikan komentar / like

Selanjutnya postinglah konten Instagram yang memancing para followers anda untuk memberikan interaksi seperti komentar ataupun like.

Semakin sering mereka memberikan interaksi terhadap konten anda, dapat dipastikan konten Instagram anda akan semakin sering muncul di feed mereka.

Bagaimana memancing mereka untuk berinteraksi ? ini akan kita bahas di postingan berbeda karna bahasannya tentu akan sangat Panjang. Namun secara singkat , pastikan bahwa konten Instagram anda tidak melulu berjualan, bangkitkan emosi mereka seperti konten lucu, konten sedih, dan lain sebagainya.

Sering – Seringlah mengunggah konten

Kita tidak pernah tahu followers kamu akan membuka Instagram di jam berapa, sebagaimana yang kita tahu , IG lebih suka menyuguhkan konten terbaru kepada para penggunanya.

Maka dari itu, semakin sering anda memposting konten Instagram, semakin besar kemungkinan konten anda muncul di feed para followers, atau bahkan berkemungkinan masuk reels fyp.

Sering disini jangan juga tiap menit ya , jika terlalu sering pun akan tidak bagus. Orang akan bosan melihat konten anda lho, sering disini mungkin 5 postingan / hari yang anda sebar waktunya pagi, siang, sore dan malam bisa anda lakukan kedepannya.

Jangan asal-asalan posting

Ini yang seringkali dilakukan oleh para pemula, melakukan postingan yang asalan dengan kualitas buruk. Cobalah untuk belajar sedikit editing, gunakan kamera yang bagus, dll. Sehingga orang nyaman melihat konten Instagram anda.

Menemukan Inspirasi Konten Instagram

Menemukan Inspirasi Konten Instagram

Menemukan Inspirasi Konten Instagram

Pertanyaan selanjutnya yaitu jika keseringan posting pasti kita bingung mau posting konten apalagi nantinya ya ?

Anda tidak perlu risau sebab bukan hanya anda yang mengalami masalah ini, bahkan influencer besar dengan banyak tim nya pun sering merasakan hal yang sama.

Disini kami telah merangkum beberapa cara mudah untuk menemukan ide dan inspirasi konten Instagram yang bisa kamu ikuti sehingga anda tidak lagi dipusingkan untuk membuat konten apalagi nantinya.

Lihat trend Di Web Berita

Satu yang perlu anda ingat, trend itu akan terus berubah setiap harinya lho. Ini bisa anda pakai untuk dijadikan ide / inspirasi konten IG. Untuk menemukan trend nya, anda dapat melihat website berita, apakah ada bencana, ada berita terbaru artis, dan lain sebagainya.

Anda dapat membahas soal itu dan mengomentarinya dari sudut pandang anda. Toh ini sah kok anda tidak akan kena UU ITE , namun ingatlah untuk bijak dalam bermain sosial media, berkomentarlah dengan sopan tanpa menyakiti siapapun.

Lihat trend di aplikasi sosial media lain

Selain web berita, anda juga bisa melihat trend terbaru di sosial media lainnya , misalnya tiktok. Anda dapat membuat konten yang sama namun dengan versi anda, pake pola ATM (Amati Tiru Modifikasi) sehingga anda tidak terlihat sekali plagiatnya.

Perhatikan follower – follower anda

Cobalah sesekali sempatkan waktu untuk memperhatikan beberapa followers anda, lihat minat mereka apa dan buat konten sesuai minat followers anda. Kemungkinan interaksi postingan anda akan disukai para followers.

Buatlah kuis / giveaway

Siapa sih yang tidak mau hadiah Cuma – Cuma, maka dari itu cobalah membuat konten kuis berhadiah. Tidak perlu besar jika modal anda sedikit. Berikan syarat seperti berkomentar / like / dll yang membuat mereka berinteraksi dengan konten Instagram anda.

Semakin banyak interaksi terjadi, semakin besar kemungkinan postingan anda masuk ke fyp lho.

Tips Dan Trik

Tidak melulu harus mengikuti tren, konten tips n trik juga terbukti ampuh memancing pengguna Instagram untuk berinteraksi lho.

Pastikan tips dan trik nya memang bermanfaat ya, jangan asal asalan aja.

Berikan solusi

Ini hampir sama dengan tips dan trik, namun ini lebih focus ke masalah yang mungkin dihadapi pelanggan anda. Sebagai contoh, anda sedang berjualan parfum summercent dimana pada bulan ini sedang ada promo beli parfum gratis emas.

Anda bisa tawarkan solusi bagi para followers untuk menabung emas, lalu tawarkan softselling juga bahwa menabung emasnya bisa gratis hanya dengan membeli parfum summercent.

Pastikan postinganmu beragam

Kita tahu di Instagram sekarang memiliki banyak fitur, seperti fitur reels. Cobalah membuat reels agar postinganmu lebih beragam tentunya. Terapkan juga cara agar reels fyp diatas ya.

Semakin beragam konten Instagram kamu, semakin menarik juga akun mu dimata para penggemar.

Itulah beberapa inspirasi konten Instagram serta cara agar reels fyp, selanjutnya anda bisa membaca juga cara jualan di instagram agar laris. semoga dengan informasi yang kami berikan bisa membantu anda mendulang penghasilan yang banyak di Instagram.

Oh ya, kamu sudah menjadi bagian dari keluarga dropshipaja belum ? selain disediakan banyak sekali produk, anda juga akan diajarkan bagaimana bisa berjualan di Instagram laris manis, sudah banyak orang di komunitas dropshipaja.com yang berhasil menerapkannya dan berpenghasilan ratusan juta rupiah per bulannya. Info lengkapnya silahkan klik disini.

Artikel Terkait :
(Visited 51 times, 36 visits today)
Close