Written by 1:33 am Sosial Media

Waktu Terbaik Posting Instagram Agar Banyak Like & Komentar

Waktu Terbaik Posting Instagram Agar Banyak Like & Komentar

Tahukah kamu, ternyata untuk mendapatkan engagement tinggi di Instagram, kamu perlu mengetahui waktu terbaik posting Instagram. Dengan aspek tersebut kamu bisa mendapatkan like dan komentar yang banyak dari pengguna.

Seperti yang kita tahu, di Instagram selain kamu dapat berteman dengan cara saling mengikuti akun, chatting, video call, melakukan siaran langsung dan lain-lain, kamu juga dapat membuat postingan dalam bentuk foto atau pun video.

Biasanya followers  di Instagram bisa memberikan like, mengomentari foto kamu serta dapat membagikannya ke story mereka.

Bagi kebanyakan orang,  mendapatkan banyak like dan komentar merupakan suatu pencapaian tersendiri, apalagi bila kamu menggunakan Instagram untuk berjualan, like dan komentar yang banyak mesti banget kamu dapatkan.

Tapi untuk mendapatkan like dan komentar yang banyak, kamu juga harus menyuguhkan konten yang bagus untuk di posting, sehingga tanpa di minta pun followers akan secara sukarela meninggalkan like dan komentar di postingan kamu.

Ada satu hal lagi yang penting, Kamu harus memperhatikan jadwal atau waktu yang tepat posting di Instagram agar mendapatkan banyak like dan komentar.

Lantas kapan jadwal atau waktu ramai di Instagram?

Waktu Terbaik Posting di Instagram

Ada beberapa waktu yang dianggap sebagai jam posting Instagram terbaik yang wajib dicoba oleh semua orang.

Ketika kamu memposting konten di waktu yang tepat maka kemungkinan mendapatkan jumlah like dan komentar banyak memiliki peluang yang tinggi.

Pantas saja jika selebgram atau influencer selalu mendapatkan like dan komentar banyak, selain karena kepopuleran mereka, jam posting juga mempengaruhi engagement yang didapatkan.

Baca juga : Ide Bio Instagram Untuk Bisnis Agar Tampak Profesional

Sebagaimana yang kami lansir dari platform manajemen medsos Hootsuite mengatakan, waktu paling bagus bagi siapa pun untuk mengunggah konten di Instagram yaitu pada hari Rabu pukul 11 pagi. Waktu lainnya termasuk pukul 9 pagi pada hari Selasa dan hari Sabtu, serta pukul 12 malam pada hari Senin.

Note : waktu diatas yaitu dalam waktu pasifik AS lho jangan sampai salah.

Sedangkan, menurut perusahaan software manajemen Sprout Social, hari terbaik untuk memposting konten Instagram yakni hari Selasa dan Rabu.

Apakah kamu senang dengan memposting di hari minggu? jika iya maka segera akhiri jangan sampai kamu posting jualan di hari minggu, karena hari Minggu justru dianggap sebagai hari terburuk untuk mengunggah konten.

Adapun waktu terbaik posting instagram yang bisa kamu coba :

Jam Bangun Tidur

Jam bangun tidur dianggap sebagai waktu ideal untuk memposting konten, sekitar lewat tengah malam sampai pagi, karena di jam tersebut masih belum banyak postingan di Instagram yang muncul, jadi kemungkinan besar postingan kamu dilihat oleh pengikut pada saat mereka membuka Instagram.

Waktu Istirahat Siang

Jam istirahat di siang hari adalah waktu yang pas untuk upload konten di Instagram, ketika siang hari banyak orang yang beristirahat, makan siang dan sholat.

Jadi pada saat tersebut banyak yang membuka hp dan membuka aplikasi Instagram sambil menunggu waktu masuk kerja kembali.

Waktu Sore Menjelang Malam

Selain saat jam istirahat siang, sore hari menjelang malam hari merupakan waktu yang sangat bagus untuk posting di Instagram.

Sore hari saat pulang kantor atau sehabis bekerja kebanyakan masyarakat Indonesia bersantai dan menghabiskan waktunya dengan bermain di Instagram.

Begitupun saat sehabis makan malam, banyak juga yang menghibur dirinya untuk membuka Instagram sampai saat mereka tidur.

Untuk lebih detailnya kami merangkum waktu terbaik untuk posting instagram di setiap harinya, yaitu

Waktu terbaik pada hari Senin

Waktu terbaik untuk memposting di Instagram agar banyak like dan komentar di hari Senin yaitu sekitar pukul 12:00. Saat makan siang ditemani scroll feed instagram.

Waktu terbaik pada hari Selasa

Waktu terbaik untuk memposting di Instagram pada hari Selasa adalah antara pukul 8-10 pagi, tetapi mencapai puncaknya sekitar pukul 9 pagi. Waktu audience berangkat bekerja sambil scrolling Instagram.

Waktu terbaik pada hari Rabu

Waktu terbaik untuk memposting di Instagram pada hari Rabu adalah pukul 11:00, bisa lihat bagaimana interaksi followers di insight pribadi akun Instagram kamu.

Waktu terbaik pada hari Kamis

Untuk hari kamis yaitu pukul 12:00 siang. Secara umum, antara pukul 11:00 hingga 14:00 adalah waktu yang bagus untuk interaksi tinggi pada hari kerja apa pun.

Waktu terbaik pada hari Jumat

Jam 14:00 merupakan waktu terbaik untuk memposting konten Instagram di hari Jumat.

Waktu terbaik pada hari Sabtu

Jam 09:00 merupakan waktu paling bagus untuk memposting di Instagram pada hari Sabtu.

Waktu terbaik pada hari Minggu

Waktu terbaik untuk memposting di Instagram pada hari Minggu adalah pukul 19:00, setelah lelah dengan aktifitas akhir pekan, saatnya bersantai melihat feed Instagram.

Waktu terbaik untuk memposting Reel di Instagram

Reels adalah salah satu cara untuk mendapatkan pengikut baru dan interaksi antar pengguna yang banyak lewat konten. Tidak ada salahnya mencoba mengenalkan Instagram kamu menggunakan reels, anda bisa mencobanya di hari senin – kamis pada pukul 9 pagi dan 12 siang.

Tips untuk menentukan waktu yang tepat posting Instagram

menentukan waktu yang tepat posting Instagram

Pada dasarnya, untuk menentukan waktu posting yang tepat kamu perlu memperhatikan berbagai aspek, nah di artikel ini ada beberapa poin penting yang perlu kamu perhatikan agar waktu posting kamu tepat dan Instagram kamu ramai pengunjung. Beberapa poin penting tersebut, yaitu:

Monitor insight Instagram secara rutin

Jika akun kamu sudah diubah menjadi akun Instagram Bisnis, maka tips satu ini bisa kamu praktekkan. Fitur yang ada di Instagram ini mampu memberikan data seputar akun kamu, dari mulai profile visit hingga insight followers.

Adapun detail dari fitur insight yang ada di Instagram yaitu :

  • Profil analitik, melihat, dan mengukur kinerja dari akun Instagram.
  • Jangkauan audiens dan mengumpulkan data audiens.
  • Melihat performa yang jelas dari setiap postingan, story, dan reels.
  • Insights Followers

Dengan memperhatikan fitur tersebut, kamu dapat memperkirakan jam posting instagram terbaik pada niche & kebiasaan para followers.

Baca juga : Cara Jualan Di Instagram Agar Laris, Wajib Pakai 8 Trik Ini

Pahami Perilaku dan Konsistensi Target Audiens

Setelah kamu mendapatkan hasil dari halaman insight Instagram ini, kamu akan menemukan rangkuman mengenai karakteristik audiens yang tepat. Pelajari lebih dalam perilaku dan konsistensi target audiens yang diharapkan tersebut.

Lebih lanjut, kamu dapat menyesuaikan jam posting instagram yang kamu pilih dengan perilaku para followers.

Misal target audiens yang kamu targetkan adalah karyawan yang aktif bermain Instagram di waktu istirahat atau makan siang, maka jam posting Instagram terbaik adalah di jam 11.00 WIB – 13.00 WIB. (Ingat untuk tetap cek zona waktu ya)

Merencanakan jadwal dengan baik dan benar

Untuk memudahkan kamu dalam merencanakan jadwal posting, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi, sehingga postingan kamu terjadwal sesuai dengan waktu posting. Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan fitur spreadsheet seperti Excel.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar bisa sesuai dengan target audiens. Selain itu, kamu juga bisa menjadwalkan postingan menggunakan Creator Studio Instagram yang bisa diakses secara gratis.

Kamu bisa membuat tabel yang berisi tentang konten, waktu, hari,  performa atau kinerja, dan variabel pendukung lainnya yang sekiranya dibutuhkan dalam hal ini.

Jaga Konversi Akun kamu

Tips yang tidak kalah penting yang harus kamu lakukan adalah dengan mengukur perkembangan secara tepat lewat analitik data. Jadi, meskipun kamu sudah menemukan waktu yang tepat, kamu tetap harus memperhatikan konversi yang ada.

Hal ini sangat perlu dilakukan agar konten instagram yang kamu unggah dapat terlihat lebih menarik dengan konversi yang besar.

Sebenarnya inti dari hal ini adalah kamu bisa memberikan konten yang berkualitas dan konsisten. Maka postingan kamu layak mendapatkan konversi yang terus meningkat.

Beri jeda untuk upload foto berikutnya

Ingat agar konten yang sudah capek-capek kamu buat bisa dapet banyak like, kamu juga mesti memperhatikan jeda posting di Instagram antara satu postingan dengan postingan selanjutnya.

Bila jeda postingan sangat dekat, tentu akan membuat para followers kamu sebel karena di berandanya penuh dengan postingan kamu. Mereka pasti tidak akan memberikan like dan mengabaikan postingan kamu.

Jangan pernah upload 25 foto atau lebih di waktu yang sama

Ingin langsung upload banyak? kami sarankan hindari banget ya! Masih berhubungan dengan tips diatas, agar akun Instagram kamu tidak kena banned oleh Instagram, jangan upload lebih dari 25 foto saat waktu yang bersamaan.

Berilah jeda setidaknya beberapa jam baru upload lagi agar tidak dianggap spam oleh robot Instagram,selain itu efek yang terjadi bisa saja akun ig kamu akan di unfoll karena dianggap spamming.

Perhatikan zona waktu

Pastikan kamu mengecek zona waktu ya, karena Indonesia itu tidak hanya punya satu zona waktu saja, akan tetapi dibagi menjadi tiga zona waktu, yaitu WIB (Waktu Indonesia Barat), WITA (Waktu Indonesia Tengah), dan WIT (Waktu Indonesia Timur).

Silahkan cek kebanyakan followers kamu berasal dari zona waktu apa dan posting sesuai dengan zona waktu nya, dan posting konten sesuai dengan zona waktu yang tepat ya.
Konten yang bagus

Konten yang bagus akan mendatangkan likes dan komentar yang banyak. Jadi pastikan konten dan jam upload kamu maksimalkan ya. Jangan sampai waktu sudah tepat kontennya biasa – biasa saja, jadi hasilnya pun kurang optimal.

Nah itu beberapa waktu terbaik posting instagram berikut tips untuk menentukan waktu posting instagram yang tepat.

Selamat mencoba!

Artikel Terkait :
(Visited 40 times, 4 visits today)
Close