Written by 7:00 pm Sosial Media, Tips & Trik

7 Tips & Cara Jualan Online Laris Di Whatsapp, Pasti Cuan !

Whatsapp Business vs whatsapp biasa

Di zaman serba digital ini membuat para pebisnis mulai hijrah dari cara konvensional dengan membuka lapak di jalan / kios ke cara modern yakni dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Seperti yang kita ketahui, agar jualan bisa laris, tentu pemasaran adalah kunci utamanya. Salah satu Teknik pemasaran yang banyak dipakai oleh para pebisnis online adalah memanfaatkan aplikasi sosial media, whatsApp.

Wajar saja jika banyak orang mencari cara jualan online laris di whatsapp karna memang aplikasi ini merupakan aplikasi sosial media terpopuler di Indonesia.

Berdasarkan data kominfo, pengguna internet di Indonesia sebanyak 171 juta pengguna dan 83% diantaranya merupakan pengguna whatsapp.

Dengan mengacu ke data tersebut, Ini merupakan lahan yang sangat empuk untuk bisa jualan online di whatsapp tentunya.

Fitur – Fitur Di Whatsapp Yang Dapat Dimanfaatkan Untuk Berjualan Online

Whatsapp sebenarnya platform chatting dimana fungsinya adalah untuk bisa bersapa antara pengguna whatsapp satu dan lainnya.

Namun kita bisa memanfaatkan fitur – fiturnya untuk bisa berjualan online laris di whatsapp lho. Beberapa fitur WA yang acap kali dipakai orang untuk berjualan diantaranya :

Whatsapp Business

7 Tips & Cara Jualan Online Laris Di Whatsapp, Pasti Cuan !

Whatsapp Business adalah jenis akun whatsapp yang sedikit berbeda dengan akun pada umumnya. Lantas apa saja perbedaannya ?

  • Whatsapp Business bisa menggunakan nomor telepon rumah / kantor
  • Whatsapp Business memiliki fitur balas otomatis
  • Whatsapp Business dapat melihat statistic pesan terkirim dan diterima
  • Whatsapp Business dapat memilih kategori bisnis yang anda geluti
  • Whatsapp Business memiliki centang hijau jika bisnis anda telah di verifikasi
  • Whatsapp Business dapat mengkategorikan pesan yang masuk dengan label
  • Whatsapp Business memiliki fitur keranjang layaknya online shop

Dengan perbedaan tersebut diharapkan bisa membuat bisnis anda lebih kelihatan professional tentunya.

Whatsapp Status / Whatsapp Story

Fitur selanjutnya agar cara jualan online laris di whatsapp bisa terlaksana adalah fitur Whatsapp Story. Whatsapp Story adalah fitur dimana anda bisa membagikan informasi ke orang – orang yang menyimpan nomor hp anda di kontaknya. Status anda akan berada di tab status yang terdapat di aplikasi whatsapp.

Story ini akan berada disana selama 24 jam lamanya, sehingga kesempatan status anda dilihat oleh pelanggan semakin besar dan tentunya jualan di Whatsapp anda bisa laris manis.

Pesan Broadcast

Ini juga bisa anda manfaatkan untuk jualan online laris di Whatsapp, sebab anda bisa mengirim pesan ke semua kontak anda hanya dengan sekali klik.

Pengaturan Agar Jualan Online Di Whatsapp Bisa Laris

Setelah sebelumnya kita sudah mengenal fitur whatsapp yang dapat anda manfaatkan untuk berjualan secara online di WA, maka kurang sah rasanya jika kita tidak membahas cara jualan online di whatsapp secara lebih mendetail.

Buat Akun Whatsapp Business

Whatsapp Business

Cara yang pertama untuk berjualan online laris di Whatsapp adalah dengan membuat akun Whatsapp Business.

Karna aplikasi ini berbeda dengan aplikasi WA pada umumnya, maka anda wajib mengunduh secara gratis aplikasi Whatsapp Business di PlayStore / AppStore.

Jika sudah, silahkan daftar dengan nomor hp anda, cara daftarnya pun gampang kok. Anda cukup memasukkan nomor HP yang aktif tentunya karna dari pihak WA nantinya akan mengirimkan OTP (One Time Password) ke nomor tersebut untuk memverifikasi bahwa anda adalah pemilik nomor tersebut.

Baca juga : 10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal

Ubah Profil Whatsapp Busniess

Lalu anda bisa mengubah profil Whatsapp anda, pastikan profilnya sesuaikan dengan bisnis anda ya. Caranya dengan membuka aplikasi WhatsApp Busniess > klik Menu > Pengaturan > Pengaturan Perusahaan > Profil.

Nantinya akan ada tombol edit di bagian kanan atas, ubah profilnya dan simpan.

Pastikan profil yang dimasukkan lengkap ya seperti jam buka, alamat dengan peta yang bisa memandu customer anda, deskripsi bisnis dan situs web.

Buat Label Untuk Mengkategorikan Pelanggan

Seperti yang sudah kami jelaskan diawal, salah satu fitur whatsapp business adalah Label. Label ini bisa membantu bisnis anda mengorganisasi serta menemukan pesan dengan lebih cepat.

Buka aplikasi WA Bisnis > pengaturan > lalu klik fitur bisnis > label > lalu klik tambah label baru > simpan

Disni anda sudah memiliki label untuk bisnis anda, namun masih ada satu Langkah lagi untuk bisa mengkategorikan chat yang ada, anda harus menerapkan label tersebut ke pesan yang ada.

Caranya geser ke kiri pada chat yang ada > klik lainnya > Labeli Chat > lalu pilih label yang anda mau

Sampai disini anda sudah melabeli chat anda, dan untuk menemukan chat berlabel, silahkan klik chat > geser ke bawah > klik label > lalu pilih label nya apa. Anda akan menemukan chat yang anda telah labeli sebelumnya.

Buat Katalog Produk

Katalog Produk

Katalog bisa mempermudah pelanggan berinteraksi dengan bisnis anda lho, selain itu katalog juga membantu pelanggan anda melihat produk serta layanan baru anda.

Caranya buka aplikasi whatsapp business > opsi lainnya > setelah > fitur bisnis > katalog > klik tambah item baru.

Selanjutnya anda bisa klik logo tanda tambah lalu tambah gambar. Klik galeri untuk meng-upload gambar produk / jasa anda, ingat anda bisa meng-upload maksimal 10 gambar ya.

Lalu masukan nama produk atau layanannya, tak hanya itu anda juga bisa menambahkan harga, deskripsi, link website serta kode produk yang dibuat, terakhir klik simpan.

Aktifkan Auto Reply

Cara Jualan Online Laris Di Whatsapp Auto Reply

Auto Reply sangat bermanfaat untuk membantu anda berjualan online laris di Whatsapp khususnya untuk memberi tahu pelanggan anda bahwa anda sedang available atau tidaksaat ini. Fitur ini tidak default aktif sehingga anda harus mengaturnya secara manual.

Caranya klik Setting > Business Setting > Away Message. Selanjutnya klik tombol toggle yang ada di sebelah Send Away Message > Klik Message > Atur pesan yang ingin disampaikan > klik OK

Selanjutnya jadwalkan pesan anda, anda akan dikasih 3 opsi diantaranya Always Send, Custom Schedule dan Outside of Business Hours.

  • Always Send : Auto Reply akan mengirim pesan setiap kali ada chat baru masuk
  • Custom Schedule : Anda dapat menjadwalkan pesan tersebut mau dikirim saat kapan saja
  • Outside of Business Hours : Auto Reply akan mengirim pesan otomatis diluar jam buka anda

Sesuaikan dengan yang anda inginkan ya, jangan sampai fitur ini justru mengganggu pelanggan anda.

Tips Cara Jualan Online Laris Di Whatsapp, Terbukti Ampuh !

Buat katalog yang rapi

Katalog Produk

Dengan katalog yang rapi tentu membuat calon pelanggan anda senang dan menganggap anda sangat professional. Rapi disini adalah seperti gunakan gambar yang bagus, bila perlu edit gambar terlebih dahulu sebelum di unggah dan judul yang menarik.

Sebarkan Nomor Whatsapp Anda

Jika anda hanya membuat akun whatsapp tanpa anda sebarkan, maka sama saja bohong. Orang tidak aka nada yang tau dengan bisnis anda.

Sebarkan nomor whatsapp anda melalui akun media sosial anda lainnya seperti facebook, twitter, Instagram, youtube, dan lain sebagainya.

Semakin banyak orang menyimpan nomor anda di kontaknya, semakin besar pula kemungkinan jualan anda bisa laris dan sukses.

Buat Status Yang Memancing Orang Untuk Bertanya

Cara Jualan Online Laris Di Whatsapp, story whatsapp

Jangan lupa juga untuk membuat story / status whatsapp untuk mempromosikan apa yang anda jual. Anda bisa mempromosikan produk baru, review pelanggan, informasi promo dan lain sebagainya.

Ingat untuk tidak terlalu sering membuat status dalam waktu singkat karna bisa membuat status anda di blokir oleh pelanggan anda. Orang akan malas melihat status yang spam , termasuk saya sendiri.

Baca Juga : 7 Inspirasi Konten Instagram Agar Reels FYP, Terbukti Ampuh !

Buat Pelanggan Untuk Bertindak Saat Ini Juga

Gunakan Teknik ajakan sehingga calon pelanggan tergerak untuk mengambil Tindakan saat itu juga (Call To Action). Misalnya waktu promo yang terbatas, sisa stok tinggal sedikit, dan lain sebagainya.

Respon Pelanggan Secepat Mungkin

Ingat, untuk cara jualan online laris di Whatsapp yang satu ini memiliki peran yang sangat penting lho. Sebab jika anda tidak responsive tentu pelanggan anda akan mencari penjual lainnya dan anda kehilangan calon customer.

Balaslah pesan yang masuk sesegera mungkin, dengan anda responsive dan fast response, pelanggan akan senang berinteraksi dengan anda.

Lakukan Follow UP / Hubungi Ulang Calon Pelanggan Anda

Biasanya calon pelanggan tidak langsung melakukan pembelian di interaksi pertama mereka. Anda bisa menghubungi mereka lagi di lain waktu untuk sekedar menanyakan kabar dan memberikan promo yang lebih menarik agar mereka mau membeli produk anda.

Sabarlah Melayani Pelanggan / Jangan Kasar

Ingat , pelanggan adalah raja ! Walau bagaimanapun calon pelanggan anda menghubungi anda artinya dia sudah tertarik dengan produk anda. Jadi sabarlah , layani mereka dengan sepenuh hati dan senyuman.

Jika mereka puas dengan pelayanan anda, dijamin dia akan membeli barang jualan anda dan tidak menutup kemungkinan akan melakukan repeat order.

Itulah tips dan cara jualan online laris di whatsapp yang telah terbukti membantu banyak member Dropshipaja. Anda bisa menerapkannya satu persatu dan jadikanlah semua poin diatas kebiasaan sehari hari anda.

Diharapkan dengan menerapkan tips jualan laris di WA tersebut anda bisa menemukan pelanggan potensial yang selama ini anda impikan, terimakasih.

Artikel Terkait :
(Visited 19 times, 1 visits today)
Close