Written by 8:11 pm Sosial Media, Tips & Trik

Cara Mengganti Nama & Username Instagram Tanpa Menunggu 14 Hari

Cara Mengganti Nama Pengguna Instagram

Cara mengganti nama Instagram ataupun username memang mudah, namun ternyata banyak juga lho yang belum tahu bagaimana cara menggantinya. Khususnya username IG, jika kamu baru saja menggantinya maka kamu perlu waktu 14 hari untuk mengganti nama yang baru sehingga bagi pemula tentu jadi bingung. Lalu apakah ada cara alternatif tanpa harus menunggu 14 hari? 

Instagram sebagai salah satu platform sosial media yang mempunyai banyak pengguna ini memang memiliki keunikan dari segi username, kamu bisa membuat username sesuai dengan nama kamu, atau jenis akun yang kamu kelola, bisa menjadi lebih fresh, lebih singkat dan lain sebagainya. 

Apalagi jika kamu menggunakan akun Instagram pribadi menjadi akun bisnis yang kamu kelola, tak profesional rasanya jika kamu berbisnis tanpa menggunakan nama bisnis kamu sendiri. 

Itulah gunanya kamu harus tahu cara mengganti nama instagram agar sesuai dengan bisnis ataupun produk kamu, agar audiens lebih mudah menemukan bisnis dan produk kamu di Instagram. 

Namun cara mengganti nama instagram ini perlu waktu 14 hari lho sesuai dengan kebijakan dari Instagram. 

Nah di artikel berikut ini akan membantu kamu mengganti nama Instagram ataupun username Instagram tanpa harus menunggu 14 hari, bahkan mengganti username yang tidak tersedia. 

2 Alasan Kenapa Nama Pengguna / Username IG Tidak Bisa Diganti

Jika kamu sudah pernah mencoba cara mengganti nama instagram bahkan sudah menunggu 14 hari agar username kamu berubah, tapi ternyata belum juga berubah. 

Ada beberapa kemungkinan atau alasan kenapa tidak bisa mengganti nama pengguna di instagram. Berikut adalah alasannya;

  • Alasan pertama kenapa nama instagram tidak bisa diganti, adalah karena username atau nama pengguna IG yang kamu pilih sudah dimiliki atau digunakan oleh orang lain. Biasanya Instagram akan memberikan notifikasi jika username sudah dipakai oleh akun lain. 
  • Alasan kedua kenapa nama instagram tidak bisa diganti adalah karena username yang dipilih sudah dipakai oleh orang lain, tapi akunnya sudah dihapus atau dinonaktifkan. Sehingga Instagram menganggap jika username atau nama pengguna tersebut masih bisa digunakan.

Itulah alasan kenapa tidak bisa mengganti username di Instagram, namun kamu tidak usah khawatir, karena di artikel ini ada cara mengganti nama ig yang tidak bisa diganti, dengan menambahkan titik, angka atau underscore.

Langkah – Langkah Cara Mengganti Nama & Username Instagram

Ada beberapa cara mengganti nama instagram yang bisa kamu coba, namun di panduan kali ini kita akan gunakan cara dari menu pengaturan ya sebagaimana yang kami kutip dari channel youtube “kaji tutorial”.

  • Login terlebih dahulu ke akun yang akan dirubah
  • Masuk ke tab profil
  • Pilih menu
  • Pilih pengaturan
  • Pilih pusat akun
  • Pilih Profil
  • Pilih profil yang mau di ubah nama IG nya
  • Edit nama / nama pengguna sesuai yang di inginkan.

masuk pengaturan


Jika gambar merubah nama IG diatas masih membingungkan, kamu bisa mengikuti panduan di video ini :

Mungkin untuk nama pengguna, kamu tidak akan kesulitan, pasalnya instagram membolehkan akun dengan nama yang sama persis. Tapi tidak dengan nama pengguna / username, setiap akun IG wajib memiliki username yang berbeda sehingga jika username yang kamu inginkan sudah lebih dulu diambil orang, kamu jadi tidak bisa lagi menggunakannya.

Lantas bagaimana solusinya jika username tidak tersedia ? yuk ikuti tutorial selanjutnya.

Cara Mengganti Username Instagram Yang Tidak Tersedia

Cara Mengganti Nama Instagram Yang Tidak Tersedia

Ingin mengganti nama instagram namun ternyata nama pengguna tidak tersedia memang sedikit menyebalkan, namun kamu tenang saja, karena ada beberapa cara mengganti nama pengguna instagram yang tidak tersedia dan bisa kamu coba. Berikut ini adalah cara mengganti nama ig yaitu; 

1. Pakailah Tanda Titik Pada Username

Langkah pertama cara mengganti nama instagram yang tidak tersedia adalah login terlebih dahulu ke akun kamu, lalu masuk ke profil akun kamu, dan pilih edit profil. 

Ketika halaman edit profil sudah terlihat, pilih bagian kolom kedua yaitu username atau nama pengguna, di bagian ini lah kamu mengganti nama IG yang diinginkan. 

Dibagian ini, kamu bisa mengetikkan nama pengguna yang kamu inginkan, namun karena nama tersebut sudah dipakai orang lain, kamu bisa tetap menggunakannya dengan menambahkan tanda titik bisa di tengah kata bisa dibelakang, dimanapun sesuka hati kamu. 

Namun rekomendasinya akan lebih baik dan gampang dibaca adalah dengan menambahkan titik setelah satu kata. Misalnya nama akun summerscent.official yang menggunakan titik setelah kata pertama.

2. Tambahkan Kata Lainnya

Jika kamu merasa kurang cocok dengan nama akun instagram menggunakan titik, kamu bisa menggunakan kata lain di akhir atau di depan nama username kamu. 

Cara mengganti nama ig yg tidak tersedia dengan menambahkan kata lainnya ini bisa banget kamu coba lho, misalnya kamu tambahkan kata id seperti dropshipajaid atau summerscentid dan lain – lain. 

Tapi ingat kamu harus tambahkan kata lainnya yang sesuai dengan akun yang kamu kelola agar terlihat lebih menarik, jangan sampai kamu menambahkan kata yang membuat akun kamu terlihat tidak profesional.

3. Gunakan Underscore 

Langkah selanjutnya sebagai cara mengganti username instagram adalah dengan menggunakan Underscore yang merupakan karakter huruf yang bisa kamu temukan di keyboard laptop maupun handphone. Tujuannya biasanya untuk menggaris bawahi. 

Kamu bisa menggunakan underscore setelah satu kata diawal atau diletakkan dibagian akhir pengguna. Contohnya seperti ini _dropshipaja, dropshipaja_com, atau dropshipaja_

Karakter underscore bisa kamu gunakan untuk mengganti nama ig yang tidak tersedia.

4. Menggabungkan Semuanya 

Kamu bisa menggabungkan antara titik, underscore dan kata lainnya di dalam nama akun instagram kamu sebagai cara mengganti nama instagram yang tidak tersedia. kemuningkan besar jika kamu menggunakan semua karakter ini, username kamu tidak akan sama dengan yang lainnya. Contohnya seperti ini Dropshipaja.com_official. 

5. Gunakan Nama Pengguna Yang Singkat

Cara mengganti nama instagram berikutnya adalah dengan cara membuat username atau nama pengguna yang singkat. Misalnya kamu persingkat nama akun dropshipaja menjadi DA.id, DA.com dan lain – lain. Tapi gunakan singkatan yang memang sudah dikenal oleh audiens kamu ya.

6. Tambahkan Angka 

Cara mengganti username instagram paling mudah adalah menggunakan angka. Bisa angka keberuntungan, angka lahir atau angka cantik yang kamu sukai. Misalnya dropshipaja ditambahkan angka seperti dropshipaja001 atau dropshipaja100 dan lain – lain. 

Selain angka seperti itu, kamu juga bisa mengganti huruf alphabet menjadi angka yang menyerupai huruf. Misalnya kamu mengganti nama dropshipaja menjadi dropship4ja. Angka 4 dalam username tersebut dianggap a dalam alphabet.

7. Menambahkan Huruf

Cara mengganti nama instagram yang terakhir  adalah dengan cara membuat huruf tambahan baik didepan, ditengah maupu di akhir kalimat. Contoh sederhananya seperti ini dropshipajaa dengan menambahkan huruf a dibelakang. 

Keberhasilan cara mengganti username instagram ini adalah jika saat kamu mengetikkan nama username yang diinginkan dan tidak ada notifikasi yang muncul seperti “username ini sudah digunakan” maka kamu bisa menyimpan namanya dengan klik icon ceklis di pojok kanan atas.

Dan selamat kamu sudah berhasil menggunakan cara mengganti nama instagram.

Cara Mengganti Username Instagram Tanpa Menunggu 14 Hari

Walaupun Instagram mempunyai kebijakan untuk mencegah penipuan dan kejahatan cyber lainnya. Rupanya banyak juga pebisnis yang ingin mengganti nama instagramnya untuk survey mana nama pengguna yang cocok, tapi terkendala dengan kebijakan mengganti nama harus menunggu 14 hari. 

Yang dimana selama menunggu ini ada kegiatan operasional yang terganggu. 

Berikut ini adalah cara mengganti nama instagram tanpa perlu menunggu 14 hari sesuai kebijakan instagram, yaitu:

Cara 1: Mengganti Email Akun Instagram Kamu

Cara mengganti nama instagram yang pertama adalah mengganti alamat email  akun instagram kamu, caranya masuk ke laman profil instagram, setelah itu klik edit profile kemudian edit informasi, dibagian inilah kamu bisa memasukkan alamat email yang baru dan jangan lupa untuk melakukan konfirmasi verifikasi alamat email. 

Jika sudah terganti dan sudah ada email verifikasi yang masuk, selanjutnya kamu tunggu sekitar 24 jam sebelum mencoba memasukkan username baru instagram kamu.

Cara 2: Deactive Akun  Instagram Kamu Selama 24 Jam

Cara mengganti nama instagram kedua adalah dengan menonaktifkan akun kamu selama 24 jam. Namun untuk mengganti nama dengan cara ini kamu harus menonaktifkan akun melalui browser karena di aplikasi tidak bisa dilakukan. 

Langkah pertama untuk menonaktifkan akun sebagai cara mengganti username instagram kamu adalah masuk ke setting atau pengaturan profil kemudian pilih “Nonaktifkan sementara akun saya”.

Dengan cara ini, akun kamu akan nonaktif selama 24 jam, setelahnya kamu bisa login kembali dengan akun kamu melalui aplikasi Instagram di smartphone, dan mulailah mengganti nama instagram kamu di menu edit profile.

Cara 3: Mengosongkan Nama Akun

Cara mengganti nama instagram yang terakhir tanpa harus menunggu 14 hari adalah dengan cara kosongkan nama akun instagram kamu.

Identitas dalam Instagram terdiri dari dua bagian penting nama akun dan nama pengguna. Biasanya nama pengguna atau username diawali dengan tanda @ sedangkan nama akun tidak.

Nama akun instagram berkaitan dengan nama lengkap, nickname, nama toko atau bisnis dan lain – lain.

Cara mengosongkan nama akun mudah sekali, kamu tinggal masuk ke laman edit profile, lalu kosongkan nama akun dan isi nama pengguna yang kamu inginkan.

Setelah itu kamu bisa mendapatkan nama pengguna atau username yang kamu inginkan tanpa harus menunggu 14 hari.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba, dari mulai cara mengganti nama instagram yang tidak tersedia sampai tanpa menunggu 14 hari.

Selamat Mencoba.

(Visited 9,236 times, 8 visits today)
Close