Written by 8:06 pm Tips & Trik

5 Panduan Memilih Mentor Yang Tepat

Mentor yang tepat dapat membantu Kamu memilih tujuan profesional yang dapat dicapai dan mencapai tujuan tersebut dengan bimbingan pribadi.

Banyak faktor profesional dan pribadi yang dapat mempengaruhi seberapa baik hubungan mentoring bekerja.

Mempertimbangkan faktor-faktor ini dan meneliti bagaimana calon mentor dapat membantu Kamu adalah bagian penting untuk menemukan pasangan yang cocok untuk diajak kerjasama.

Pada artikel ini, kami membahas beberapa teknik untuk menemukan mentor yang tepat untuk Kamu.

Apa itu mentor?

Seorang mentor adalah seorang profesional yang berpengalaman di bidang yang Kamu inginkan yang telah mencapai kesuksesan dan bersedia membangun hubungan kerja dengan Kamu.

Mereka dapat membantu Kamu mencapai tujuan karir baik pribadi Kamu maupun bisnis melalui koneksi yang dibangun di atas kamu dan mentor.

Mentor bisa jadi manajer, rekan kerja yang lebih berpengalaman, mantan profesor, atau profesional di jaringan Kamu.

Seorang mentor bukan hanya seorang guru, tapi juga seorang teman yang dapat diandalkan dan dipercaya.

Panduan memilih mentor yang tepat.

panduan memilih mentor yang tepat

source : QuBisa.com

Dengan menemukan mentor yang tepat, Kamu dapat membangun fondasi yang kokoh untuk menjadikan hubungan profesional baru ini sesehat dan punya manfaat yang baik. Berikut adalah beberapa langkah sebagai panduan yang dapat membantu Kamu memilih mentor yang tepat:

Baca juga : Manfaat Mentoring Dalam Bisnis Online

1. Pilih seorang mentor yang memiliki nilai dan definisi kesuksesan yang sama dengan Kamu

Saat Kamu mencari nasihat dari seorang ahli, penting untuk mempertimbangkan sifat dan nilai karakter Kamu sendiri dan mencari seseorang yang memiliki kesamaan dengan Kamu.

Beberapa perbedaan di antara Kamu dapat membantu menghadirkan perspektif baru, tetapi tujuan bersama dapat memungkinkan Kamu membangun hubungan yang kuat.

Jika Kamu dan mentor potensial Kamu memiliki tujuan yang sama untuk pekerjaan dan industri Kamu, Kamu dapat lebih mudah memahami pendekatan yang terjadi dan mereka dapat menyesuaikan saran mereka dengan situasi spesifik Kamu.

Jika ada seseorang di jaringan Kamu yang Kamu pertimbangkan untuk menjadi mentor, Kamu sudah tahu sedikit tentang apakah Kamu berdua cocok. Saat Kamu ingin membuat koneksi baru, penelitian tentang karier, koneksi profesional, dan kehadiran online mereka dapat membantu Kamu membuat penilaian cerdas tentang nilai dan motivasi mereka.

2. Temukan seseorang yang telah mencapai tujuan spesifik yang Kamu tuju

Apakah Kamu ingin mengubah karir, bergerak maju dalam posisi atau industri Kamu saat ini atau memulai karir Kamu dengan kuat, penting untuk memikirkan tujuan spesifik yang ingin Kamu capai.

Setelah Kamu tahu apa yang Kamu coba lakukan, Kamu dapat mempersempit kumpulan mentor potensial Kamu. Jika Kamu bekerja untuk jabatan pekerjaan tertentu, Kamu mungkin menemukan seseorang yang mengisi dan melampaui posisi itu dengan cara yang Kamu kagumi.

Jika tujuan Kamu adalah beralih ke bidang baru, sebaiknya lakukan penelitian tentang jalur karier calon mentor sehingga Kamu dapat menemukan model.

Saat Kamu mencoba memulai bisnis baru atau bekerja untuk perusahaan tertentu, seseorang yang telah melakukannya sebelumnya dapat membimbing Kamu dengan baik.

3. Carilah seseorang yang mampu dan mau membangun hubungan baru

Baik Kamu maupun mentor Kamu perlu memiliki waktu dan energi untuk membangun hubungan profesional yang baru.

Dan seiring berkembangnya hubungan mentoring Kamu, seorang mentor yang aktif di bidang profesional Kamu dapat memperluas jaringan Kamu dan memperkenalkan lebih banyak peluang kepada Kamu.

Mereka harus bisa diinvestasikan dalam kesuksesan Kamu, yang dapat membantu Kamu mengembangkan tujuan terperinci dan langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut.

Di awal hubungan mentoring Kamu, Kamu mungkin ingin meluangkan lebih banyak waktu untuk berkomunikasi satu sama lain, baik secara langsung maupun melalui telepon atau email.

Mempertimbangkan investasi waktu sepanjang hubungan dapat memastikan Kamu berdua berkomitmen dan bersedia bekerja sama.

4. Pilih seorang mentor yang memiliki perbedaan yang dapat menantang Kamu

Meskipun kecocokan itu penting, ada baiknya juga memikirkan tentang bagaimana seorang mentor dapat membantu Kamu tumbuh dengan cara baru.

Jika Kamu memiliki tantangan atau kelemahan profesional, keterampilan yang ingin Kamu kuasai, atau bidang baru yang ingin Kamu kerjakan, cobalah mencari seseorang yang telah menguasainya.

Mereka dapat membantu Kamu tumbuh di area itu dengan memberi Kamu sumber daya khusus yang diberikan oleh pengalaman pribadi mereka.

Selain kemampuan yang beragam, pertimbangkan untuk mencari mentor yang memiliki pendekatan atau latar belakang yang berbeda dari Kamu.

Dalam hubungan yang didasarkan pada nilai-nilai profesional bersama, keragaman pengalaman dapat membantu Kamu mengintegrasikan lebih banyak perhatian ke dalam proses profesional Kamu dan melihat solusi baru untuk tantangan Kamu.

5. Bertemu dengan mentor potensial Kamu

“Seorang mentor adalah orang yang membantu kita menemukan keberanian untuk mengejar mimpi-mimpi kita.”

– Oprah Winfrey

Ketika Kamu sudah menemukan calon mentor, adakan pertemuan untuk mengenal mereka sebelum secara resmi meminta mereka menjadi mentor Kamu.

Percakapan saat makan siang atau minum kopi secara langsung dapat membantu Kamu memeriksa ulang kecocokan Kamu dan melihat seberapa cocok kepribadian mereka dengan apa yang Kamu temukan melalui penelitian atau riset kamu terkait mentor.

Pertemuan ini juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk membicarakan tentang apa yang mereka cari dari seorang mentee dan apakah itu sesuai dengan kepribadian dan tahap karier Kamu.

Itulah beberapa panduan mencari mentor yang tepat. Semoga bisa kamu praktekan ya saat mencari mentor.

Jika kamu butuh mentor untuk membimbing kamu agar bisa jualan online, kamu bisa bergabung bersama komunitas dropshipaja, dimana disana kamu bisa belajar jualan mulai dari nol sampai jago, dan dibimbing oleh mentor berpengalaman lebih dari 5tahun++

(Visited 61 times, 1 visits today)
Close