Written by 9:54 am Informasi, Tips & Trik

Pengertian, Fungsi & Manfaat Mentoring Dalam Bisnis Online

Dalam menjalankan sebuah bisnis, kamu memerlukan bimbingan dari mentor untuk bisa berkembang lebih maju. Lalu apa saja sih manfaat mentoring untuk bisnis?

Jika kamu menjalankan bisnis online dan selalu mengalami kegagalan, berarti ada yang salah dalam bisnisnya, untuk mengetahui dan memperbaikinya, biasanya kamu membutuhkan mentor untuk bisa mengatasinya.

Artikel berikut ini akan membahas bagaimana arti mentoring dalam bisnis, manfaat hingga fungsi mentoring. Simak sampai habis jika kamu sedang membutuhkan mentor bisnis saat ini.

Apa Itu Mentoring Dalam Bisnis?

Mentoring Dalam Bisnis

Mentoring adalah proses membantu atau memberikan dukungan kepada seseorang untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan karir melalui interaksi yang berkesinambungan dan saling percaya. Mentoring dapat terjadi antara mentor yang lebih berpengalaman dengan mentee (orang yang dibimbing) yang lebih muda atau kurang berpengalaman, atau antara individu yang sama-sama memiliki pengalaman yang sama.

Mentoring dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti one-on-one, kelompok, atau virtual. Bentuk one-on-one biasanya melibatkan mentor yang memberikan dukungan langsung kepada mentee, sementara bentuk kelompok biasanya melibatkan mentor yang memberikan dukungan kepada beberapa mentee sekaligus. Bentuk virtual biasanya melibatkan mentor yang memberikan dukungan melalui komunikasi jarak jauh, seperti email atau video konferensi.

Mentoring dapat membantu mentee untuk mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk mencapai tujuan karir mereka, meningkatkan kinerja, meningkatkan kepercayaan diri, dan membantu mereka untuk belajar dari kesalahan yang dibuat oleh mentor. Mentor juga dapat membantu mentee untuk mengembangkan jaringan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan karir mereka.

Mentoring juga dapat membantu mentor untuk meningkatkan keterampilan pengembangan diri dan keterampilan manajerial mereka. Dengan membantu mentee untuk mencapai tujuan mereka, mentor juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kepuasan profesional mereka.

Biasanya hubungan mentoring ini dijalankan secara eksklusif online, ada pula yang mengkombinasikannya dengan pendampingan tatap muka dengan kontak online.

Jenis mentoring bisnis online ini populer di kalangan orang – orang yang menyukai kenyamanan tanpa harus bertemu tatap muka.

Ini juga menjadi salah satu keringanan bagi mentor dan mentee untuk tetap bisa menjalankan mentoring jika terkendala jarak dan masalah geografis yang jauh.

Di saat pandemi juga menjadi salah satu cara paling disukai oleh beberapa orang, karena masih bisa tetap mentoring bisnis secara online.

Biasanya gelar mentor disematkan kepada seorang yang berpengalaman dan memiliki keahlian di bidang tertentu, dan hal tersebut dimanfaatkan oleh pebisnis yang ingin dibimbing, agar bisa mengembangkan bisnis sesuai dengan pengalaman si mentor, bahkan lebih baik lagi.

Bimbingan Bisnis Online dapat memberi Kamu wawasan tentang berbagai aspek bisnis. Program bimbingan bisnis disesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan bisnis yang kamu jalani.

Baca juga : 9 Cara Mengatur Keuangan Bisnis Online Untuk Pemula

Fungsi & Manfaat Mentoring

Mentoring bisnis online memungkinkan orang untuk mengakses mentor bisnis dari tempat kerja jarak jauh mana pun.

Mentoring bisnis online memiliki kemampuan untuk dengan mudah menjangkau, berdiskusi, berkomunikasi dan menyelesaikan masalah dengan mentor bisnis. Ini memungkinkan pengusaha untuk melacak kemajuan mereka dan dengan mudah meninjau tujuan yang diatur sebelumnya.

Untuk pemula dan usaha kecil, Waktu secara harfiah adalah uang. Pengusaha perlu memprioritaskan waktu mereka untuk dapat mengerjakan yang prioritas dalam bisnis.

Dengan mentoring bisnis, pengusaha mampu menghemat waktu dan uang untuk mendapatkan nasihat yang berharga untuk mengatasi permasalahan bisnisnya.

Adapun beberapa fungsi dan manfaat mentoring, yaitu :

Meningkatkan Model Bisnis

Meningkatkan Model Bisnis 

source : e2consulting.co.id

manfaat mentoring bisnis online Mentor tidak seperti penasihat dan konsultan, yang hanya peduli pada usaha bisnis. Sebaliknya, mentor bisnis membantu Kamu mengembangkan keterampilan bisnis yang kamu jalani.

Mentoring adalah proses yang berkesinambungan; mentor dapat membawa Kamu untuk bisa melalui seluruh proses untuk meningkatkan model bisnis secara mingguan atau bulanan.

Misalnya, jika kamu memiliki staff yang kurang baik memahami komunikasi yang kamu sampaikan, kamu bisa mendapatkan arahan dari mentor untuk bisa meningkatkan cara kamu berkomunikasi dengan staff.

Seorang mentor bisa membantu kamu menyempurnakan bisnis yang kamu jalani baik dari segi model bisnis maupun bagaimana kamu menjalankan bisnis dengan cara yang benar.

Mengidentifikasi Metode & Strategi Baru

Mengidentifikasi Metode & Strategi Baru 

Selain sekadar memberi saran dan membantu meningkatkan keterampilan bisnis kamu, mentor bisnis dapat memberikan kamu ilmu berupa metode dan strategi unik yang dapat Kamu gunakan untuk mengubah model bisnis dan mengidentifikasi masalah mendasar.

Mereka tidak hanya dapat mengidentifikasi masalah tetapi juga akan membantu menyelesaikannya lewat pengalaman yang pernah mereka jalani. Seorang mentor bisnis akan mengevaluasi semua strategi dan metode dan akan merekomendasikan opsi terbaik untuk menunjang performa bisnis kamu menjadi lebih baik.

Baca juga : Riset Kompetitor Adalah: Manfaat & Cara Melakukannya

Membantu Memperluas Jaringan Bisnis

Memperluas Jaringan Bisnis 

source : marketing.co.id

Mentor bisnis memiliki jaringan yang luas, dengan bantuan mereka kamu bisa mendapatkan jaringan yang lebih luas lagi untuk menunjang kesuksesan bisnis yang kamu jalani.

Semakin banyak jaringan yang Kamu dapatkan maka semakin besar kemungkinan Kamu akan memiliki seseorang yang dapat membantu Kamu memecahkan masalah bisnis.

Dengan adanya Mentor, Kamu dapat terbantu dalam bertemu dengan orang – orang sebagai calon mitra, pelanggan, dan pembuat keputusan di target pasar yang kamu miliki.

Ambil Pelajaran dari Mentor

Ambil Pelajaran dari Mentor

source : koinworks.com

Seorang mentor tahu bahwa memulai bisnis itu sulit, dan banyak pemilik bisnis yang menghadapi banyak tantangan di awal proses ia memulai. Namun banyak juga pemilik bisnis yang mengalami jenis perjuangan yang sama. Jadi kamu tidak sendirian.

Kamu bisa berbicara dengan mentor untuk bisa mengetahui bagaimana pengalaman mereka saat menghadapi tantangan dari bisnis yang dijalani.

Dengan mengetahui pengalaman yang dimiliki mentor, kamu menjadi banyak belajar bahwa bisnis itu mudah jika mengerti cara atau pola dalam menjalankannya.

Oleh karena itu, jika kamu mengalami kesulitan dalam berbisnis, menemui mentor bisa jadi pilihan tepat untuk bisa mengembangkan bisnis dan memperbaiki masalah yang ada dalam bisnis kamu.

(Visited 398 times, 1 visits today)
Close