Written by 1:19 am Informasi

Contoh & Manfaat Sistem Informasi Manajemen Pada Perusahaan

Contoh & Manfaat Sistem Informasi Manajemen Pada Perusahaan

Agar bisnis berjalan dengan baik, manajemen sangat diperlukan. Bukan hanya sebagai pengolahan data perusahaan saja, tapi kamu bisa mengambil keputusan yang potensial jika dalam bisnis menerapkan sistem informasi manajemen.

Manajemen atau pengelolaan memang penting tidak hanya untuk bisnis saja, individu, kelompok maupun organisasi membutuhkan manajemen agar bisa berjalan dengan baik.

Pernah dengar salah satu manajemen yang ada dalam sebuah perusahaan? Seperti misalnya kamu bekerja di bidang advertising sebuah project, tentu kamu perlu bekerjasama dengan berbagai jobscoop yang dibutuhkan bukan?

Misalnya kamu membutuhkan content creator untuk membuat konten iklannya, kamu butuh copywriter untuk menulis kalimat promosinya dan desain grafis untuk mendesain konten iklannya dan membutuhkan finance untuk dana iklannya.

Baca juga : Kesalahan & Cara Membuat Kalimat Promosi Yang Benar

Dengan adanya sistem informasi manajemen kamu tidak perlu repot meminta satu per satu kepada setiap jobscoop karena mereka sudah mengetahui tugasnya masing – masing berkat adanya kelola manajemen.

Kerja pun menjadi lebih efektif dan efisien bukan?

Untuk lebih jelas dan lebih lengkap tentang apa itu sistem informasi manajemen, apa manfaatnya dan seperti apa contoh penerapannya dalam bisnis? Simak artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Sistem Informasi Manajemen dan Manfaatnya.

Sistem informasi manajemen dapat diartikan sebagai pola yang dibuat menyerupai sistem untuk mengelola segala informasi dan data yang ada di dalam perusahaan.

Dengan adanya sistem informasi manajemen biasanya pengelolaan perusahaan menjadi lebih baik dan efektif, setiap anggota dalam perusahaan bisa bekerja sesuai dengan manajemen yang ditentukan di bagian mereka masing – masing.

Sistem informasi manajemen ini bukan hanya mengelola saja, tapi juga mengumpulkan, sebagai pengolahan, sebagai penyimpanan hingga distribusi informasi antar anggota dalam bisnis.

Nah itulah sistem informasi manajemen yang sangat penting dalam bisnis kamu. Lalu selain sebagai pengelolaan, berikut adalah manfaat dari sistem informasi manajemen yang perlu kamu ketahui;

Operasional Kerja Menjadi Efisien dan Efektif

Seperti yang sudah dijelaskan dengan contoh diatas, dengan adanya sistem informasi manajemen (SIM) operasional kerja menjadi lebih efisien, kamu hemat waktu dan tenaga karena manajemen sudah membuat ringkasan pengelolaan jobdesk untuk setiap karyawannya.

Biasanya, dalam efisiensi operasional, sistem informasi manajemen membantu kamu dalam tugas – tugas administratif yang dibuat secara otomatis, membuat tim menjadi lebih fokus dengan tugasnya masing – masing dan kamu juga bisa mengambil keputusan dengan cepat.

Memudahkan dalam Pengambilan Keputusan

Manfaat sistem informasi manajemen yang kedua adalah sebagai alat untuk memudahkan kamu mengambil keputusan yang tepat dan cepat untuk bisnis kamu. Biasanya untuk mengambil sebuah keputusan untuk bisnis kamu membutuhkan banyak data yang akurat, bukan sekedar cepat dan SIM bisa menyediakannya untuk kamu.

Melalui adanya sistem informasi manajemen, data yang sudah masuk biasanya akan diolah secara otomatis sehingga memudahkan tugas manajemen. Data yang akurat dan bisa diambil secara realtime bisa dijadikan patokan untuk mengambil keputusan yang tepat.

Pengelolaan Koordinasi Secara Terstruktur

Manfaat sistem informasi manajemen berikutnya adalah dengan adanya sistem, maka pengelolaan koordinasi antara staf di dalam perusahaan menjadi terstruktur.

Jika koordinasi dan pengelolaan informasi tepat maka antara divisi di setiap perusahaan akan memiliki hubungan yang sehat. Selain itu dalam delegasi tugas pun menjadi semakin baik.

Mampu Meningkatkan Performa SDM

Dengan adanya sistem informasi manajemen, kamu bisa mengelola data dengan akurat dan cepat. Karena hal tersebut berdampak pula pada performa pekerja di perusahaan.

Jika pekerja bisa menyesuaikan tekonologi yang ada, maka kualitas mereka pun bisa jauh lebih baik untuk memajukan perusahaan.

Itulah manfaat dari sistem informasi manajemen yang ke 4.

Mengurangi Biaya Operasional

Dengan bantuan dari sistem informasi manajemen, kamu bisa mengurangi biaya operasional tertentu. Karena kemungkinan kesalahan dari pekerja atau human error sangat tipis, justru dengan manfaat sistem informasi manajemen akan meningkatkan produktivitas SDM yang ada di dalam perusahaan.

Selain itu, kamu juga bisa menganalisa kinerja perusahaan dari tahun ke tahun dengan sangat mudah karena adanya data yang diolah dan tersimpan rapi di dalam sistem. Dengan begitu biaya operasional pun menjadi berkurang.

Itulah 5 manfaat sistem informasi manajemen yang bisa kamu manfaatkan dalam bisnis sehingga menjalankan bisnis jauh lebih efisien dan efektif dibandingkan tidak menggunakan sistem.

Agar lebih memahami bagaimana sistem informasi manajemen bisa bekerja di dalam perusahaan, kamu bisa melihat beberapa contoh sistem informasi manajemen di bawah ini.

Contoh Sistem Informasi Manajemen Pada Perusahaan

Contoh sistem informasi manajemen pada perusahaan itu beragam, karena memang sistem informasi manajemen dapat diterapkan di berbagai bidang dalam perusahaan, seperti di bidang keuangan, sumber daya manusia, produksi, persediaan, pemasaran, hingga manajemen pada pelanggan.

Sebagai berikut ini adalah beberapa contoh sistem informasi manajemen pada perusahaan;

1. Penerapan contoh sistem informasi manajemen pada bagian keuangan

Dalam perusahaan, keuangan menjadi bagian yang sensitif karena erat kaitannya dengan pemasukan, pengeluaran, aset hingga hutang. Oleh karena itu dibutuhkan manfaat sistem informasi manajemen yaitu pengolahan, pencatatan hingga penyimpanan. Misalnya manajemen keuangan seperti pencatatan pengeluaran dan pemasukan, pengolahan laporan keuangan, hingga penyimpanan data – data transaksi perusahaan seperti jual beli aset.

Baca juga : 9 Cara Mengatur Keuangan Bisnis Online Untuk Pemula

2. Penerapan contoh sistem informasi pada bagian produksi

Dalam perusahaan khususnya yang memproduksi barang, biasanya perlu manajemen dalam proses produksi agar produksi barang tidak terkendala, dari mulai siapa staf yang bertanggung jawab, biaya produksi, hingga alur produksinya harus cepat dan tepat. Dengan adanya SIM maka produksi perusahaan bisa terkoordinasi dengan baik.

3. Penerapan contoh sistem informasi pada bagian karyawan

Karyawan adalah salah satu bagian penting dalam perusahaan, perusahaan akan berkembang jika ada roda yang bergerak, salah satunya adalah karyawan. Produktivitas dan kinerja karyawan sangat dibutuhkan agar perusahaan bisa berkembang dengan efisien. Kinerja karyawan dapat dinilai dari data – data perusahaan yang sudah terorganisir dengan rapi jika menggunakan sistem informasi manajemen, seperti data pribadi karyawan, absensi, nilai KPI kerja dan lain sebagainya.

4. Penerapan contoh sistem informasi pada bagian pemasaran

Seperti yang kita ketahui, perusahaan bisa berjalan jika konsisten dalam pemasaran, karena promosi adalah bagian penting.

Dengan adanya sistem informasi manajemen staf di bagian pemasaran menjadi lebih mudah dalam berkoordinasi, misalnya kamu sedang membuat sebuah project yaitu product launching dan membutuhkan banyak staf, biasanya setiap staf dalam pemasaran atau marketing memiliki peran yang saling berhubungan.

Baca juga : Product Launch : Strategi & Persiapan Sebelum Melakukannya

Namun dengan adanya SIM semua koordinasi bisa menjadi lebih mudah dan promosi pun bisa berjalan dengan efisien dan efektif dan menghindari adanya miss komunikasi antar staf yang bisa mengganggu jalannya promosi.

Nah itulah beberapa contoh kecil tentang penerapan contoh sistem informasi manajemen yang bisa kamu contoh di perusahaan kamu. Pada intinya sistem informasi manajemen memang sangat dibutuhkan agar kinerja dan produktivitas perusahaan bisa lebih baik lagi.

(Visited 1,226 times, 1 visits today)
Close