Written by 5:35 pm Informasi, Tips & Trik

Pentingnya Mentoring Untuk Membantu Pengembangan Diri

Pentingnya Mentoring Untuk Membantu Pengembangan Diri

Organisasi atau perusahaan harus mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk menghadapi teknologi yang terus berkembang serta persaingan global.

Sumber daya manusia yang berkualitas akan memberikan kontribusi positif pada kinerja organisasi atau perusahaan. Salah satu cara untuk mengembangkan sumber daya manusia adalah dengan menggunakan mentoring.

Data membuktikan, perusahaan yang memiliki program mentoring menciptakan keuntungan yang signifikan ketimbang perusahaan yang tidak memberdayakan mentoring. Tentu ini membuktikan bahwa mentoring tidak hanya bermanfaat untuk pengembangan diri seseorang.

Dalam dunia bisnis pun, peran mentor cukup signifikan. Pasalnya, pengalaman adalah aset yang sangat berharga dan penting untuk kesuksesan suatu bisnis. Selain dari buku, banyak pengetahuan yang hanya bisa diperoleh dari pengalaman. Seorang mentor dapat berbagi pengetahuan, pengalaman, kesalahan, dan saran mengenai cara membangun bisnis yang kuat dengan cara yang mudah dipahami.

“Mentoring adalah sebuah kerjasama dimana seseorang berbagi pengetahuan, keterampilan, informasi, dan pandangan untuk menstimulasi pertumbuhan pribadi dan profesional orang lain.”

Lois J. Zachary

quotes mentoring

Peran Mentor Terhadap Kemajuan Suatu Bisnis

Dapat Berbagi Pengetahuan

Karena mentor memiliki segudang pengetahuan, tentu pengetahuan yang dimiliki nya sangat berguna untuk mentee (orang yang dibimbing). Sehingga dengan bantuan mentor, kamu bisa menentukan strategi apa yang cocok diterapkan kedalam bisnis yang kamu kelola tanpa harus trial & error.

Dapat Berbagi Pengalaman

Biasanya mentor telah lebih dulu terjun ke lapangan dan merasakan langsung. Sehingga pengalaman tersebut cukup berharga untuk kamu tiru dan setidaknya menghindari kesalahan – kesalahan yang pernah di perbuat oleh sang mentor.

Memberikan Saran

Mentor bisa memberikan saran strategi apa yang dapat kamu coba untuk tercapainya tujuan dalam berbisnis. Strategi ini biasanya berupa teknik jitu yang hanya bisa didapatkan jika orang tersebut pernah terjun kedalamnya.

Memberikan Dukungan Dari Belakang

Bayangkan jika kamu belajar tanpa ada yang mendampingi atau memberikan dukungan ? tentu akan mudah putus asa bukan ? disinilah peran berharga seorang mentor yang bisa dikatakan cukup penting. Meskipun kamu gagal berkali kali, seorang mentor tetap akan menyemangatimu dan mencoba bersama-sama menyelesaikan problem yang ada.

Menurut data yang kami sadur dari laman pushfar.com, 87% mentor dan mentee mengatakan bahwa mentoring dapat membuat mereka merasa diberdayakan dan membantu mereka mengembangkan rasa percaya diri yang lebih menonjol pada diri mereka sendiri.

Memperluas Networking

Memiliki seorang mentor merupakan peluang emas bagi pertumbuhan karier. Dengan menjalin hubungan yang baik, kamu dapat memperluas jaringan profesional dan menemukan peluang-peluang bisa jadi sebelumnya tidak pernah terfikirkan sedikitpun olehmu.

Mempercepat Proses Pengembangan Diri

Mentoring merupakan salah satu cara yang efektif untuk mempercepat proses pengembangan diri. Dengan bimbingan dari seorang mentor yang berpengalaman dan memiliki pengetahuan yang luas, kamu dapat lebih cepat memahami prinsip-prinsip yang mendasari suatu kegiatan, serta menemukan cara-cara yang tepat untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi.

Di artikel yang berbeda, kami telah membahas secara detail tentang Pengertian, Fungsi & Manfaat Mentoring Dalam Bisnis Online. Kamu wajib baca biar kamu semakin yakin kalau mentoring memiliki segudang manfaat yang mungkin saja belum kamu ketahui sebelumnya.

Akhir kata, kami ucapkan terimakasih.

(Visited 34 times, 1 visits today)
Close