Written by 3:47 am Informasi, Tips & Trik

10 Cara Transfer Uang / Bayar Briva Lewat ATM BRI

Bayar Briva Lewat ATM BRI

Demi kenyamanan dan kemudahan bertransaksi secara online, serta dengan berkembangnya digital semakin maju, metode pembayaran pun bermunculan dengan beragam macamnya.

Sudah tidak asing lagi, jika setiap transaksi bisa dibayar secara online. Salah satu metode pembayaran yang paling mudah adalah virtual account.

Virtual Account atau disingkat VA adalah sebuah nomor rekening bank virtual yang bisa menjadi rekening tujuan untuk menyelesaikan transaksi pembayaran.

Setiap bank memiliki virtual account masing – masing dan tentu nomor kodenya pun berbeda – beda. Di artikel berikut ini akan dibahas salah satu virtual account yang banyak digunakan masyarakat yaitu BRIVA.

BRIVA sendiri merupakan singkatan dari BRI Virtual Account yang merupakan salah satu metode pembayaran dari PT Bank Rakyat Indonesia.

Biasanya BRIVA berupa nomor rekening dengan kode tertentu dan jumlah digit yang sudah ditentukan, sekali pembayaran dengan menggunakan BRIVA, kamu tidak perlu repot melakukan konfirmasi terhadap pembayaran yang sudah dibayar, karena secara otomatis pembayaran sudah masuk.

BRIVA sendiri banyak digunakan untuk berbelanja online atau mengisi saldo e-wallet seperti gopay, OVO, DANA, Shopeepay dan lain sebagainya.

Baca juga : 30 Istilah Yang Sering Dipakai Dalam Jual Beli Online

Artikel ini akan membahas bagaimana cara pembayaran BRIVA lewat ATM BRI, karena seperti yang kamu ketahui, melakukan pembayaran BRIVA ini bisa melalui berbagai macam channel, mulai dari ATM, Sms banking , internet banking, mobile banking atau melalui aplikasi besutan bank BRI yaitu BRImo.

Lantas bagaimana cara pembayaran BRIVA lewat ATM BRI dan bagaimana biaya transfer BRI ke BRIVA, semua akan dibahas dalam artikel ini.

10 Langkah Untuk Transfer Uang Briva Lewat ATM BRI

Saat ini transfer BRIVA bisa dilakukan oleh siapapun yang merupakan nasabah BRI, meskipun sudah ada cara yang lebih fleksibel melalui internet banking maupun sms banking, tetap saja cara lewat ATM BRI menjadi salah satu alternatif untuk melakukan pembayaran.

Berikut ini adalah langkah – langkah atau cara transfer BRIVA lewat ATM BRI;

  1. Sebelum kamu pergi ke mesin ATM terdekat, pastikan kamu sudah menyimpan atau mencatat kode nomor virtual account BRIVA untuk membayar transaksi. Selain mencatat kamu juga bisa screenshot nomor VAnya agar memudahkan saat penginputan di ATM.
  2. Datanglah ke ATM BRI terdekat
  3. Setelah itu, kamu siap untuk melakukan pembayaran dengan memasukkan kartu ATM BRI dengan posisi yang benar ke mesin ATM.
  4. Ikuti instruksi yang ada di mesin ATM, dari mulai memasukkan pin ATM kamu dan memilih bahasa Indonesia untuk melanjutkan transaksi.
  5. Setelah itu pilih menu transaksi lainnya untuk melakukan pembayaran virtual account.
  6. Lalu pilih pembayaran kemudian pencet bagian lainnya dan pilih menu BRIVA.
  7. Di bagian ini biasanya muncul penginputan nomor virtual account yang sudah kamu dapatkan dari transaksi yang perlu dibayarkan. Misalnya kamu akan menyelesaikan transaksi pembayaran di Shopee dengan mengisi saldo shopeepaynya, maka di menu ini kamu tinggal masukkan kode BRIVA pembayaran (kode bank + nomor yang tertera di halaman pembayaran biasanya menggunakan nomor pribadi kamu) seperti contoh nomor briva berikut ini; 112 089765432150 lalu pencet Benar jika nomornya sudah benar.
  8. Setelah menginput nomor kode BRIVA, di layar ATM akan muncul informasi pembayaran, mulai dari nominal transfer, nama perusahaan dan lain sebagainya.
  9. Jika nominal pembayaran sudah benar, kamu tinggal pilih YA.
  10. Setelah itu transaksi selesai dengan keluarnya struk transfer yang menandakan proses transaksi pembayaran telah berhasil.

10 langkah ini mudah untuk dipraktekkan bukan? Itulah cara transfer ke BRIVA menggunakan mesin ATM.

Mungkin kamu bertanya, apakah transaksi atau cara bayar BRIVA di ATM BRI ini ada biaya admin transfernya? Sama seperti pembayaran lainnya, biaya transfer BRI ke BRIVA, tergantung di perusahaan mana kamu melakukan transaksi.

Misalnya Gopay, sampai saat artikel ini diunggah biaya transfer BRI ke BRIVA untuk saldo gopay adalah Rp.1000, sementara jika kamu melakukan transaksi pembelian online di marketplace seperti Shopee, maka admin bank virtual accountnya adalah Rp.1000.

Setiap perusahaan menerapkan admin bank yang berbeda – beda, ada yang gratis, bahkan ada yang menerapkan biaya admin 2000 per transaksi.

Selain biaya transfer dari BRI ke BRIVA, mungkin kamu masih bingung bagaimana kamu mendapatkan nomor kode BRIVA? Jawabannya sederhana, kamu hanya perlu masuk ke aplikasi transaksi yang kamu gunakan untuk melakukan pembayaran.

Biasanya saat melakukan checkout akan ada nomor virtual account yang muncul sebagai kode pembayaran.

Misalnya jika kamu ingin membayar biaya iuran BPJS, Kamu bisa menggunakan kode angka 88888 yang diikuti dengan 11 angka nomor akun BPJS kamu.

Sama halnya dengan aplikasi lainnya, kamu bisa mendapatkan kode nomor BRIVA saat proses checkout, jadi pastikan kamu menemukan kode nomor BRIVA ya jika ingin transaksi kamu berhasil.

Jika mengalami kesulitan kamu bisa menghubungi layanan informasi sesuai dengan perusahaan yang kamu pilih untuk bertransaksi.

Demikian langkah – langkah cara melakukan pembayaran BRIVA melalui ATM BRI beserta admin transfer BRIVA ke setiap perusahaan.

Jika kamu mempunyai tabungan rekening BRI, alangkah lebih baiknya kamu menggunakan BRImo agar lebih efisien dan fleksibel, dibandingkan lewat ATM BRI karena kamu harus keluar rumah.

Namun memang tidak ada salahnya melakukan transaksi lewat ATM BRI asalkan kamu tetap waspada dan menjaga kartu ATM kamu dengan baik agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Semoga artikel ini membantu kamu untuk melakukan pembayaran BRIVA lewat ATM BRI sampai berhasil san transaksi pun terbayarkan.

(Visited 304 times, 1 visits today)
Close