Written by 3:52 am Informasi

Cost Control : Pengertian, Tugas Dan Fungsinya Untuk Bisnis

Cost Control Pengertian, Tugas Dan Fungsinya Untuk Bisnis

Dalam bisnis menjaga keuangan tetap stabil adalah hal yang penting, karena dengan sehatnya keuangan maka bisnis akan semakin berkembang.

Nah agar keuangan tetap sehat, kamu harus mengendalikan biaya – biaya yang diperlukan oleh bisnis, salah satunya dengan cara mengontrol biaya anggaran.

Dengan memahami cost contol, kamu juga bisa menjaga anggaran biaya perusahaan agar tidak berlebihan dan bisa meningkatkan potensi keuntungan lebih banyak lagi.

Di artikel berikut ini akan dijelaskan seputar cost control, dari mulai pengertian, fungsi, alasan kenapa cost control itu penting dan tugas dari cost control dalam bisnis.

Apa itu cost control ?

Cost control dalam pengertian singkat adalah mengendalikan biaya, secara lengkapnya cost control dalam bisnis adalah sebuah upaya yang harus dilakukan agar bisa mengindentifikasi biaya dan mengurangi anggaran pengeluaran bisnis sehingga profit perusahaan menjadi meningkat.

Selain itu dengan mengetahui cost control dalam bisnis, kamu bisa menjaga profitabilitas dari perusahaan, caranya dengan membandingkan kondisi keuangan bisnis secara aktual atau yang terjadi dilapangan bisa dilihat dari laporan keuangan, dengan budget ekspektasi yang sudah dibuat sebelumnya.

Dengan cost control, kamu juga bisa mengambil keputusan lebih bijak dalam setiap kebutuhan yang menggunakan anggaran biaya.

Misalnya kamu sudah menganggarkan biaya untuk iklan secara ekspektasi kamu hanya bisa mengeluarkan budget sekitar 5 juta saja, namun realita yang terjadi iklan lebih mahal menjadi diatas 5 juta, hal tersebut membuat kamu rugi bukan? nah untuk meminimalisirnya dibutuhkan cost control untuk mengendalikan biayanya.

Fungsi Cost Control Dan Alasan Kenapa Itu Penting Bagi Bisnis

Fungsi cost control adalah menjaga agar budget dan biaya – biaya yang akan dikeluarkan diatur dengan ketat. Sehingga pengeluaran perusahaan lebih stabil, profit terjaga dan menghindari kerugian yang tidak diinginkan.

Itulah mengapa cost control penting untuk bisnis kamu. Apa jadinya jika cost control tidak mengendalikan biaya pengeluaran? kemungkinan terburuknya adalah pendapatan kamu tidak stabil, karena lebih banyak pengeluaran sampai akhirnya keuntungan pun minus.

Alasan lain dari pentingnya cost control dalam bisnis adalah;

1. Menjaga budget secara terorganisir

Untuk bisa menjaga budget secara terorganisir dan teratur dengan baik, cost control harus bekerja sama dengan anggota karyawan atau staff yang terlibat dalam pengeluaran biaya.

Misalnya marketing diberikan tenggat waktu untuk melakukan promosi iklan selama 1 minggu dan harus selesai, dari kasus ini cost control memastikan marketing bekerja sesuai dengan tenggat waktu agar biaya pengeluarannya tidak melebih batas yang sudah ditentukan.

Hal ini juga membuat tim dan staff yang terlibat bekerja lebih keras untuk menyelesaikan pekerjaan atau projek sesuai dengan tenggat waktu.

2. Mencegah Biaya Projek Bengkak

Sama halnya dengan alasan menjaga budget secara teratur, mencegah biaya projek bengkak juga jadi alasan kenapa cost control penting untuk bisnis.

Peran cost control akan memastikan dan meminimalisir terjadinya pengeluaran yang tidak ada dalam keberlangsungan projek, sehingga perusahaan tidak akan mengerluarkan biaya yang tidak sesuai dengan kebutuhan

3. Menjaga Profitabilitas Tetap Tinggi

Karena budgetnya terjaga dengan teratur, maka cost control bisa membantu perusahaan untuk tetap meningkatkan kesehatan finansial perusahaan dan meminimalisir kerugian yang tidak diinginkan.

4. Bantu membuat keputusan bijak

Jika seorang pemilik perusahaan akan membuat keputusan penting, sumber pertama yang dilihat adalah laporan keuangan, tapi ternyata ada satu faktor penting lainnya yang bisa memungkinkan perusahaan untuk bisa mengambil keputusan yang bijak tanpa harus mengeluarkan biaya terlalu tinggi yaitu dengan cost control.

Itulah alasan kenapa cost control penting untuk bisnis, selama ada orang yang mengendalikan alur keluar masuknya keuangan maka bisnis akan bisa aman dan terus meningkatkan profitnya.

Tapi jika kamu tidak menggunakan jasa cost control, maka bersiaplah mengalami kemunduran karena tidak ada yang mengendalikan pengeluaran biaya secara optimal.

Orang yang bekerja sebagai cost control disebut dengan cost controller, mereka mempunyai peran penting dalam keberlangsungan perusahaan, dan juga mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar dalam pengelolaan keuangan perusahaan.

Tugas & Jobdesc Cost Control

Tugas dan jobdesc cost control sebenarnya adalah mengendalikan biaya dan memastikan pengeluaran biaya tidak membengkak, namun ada beberapa tugas penting lainnya yang harus dilakukan oleh seorang cost controller.

1. Merencanakan Keuangan Perusahaan

Setiap kegiatan akan berlangsung sukses jika dibuat perencanaan yang matang dan hasilnya pun akan lebih baik dibandingkan tidak memiliki perencanaan.

Tugas cost control adalah mengatur manajemen perusahaan agar membuat perencanaan keuangan yang baik termasuk di dalamnya pengeluaran biaya.

Peran cost control adalah untuk memastikan bahwa pengeluaran biaya tidak membengkak dan tetap teratur, karena dengan perencanaan yang matang maka keuangan perusahaan pun akan terjaga dan profit pun akan meningkat.

Contohnya seperti ini, jika divisi marketing akan membuat projek selama 1 tahun ke depan sebagai bisnis plan untuk meningkatkan profit perusahaan, maka mereka harus menganggarkan biaya selama setahun, apa saja biaya yang dibutuhkan dan berapa jumlahnya, setelah itu cost control akan menjaga pengeluaran biaya sesuai dengan yang sudah ditentukan dalam budget divisi marketing selama 1 tahun ke depan, sehingga biaya pemasaran yang dibutuhkan tetap terukur dan teratur.

2. Mengawasi Anggaran Perusahaan

Masih berkaitan dengan tugas merencanakan, setelah anggaran biaya terencana dengan matang, tugas selanjutnya dari cost control adalah mengawasi apakah pencapaian yang diinginkan tercapai dengan biaya yang sudah direncanakan sebelumnya, dan memastikan anggaran yang dikeluarkan sudah sesuai baik dari hasil maupun dari biayanya.

Contoh sederhananya seperti ini, jika divisi marketing akan menjalankan campaign selama 5 hari dengan budget sekitar 10juta dan goal dari campaignnya adalah 100 pendaftar, maka tugas cost control disini adalah mengawasi apakah hasilnya tercapai sesuai dengan biaya yang ditentukan atau tidak.

Itulah tugas utama dari seorang cost controller, pada akhirnya pengeluaran biaya memang penting untuk dijaga, sehingga jika kamu mempunyai bisnis dan ingin keuangannya sehat, cost control wajib kamu miliki agar keuangan tetap stabil, profit pun meningkat.

Selain tugas utama, ada pula jobdesk  cost control, yaitu;

Jobdesk Cost Control

Jobdesk cost control yang pertama adalah mengatur proses inventory atau pengadaan setiap bulannya, dimana cost control harus mengawasi keluar masuknya barang di bisnis kamu, menjadi storekeepers dan receiving produk, selain itu bekerja sama dengan purchasing untuk pembelian maupun penerimaan barang.

Dari segi pengawasan, jobdesk cost control memastikan semua perhitungan biaya lancar dengan double control, seperti mengecek order pembelian, membuat laporan daily cost.

Dan yang terpenting, adalah menerapkan kebijakan cost control ke semua departemen atau divisi di dalam bisnis, sehingga ketika ada projek apapun yang dilakukan oleh divisi dalam perusahaan, cost control dapat berkoordinasi dengan baik dan memastikan pengeluaran biaya sesuai dengan kebutuhan dan tidak leluar dari perhitungan.

Nah itulah beberapa hal seputar cost control, tugas dan jobdesk serta fungsinya yang penting dalam bisnis. Jadi jika kamu sedang menjalankan bisnis dan kesulitan dalam mengendalikan keuangan, lebih baik kamu menyewa atau merekrut cost controller untuk membantu kamu menjaga keuangan atau finansial perusahaan agar lebih sehat.

(Visited 566 times, 1 visits today)
Close