Written by 9:36 pm Informasi

18 Manfaat E-Commerce Bagi Penjual Online & Masyarakat

18 Manfaat E-Commerce Bagi Penjual Online & Masyarakat

Transaksi jual beli antara pelanggan dan penjual sekarang menjadi lebih mudah dan fleksibel berkat adanya platform ecommerce.

Namun tahukah kamu selain untuk kemudahan transaksi jual beli, e-commerce punya manfaat, keuntungan dan kerugian baik bagi penjualnya maupun konsumen.

Artikel berikut ini akan membahas apa saja manfaat, keuntungan dan kerugian dari jualan maupun transaksi di e-commerce.

Manfaat & Keuntungan Jualan Di E-Commerce Bagi Penjual Online

shopee

Pertama, mari kita bahas manfaat dan keuntungan bagi penjual online yang menjual produknya di e-commerce.

Berikut ini beberapa manfaat dan keuntungan jualan di E-commerce.

1. Jangkauan Pasar Luas

Dengan jualan di e-commerce kamu bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Kamu bisa mendapatkan pelanggan dari berbagai daerah maupun kota – kota besar di Indonesia.

Berbeda jika kamu membuka toko fisik konvensional, mungkin kamu hanya bisa menjangkau pembeli dari wilayah dimana toko kamu berada.

Tetapi jika kamu menggunakan e-commerce, kamu bisa mengenalkan produk kamu ke berbagai wilayah di Indonesia, tak terbatas di domisili kamu berada.

Baca juga : Bisnis e-Commerce : Pengertian, Jenis & Cara Kerjanya

2. Membangun Brand Awareness

Dengan banyaknya pelanggan yang kamu dapatkan dari e-commerce, maka kamu bisa mengenalkan produk kamu ke berbagai pelanggan. Dari sanalah terbentuk brand awareness dari toko kamu.

Semakin banyak pelanggan, maka semakin besar pula mereka mengenal produk maupun bisnis kamu, apalagi jika produk yang kamu jual terbukti bagus.

Baca juga : 13 Cara Ampuh Meningkatkan Brand Awareness Di Era Digital

3. Kemudahan Transaksi

Toko online di e-commerce membuat pelanggan lebih mudah mendapatkan produk yang mereka inginkan, dan akan lebih mudah juga bagi mereka menemukan toko online kamu.

Cara terbaik memberikan kemudahan transaksi memang dengan membuka toko online di e-commerce, kamu bisa menjual produk dalam satu toko online, dan pelanggan bisa membeli sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka tanpa harus keluar platform e-commerce.

4. Hemat Biaya Operasional 

Keuntungan e-commerce bagi penjual berikutnya adalah, kamu bisa menjangkau pasar tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak untuk promosi produk, karena kamu juga tidak perlu menyewa toko maupun beriklan.

Ya, tanpa iklan toko online kamu masih bisa ditemukan oleh pelanggan, walaupun jka ingin mendapatkan keuntungan lebih banyak, iklan memang sangat membantu dan disarankan untuk mendatangkan pelanggan ke toko kamu.

Sehingga kamu bisa mempersiapkan biaya iklan, tenaga kerja dan admin toko online kamu.

5. Mudah kelola transaksi dan pengiriman

Manfaat e-commerce bagi perusahaan kamu adalah mudah untuk mengelola pengiriman dan transaksi pelanggan, karena biasanya di platform e-commerce disediakan kemudahan untuk memilih kurir pengiriman hingga metode pembayaran.

Sehingga kamu bisa mengelola setiap transaksi dan pengiriman dalam satu platform saja, tanpa harus membuka banyak platform.

Kerugian Jualan Di E-Commerce Bagi Penjual Online

Selain keuntungan dan manfaat e-commerce bagi penjual, terdapat kerugian bagi penjual yang berjualan di ecommerce. Berikut ini adalah kerugian – kerugiannya;

1. Terlalu Teknis Bagi Pemula

Toko di e-commerce yang dioperasikan secara online membutuhkan keahlian teknis dari si penjual, teknis ini mungkin akan menjadi kendala bagi penjual pemula yang terbiasa dengan sistem yang manual seperti pencatatan transaksi secara manual.

2. Pembayaran Tertunda

Sistem marketplace atau e-commerce sekarang adalah pembayaran akan di transfer kepada penjual jika pembeli sudah menerima paket dan menekan pesanan diterima sebagai tanda konfirmasi jika dana akan di transfer kepada penjual. Oleh karena itu, jika pembeli sudah menerima produk namun belum konfirmasi, pembayaran kamu akan tertunda.

3. Kredibilitas Bergantung Pada Review Pelanggan 

Kredibilitas penjual di e-commerce bergantung pada feedback yang dilakukan oleh pelanggan. Biasanya pelanggan yang puas akan memberi penilaian positif dan bisa meningkatkan kredibilitas toko kamu, sedangkan jika ada atau biasanya akan ada pelanggan yang merasa kurang puas maka respon akan negatif dan akan mempengaruhi kredibilitas.

4. Transaksi Diluar Jam Toko

Walaupun kamu sudah memasang jam operasional toko, pasti ada saja pelanggan yang menghubungi diluar jam operasional toko. Kerugian bagi penjual adalah terganggunya waktu istirahat, sedangkan jika tidak direspon maka pelanggan akan menilai perporma layanan kamu kurang baik.

5.  Penipuan

Tidak hanya terjadi pada pelanggan saja, penjual juga bisa terkena penipuan karena berjualan di e-commerce, misalnya ada pelanggan yang mau memesan produk dengan metode pembayaran Cash on Delivery, tapi ternyata alamat rumahnya tidak benar alias palsu, karena hal tersebut bisa merugikan penjual.

6. Persaingan Ketat

Dengan berjualan di E-commerce, penjual harus siap dengan adanya persaingan ketat, karena yang berjualan di platform ini sangat banyak dengan produk yang serupa juga ada. Oleh karena itu, jika kamu tidak bisa bertahan dari persaingan hanya akan menyebabkan toko kamu sepi pelanggan hingga akhirnya harus tutup.

Baca juga : 8 Cara Menghadapi Persaingan Usaha dengan Produk yang Sama

Manfaat, Keuntungan & Kerugian E-Commerce Bagi Masyarakat

Selain untuk penjual keuntungan dan kerugian e-commerce juga bisa terjadi dari sisi konsumen yang membeli. Berikut ini adalah keuntungan dan kerugian e-commerce bagi masyarakat sebagai konsumen, yaitu

Keuntungan E-Commerce Bagi Masyarakat 

1. Kebutuhan terpenuhi dengan mudah

manfaat e-commerce bagi masyarakat yang pertama adalah, dengan adanya e-commerce dapat memudahkan konsumen untuk berbelanja guna memenuhi kebutuhan sehari – harinya tanpa harus pergi ke luar rumah, cukup menggunakan handphone dan platform e-commerce. Kamu bisa mendapatkan berbagai barang dengan harga yang terjangkau cukup mudah.

2. Katalog Produk Lengkap 

Dengan e-commerce, pelanggan atau masyarakat lebih mudah memilih produk yang diinginkan dan dibutuhkan karena katalog produk yang tersedia lengkap dari penjual di e-commerce. Kamu tinggal melihat isi katalog dan memilihnya untuk di checkout dan dikirimkan ke rumah kamu. Sehingga kamu tidak perlu repot mencari produk.

3. Harga Jauh Lebih Murah

Dibandingkan berbelanja di toko fisik atau konvensional, belanja di E-commerce harganya jauh lebih murah, apalagi banyak keuntungan lain seperti diskon, gratis ongkos kirim, cashback dan sistem paylater. Semua memudahkan transaksi dan membuat harga produk jauh lebih murah dibandingkan toko konvensional.

4. Bandingkan Produk Lebih Mudah 

Sebagai masyarakat yang berlangganan di e-commerce, mendapatkan harga yang sesuai dengan kualitas produk adalah keharusan. Jadi biasanya pelanggan akan membandingkan harga di toko A,B,C dan lainnya untuk mendapatkan harga yang sesuai tapi dengan produk yang kualitasnya sama, biasanya mencari yang lebih murah.

Dengan adanya e-commerce, kamu tidak perlu berkeliling toko satu ke toko lainnya, karena kamu hanya tinggal mengetikkan nama produk yang kamu butuhkan dan seluruh toko yang menjual produktersebut ada dalam genggaman smartphone kamu.

5. Pembelian Barang Bisa Lintas Daerah 

Kamu bisa membeli barang lintas daerah dengan ongkos kirim yang murah dan ada pula yang gratis, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk tiket kendaraan, tempat menginal dan lain – lainnya hanya untuk membeli satu produk saja.

Kerugian E-Commerce Bagi Masyarakat

Walaupun keuntungan dan manfaat e-commerce bagi masyarakat banyak memberikan kemudahan, ternyata adalho kerugian e-commerce untuk masyarakat, yaitu;

1. Rawan Penipuan Online 

Dengan mudahnya transaksi, pembeli yang melakukan transaksi di e-commerce masih rawan penipuan online, misalnya saja ada yang membeli produk A dengan harga ratusan ribu, tapi ketika sampai di rumah produknya kosong atau diganti dengan produk yang harganya jauh lebih murah. Dengan maraknya penipuan seperti ini, pelanggan mungkin memiliki ketidakpercayaan akan belanja secara online, jika memang ingin berbelanja secara online harus diteliti lebih dalam dari mulai review penjual, review produk hingga kredibilitas dari si penjual selama berjualan.

2. Maraknya pencurian data pribadi. 

Karena belum adanya peraturan atau perlindungan terhadap data konsumen yang menyebabkan banyak orang yang masih ragu untuk berbelanja secara online walaupun diberikan kemudahan transaksi yang nyaman, karena informasi terkait nama, no hp hingga alamat rumah bisa terungkap dan ada di database pelanggan, dimana bisa saja disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab hingga menyebabkan kerugian yang besar.

Nah itulah beberapa keuntungan, manfaat serta kerugian e-commerce bagi penjual maupun konsumen. Semoga kamu lebih bijak dalam berjualan maupun berbelanja online ya.

(Visited 318 times, 1 visits today)
Close