Written by 8:58 am Informasi, Tips & Trik

Testimoni Pelanggan : Pengertian, Manfaat & Contohnya

cara mendapatkan testimoni pelanggan

Jika kamu menjalankan suatu bisnis, ulasan dari pelanggan adalah hal yang penting. Pada umumnya, testimoni pelanggan adalah suatu bentuk ulasan atau pernyataan dari pelanggan yang merasa puas atau kecewa terhadap barang atau jasa yang sudah mereka beli. Biasanya testimoni hadir setelah pelanggan menerima atau menggunakan barang yang mereka beli.

Baca juga : Contoh & Cara Membuat Testimonial Yang Baik Serta Menarik

Walaupun istilah ini sering digunakan tapi masih banyak pebisnis yang belum mengetahui arti dari testimoni, bagaimana memanfaatkannya dalam kegiatan bisnis, bagaimana cara mendapatkannya dan lain sebagainya.

Di artikel kali ini, kamu akan mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai testimoni dan beberapa cara mudah untuk mendapatkan testimoni yang baik dari pelanggan di bisnis kamu.

Karena testimoni yang baik akan berdampak baik pula untuk bisnis yang kamu jalani.

Apa itu testimoni pelanggan ?

Periksa Perjalanan Situs Pelanggan Pesaing Kamu

Testimoni pelanggan adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi bisnis yang sering dibutuhkan oleh pebisnis, biasanya berupa ulasan yang dilakukan konsumen yang sudah merasa puas atau kecewa atas produk yang sudah di beli di bisnis atau toko jualan kamu.

Sederhananya, testimoni adalah bentuk statement atau pesan singkat dari pelanggan terkait bagaimana pengalaman mereka saat setelah bertransaksi dengan kamu sebagai penjual dalam hal pelayanan, kualitas barang atau jasa yang sudah mereka beli dari toko kamu.

Sebagai contoh, misalnya kamu menjual pengharum Summerscent dari Dropshipaja lewat toko online atau marketplace. Ketika pelanggan bertransaksi, berkomunikasi, melakukan pembayaran hingga barang tiba di tempat pelanggan, semuanya berjalan dengan lancar, dan pelanggan merasa puas dengan kualitas dan pelayanan kamu.

Setelahnya, pelanggan mengirimkan sebuah pesan kepada kamu sebagai penjual membagikan dan menceritakan bagaimana pengalaman mereka bertransaksi di toko jualanmu.

Kata puas dari pelanggan adalah kata paling powerfull dan jadi testimoni paling penting di bisnis kamu.

Lalu sepenting apa sih testimoni pelanggan? Nah kamu perlu tahu apa saja manfaat testimoni pelanggan bagi bisnis kamu.

Perlu kamu tahu, 72% pelanggan mengatakan ulasan dan kesaksian positif membuat mereka lebih mempercayai bisnis kamu dan 88% konsumen mempercayai testimoni online sama seperti rekomendasi pribadi. Itu adalah kredibilitas yang sangat besar yang bisa kamu manfaatkan.

data tentang testimoni pelanggan

Manfaat Testimoni Pelanggan Untuk Bisnis Online

Jika kamu menjadi seorang pelanggan, pasti sebelum melakukan pembeliaan, ada sikap ragu atas produk yang belum dibeli. Khususnya produk – produk yang mampu mempengaruhi kehidupan seperti produk – produk kesehatan, kecantikan, pakaian dan lain – lain.

Oleh karena itu, pebisnis sadar untuk menempatkan testimoni dari pelanggan di halaman penjualan, baik di toko marketplace maupun halaman landing page bisnis kamu.

Satu testimoni pelanggan bisa meningkatkan kepercayaan calon pelanggan lain untuk bisa membeli produk yang kamu jual.

Selain itu, ada manfaat testimoni pelanggan lainnya, yaitu :

1. Menarik Pelanggan Baru

Menarik Pelanggan Baru

Dalam bisnis online baik melalui marketplace maupun website toko online, pasti berlomba – lomba mendapatkan ulasan yang baik di halaman pertama penjualan mereka, alasannya sederhana agar calon pelanggan baru bisa langsung melihat dan menaruh kepercayaan bahwa produk kamu berkualitas dan tidak ragu untuk membelinya.

Selain itu, kesan pertama juga menjadi bagus, karena mengetahui jika produk yang kamu jual memiliki kualitas dan layak untuk dibeli.

Kesan pertama ini bisa mempengaruhi emosi dan pikiran konsumen atau pelanggan untuk bisa masuk ke tahap selanjutnya yaitu mencari dan membeli produk yang mereka inginkan.

Namun Kamu jangan merasa senang dulu ya, biasanya pelanggan yang membuka katalog produk kamu akan mencari tahu bagaimana kualitas produk dan pelayanan toko kamu melalui kolom ulasan atau kolom testimoni.

Jadi pastikan setiap katalog produk kamu berkualitas dan mempunyai ulasan yang bagus secara keseluruhan.

Dan nantinya calon pelanggan baru pun akan percaya dan akhirnya membeli produk kamu.

2. Meningkatkan Rasa Percaya Pelanggan Baru

Meningkatkan Rasa Percaya Pelanggan Baru 

Seperti manfaat pertama, pelanggan akan lebih percaya pada produk kamu jika ada testimoni yang bagus, karena testimoni ini mampu mempengaruhi emosi dan pikiran dari si pelanggan baru.

Sebagai pebisnis, kamu tentu paham jika kepercayaan konsumen adalah kunci utama untuk mengembangkan suatu bisnis, jadi pastikan kamu menempatkan testimoni positif yang berasal dari pelanggan sebelumnya di halaman pertama yang bisa dilihat oleh pelanggan baru.

Semakin percaya seorang pelanggan terhadap toko dan produk yang kamu jual, maka semakin besar pula kemungkinan mereka menjadi pelangan setia yang akan membeli produk kamu yang lainnya.

Pebisnis yang mempunyai reputasi baik pastinya akan mampu meningkatkan kepercayaan konsumen dalam melakukan kegiatan transaksi.

3. Sarana Media Pemasaran / Promosi Gratis

Sarana Media Pemasaran

Testimoni pelanggan bisa dikatakan sebagai strategi pemasaran yang alami dan sangat efektif untuk semua bisnis di bidang apapun. Tanggapan atau ulasan yang baik dapat menjadi alat pemasaran gratis yang bisa langsung diakses oleh pelanggan.

Dulu ada strategi pemasaran efektif yang tersebar di masyarakat dan paling mudah untuk dilakukan, yaitu mulut ke mulut.

Testimoni adalah salah satu word of mouth secara virtual diutarakan kepada orang terdekat terlebih dahulu, bisa keluarga, teman, rekan kerja dan lainnya.

Dari sanalah penyebaran tentang kualitas produk kamu, dan bisa dijadikan pemasaran gratis tanpa harus mengeluarkan uang untuk biaya marketing.

4. Bahan Evaluasi

Bahan Evaluasi 

Biasanya tidak semua pelanggan memberikan ulasan yang sifatnya positif, ada juga lho ulasan yang negatif karena merasa tidak puas dengan pelayanan dan kualitas produk yang kamu jual.

Jika kamu mendapatkan ulasan negatif, jangan patah semangat. Justru hal tersebut bisa kamu pakai untuk membuat produk menjadi lebih baik lagi, kamu bisa meningkatkan kualitas produk.

Karena kritikan ada untuk pengembangkan produk menjadi lebih baik lagi.

Nah itulah peran testimoni sebagai bahan evaluasi jika ada ulasan negatif di produk kamu.

5. Bentuk Apresiasi Kepada Pelanggan

Appreciation

Testimoni bisa dikatakan sebagai bentuk apresiasi atau perhatian yang diberikan kamu sebagai penjual kepada pelanggan.

Sebagai penjual jika kamu membaca bahkan membalas tanggapan yang diberikan pelanggan, mereka akan merasa dihargai dan mendapatkan apresiasi yang baik.

Semakin kamu memberikan perhatian kepada pelanggan maka semakin besar pula peluang mereka menjadi pelanggan setia yang loyal membeli produk kamu.

6. Sebagai Materi Iklan

Materi Iklan

Dengan adanya tanggapan, atau ulasan positif sebagai bagian dari strategi marketing suatu bisnis, kamu bisa memanfaatkannya untuk dijadikan materi iklan.

Biasanya pelanggan lama memberikan testimoni berupa teks yang dikirimkan melalui whatsapp, komentar di marketplace, pesan teks hingga di update di story.

Kamu bisa menscreenshot ulasannya dan bisa kamu jadikan bahan pemasaran yang memberikan efek positif bagi calon pelanggan.

Adapun contoh testimoni yang baik yang bisa kamu manfaatkan untuk promosi gratis dalam menarik pelanggan – pelanggan baru.

Contoh Testimoni Pelanggan Yang Baik

Sekarang untuk mendapatkan atau melihat testimoni sebuah produk sangat mudah, kamu bisa membuka sebuah iklan produk, baik di marketplace, di Instagram atau sosial media lainnya.

Ada banyak contoh testimoni yang sudah diberikan kepada produk yang jadi bahan untuk menarik pelanggan baru.

Contohnya seperti yang dilakukan oleh platform Dropshipaja yang mengumpulkan testimoni dalam sebuah grup komunitas dan juga dalam sebuah cerita yang dijadikan video.

Seperti testimoni berikut ini :

“ Alhamdulillah gabung dan jualan di DA dari bulan november padahal hanya sekedar iseng dan mengisi waktu luang, ngga nyangka bisa total pembelian capai 3jt lebih, alhamdulillah berkah”

Selain dalam bentuk teks yang di post di grup komunitas, ada juga testimoni dalam bentuk video seperti

Adapun contoh testimoni lain, misalnya pelanggan kamu mengirimkan pesan teks di whatsapp

Seperti “Kak, paketnya sudah sampai ya, puas banget dengan packagingnya aman, sudah dibuka dan alhamdulillah produknya original”

Atau mungkin testimoni seperti ini

“wah keren deh kak dressnya cantik banget, udah aku coba, pengirimannya juga cepat banget, mudah – mudahan dressnya awet ya, thanks kak”

Selain itu ada juga contoh testimoni yang disertai foto, biasanya pelanggan akan memotret produk yang sudah datang dan mengirimkannya kepada kamu sebagai penjual.

testimoni pelanggan - kirim foto

Ada juga konsep foto outfit of the day, mereka sebagai pelanggan akan memakai dress yang dibeli, lalu mempostingnya di sosial media dan memberikan testimoni di caption sekaligus memention akun jualan kamu.

konsep foto outfit of the day

Jenis – Jenis Testimoni Yang Wajib Kamu Tahu

Setelah mengetahui bagaimana contoh testimoni yang baik dari pelanggan, ternyata ada dua jenis testimoni yang bisa kamu coba dapatkan dari pelanggan.

  1. Testimoni Tertulis
  2. Testimoni Herbal

1. Testimoni Tertulis

Yang pertama adalah testimoni tertulis, biasanya muncul di akun sosial media dari suatu produk maupun di kolom ulasan marketplace.

Testimoni tertulis biasanya berupa kutipan pelanggan yang merasa puas dan bisa juga membujuk calon pelanggan baru untuk menggunakan barang atau jasa yang kamu tawarkan.

2. Testimonial Verbal

Testimoni berikutnya adalah testimoni verbal, biasanya berupa pernyataan langsung dari pelanggan dan dikomunikasikan ke pelanggan lainnya.

Biasanya pelanggan yang menyukai produk kamu akan menceritakan pengalamannya membeli produk dari kamu ke pelanggan atau konsumen lainnya.

Testimoni verbal ini juga bisa berupa video yang diposting di akun sosial media dan dijadikan alat pemasaran produk.

Perbedaan Testimoni dan Review

Mungkin kamu bertanya apa sih bedanya testimoni dengan review?

Dua hal tersebut sama – sama memberi pernyataan dari pelanggan, namun ternyata keduanya punya perbedaan yang mendasar.

Perbedaannya yaitu :

Testimoni

  • Testimoni cenderung menunjukkan kesan baik dan pengalaman positif.
  • Bentuknya lebih detail dan panjang, tentang pengalaman konsumen sebelum dan sesudah menggunakan produk/jasa yang kamu tawarkan
  • Pebisnis mengelola dan menampilkan testimoni pada brosur, website, iklan, sosial media, dsb.
  • Testimoni diberikan langsung oleh konsumen kepada brand atau perusahaan kamu.

Review

  • Review biasanya hanya memberikan gambaran singkat tentang brand kamu.
  • Tidak hanya sisi positif, review juga bisa mengungkapkan sisi negatif suatu produk/jasa.
  • Biasanya muncul di website pihak ketiga seperti Tripadvisor, Yelp, Google My Business, dsb.
  • Biasanya disertai dengan rating bintang.

Cara Mendapatkan Testimoni Pelanggan

 

Tidak semua pelanggan akan dengan sukarela memberikan ulasan positifnya di produk yang kamu jual, sehingga kamu perlu tindakan ekstra untuk mendapatkan testimoni pelanggan, berikut ini adalah cara mendapatkan testimoni pelanggan secara mudah :

1. Kontak mereka secara personal

Kontak mereka secara personal

Setelah kamu mengirimkan produk kepada pembeli, kamu bisa cek apakah paketnya sudah diterima dengan baik atau belum. Jika ternyata produk sudah sampai di tangan pelanggan, kamu bisa menghubungi mereka secara personal untuk menanyakan seputar paketnya.

Bisa coba basa – basi dengan menanyakan “kak apakah paketnya sudah sampai?”

Jika mereka membalas maka kamu bisa langsung bertanya – tanya tentang produknya, bagaimana tanggapan dan ulasan mereka.

Tapi jangan terlalu menonjol ingin mendapatkan testimoni ya, kamu bisa mulai dengan melakukan obrolan ringan, sehingga kamu juga bisa mendapatkan testimoni secara alami, jangan lupa selalu izin kepada pelanggan jika obrolan yang berlangsung akan dijadikan sebagai testimoni.

Sehingga ketika kamu memasang testimoni obrolan tersebut, pelanggan pun tidak akan marah karena kamu sudah ijin terlebih dahulu.

2. Balas Pesan Pelanggan Berakhir Mendapat Testimoni

Balas Pesan Pelanggan Berakhir Mendapat Testimoni

Biasanya pelanggan yang sudah setia membeli produk kamu, akan selalu mengirimkan pesan kepada kamu jika produk sudah diterima dengan baik, nah momen ini bisa kamu manfaatkan untuk menggali testimoni.

Tapi perlu diingat jangan sampai kamu memaksa ya, berusahalah mengobrol seperti biasa dan kamu giring obrolan agar terdapat testimoni di dalamnya.

3. Bagikan testimoni pelanggan di media sosial

Setelah kamu memiliki banyak testimoni, kamu bisa memilih mana testimoni yang baik dan positif. Lalu postinglah konten testimoninya di akun jualan kamu.

Biasanya jika kamu memposting testimoni akan ada pelanggan lainnya yang ikut berkomentar, yang tadinya kamu punya 1 testimoni bisa berlipat ganda karena konsep atau cara mendapatkan testimoni satu ini.

4. Lempar Pertanyaan di Media Sosial

Lempar Pertanyaan di Media Sosial

Cara berikutnya adalah kamu bisa melemparkan pertanyaan di media sosial, kesannya memang seperti survey tapi bisa dijadikan bahan untuk mencari testimoni dari pelanggan.

Buatlah satu pertanyaan yang membuat pelanggan tertarik untuk ikut berkomentar di media sosial, seperti

Hallo Bunda, Kira -kira bagaimana nih warna dress terbaru kami?”

Nantinya akan ada pelanggan yang sudah membeli ikut berkomentar dan hal tersebut bisa menjadi testimoni tanpa paksaan bukan?

5. Melalui Kolom Ulasan di Marketplace atau Website Jualan

review marketplace

Semakin banyak media yang kamu gunakan, semakin besar pula peluang kamu mendapat ulasan baru dari pelanggan setiap harinya. Website jualan dan marketplace menjadi ladang subur dari ulasan.

Jika kamu belum memiliki, segeralah membuatnya. Karena saat ini, cara buat website jualan itu sangat mudah. Dan juga selagi ada banyak yang menawarkan domain gratis, manfaatkan kesempatan dan kemudahan yang ada sebaik-baiknya ya.

6. Buat Google Bisnisku

Google Bisnisku

Meskipun hanya bisnis online, kamu juga dapat membuat Google Bisnisku untuk menambah kepercayaan konsumen. Di sana juga akan ada kolom khusus testimoni atau ulasan yang bisa kamu manfaatkan.

7. Tawarkan Insentif Menarik Agar Mereka Sukarela Memberikan Testimoni

Tawarkan Insentif Menarik

Trik lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mendapat ulasan adalah dengan menawarkan insentif menarik ke pelanggan agar mau meluangkan waktunya untuk memberikan testimoni.

Bentuk insentif yang menarik ini bisa beragam, misalnya berupa voucher diskon pembelian, beli produk 1 dapat gratis 1, dan lain – lain.

8. Endorse Influencer

Endorse Influencer

source : nesabamedia.com

Cara sukses jualan online dewasa ini ternyata tidak hanya mendapat dukungan dari pelanggan. Terkadang kamu juga butuh dukungan dari influencer agar citra bisnismu melejit.

Biasanya Influencer memiliki pengikut yang cenderung setia dan selalu ingin mencoba apa yang dibeli oleh idolanya. Selain untuk mendapat ulasan, ternyata kamu juga bisa memanfaatkan peluang ini untuk memperluas target pasar bisnismu.

Baca juga : Cara Endorse Selebgram & Artis Untuk Pemula

Nah itulah beberapa cara mendapatkan testimoni dari pelanggan, jenis review hingga contoh ulasan yang baik,  kamu bisa coba cara tersebut satu demi satu untuk menunjang bisnis kamu ke depannya.

(Visited 89 times, 1 visits today)
Close