Written by 10:37 pm Sosial Media

8 Cara Endorse Selebgram & Artis Untuk Pemula, Dijamin Untung!

memilih artis untuk endorse

Endorse atau Endorsment adalah cara promosi dimana para pemilik produk atau jasa meminta orang terkenal seperti artis atau selebgram untuk mempromosikan produk atau jasa yang mereka jual. Ini merupakan salah satu cara pemasaran yang kerap dipakai oleh sebagian pebisnis, khususnya pebisnis online.

Menurut data, indonesia memiliki setidaknya 99,9 juta pengguna aktif bulanan di Instagram per April 2022. Itulah sebabnya, cara endorse instagram merupakan strategi yang wajib dikuasai agar bisnis yang dikelola semakin berkembang.

Bayangkan jika anda melakukan endorse kepada artis dengan 1 juta followers, dan 1% saja yang melihat postingan si artis, maka sudah 10.000 orang yang melihat produk anda. Dengan begitu, penjualan anda pun akan semakin meningkat.

Meskipun terlihat mudah, melakukan endorse selebgram maupun artis cukup sulit dilakukan. Jika anda asal memilih, maka dapat dipastikan tidak ada konversi yang terjadi atas promosi yang sudah di lakukan.

Lantas, bagaimana melakukan endorse selebgram yang baik dan benar agar jualan bisa laris ? yuk kita bahas secara detail.

Persiapan Sebelum Melakukan Endorse Selebgram / Artis

Cara Endorse Selebgram

Bangun Kepercayaan Pelanggan

Sebelum melakukan endorsment, anda wajib memperbaiki profil akun instagram bisnis anda, tak hanya itu, pastikan calon customer harus sudah jelas bagaimana cara menghubungi anda, misalnya kontak yang jelas, alamat yang jelas serta deskripsi produk yang akan dijual pun harus berkualitas.

Kami sudah membuatkan artikel tentang 9 Ide Bio Instagram Untuk Bisnis Agar Tampak Profesional agar calon customer bisa trust kepada bisnis anda sehingga konversi penjualan tentu akan meningkat.

Sangat disayangkan bukan jika anda sudah menghabiskan banyak uang untuk melakukan endorse tetapi tidak terjadi penjualan apapun hanya disebabkan minimnya informasi kontak yang bisa dihubungi ?

Maka dari itu, ini adalah langkah paling awal yang mesti anda lakukan sebelum mencoba untuk melakukan endorse artis / selebgram.

Tentukan Target Anda

Setelah itu, menentukan target adalah langkah yang wajib dilakukan. Misalnya, anda ingin melakukan endorse agar terjadi penjualan atau anda hanya ingin sekedar melakukan branding, tentukanlah diawal sebelum anda menghubungi si artis.

Jangan sampai pesan yang ingin disampaikan kepada calon customer salah ya, selain itu dengan menentukan target , anda bisa melakukan strategi iklan yang tepat, anda bisa meminta si artis untuk menggiring followers nya kepada tujuan anda.

Siapkan Budget Khusus Untuk Endorse Instagram Secara Rutin

Kita tentu tahu kalau melakukan endorse artis maupun selebgram akan menghabiskan banyak uang, apalagi artis yang ingin dipakai memiliki followers jutaan. Dapat dipastikan ini akan menguras kantong anda.

Siapkanlah budget tersendiri untuk ini, jangan sampai menganggu biaya operasional bisnis anda sebab melakukan endorse tidak cukup sekali. Anda harus trial dan error untuk menemukan pola iklan yang tepat.

Persiapkan Stok Berlebih Untuk Produk Yang Di Endorse

Ini juga poin yang harus anda perhatikan, jangan sampai ketika terjadi banyak penjualan malah produk tersebut kehabisan stok. Jadi sebelum melakukan endorse selebgram anda sudah memastikan bahwa stok produk tersebut melimpah ya.

Cara Memilih Artis / Selebgram Untuk Melakukan Endorse Agar Tidak Boncos

memilih artis untuk endorse

Setelah semua persiapan diatas sudah anda lakukan, selanjutnya anda mesti hati – hati dalam pemilihan artis, berikut sudah kami rincikan bagaimana cara memilih selebgram yang tepat biar tidak boncos.

Pastikan Selebgram / Artis Memiliki Kepribadian Positif

Yang harus anda perhatikan adalah mengendorse selebgram berarti anda mempercayakan brand bisnis anda di promosikan oleh mereka. Tentu anda tidak ingin brand anda justru mendapatkan citra yang negatif dimata publik.

Jadi poin ini cukup penting sehingga anda wajib melakukan riset sebelum mengambil keputusan.

Caranya cukup mudah, cari nama selebgram / artis target endorse anda di google. Apakah ada ulasan negatif tentang mereka baru – baru ini ? Jika iya, janganlah mengambil resiko mending anda cari publik figur lainnya ya.

Pastikan Pesan Dari Iklan Jelas

Anda harus membuat iklan yang dapat mendelivery manfaat dan kualitas dari produk yang dijual, bukan malah melakukan kontroversi yang menyinggung para audiense dari iklan tersebut.

Jelaskan secara singat, padat dan jelas manfaat dan kualitas produknya namun tetap berkualitas. Anda juga bisa melakukan teknik ATM (Amati Tiru Modifikasi) dari iklan orang lain yang sudah terbukti sukses.

Sesuaikan Budget Dengan Harga Si Artis / Selebgram

Cara endorse selebgram selanjutnya yakni memilih kualitas artis dengan budget anda, jika anda memiliki dana marketing yang sedikit maka pilihlah selebgram yang followers nya tidak terlalu banyak. Perlu di ingat, semakin banyak followers si artis maka semakin mahal pula biaya endorse nya.

Perlu di catat, jumlah followers tidak memastikan penjualan yang banyak lho, jika iklan anda berkualitas, memilih selebgram dengan sedikit followers pun sudah bisa membuat konversi yang baik, apalagi iklan tersebut viral, tentu akan semakin bagus.

Sesuaikan Produk Dengan Si Selebgram / Artis

Ini juga harus anda perhatikan ya, misalnya saja target customer anda adalah pria , tentu akan lebih bagus jika anda memilih selebgram wanita sebab mayoritas followers mereka sudah pasti pria dan merupakan target pasar anda.

Atau pastikan produk yang ingin dipasarkan cocok dengan si artis, perhatikan gaya hidup si artis, cara berpakaian, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Cara melakukan endorse selebgram memang terlihat mudah namun pada kenyataannya akan sulit untuk dilakukan, anda wajib harus melakukan riset mendalam termasuk siapa target selebgram nya, apakah produknya cocok, bagaimana jalan cerita iklannya, dan lain sebagainya.

Tentu semua itu akan ditempuh dengan cara trial dan error, anda tidak akan tahu itu akan menghasilkan jika tidak dicoba. Boncos diawal sudah biasa bagi para pebisnis kok jadi jangan takut ya.

Jika anda memerlukan ide cara pemasaran lainnya, anda bisa membaca artikel kami tentang apa itu advertising ? , disana kami telah mengupas tuntas pengertian beserta contoh advertising yang baik seperti apa.

Semoga tips melakukan endorse artis ini bisa bermanfaat untuk anda dan membuat bisnis anda semakin maju, terimakasih.

Artikel Terkait :
(Visited 33 times, 8 visits today)
Close