Written by 10:05 am Sosial Media

Cara Menjadi Selebgram Tiktok Dalam 1 Hari, Mustahil kah ?

cara menjadi selebgram tiktok dalam 1 hari

Cara menjadi selebgram tiktok dalam 1 hari, emang bisa?

Sebagai salah satu platform yang banyak digunakan oleh masyarakat di dunia, Tiktok bisa jadi ladang atau wadah untuk kamu menghasilkan uang secara online.

Tak heran, jika banyak pengguna yang berlomba – lomba ingin menjadi selebgram tiktok, selain karena penghasilannya lumayan fantastis, membuat konten di tiktok juga menyenangkan.

Apalagi jika kamu hobi atau mempunyai passion percaya diri tampil di layar kamera, menjadi seleb tiktok bisa jadi pilihan untuk menghasilkan pundi – pundi rupiah.

TikTok adalah rumah bagi beberapa bintang media sosial yang berpenghasilan tertinggi dan terpopuler di dunia. Maka kamu perlu tahu bagaimana cara cepat menjadi artis tiktok, jika ingin masuk dalam ruang lingkup mega bintang di tiktok.

Ternyata, selain pundi – pundi rupiah yang lumayan, menjadi terkenal di tiktok punya manfaat lain lho, mau tahu? Simak terus artikel ini ya.

Manfaat Menjadi Terkenal Di Tiktok

TikTok saat ini memiliki 1 miliar pengguna aktif, yang menjadikannya jaringan media sosial terbesar ke-7 di dunia.

Aplikasi ini memiliki lebih dari 73 juta pengguna di Amerika Serikat saja (artinya sekitar 22% populasi negara menggunakan TikTok).

Dilansir dari laporan Business of Apps, pada kuartal II 2022 TikTok sudah memiliki 1,46 miliar pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAU) di seluruh dunia.

pengguna tiktok 2022

source : databoks.com

Bahkan menurut data dari dataindonesia.id, Indonesia menjadi negara terbesar kedua setelah Amerika serikat sebagai pengguna tiktok dengan jumlah 99,1 Juta orang.

Dan sementara pengguna di bawah usia 19 tahun masih menjadi demografis terbesar di platform, TikTok sama sekali bukan lagi “aplikasi sinkronisasi bibir untuk anak-anak” seperti dubsmash yang populer di tahun 2015.

Pada tahun 2021, semua kelompok umur memiliki representasi yang kuat di platform ini.

Di Indonesia, menjadi artis tiktok, bisa dari semua kalangan umur dan menjadi terkenal, segmentasinya pun banyak.

Contoh akun tiktok @babehojol seorang tukang ojek online yang sering membagikan kesehariannya bersama anak dan istri membuatnya terkenal. Padahal usianya sudah cukup tua.

Manfaat menjadi seleb dan terkenal di tiktok adalah untuk mendapatkan penghasilan dari sebuah konten dan tentu saja untuk menjadi terkenal sehingga kamu punya kesempatan – kesempatan baru, seperti berkenalan dengan selebgram lainnya, membuat komunitas, menjadi affiliate, hingga network dan circle kamu menjadi lebih luas lagi.

Manfaat terkenal di tiktok

Untuk menjadi terkenal di tiktok, kamu bisa menggabungkan algoritma tiktok yang menarik, apapun demografis yang kamu sasar dan kamu jangkau secara online, kamu tetap punya kesempatan terkenal di Tiktok.

Lalu bagaimana caranya untuk menjadi selebgram, apakah mustahil menjadi selebgram dalam 1 hari? Artikel ini akan membahas lebih dalam kemungkinan – kemungkinan yang bisa kamu coba untuk menjadi selebgram tiktok.

Mungkinkah menjadi seleb tiktok dalam 1 hari ?

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa menjadi terkenal di TikTok itu mudah. Dan itu benar.

Tetapi konteksnya jika dibandingkan dengan jejaring sosial lama seperti Instagram dan Facebook.

Karena fitur algoritma tiktok tidak merekomendasikan konten berdasarkan jumlah pengikut, membuatnya lebih mudah bagi pengguna baru untuk mendapatkan tampilan dan mengembangkan akun mereka.

TikTok akan merekomendasikan klip atau konten video Kamu di For Your Page (halaman utama atau feeds tiktok), jika serupa dengan yang sudah ditonton oleh audiens atau segment kamu, dan bahkan ada history interaksi, maka video kamu kemungkinan akan muncul di FYP mereka.

Namun demikian, satu juta pengikut yang ada di tiktok tidak mungkin mengikuti Kamu dalam semalam.

Sekarang, menjadi viral di TikTok bukan hanya sekedar menari ala remaja. Platform ini telah muncul sebagai salah satu komunitas media sosial paling dinamis saat ini.

Siapa pun kamu, kamu bisa terkenal di tiktok walaupun kamu hanya punya 2 pengikut bahakan 200 ribu pengikut.

Algoritma aplikasi ini memberikan kesempatan yang sama kepada semua pengguna untuk bisa viral.

Peluang menjadi viral di tiktok itu nyata, bahkan kamu hanya cukup membuat satu video saja untuk bisa viral.

Tapi kesuksesan viral kamu tetap perlu usaha, karena terkenal secara nyata ternyata membutuhkan lebih dari satu video viral.

Itu berarti, satu video saja bisa membuat kamu viral, tapi kamu perlu banyak video untuk tetap mempertahankan viralnya.

Bagaimana caranya? Tenang saja di artikel ini akan ada pembahasan mengenai bagaimana kamu bisa melakukannya untuk bisa menjadi selebgram tiktok.

Ada beberapa strategi dan tips yang bisa kamu lakukan, seperti berikut ini :

Cara menjadi selebgram tiktok

1. Bangun Brand Kamu Agar Mudah dikenali

Tiktok adalah tempat untuk menjadi Influencer TikTok paling terkenal dengan memilih pasar dan membangun brand pribadi kamu.

Tapi kamu memerlukan brand yang mudah dikenali, lalu bagaimana cara kamu bisa menilai pasar agar bisa mengetahui brand kamu.

Salah satu caranya adalah dengan mengunjungi salah satu influencer besar, kemudian kamu lihat video demi video dari jenis konten yang sama.

Coba kamu lihat salah satu influencer yang dikenal sebagai salah satu raja Tiktok dari luar yang berhasil mengumpulkan lebih dari 66,4 Juta pengikut dengan memposting berbagai video dengan efek khusus yang bikin kamu berpikir “kok bisa seperti itu ya?”

15 detik yang ada di video, mampu membawa keajaiban yang menyegarkan mata dan mampu memikat pengikutnya tentang efek khusus yang ia tampilkan dalam video.

Kesimpulan dari tips ini adalah bagaimana kamu menentukan topik yang lebih spesifik atau tema yang bisa mengangkat brand kamu dan mudah dikenali oleh audiens.

Ingat untuk selalu upload konten dan membuat konten spesifik secara konsisten ya.

2. Temukan Niche dari Brand Kamu

Di TikTok, orang menghabiskan lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan konten dan akun yang disarankan yang belum mereka ikuti daripada di platform sosial lainnya.

Itu karena For Your Page, adalah feeds konten yang dipersonalisasi yang menurut algoritma dan pastinya akan Kamu sukai.

Berdasarkan riset, banyak yang membuktikan jika kamu menonton video A maka algoritma tiktok akan menilai kamu menyukai jenis konten seperti video A, sehingga feeds tiktok kamu akan direkomendasikan dengan beberapa video sejenis.

Dengan kata lain, untuk menjadi terkenal di TikTok, Kamu perlu:

  1. Ketahui tagar atau hashtag tren yang digunakan oleh niche yang kamu sasar
  2. Gunakan hashtags tersebut secara konsisten saat Kamu memposting video.
  3. Ikuti mereka sehingga Kamu dapat mengikuti tren yang muncul di niche brand Kamu.

Kamu dapat menemukan tagar atau hashtags yang relevan dengan mengidentifikasi akun paling populer di niche Kamu. Kemudian periksa hashtag yang mereka gunakan pada postingan berperforma terbaik.

3. Ketahui tren TikTok

Jika kamu ingin menemukan meme atau tren di Internet, sekarang TikTok adalah rumahnya, kamu bisa mendapatkan inspirasi konten atau video yang banyak untuk bisa kamu ATM.

Jadi, jika Kamu ingin menjadi terkenal di TikTok, Kamu perlu mencari, mengikuti, dan ikut serta dalam tren platform tersebut.

Untuk menemukan tren di TikTok ada beberapa cara, yaitu:

  1. Sesederhana kamu mengikuti tagar #trendalert dan #tiktokchallenge.
  2. Periksa posting yang punya kinerja yang baik di profil kompetitor kamu.
  3. Luangkan waktu untuk menelusuri For Your Page.

Gunakan tab Discover yang bisa kamu temukan di bagian bawah layar Kamu di aplikasi TikTok.

menu discover tiktok

Di Discover, Kamu akan menemukan suara yang sedang tren (musik dan klip audio lainnya yang dapat Kamu tambahkan ke video Kamu), efek (efek dalam aplikasi TikTok) dan hashtag.

Menambahkan musik, efek, dan tagar yang sedang tren ke video Kamu membuka audiens yang lebih luas ke konten Kamu.

Ketahui tren TikTok

Tapi jangan hanya meniru apa yang orang lain lakukan. Tetap tonjolkan yang menjadi ciri khas kamu ya.

Misalnya kamu mengikuti tren #AIManga, Kamu jangan hanya memposting konten original yang menampilkan karakter manga bisa, tapi coba lebih kreatif membuat konten tentang manga tersebut.

Dan ingat, 61% orang mengatakan mereka menganggap brand lebih disukai saat ikut serta dalam tren TikTok.

Brand bisa jadi personal diri kamu atau brand toko kamu untuk berbisnis.

4. Sering posting Konten

Tidak seperti jejaring sosial lainnya, TikTok tidak akan menghukum Kamu karena (terlalu) sering memposting. Setiap kali Kamu memposting ke TikTok, Kamu menciptakan peluang baru untuk muncul di For Your Page orang.

Dan banyak TikToker top bersumpah bahwa memposting konten berkualitas tinggi setiap hari adalah rahasia kesuksesan TikTok mereka.

Seperti yang didapatkan akun Netflix!

Taktik ini membantu Netflix menarik 21,3 juta pengikut. Dan mereka cukup produktif! Bahkan mereka sering memposting 5-6 video dalam satu hari.

sering posting konten

Selain menemukan frekuensi posting ideal Kamu, Kamu juga harus mencoba mengatur waktu setiap TikTok untuk menjangkau sebanyak mungkin audiens target Kamu saat mereka online.

Pastikan waktu kamu posting adalah waktu yang tepat ya.

Baca juga : 18 Cara Menghasilkan Uang dari HP Tanpa Modal Untuk Pemula 

5. Engage dengan audiens kamu

Dalam banyak hal, TikTok tidak seperti jejaring sosial lainnya, tetapi dalam hal engagement, itu sama saja. Sama seperti Facebook dan Instagram, algoritma TikTok menghargai konten dan pembuat konten yang menginspirasi engagement dengan postingan.

Di TikTok, engagement berarti Suka, Komentar, Membagikan, Menyimpan dan Favorit.

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan engagement dengan postingan Kamu adalah dengan menanggapi atau merespon pengikut Kamu secara teratur.

Engage dengan audiens kamu 

6. Engage dengan pengguna TikTok lainnya

Sama seperti di jejaring sosial lainnya, brand dapat dengan mudah membagikan konten buatan pengguna ke akun TikTok mereka, seperti review atau testimoni.

Hal tersebut bisa kamu coba untuk memperkenalkan brand kamu lebih luas lagi.

TikTok memiliki fitur unik yang memungkinkan pengguna bereaksi dan menanggapi klip orang lain dalam bentuk video.

 

@therock #duet with @thetimingwizard Sip your Zo, now let’s go👊🏾 #zoaenergy ♬ original sound – The Rock

Sehingga kamu bisa berduet dan membalas komentar audiens dengan video.

Duet membuat klip layar terbagi yang menampilkan video asli di satu sisi dan versi, respons, atau balasan Kamu di sisi lain.

Dengan engage dengan pengguna TikTok lainnya dengan cara ini, Kamu dapat:

  • Tunjukkan pada mereka, konten Kamu dan mungkin ditampilkan di halaman mereka.
  • Dukung video populer dan tren yang relevan.
  • Memanfaatkan tren yang muncul.

Nah itulah beberapa cara menjadi artis tiktok atau menjadi selebgram di tiktok yang bisa kamu coba baik untuk memperkuat personal branding atau brand bisnis yang sedang kamu bangun.

Kesimpulannya, kamu harus bisa memanfaatkan tren yang ada, dan berbaur di dalamnya jika ingin viral atau terkenal dalam waktu 1 hari di tiktok.

Selamat mencoba.

(Visited 117 times, 1 visits today)
Close