Written by 4:12 am Bisnis Online

18 Cara Menghasilkan Uang dari HP Tanpa Modal Untuk Pemula 

18 Cara Menghasilkan Uang dari HP Tanpa Modal Untuk Pemula 

Di era sekarang, apakah bisa menghasilkan uang dari HP tanpa modal?

Jawabannya, tentu bisa.

Sekarang jaman serba instan, cepat karena semua sudah berjalan secara online, begitupun ketika kamu ingin menghasilkan uang, ternyata menjadi jauh lebih mudah ya.

Kamu cukup punya HP dan kuota internet saja dan kamu bisa menghasilkan uang.

Ada beberapa cara yang bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang dari HP tanpa modal.

Cara Menghasilkan Uang dari HP Tanpa Modal untuk pemula

1. Daftar Jadi Dropshipper

Daftar Jadi Dropshipper

Salah satu cara pemula agar bisa punya penghasilan melalui HP tanpa modal adalah menjadi dropshipper.

Bisnis dropship digemari oleh masyarakat karena prosesnya yang mudah dan tidak ribet, bahkan kerennya kamu bisa berjualan tanpa harus stock produk, ngurusin packing dan pengiriman.

Tinggal manfaatkan HP kamu untuk membuat konten promosi dan ketika penjualan terjadi kamu tinggal meneruskan pesanan ke supplier untuk di proses.

Lalu uangnya masuk kemana? Tentu saja ke rekening pribadi kamu. Karena pada saat promosi tentu kamu sudah menentukan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari penjualan bukan?

Itulah mudahnya menjadi dropshipper untuk menghasilkan uang dari HP tanpa modal sama sekali.

Platform dropship terpercaya dan terlengkap yang bisa jadi rekomendasi kamu untuk berjualan online adalah dropshipaja.com.

Di platform ini kamu bisa jualan sambil diajarin sampai jago lho, karena fasilitas tim pengembangannya super komplit, kamu tinggal gunakan saja tanpa harus bayar apapun lagi.

2. Jasa Titip Produk

Jasa Titip Produk 

Beberapa akun sosial media membuka jasa titip produk ini lho, karena keuntungannya yang lumayan.

Selain itu jika kamu senang bepergian ke luar kota maupun ke luar negeri, sistem jastip ini bisa kamu manfaatkan, karena banyak orang yang ingin membeli barang dari luar, tapi tidak bisa membelinya secara langsung.

Nah disini kamu hadir sebagai jasa titip produk.

Sistemnya, terlebih dahulu kamu harus informasikan kapan kamu akan berangkat ke luar kota maupun ke luar negeri. Setelah itu followers akan titip barang di kamu, jangan lupa untuk memasang tarif ongkos pembelian ya.

Tarif inilah yang jadi keuntungan untuk kamu, bisa tarif per pembeli atau tarif per item yang mereka inginkan.

3. Survey Berbayar

Survey Berbayar

Salah satu cara menghasilkan uang paling mudah cukup HP aja adalah dengan mengikuti survey berbayar.

Caranya mudah kamu tinggal mengisi survey yang ada, nantinya akan ada kompensasi untuk kamu bisa berupa uang atau semacam poin yang bisa dicairkan

Memang tidak bisa langsung menghasilkan penghasilan yang besar, namun jika ditekuni bisa menjadi besar.

4. Influencer atau Selebgram

Influencer atau Selebgram 

Jaman sekarang semua serba mengandalkan sosial media untuk bisa menghasilkan uang. Bahkan banyak orang ingin menjadi influencer karena keuntungan yang bisa mereka dapatkan.

Bahkan keuntungan penghasilannya bisa di angka yang fantastis lho.

Keuntungan tersebut memang benar adanya, mereka bisa mendapatkan jutaan rupiah dari sekali posting.

Bayangkan jika dalam sehari kamu bisa mendapatkan pekerjaan 5 saja, maka kamu bisa meraup keuntungan jutaan hingga puluhan juta.

Namun untuk menjadi influencer juga tidak mudah kamu perlu proses yang panjang. Jika kamu berminat, kamu bisa coba dengan konsisten posting konten – konten menarik dan aktif di sosial media.

Rekomendasi anda bisa baca Waktu Terbaik Posting Instagram Agar Banyak Like & Komentar.

Yang paling penting kamu punya pengikut yang menyukai setiap konten kamu, sehingga mengangkat brand akun kamu agar dilirik oleh perusahaan yang akan bekerja sama.

5. Jasa Admin Sosial Media

Jasa Admin Sosial Media

Masyarakat sekarang sudah pasti menggunakan sosial media dalam kehidupan sehari – hari.

Ingin tahu update informasi dari mulai berita, makanan, fashion hingga gosip pun dari sosial media.

Namun yang jadi masalah adalah tidak semua orang sanggup untuk mengurus sebuah akun sendirian.

Nah peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk menawarkan jasa sosial media, kamu bisa mengurus akun sosial media klien dari mulai posting hingga interaksi bersama pengikutnya, di kolom komentar maupun DM.

Jasa admin ini bisa dilakukan sendirian sebagai individu atau sebagai perusahaan yang menawarkan jasa.

Yang biasanya membutuhkan jasa admin sosial media adalah online shop, brand – brand fashion maupun skincare dan public figure.

Jika kamu seorang freelancer, kamu juga bisa melakukan jasa admin ini lho.

Dan jika dalam satu bulan kamu bisa menghandle beberapa project akun, maka penghasilannya akan jauh lebih banyak.

6. Kontributor Foto

Kontributor Foto

Kamu punya hobi dan skill fotografi? Pas banget kamu bisa jadi kontributor foto untuk mengirimkan hasil foto maupun video terbaik kamu ke situs penyedia foto.

Kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak untuk melakukan hal ini, cukup pakai HP saja, tapi pastikan gambar yang kamu ambil memiliki kualitas yang cukup baik dan padukan dengan skill mengambil gambar.

7. Jualan Online

memilih background untuk foto jualan

Sama halnya seperti dropship, kamu bisa membuka toko online sendiri, namun jika dropship mengambil dari supplier, kalau toko sendiri, kamu perlu menyediakan produk sendiri.

Kamu bisa mulai jualan dengan memanfaatkan platform marketplace, sosial media seperti Instagram dan Tiktok.

Namun, jika kamu belum punya produk sendiri, kamu bisa membeli barang dengan harga murah dan kemas menjadi lebih menarik dan tentukan harga jual yang lebih tinggi.

Dari situlah keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Bagusnya lagi jika kamu mau belajar cara jualan online agar laris manis, ada banyak platform yang menyediakan pelatihan gratis.

8. Aplikasi Penghasil Uang

Aplikasi Penghasil Uang

Selanjutnya, cara menghasilkan uang tanpa modal dari HP adalah dengan mengunduh aplikasi.

Biasanya, kamu harus menyelesaikan instruksi untuk bisa mendapatkan komisi. Jadi dengan mengunduh aplikasi tersebut kamu harus menyelesaikan misi yang diminta oleh aplikasi.

Instruksinya bermacam – macam, ada yang membaca artikel, berita, mengisi survei, men-download aplikasi dan menggunakannya, hingga menonton video.

Setelah semua perintah tersebut dilakukan nantinya kamu akan mendapatkan komisi dari sana.

9. Jasa Penulisan

Jasa Penulisan

Kamu senang menulis? Dan ingin tulisan yang dihasilkan bisa menghasilkan uang tambahan untuk kamu? Bisa banget

Kamu tinggal buka jasa penulisan konten, biasanya kontennya berupa tulisan, beberapa perusahaan saat ini masih terus membutuhkan jasa copywriting.

Menulis konten tidak perlu mengeluarkan modal, kamu bisa menulis menggunakan HP dan pakai kuota internet saja, namun akan lebih baik jika kamu menulis menggunakan laptop.

Agar konten kamu semakin bagus, kamu juga bisa mempelajari beberapa skill menulis konten agar skill kamu terupgrade.

Jika kamu ingin membuka jasa menulis, bisa memanfaatkan platform sosial media juga ya. Tinggal buat konten yang bisa menonjolkan ciri khas tulisanmu dan pasang tarif sesuai dengan jenis konten yang diminta.

10. Membuat Video/Menjadi Youtuber

Membuat Video/Menjadi Youtuber

Menjadi youtuber mungkin jadi cita – cita kebanyakan orang di era sekarang, karena potensi mendapatkan keuntungan yang fantastis sangat besar.

Apalagi jika subscriber dan views setiap video yang kamu upload mendapatkan banyak penonton. Maka tak heran penghasilan yang kamu dapatkan bisa sampai ratusan juta lho.

Seperti atta halilintar, ria ricis dan masih banyak youtuber terkenal lainnya.

Apabila kamu suka membuat video dan tampil di depan kamera, kamu bisa memulai dengan membuat vlog sendiri. Tapi pastikan konten yang kamu create adalah konten original dan menarik ya.

Dukung pembuatan video youtube kamu dengan kamera yang kualitasnya bagus, bisa mulai menggunakan HP dulu kok, setelah mendapatkan penghasilan dari youtube kamu bisa upgrade kamera ke lebih bagus lagi.

11. Bisnis Afiliasi

Bisnis Afiliasi 

Affiliate marketing adalah sistem bisnis yang sedang populer dikalangan masyarakat lho, karena bisnis satu ini adalah cara mudah menghasilkan uang lewat HP.

Sistemnya sederhana, kamu mendaftarkan diri menjadi affiliator di salah satu brand, lalu promosikan produk dari brand tersebut, jangan lupa sematkan link pembelian dengan kode referral khusus dari kamu, dan jika terjadi pembelian maka kamu akan mendapatkan komisi.

Semudah sematkan link di bio. Jika kamu perhatikan banyak lho akun – akun influencer yang melakukan hal tersebut.

Misalnya seorang influencer baby and mom, mereview produk atau baju bayi yang sedang tren di Instagram, karena kualitasnya bagus dan harganya terjangkau. Lalu di akhir video, si influencer akan bilang klik link bio no 9 ya untuk pemesanan.

Nah jika kamu mengklik dan melakukan pembelian, maka si influencer mendapatkan komisi dari brand yang menjual produk yang dipromosikan.

Mudah bukan? Modalnya cukup HP saja tanpa modal yang besar.

Jika kamu tertarik, ada banyak brand yang membuka bisnis afiliasi, seperti Shopee affiliate, tiktok affiliate dan lain sebagainya.

Baca juga : Tipe Kemitraan Shopee Affiliate, Arti & Penjelasannya

12. Mengikuti Kuis dan Giveaway

Kuis dan Giveaway

Cara menghasilkan uang berikutnya adalah mengikuti kuis atau giveaway dari suatu brand. Memang jika cara satu ini berdasarkan keberuntungan, tapi tidak salah jika dicoba.

Kamu hanya perlu hp dan jaringan yang cukup kencang untuk berburu giveaway, karena sistemnya yang cepat.

Aktiflah menjawab kuis dan meninggalkan komen di kolom komentar, semakin banyak kamu berinteraksi maka semakin besar pula kamu mendapatkan hadiahnya.

13. Menjadi Blogger

Blogger

Dulu blogger adalah platform review terbaik, jika satu produk masuk ke dalam blog maka produk tersebut memiliki daya tarik lebih dan masyarakat menjadi percaya dengan produk tersebut.

Sekarang blog masih memiliki fungsi yang sama, kamu bisa memanfaatkan blog untuk menerima endorsement review produk. Tinggal tulis konten reviewnya, post dan dapatkan komisinya.

Selain itu kamu juga bisa membuat blog sendiri, dan jika ingin menghasilkan maka kamu harus pasang iklan.

Kamu bisa coba daftar ke Google Adsense agar muncul iklan di blog dan mendapatkan dollar dari sana. Selain dari adsense, kamu juga bisa menerima jasa blog placement, dan sponsorship.

14. Host Live Streaming

Live Streaming 

Kamu pernah menonton live streaming? Baik di Instagram, tiktok maupun facebook, bahkan ada juga lho di Youtube.

Cara menghasilkan uang selanjutnya adalah dengan menjadi host live streaming, kamu bisa tampil ceria dan semangat untuk mempromosikan produk dari brand yang menyewa jasa kamu.

Jika kamu percaya diri tampil dan berbicara di depan kamera, cara satu ini wajib kamu coba. Bahkan karena adanya fitur tiktok live, permintaan untuk jadi host live streaming semakin meningkat lho.

Jika kamu ingin seperti mereka?

Selain percaya diri depan kamera, kemampuan berkomunikasi juga diperlukan, dan kamu dituntut untuk memiliki keahlian menggunakan sosial media juga lho. Jadi pastikan akun sosial media kamu menarik.

Dari live streaming kamu bisa mengantongi keuntungan 500rb hingga jutaan dalam sehari, dan kamu bisa mendapatkannya tanpa modal sepeserpun lho.

15. Menjadi tutor online

Menjadi tutor online

Imbas pandemi membuat segala sesuatu menjadi serba online. Bahkan kegiatan belajar mengajar pun menjadi online, bahkan sekarang digemari dan ada juga lho platform yang menyediakan kegiatan belajar mengajar untuk anak sekolah secara online.

Jasa menjadi tutor online menjadi peluang yang sangat bagus untuk menghasilkan uang dari HP, kamu bisa menawarkan jasa les privat untuk anak SD, SMP, atau SMA. kamu bisa ikut agensi atau menawarkannya ke kerabat atau teman yang memiliki adik yang membutuhkan bantuanmu.

Keuntungan lain dari jasa ini adalah kamu bisa menentukan harga sendiri, jika kamu tidak ikut dengan agensi tertentu. Harga yang kamu tentukan adalah hasil dari pertimbangan berapa banyak murid yang ikut les dan berapa lama les tersebut dilakukan.

16. Undang Teman Daftar Aplikasi

Kamu pasti tidak asing lagi dengan kode referral bukan? Kode ini biasanya diberikan dari pengguna ke pengguna lainnya saat mendaftar sebuah aplikasi.

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan adalah jika teman kamu berhasil daftar aplikasi tersebut, maka kamu akan mendapatkan fee, bahkan teman kamu juga bisa mendapatkan fee, tergantung kebijakan dari aplikasi yang kamu unduh.

Jadi, semakin banyak teman yang kamu undang, semakin banyak juga uang yang bisa kamu hasilkan.

17. Menjual Akun Media Sosial

Karena sosial media sangat dibutuhkan untuk proses bisnis, saat ini masih banyak lho yang mencari akun sosial media untuk dibeli.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan seperti banyaknya followers, karena hal tersebut yang dicari oleh brand atau perusahaan.

Nah jika kamu ingin memanfaatkan cara ini, yang pertama kali harus kamu lakukan adalah mengelola banyak akun terlebih dahulu, setelah itu optimasi akun tersebut dengan beberapa cara seperti :

  1. Membuat konten yang menarik
  2. Follow public figure
  3. Dan tingkatkan followers

Setelah followers dan konten banyak, Kamu bisa mulai menawarkan akun tersebut untuk dijual, orang yang membeli hanya perlu mengganti username dan kontennya saja.

Semakin tinggi followers yang kamu punya, maka semakin tinggi pula harga jualnya.

18. Membuat Cerita Novel

Cerita Novel

Kamu senang menulis cerita novel? Pas banget jasa satu ini bisa jadi pilihan alternatif untuk menghasilkan uang modal HP saja lho.

Novel itu penikmatnya banyak, di toko buku besar masih banyak novel yang diperjualbelikan.

Kamu bisa mulai menulis novel di aplikasi wattpad setelah itu pastikan kamu banyak pembaca ya, dengan begitu potensi dilirik oleh penerbit semakin besar.

Jika nantinya cerita yang kamu tulis bisa lolos penerbitan, maka keuntungan yang kamu dapatkan bisa sangat besar lho.

Ada juga cara kedua, jika kamu sudah konsisten menulis dan banyak pembaca yang menunggu cerita kamu rilis, kamu bisa memanfaatkan momen ini dengan jualan ebook cerita atau ebook novel.

Cerita yang kamu tulis dijadikan ebook dan dijual ke pembaca setia kamu.

Nah itu beberapa cara menghasilkan uang tanpa modal dari HP saja, di jaman serba online asal niat dan mau usaha yang keras, menghasilkan uang dengan cara – cara seperti ini layak untuk dicoba.

Tapi pastikan kamu tidak melakukan hal – hal yang aneh dan merugikan klien yang bekerjasama dengan kamu.

Selamat mencoba

(Visited 52 times, 1 visits today)
Close