Written by 9:01 am Bisnis Online, Marketing

5 Tipe Kemitraan Shopee Affiliate, Arti & Penjelasannya

Program shopee affiliate memang sedang digandrungi oleh masyarakat, banyak kalangan dari remaja hingga dewasa bergabung dengan program ini. Ternyata untuk bergabung, ada beberapa pilihan tipe kemitraan shopee affiliatenya juga lho.

Sebelumnya, tahukah kamu shopee affiliate adalah program dari aplikasi marketplace terbesar di Indonesia, yang merupakan program yang dapat membantu kamu mendapatkan penghasilan hanya dengan mempromosikan produk shopee di sosial media pribadi kamu.

Setelah daftar menjadi shopee affiliate kamu akan mendapatkan link produk yang harus kamu promosikan, dari situlah kamu akan mendapatkan komisi sebagai penghasilan kamu.

Dari penjelasan diatas, sebenarnya yang kamu butuhkan adalah akun sosial media untuk bisa mempromosikan produk shopee dan mendapatkan komisi. Terlihat mudah untuk dilakukan bukan?

Membuat konten, sebar link dan dapatkan komisinya.

Tapi, kembali lagi untuk bisa mengikuti program shopee affiliate, ada beberapa tipe kemitraan yang harus dipilih terlebih dahulu.

Nah di artikel berikut ini akan menjelaskan apa arti dari tipe kemitraan dan apa saja tipe – tipenya.

Apa Itu Tipe Kemitraan Shopee Affiliate?

Tipe kemitraan shopee affiliate adalah tipe sosial media mana yang kamu gunakan untuk mempromosikan produk shopee. Ada 5 tipe kemitraan yang bisa kamu pilih saat bergabung dengan shopee affiliate.

Menurut peraturan terbaru dari shopee, 5 tipe kemitraan tersebut adalah cashback atau kupon, perbandingan harga, network, brand/seller dan blogger/sosial media.

Biasanya 5 tipe kemitraan ini dapat dipilih saat kamu mendaftarkan program afiliasi di shopee. Jika kamu belum mengetahui apa saja syarat yang harus didapatkan

Dari ke 5 tipe kemitraan ini mana yang lebih baik? Cari tahu terus di artikel berikut ini.

Sebelum masuk ke pembahasan 5 jenis kemitraan shopee affiliate program, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu, syarat dan ketentuan untuk bisa bergabung di program shopee affiliate.

syarat & ketentuan shopee affiliate program

Syarat dan ketentuannya adalah;

  • Kamu harus memiliki minimal 1 subscriber/follower/teman di sosial media seperti youtube, Instagram, Tiktok, Twitter atau Facebook
  • Khusus untuk menjadi Shopee Influencers, kamu harus memiliki minimal 2.000 Subscribers/Followers/Teman di YouTube, Instagram, TikTok, Twitter, atau Facebook
  • Akun media sosial kamu harus aktif, memiliki konten yang orisinal, dan terbuka untuk umum.
  • Akun media sosial kamu harus akun pribadi, bukan akun toko ataupun Penjual.
  • Akun media sosial tidak boleh mengandung unsur SARA (Suku, Agama, dan Ras), unsur pornografi, serta tidak bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia.
  • Produk yang bisa dipromosikan hanya produk Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+, dan Star.
  • Produk yang dilarang untuk dipromosikan adalah produk rokok, rokok elektrik, ganja, obat-obatan terlarang, produk dewasa, dan produk tidak original atau palsu.
  • Komisi akan dibayarkan paling cepat setiap 2 (dua) minggu sekali.
  • Shopee berhak untuk mengunggah ulang konten di sosial media dan aplikasi Shopee.

Itulah beberapa syarat dan ketentuan yang wajib kamu penuhi jika ingin mengikuti shopee affiliate.

5 Tipe Kemitraan Shopee Affiliate

tipe kemitraan shopee affiliate

Berikut ini adalah tipe – tipe kemitraan shopee affiliate yang bisa jadi referensi kamu untuk mengikuti program shopee affiliate;

1. Blog yang menyediakan situs cashback atau kupon

Tipe kemitraan shopee affiliate yang pertama adalah situs cashback atau kupon, biasanya diperuntukkan untuk affiliator dan affiliate marketer yang mempunyai blog dengan menyediakan cashback dan kupon belanja.

Banyak blog yang menyediakan situs cashback ini untuk menggaet para affiliator untuk bisa bergabung di program affiliate.

Sebut saja blog seperti shopback, cashback dan lain – lain.

Nah, jika kamu punya blog serupa atau sedang mengelola blog yang bisa dipakai dan dihubungkan dengan link shopee affiliate, tipe mitra satu ini bisa jadi pilihan.

Selain mengandalkan iklan di blog yang kamu kelola, kamu bisa daftar shopee affiliate ini untuk menambah penghasilan dengan komisi yang tinggi.

2. Komparasi atau Variasi Harga

Komparasi atau perbandingan harga adalah tipe kemitraan Shopee Affiliates yang kedua, dimana tipe mitra satu ini lebih berfokus pada pemilik, pengguna blog maupun akun sosial media dengan niche tertentu.

Misalnya, kamu adalah pemilik akun yang nichenya adalah mom and baby, kamu biasa membuat konten seputar mom and baby, atau mereview barang – barang yang bisa direkomendasikan untuk ibu dan anak.

Nah dari konten yang sudah dibuat, kamu bisa menyematkan link affiliate agar dapat komisi nantinya.

Selain blog dan feed akun sosial media, kamu juga bisa memanfaatkan Facebook Reels, Instagram Reels, dan YouTube.

3. Network atau komunitas

Berikutnya ada tipe kemitraan Network, sebuah program mitra Shopee affiliate yang menyasar orang – orang yang mempunyai komunitas, grup, kumpulan, organisasi, jaringan, dan kelompok tertentu dan berkaitan erat dengan penggunaan suatu produk.

Tapi jaringan yang disasar adalah kelompok – kelompok yang positif dan punya pengaruh yang baik.

Biasanya dengan adanya jaringan ini, performa yang diperoleh akan lebih banyak, kamu juga bisa memperoleh data traffic yang lebih jelas dari penyebaran link shopee affiliate.

Dalam komunitas ini harus ada panitia atau pemimpin yang bisa membuat anggota dalam komunitas mendapatkan komisi dari shopee affiliate. Pemimpin yang baik akan menciptakan komunitas yang solid.

Apalagi jika anggota yang tergabung dalam komunitas adalah orang – orang yang punya kreativitas tinggi, pasti komunitas akan sangat baik dari segi koordinasi hingga proses affiliasinya.

Misalnya seperti ini, kamu punya komunitas ibu – ibu arisan di aplikasi telegram, nah di grup ini kamu bisa membagikan link pelatihan atau kelas shopee affiliate, sehingga para member dapat tertarik untuk mengikutinya.

4. Blogger/Media Sosial

Tipe kemitraan selanjutnya dari program Shopee Affiliates adalah Blogger atau Media Sosial, tipe satu ini lebih memfokuskan pada program afiliasi jenis individual yang sering menjalankan blog dan aktif di media sosial.

Cara kerjanya juga mudah, kamu cukup menerbitkan sebuah artikel, punya banyak pengikut di blog, maka kamu bisa ikutan program shopee affiliate ini

Tidak hanya blogger, affiliate marketer yang memiliki akun media sosial yang aktif dan terbiasa membuat konten – konten menarik di Instagram, facebook maupun youtube, dan bisa atau sering masuk halaman For Your Page di tiktok, bisa banget ikut tipe kemitraan satu ini.

Untuk kamu yang tertarik menjadi tipe mitra blogger atau sosial media, tips satu ini bisa kamu praktekkan untuk mendapatkan view yang banyak dan tentunya memperbanyak klik link produk hasil afiliasi.

Tipsnya adalah;

  • Bikin copywriting caption yang bikin orang penasaran, pakai gimmick tidak masalah yang penting informasinya benar, dan NO HOAX.
  • Share atau bagikan link url blog ke akun media sosial kamu
  • Sering posting konten menarik secara terjadwal di Instagram maupun Tiktok
  • Pastikan konten kamu original dan gak comot milik orang lain. Karena akun sosial media yang memberikan konten menarik dan original mampu memberikan ciri khas yang akan menempel di kalangan audience.
  • Pastikan kamu selalu upload di jam – jam prime time, jam ketika audience sedang ramai dan berselancar di sosial media, bisa pada jam saat orang sedang istirahat atau saat sedang jalan pulang ke rumah.

untuk bisa berhasil pakai tipe mitra ini, kamu memang harus aktif di akun sosial media dan punya banyak pengikut, biasanya pengikut akan tertarik untuk memiliki barang yang sama dengan kamu.

5. Brand/Seller

Brand atau penjual star seller bisa mendaftarkan toko onlinenya untuk bisa mengikuti program afiliasi lho, jadi kamu sebagai penjual bisa naikin penjualan lewat program shopee affiliate ini.

Caranya pun sama, sebarkan link produk dan setiap ada orang yang mengklik tautannya, maka akan menjadi penghasilan tambahan bagi seller atau pemilik brand.

Tapi ada syaratnya, penjual atau pemilik brand hanya dapat membagikan link dari produk yang dijualnya sendiri.

Jadi jika kamu ikut program tipe ini dan sebagai pemilik brand, jangan pernah menautkan link pakai produk orang lain, karena kamu akan melanggar aturan dari shopee, dan tentu saja komisinya akan dianggap tidak sah.

Nah itulah beberapa tipe kemitraan shopee affiliate yang bisa jadi referensi kamu ketika bergabung di program shopee affiliate.

Pastikan kamu membaca syarat dan ketentuannya agar tidak berdampak buruk kedepannya.

Menjadi affiliator di program shopee affiliate memang dapat menambah penghasilan, apalagi jika kamu bisa mendapatkan banyak komisi dari beberapa penjualan melalui link yang kamu sebar.

Selamat mencoba ya!

(Visited 80 times, 1 visits today)
Close