Written by 6:40 pm Sosial Media

28 Ide Posting Instagram & Tema Feeds Instagram Menarik

Ide Postingan Instagram Menarik

Ide posting Instagram adalah hal paling penting yang wajib kamu ketahui jika ingin pengunjung profil kamu ramai.

Seperti yang kita ketahui, Instagram adalah tempat dimana 70% pembeli datang untuk menemukan produk yang mereka butuhkan.

Sebagian besar pelanggan potensial akan mendarat dan mengunjungi profile akun Instagram Kamu.

Oleh karena itu, kamu harus mempercantik postingan Instagram agar bisa menarik pelanggan untuk berselancar di akun Instagram kamu, dan memutuskan untuk membeli produk yang kamu jual.

Dalam artikel ini ada beberapa ide postingan Instagram yang bisa membuat akun kamu ramai pengunjung.

Simak artikel ini sampai selesai ya.

Sebelum masuk ke ide posting instagram, ketahui terlebih dahulu apa itu Instagram Feed.

Apa Itu Instagram Feed?

Apa Itu Instagram Feed

source : dribbble.com

Feeds Instagram biasanya mewakili kumpulan foto dan/atau video yang dapat Kamu lihat saat mengunjungi akun Instagram seseorang.

Tapi untuk bisa menarik perhatian pengunjung, kamu perlu memikirkan bagaimana sebuah postingan Instagram terlihat estetis.

Instagram adalah salah satu jaringan media sosial terbesar di dunia. Dengan lebih dari 500 juta pengguna harian, satu miliar pengguna bulanan, dan lebih dari 25 juta akun bisnis, dapat dikatakan bahwa Kamu dapat menjangkau banyak orang dengan aktif di platform ini.

Namun, sebelum Kamu menjangkau orang-orang itu, Kamu perlu memikirkan seperti apa profil Kamu nantinya.

Baca juga : Waktu Terbaik Posting Instagram Agar Banyak Like & Komentar

30 Ide Postingan Instagram Menarik

Ide Postingan Instagram Menarik 1

source : starngage.com

1. Ceritakan Tentang Kamu/Bagaimana Kamu Memulai

Untuk postingan yang sifatnya brand awareness, kamu bisa membagikan cerita sukses atau perkenalkan dirimu di dalam Instagram. Biasanya konten ini bisa meningkatkan personal branding dan tentunya membangun komunikasi positif dengan followers. Semakin pengikut kenal dengan kamu atau produk yang kamu jual, maka tingkat kepercayaan pun akan tumbuh dengan sendirinya.

Perjalanan menceritakan kamu sebelum sukses hingga seperti sekarang bisa menarik perhatian pengguna, apalagi jika pengikut kamu merasa ada keterikatan dengan kehidupan yang mereka jalani.

2. Upload Proses Pembuatan

Jika kamu memiliki produk sendiri, kamu bisa lho berbagi bagaimana proses pembuatan atau pengiriman produk. Kalau kamu perhatikan beberapa online shop atau public figure yang memang berjualan, selalu membuat konten seperti ini, yang tujuannya adalah membuat pengikut mengetahui bagaimana suatu produk dibuat, dan meningkatkan kepercayaan pelanggan kamu nantinya.

3. Cerita Personal

Kamu juga bisa membagikan konten instagram seputar daily atau keseharian kamu lho, Misalnya kamu sedang merayakan hari spesial, bisa juga kamu ceritakan pengalamannya yang nantinya bisa kamu arahkan ke dalam membangun bisnis atau produk yang kamu jual.

4. Bagikan atau Buat Meme Lucu

Masyarakat Indonesia senang dengan konten – konten hiburan, jadi Konten lucu masih jadi favorit warga Instagram, ada banyak meme generator di internet yang bisa kamu pakai untuk membuat konten ini. Coba bagikan meme yang sedang viral di akun Instagram kamu agar menarik lebih banyak interaksi dengan followers.

5. Bagikan Quotes

Biasanya konten quotes banyak disukai oleh orang, apalagi jika isi dari quotes mewakili hati mereka.

Kamu bisa coba buat quotes yang relevan dengan produk kamu dan bagikan kepada followers, dan biasanya pengikut yang merasa terwakilkan oleh quotes akan secara sukarela meninggalkan komentar di postingan kamu dan memberikan likes tanpa diminta.

6. Buat Konten Ask Me Anything

Ask me anything atau konten sesi tanya jawab biasanya jadi konten yang paling ditunggu oleh pengikut setia. Kamu bisa membuka sesi tanya jawab dengan melemparkan pertanyaan kepada followers kamu.

Usahakan semua pertanyaan bisa relevan dengan bisnis dan akun kamu.

Interaksi yang tercipta dari konten ask me anything membuat followers bisa teredukasi dengan baik dan lebih mengenal produk yang kamu jual.

7. Buat Tutorial

Tutorial adalah salah satu ide konten instagram yang menarik yang wajib kamu bagikan di akun sosial media, hal ini karena terbukti bahwa konten tutorial mampu meningkatkan engagement dalam postingan.

Biasanya konten tutorial banyak mengundang komentar dan save di dalam post. Kamu bisa buat postingan instagram berupa tutorial menggunakan produk atau sejenis konten yang relate dengan produk yang kamu jual

8. Buat Polling Instagram

Kamu ingin mengetahui seberapa engage kamu dengan pengikut? Caranya mudah, kamu bisa coba iseng membuat konten polling di Instagram story maupub feed, berikan pertanyaan kecil kepada followers, seperti menanyakan apa warna favorit dari produk yang kamu jual.

Nantinya akan ada banyak pengikut yang memberikan pilihannya di polling tersebut.

9. Share Konten Viral

Konten viral biasanya gampang menarik perhatian pengikut. Untuk bisa tetap mengikuti tren kamu bisa coba membagikan konten foto maupun video yang viral di sosial media.

Bisa juga memberikan caption menarik yang bikin pengikut makin tertarik untuk ikut berkomentar.

Kamu bisa share konten yang bersifat hiburan maupun yang serius. Ingat, kalau membagikan konten harus relate dengan produk kamu ya, jadi tidak melenceng.

10. Rekomendasi Film Atau Buku Favorit

Biasanya beberapa akun bisa membagikan film atau buku yang bagus untuk bisa dibaca oleh pengikutnya.

Jika kamu membuat konten instagram yang kreatif berisi rekomendasi, pastikan rekomendasi yang kamu berikan berkaitan dengan bisnis kamu ya.

11. Buat Konten Giveaway

Cara membuat instagram kamu ramai berikutnya adalah membuat konten giveaway, kamu bisa rutin sekali atau 2 kali dalam sebulan untuk menambah followers dan interaksi di dalam akun Instagram kamu.

Tapi kamu harus perhitungkan juga ya, jangan sampai rugi karena terlalu banyak membagikan uang atau hadiah secara gratis dan pastikan giveaway kamu jiga tertarget.

12. Bagikan Tips and Trik Sehari Hari

Jika kamu memiliki lifehack atau tips dan trik sehari hari yang bisa dipraktekkan dengan mudah, wajib banget kamu coba membuat kontennya.

Atau kamu juga bisa create ulang kontennya dengan modifikasi dari akun sejenis seperti 5 minutes craft yang terkenal.

13. Seringlah Buat Live Streaming

Jika kamu ingin akun kamu ramai dikunjungi cara berikut ini bisa banget dicoba. Buatlah live sesering mungkin dan kamu buka sesi tanya jawab untuk mengenalkan produk kamu.

Tapi ingat jangan live keseringan jualan ya, sesekali buat konten live untuk sekedar sharing daily life atau diskusi singkat mengenai isu terkini.

14. Bagikan Postingan Blog

Jika kamu punya blog dan sering mengisi konten disana, kamu bisa mengenalkan blog dengan membuat konten yang mengarahkan ke blog kamu.

Tapi pastikan isi kontennya relevan dengan produk atau bisnis kamu ya.

Misalnya kamu membagikan postingan tentang bagaimana memesan produk di toko kamu, atau semacam panduan singkat mendapatkan produk kamu.

15. Buat Konten Testimoni

Untuk kamu yang sudah mengumpulkan testimoni dari pelanggan, bisa buat konten testimoni untuk menarik pelanggan baru, bahkan bisa juga membuat pelanggan lama melakukan repeat order, pastikan kamu selalu meminta feed back atau testimoni juga ya.

Namun konten testimoni jangan terlalu sering, nanti pengikut akan merasa bosan, kamu bisa selingin testimoni setiap 2 minggu sekali.

Tujuannya agar followers tidak jenuh dengan konten kamu.

16. Share Konten Lama Yang Punya Engagement Tinggi

Buat kamu yang bingung apalagi ya konten yang bisa dishare kepada pengikut, kamu bisa coba membagikan ulang konten lama. Tapi pilih konten dengan engagement tinggi ya.

Kamu bisa mengemasnya dengan visual yang berbeda.

17. Share Konten Video

Ide konten instagram satu ini biasanya membuat pengikut penasaran, yaitu video.

Nah kamu bisa membagikan video lucu, motivasi atau video inspirasional lainnya untuk menarik perhatian pengikut.

18. Buat FAQ Seputar Bisnis Kalian

Konten FAQ adalah konten yang terlihat sepele tapi ternyata punya peran penting lho.

Kamu bisa membuat konten seputar pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan.

Konten FAQ memudahkan kamu memahami pertanyaan umum yang sering membingungkan dan ini merupakan salah satu ide konten instagram bisnis.

19. Share Cerita Sukses Kamu

Untuk meningkatkan personal branding kamu bisa coba buat konten yang menceritakan perjalanan kamu untuk mencapai kesuksesan.

20. Postingan Terimakasih

Biasanya konten terimakasih ini ditujukan untuk pengumuman apabila produk yang kamu jual sudah sold out. Kamu bisa mengucapkan terimakasih untuk kepercayaannya memilih produk yang kamu jual.

21. Minta Pendapat Kepada Followers

Kamu bisa menanyakan kepada followers produk mana yang paling mereka sukai. Konten ini juga bisa jadi ajang kamu menerima kritik dan saran yang membangun untuk evaluasi produk.

22. Posting Produk Jualan Kalian

Konten ini harus ada dalam akun sosial media kamu, tapi ingat jangan terlalu sering karena followers akan jenuh dan kabur dari akun sosial media kamu.

23. Update Bisnis Kamu

Kamu bisa pakai konten ini untuk memberitahukan update bisnis kamu, bisa memberitahukan jika ada produk baru atau varian baru dari produk yanh sudah ada

24. Share Tokoh Motivasimu

Kamu bisa membagikan kisah tentang sosok yabg memotivasi kamu untuk bisa sukses. Biasanya konten tersebut bisa memotivasi pengikut kamu juga lho.

25. Sharing aplikasi favorit

Jika kamu punya aplikasi favorit yang sering dipakai, kamu bisa sharing aplikasi tersebut agar pengikutmu juga menggunakannya.

Misalnya kamu seorang content creator dan membagikan aplikasi content planner yang gratis dan mudah digunakan.

26. Sharing Fakta Bahan Baku Produk Yang Kamu Jual

Misalnya kamu menjual produk air minum kemasan, nah kamu bisa sharing tentang fakta botol kemasan yang eco friendly sehingga pengikut kamu mengetahuinya, dan tahu fakta atau alasan dibalik pemakaian bahan tersebut agar mudah didaur ulang.

27. Spoiler Project Berikutnya

Konten ini bisa jadi ajang kamu memperkenalkan produk baru sehingga pengikut mengetahui rencana kamu berikutnya.

28. Konten Perayaan Hari Hari Besar

Di Indonesia ada banyak hari besar nasional, kamu bisa membuat konten untuk mengucapkan dan ikut merayakan dalam sebuah konten. Misalnya hari kemerdekaan, ibadah puasa dan sebagainya.

Ide posting instagram tersebut bisa kamu kombinasikan dengan visual yang menarik, sehingga pesannya sampai tampilannya menarik pula.

Selain ide posting instagram, ada beberapa tema Instagram yang bisa kamu aplikasikan dalam membuat konten, agar feed akun Instagram kamu lebih terlihat menarik dan eye catching.

Rekomendasi Tema Feeds Instagram

Rekomendasi Tema Feeds Instagram

Tema feed Instagram juga punya peran penting untuk meningkatkan jumlah followers serta bisa menjadi personal branding usaha online kamu. Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk memperhatikan feed Instagram biar bisnis kamu tampak profesional.

Baca juga : 7 Inspirasi Konten Instagram Agar Reels FYP, Terbukti Ampuh !

1. Tema Antik

Tema Instagram vintage cukup mudah diterapkan. Terapkan filter yang sama pada semua gambar yang Kamu unggah untuk mendapatkan keseluruhan tema vintage.

Filter ini berfungsi paling baik jika Kamu juga memiliki gaya vintage pribadi atau mempromosikan produk dengan aura vintage.

2. Tema Minimalis

Kamu tidak perlu menjadi minimalis untuk memanfaatkan tema ini dengan baik.

Ciri utama dari gaya ini adalah ruang putih yang menyoroti detail tertentu dan memungkinkan Kamu untuk benar-benar memperhatikannya.

3. Tema gelap

Jika Kamu sedang mencari ide tema Instagram yang memberikan nuansa misteri pada feed Kamu, tema gelap adalah pilihan yang tepat. Sangat mudah untuk membuat tema Instagram yang gelap karena platform tersebut memiliki filter yang tepat untuk itu.

4. Tema Putih dan Terang

Jika ada tema gelap, ada juga kebalikannya, estetika putih dan cerah untuk umpan Instagram Kamu. Ini berarti elemen dari gambar Kamu memiliki warna terang dan mungkin filter yang membuatnya lebih bercahaya.

5. Tema Hitam Putih

Gaya ini biasanya paling cocok untuk akun Instagram yang menampilkan gambar potret dan arsitektur, karena dapat menampilkan detail penting melalui estetika hitam putih. Ini klasik, dan Kamu tidak akan menyesal menggunakan tema ini.

Namun tema ini kurang cocok di aplikasikan untuk produk, karena biasanya produk lebih banyak memainkan warna terang.

6. Tema Ilustrasi

Kamu selalu bisa bersenang-senang dengan ilustrasi dan juga menggunakan produk Kamu dalam prosesnya. Ini merupakan peluang bagus bagi Kamu untuk menonjol dari pesaing Kamu atau menggunakannya sebagai strategi untuk mengiklankan produk Instagram yang mungkin tampak kurang menarik.

Misalnya, Kamu memiliki bisnis kecil yang hanya menjual satu jenis cangkir merah, dan Kamu tidak dapat memotret cangkir itu saja setiap hari. Jadi mengapa tidak memberikannya sebuah adegan dan menempatkannya dalam konteks yang berbeda?

Misal dengan kombinasi ilustrasi perempuan cantik memegang cangkir merah.

7. Tema Antara Hitam atau Putih

Dengan tema Instagram border hitam, profil Kamu akan terlihat rapi dan teratur. Perbatasan dapat bervariasi dari garis hitam tipis dengan aspek yang mengkilap hingga yang tebal.

8. Tema Flatlay

Flatlay adalah salah satu tema Instagram terbaik di luar sana.

Merupakan pilihan yang sangat baik untuk memamerkan berbagai produk yang bekerja sama dengan baik sebagai ansambel atau hanya untuk membantu pengikut Kamu melihat produk dari perspektif yang berbeda.

9. Tema Kotak Teka-Teki

Tema ini memerlukan sedikit pemikiran strategis sebelum memposting foto, tetapi ini mungkin salah satu ide konten Instagram terbaik dan menarik di luar sana.

Ini berfungsi paling baik saat Kamu perlu membuat spanduk untuk pengumuman atau meluncurkan campaign besar.

Rangkaian gambar dapat dihubungkan melalui tema atau bahkan melalui latar belakang.

10. Tema Kutipan

Jadi, jika Kamu seorang pebisnsi yang ingin menginspirasi pengikutnya atau akun Instagram bisnis yang ingin berbagi info tentang industrinya, tema ini memungkinkan Kamu menampilkan ide dan mendekatkan orang yang membagikannya juga.

11. Tema Garis vertikal

Tema ini adalah salah satu ide tata letak Instagram paling populer. Posting foto Kamu secara strategis untuk membuat garis putih vertikal di tengah atau pilih warna yang berbeda, tetapi yang membedakan dari gambar lainnya untuk menciptakan kesan pemisahan antara garis kiri dan kanan dari feed.

Kamu juga dapat menambahkan kutipan pada latar belakang warna sederhana.

12. Tema Blok Warna

Warna selalu merupakan alat yang ampuh untuk digunakan jika Kamu ingin profil Kamu diingat. Menggunakan tema warna Instagram dapat dengan mudah membuat profil Kamu menonjol.

Saat Kamu mulai mengambil gambar dengan latar belakang dan objek yang sangat berwarna, mereka akan menumpuk di profil Kamu dan memberi pengikut Kamu percikan warna yang tepat. Ini menyenangkan dan kreatif

13. Tema Pastel

Saat Kamu ingin memiliki tema warna Instagram, tetapi Kamu bukan tipe orang yang menyukai warna intens dan cerah, warna pastel adalah pilihan yang bagus.

Warna yang paling cocok untuk jenis filter ini adalah merah muda, ungu, hijau zaitun, dan biru muda.

Feeds Instagram Kamu akan terlihat menawan.

14. Tema dengan Koordinasi Warna

Ini adalah salah satu ide tema Instagram yang paling menarik. Untuk mengkoordinasikan warna profil Instagram Kamu, pilih dua atau tiga warna, dan gunakan di setiap gambar.

Nah itulah beberapa ide posting instagram dan juga tema instagram yang bisa kamu gunakan untuk menarik perhatian pengunjung akun mu.

Selamat mencoba ya.

(Visited 71 times, 1 visits today)
Close