Written by 3:56 am Bisnis Online

11 Contoh Pekerjaan Di Bidang Jasa Yang Menghasilkan Uang

11 Contoh Pekerjaan Di Bidang Jasa Yang Menghasilkan Uang

Mendapatkan penghasilan tambahan di era sekarang bisa dilakukan dengan menyediakan jasa secara online. Pekerjaan di bidang jasa biasanya tidak berbentuk produk fisik, namun lebih kepada jasa atau layanan yang bisa dipakai oleh konsumen.

Pekerjaan di bidang jasa ini biasanya dilakukan secara online bahkan kamu bisa melakukannya tanpa modal sama sekali, ibaratnya cukup dengan punya skill saja kamu bisa menjual pekerjaan di bidang jasa.

Selain skill, kamu harus punya gawai seperti HP, Laptop dan kuota internet saja dan pengalaman meski belum terlalu berpengalaman. Pekerjaan di bidang jasa ini bisa jadi pilihan tepat untuk kamu menghasilkan pendapatan tambahan secara online, dan bisa dikerjakan di rumah saja.

Oleh karena itu, pekerjaan di bidang jasa ini sangat diminati di era digital, dan bisa dilakukan oleh siapapun, seperti ibu rumah tangga, karyawan, mahasiswa maupun pelajar.

Jika kamu perlu rekomendasi contoh apa saja sih di pekerjaan di bidang jasa yang bisa dilakukan? Simak artikel ini untuk tahu contoh pekerjaan di bidang jasanya.

11 Jenis Dan Contoh Pekerjaan Di Bidang Jasa

Beberapa jenis dan contoh pekerjaan di bidang jasa yang bisa kamu lakukan secara online dan di rumah saja, yaitu;

  • Desain Grafis

Jika kamu punya skill gambar atau desain di beberapa software desain, kamu bisa membuka jasa desain grafis. Pekerjaan di bidang jasa desain grafis ini cukup dibutuhkan di era digital karena sekarang banyak digunakan untuk website maupun sosial media. Selain itu desain grafis juga merupakan pekerjaan dibidang jasa yang cukup menjanjikan dari segi penghasilan. Misalnya kamu menjual jasa membuat logo toko atau logo brand, biasanya harga dari jasa tersebut bisa dimulai dari 300ribu hingga puluhan juta rupiah.

  • Freelancer Penulis

Contoh pekerjaan yang bergerak dibidang jasa adalah freelancer penulis, Kamu bisa membuka jasa menulis ini untuk beberapa kebutuhan, dari mulai menjadi content writer untuk mengisi tulisan di website, atau copywriter untuk kebutuhan jualan dari suatu bisnis.

Biasanya freelancer penulis ini sangat dibutuhkan di era digital, karena beberapa perusahaan membutuhkan penulis untuk membantu proses penjualan lebih meningkat ataupun dari segi brand awareness dari perusahaan.

Nah untuk penghasilannya bisa sangat menjanjikan mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah dalam sekali project.

  • Admin media sosial

Contoh pekerjaan di bidang jasa lainnya adalah admin sosial media, terutama jika kamu bisa mengelola sosial media baik tiktok maupun instagram.

Dalam menjadi admin sosial media, kamu harus punya skill merangkai kata untuk membuat caption dan time keeper untuk menjadwalkan postingan yang dibutuhkan akun sosial medianya. Selain itu, admin sosial media juga perlu skill komunikasi yang baik agar bisa menjaga dan mempertahankan pelanggan di akun sosial medianya.

  • Jasa Translator

Jika kamu punya kemampuan bahasa asing, baik bahasa inggris, mandarin, korea maupun bahasa asing lainnya, bisa untuk membuka jasa translator. Banyak perusahaan asing yang ada di Indonesia biasanya membutuhkan translator untuk bisa memperluas bisnisnya di Indonesia. Selain itu jasa translator juga bisa dibutuhkan untuk penerjemahan legal, atau film – film luar negeri.

  • Joki game online

Joki game online bisa menghasilkan uang secara online sebagai pekerjaan di bidang jasa. Namun kamu perlu skill untuk bisa menjadi joki game online. Dan bayaran untuk menjadi joki game online itu bisa menghasilkan, bahkan pekerjaan di bidang jasa ini bisa menghasilkan pendapatan yang fantastis. Semakin tinggi rank yang ada di game, maka semakin besar pula bayaran yang kamu dapatkan.

  • Jasa Tutor atau Kursus Online

Pekerjaan yang bergerak di bidang jasa yang bisa kamu lakukan jika kamu punya skill mengajar dan mempunyai pengetahuan yang luas, bisa coba menjadi tutor online. Apalagi setelah pandemi masih banyak sekolah – sekolah dan kursus online yang banyak diminati.

Jasa tutor atau kursus online bisa dilakukan baik secara individu maupun secara tim. Biasanya jasa tutor ini menggunakan aplikasi atau platform conference call seperti zoom atau google meet.

  • Jasa titip (jastip)

Jasa titip ini bisa menjadi contoh pekerjaan di bidang jasa yang  bisa dilakukan meski tanpa modal, kamu bisa pakai sistem dropshipping, dimana mereka menitip barang ke kamu, lalu kamu mendapatkan komisi dari pembelian barang tersebut.

Jasa titip ini bisa dilakukan untuk berbagai jenis barang dari mulai makanan hingga merchandise, fashion dan lain – lain. Biasanya jasa titip ini mengambil barang di luar negeri atau di kota – kota yang sulit dijangkau.

  • Jasa Cleaning Service Rumah

Jasa cleaning service adalah contoh pekerjaan di bidang jasa yang sudah banyak digeluti oleh banyak orang, walaupun bukan pekerjaan yang baru, namun peminatnya masih banyak lho. Biasanya pekerjaan di bidang jasa cleaning service ini sering dibutuhkan di kota – kota besar, dimana banyak pemilik rumah yang sibuk bekerja hingga membutuhkan jasa ini untuk membersihkan rumahnya.

Untuk kisaran harganya pun variatif tapi ketika ditekuni bisa menghasilkan pendapatan yang lumayan. Modalnya kamu bisa menggunakan alat – alat rumah tangga di rumah kamu, dan untuk menjangkau lebih banyak konsumen, kamu bisa mengaktifkan website atau sosial media untuk mempromosikan jasa cleaning service.

  • Content Creator

Contoh pekerjaan di bidang jasa selanjutnya adalah content creator, jasa ini bisa dibilang menguntungkan dari dua sisi, kamu bisa menjadi content creator untuk diri kamu sendiri dan mendapatkan penghasilan, di sisi lain kamu bisa membuka jasa content creator untuk membantu klien membuat konten di akun sosial media mereka.

Untuk melakukan jasa ini kamu tinggal mempromosikan jasa di akun sosial media kamu, jangan lupa tambahkan portofolio agar klien lebih yakin memakai jasa kamu. Selain itu, pekerjaan di bidang jasa content creator ini fleksibel yang bisa dilakukan dimana saja, kapan saja bahkan modalnya cuma pakai kuota internet.

  • Programmer

Pekerjaan di bidang jasa berikutnya adalah programmer, dimana kamu bisa membuka jasa untuk membuat sebuah sistem yang memerlukan bahasa pemograman. Programmer biasanya direkrut untuk mengerjakan project tertenu, dan enaknya lagi, kamu bisa bekerja remote working, bisa WFH or WFA.

Selain itu, menjadi programmer juga dibilang pekerjaan di bidang jasa yang mempunyai potensi pendapatan cukup menjanjikan lho, apalagi jika kamu mempunyai skill yang mumpuni dan mempunyai pengalaman. Semakin baik skill kamu maka semakin besar juga angka pendapatan yang bisa kamu dapatkan.

  • Digital Marketer

Digital marketer adalah salah satu pekerjaan di bidang jasa yang sedang marak di cari oleh perusahaan, baik perusahaan yang sedang merintis maupun perusahaan besar.

Profesi ini memang dibutuhkan untuk bisa membuat strategi marketing dari perusahaan dengan tujuan meningkatkan potensi brand awareness maupun profit dari perusahaan tersebut.

Menjadi seorang digital marketer juga fleksibel, kamu bisa melakukannya di rumah saja tanpa harus ngantor. Semakin tinggi skill yang kamu lakukan, maka semakin besar juga potensi kamu dibutuhkan serta penghasilan yang besar pula.

Nah itulah beberapa pekerjaan di bidang jasa yang bisa kamu lakukan di rumah dengan modal skill dan internet saja.

Semoga membantu kamu dalam mencari pekerjaan di bidang jasa ya.

(Visited 212 times, 1 visits today)
Close