Written by 3:34 am Bisnis Online, Tips & Trik

9 Cara Mengatur Keuangan Bisnis Online Untuk Pemula

mengelola keuangan bisnis online

Bagi pebisnis online, keluar masuk keuangan adalah hal yang penting untuk diketahui. Tapi sayangnya walaupun bisnis sudah berjalan, banyak yang belum tahu cara mengatur keuangan bisnis online, khususnya bagi pemula.

Sebelum mengetahui caranya seperti apa, alangkah lebih baik jika pebisnis khususnya pada bisnis online mengetahui pentingnya mengelola keuangan agar bisnis tetap berjalan.

Pentingnya Mengelola & Mengatur Keuangan Bisnis Online

mengelola keuangan bisnis online 1

Jika kamu adalah seorang pebisnis, maka mengatur keuangan adalah hal yang penting.

Secara tidak langsung, kamu bisa mengetahui keadaan bisnismu apakah sedang mengalami peningkatan atau kerugian karna sepi pembeli.

Selain itu, mengatur keuangan juga dapat menjaga arus kas bisnis agar tertata rapi sesuai dengan biaya yang ditentukan.

Keluar masuknya uang kas perusahaan harus terus dimonitor karena berkaitan erat dengan pemasukan dan pengeluaran.

Di dalam uang kas juga terdapat modal atau biaya yang harus dikeluarkan ketika melakukan produksi atau operasinal bisnis.

Ada beberapa hal kenapa mengatur keuangan bisnis menjadi hal yang penting dan perlu dilakukan dengan teliti, yaitu :

Ketahui Besar Untung dan Rugi

Dengan adanya laporan keuangan Kamu terbantu dalam mengetahui untung dan rugi yang didapatkan oleh perusahaan atau bisnis kamu pada periode tertentu.

Bagi pemula mengatur laporan keuangan memang tidak mudah, ada banyak kesulitan karena ketidakpahaman tentang keuangan, tapi di era sekarang banyak aplikasi yang membantu pembukuan maupun laporan keuangan secara online yang bisa di cek kapanpun dan dimanapun.

Bahan Evaluasi Kinerja

Tahukah kamu dengan adanya laporan keuangan, maka kamu akan dengan mudah mengevaluasi mana kinerja yang bagus dari bisnis kamu, tidak hanya bisnis saja, kamu juga bisa mengevaluasi kinerja tim atau staff bisnis kamu secara bersamaan.

Dari mulai kekurangan hingga hal baik yang terjadi di bisnis kamu, bisa diketahui dengan adanya laporan keuangan. Misalnya jika kamu mengalami kerugian di produk tertentu, maka kamu akan dengan mudah mengevaluasi produk tersebut.

Sehingga untuk kedepannya operasional bisnis kamu bisa berubah menjadi lebih baik, dan kamu bisa mengatur keuangan lebih mudah lagi.

Baca juga : 8 Cara Bisnis Online Sukses, Pemula Juga Bisa Kok !

Jadi Bahan Analisis Pembuat Keputusan

Ternyata dengan adanya laporan keuangan, kamu bisa dengan mudah mengambil keputusan untuk keberlangsungan bisnis kamu.

Sebagai contoh, misalnya kamu melihat produk A jauh lebih perform dibandingkan produk B, maka dengan adanya data tersebut kamu bisa mengambil keputusan untuk menaikkan budget promosi produk A dibandingkan produk B.

Contoh tersebut bisa dilakukan dengan cepat dan akurat dari hasil analisis, karena pebisnis online bekerja dalam kecepatan online, maka waktu yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan pun tergolong cepat.

Buat Strategi Khusus Bisnis Online

Laporan keuangan ternyata benar – benar punya peran penting dalam sebuah bisnis. Dengan kamu mengatur keuangan maka strategi bisnis yang sedang kamu jalankan bisa dilihat kinerjanya lho.

Misalnya, kamu sedang menjalankan strategi bisnis dengan mengiklankan produk di Tiktok, dengan adanya laporan keuangan yang masuk, kamu bisa mengetahui seberapa berhasil strategi bisnis kamu.

Apakah hasilnya bagus maupun jelek, akan terlihat jelas di laporan keuangan.

Tidak hanya itu saja, laporan laba dan rugi, informasi seperti pelanggan yang loyal, kategori produk terbaik, hingga biaya operasional bisnis bisa tercatat dalam laporan keuangan

Nah itulah beberapa hal kenapa kamu harus mengatur keuangan bisnis apalagi kamu seorang pemula, kami merekomendasikan kamu untuk membaca Bagaimana Cara Menarik Pelanggan.

Jika masih bingung cara mengatur keuangan untuk pemula, kamu bisa terus simak artikel ini, karena disini akan dibongkar tips – tips penting untuk mengatur keuangan bisnis online.

Tips & Cara Mengatur Keuangan Bisnis Online

Tips mengatur keuangan bisnis online

Jika kamu ingin bisnis berjalan secara efektif dengan arus kas yang sehat, maka cara mengelola keuangan usaha satu ini wajib banget kamu ikutin tipsnya, jangan sampai nggak ya!

Apa aja sih tips mengatur keuangan bisnis online? simak dibawah ini yuk:

Memisahkan keuangan pribadi dan keuangan bisnis

Ini yang sering jadi masalah kebanyakan pebisnis, tidak memakai cara ini.

Padahal dengan memisahkan keuangan pribadi dan keuangan bisnis, maka sistem keuangannya akan terasa sehat, kamu bisa mengetahui kemana saja uang masuk dan keluar.

Nah, masalah berikutnya adalah sering memakai satu rekening yang sama untuk bisnis dan pribadi. Sehingga proses transaksinya pun tercampur, ketika kamu membuat laporan keuangan, hal tersebut hanya akan mempersulit dirimu sendiri.

Jadi itulah mengapa keuangan pribadi dan bisnis harus dipisahkan, dengan adanya pemisahan kamu bisa mengontrol dengan bijak pemasukan dan pengeluaran untuk bisnis.

Tidak ada lagi pengeluaran untuk bisnis tapi ngambil dari rekening pribadi, begitupun sebaliknya.

Jika tidak dipisahkan maka akan timbul hal yang tidak diinginkan, entah uangnya tiba – tiba hilang, tidak balace antara pengeluaran dan pemasukan.

Walaupun uangnya nanti tetap masuk ke rekening pribadi, alangkah lebih baik pengusaha atau pebisnis harus disiplin dalam mengelola dan mengatur keuangan ya.

Buat budgeting anggaran

buat budgeting untuk Mengatur Keuangan Bisnis Online

Kenapa anggaran penting bagi bisnis online? Karena dengan adanya budgeting anggaran kamu bisa fokus dalam menjalankan bisnis.

Bisnis tanpa planning akan berantakan, dan hanya membuat kamu capek sendiri. Dengan adanya rencana anggaran, kamu bisa menyesuaikan promosi – promosi atau strategi bisnis yang sedang dijalankan agar sesuai dengan biaya yang ditentukan di awal.

Tahukah kamu, seorang pengusaha yang bijak harus bisa merencanakan biaya berapa banyak pengeluaran operasional dan non operasional yang sudah diprediksi sehingga tidak akan mempengaruhi cash flow perusahaan. Jika tidak, maka bisnis tidak akan berjalan secara efektif.

Pencatatan Transaksi

Aktivitas transaksi adalah hal yang penting dan wajib untuk dicatat, karena berpengaruh pada jumlah uang yang keluar dan uang yang masuk.

Misalnya kamu mendapatkan orderan dari customer dalam sehari bisa 100 orderan, maka orderan tersebut harus dicatat, jika tidak kamu tidak memiliki data dan bisa jadi berimbas pada kurangnya pelayanan terhadap konsumen.

Dalam periode tertentu, kamu juga wajib mencatat semua pemasukan dan pengeluaran bisnis  dan dibuatkan dalam bentuk laporan bulanan untuk mempermudah kamu mengeceknya kapanpun dan dimanapun.

Saat ini banyak juga aplikasi pembukuan online yang bisa kamu gunakan, jika kamu tidak mempunyai staff keuangan. Tinggal pilih mana yang cocok dengan budget dan jenis usaha kamu ya.

Hitung Biaya Produksi

Perhitungan biaya produksi perlu dibuatkan catatannya, karena berpengaruh pada harga jual suatu produk. Misalnya kamu memiliki produk skincare, untuk biaya produksi konten kamu perlu mengeluarkan biaya iklan.

Nah biaya iklan sebagai biaya produksi harus dihitung untuk menentukan apakah produk skincare kamu dijual di harga diatas 50Ribu atau dibawah 50Ribu.

Jangan sampai hasil penjualan lebih minus dibandingkan dengan biaya produksi. Seorang pebisnis harus membuat planningnya terlebih dahulu agar tidak terjadi hal fatal di kemudian hari.

Dengan adanya planning perhitungan biaya produksi, maka bisnis akan berjalan sesuai dengan rencana.

Hitung laba dan rugi

hitung keuntungan

Menghitung laba dan rugi itu wajib, karena pengusaha ingin tahu dong berapa sih keuntungan yang didapatkan? dan apakah dalam kurun waktu tertentu mengalami kerugian atau tidak.

Biasanya perhitungan laba dan rugi terlampir dalam setiap laporan bulanan yang dibuat periodik. Mengingat laba atau rugi bisa terjadi kapan saja, oleh karenanya pengusaha harus memiliki strategi atas planing yang ia buat.

Jika keuntungan yang didapatkan maka pengusaha harus tau bagaimana mengembangkan bisnisnya atau memutar kembali dananya agar bisnis semakin maju, jika rugi pun pengusaha harus tahu bagaimana mengatasinya agar bisnis tidak terpuruk.

Controling Cash Flow

Controling Cash Flow

Cashflow, salah satu hal penting dalam mengelola keuangan usaha, jangan karena pendapatan kamu sudah banyak, lantas kamu tidak mengontrol cashflow.

Kamu harus bisa membedakan mana dana yang dibutuhkan untuk aktivitas bisnis dan mana dana yang dibutuhkan untuk investasi.

Catat ya, jangan sampai kamu tidak mengontrol cashflow.

Cermati Kepemilikan Aset, Modal, serta Utang Piutang

Cermati Kepemilikan Aset, Modal, serta Utang Piutang

Dalam menjalankan sebuah bisnis, pengusaha pastinya ingin terus ekspansi, ingin terus mengembangkan bisnisnya, seperti contoh selalu terus berinvestasi dengan membuka cabang – cabang baru.

Tapi ternyata ada hal yang bisa saja terlewat dan dapat merugikan pebisnis, baik dirinya sendiri maupun bisnisnya, yaitu mencatat apa saja yang dimiliki secara pribadi dan dimiliki oleh perusahaan.

Kepemilikan aset, kepemilikan modal dan juga utang piutang yang dimiliki merupakan hal dasar. Sebelum kamu menguasai cara mengelola keuangan usaha, kamu harus sadar tentang adanya kepemilikan aset.

Aset adalah harta paling berharga yang kamu miliki sebagai seorang pebisnis.

Dengan adanya aset kamu bisa memperhitungkan mengelola keuangan pribadi dan perusahaan, jangan sampai kamu menggadaikan aset untuk kepentingan bisnis karena pengelolaan keuangan kamu tidak baik.

Adapun tipsnya sebelum kamu melakukan pengembangan usaha, kamu wajib memperbaiki pengelolaan keuangan terlebih dahulu, sehingga kamu tau arus kasnya seperti apa, apakah kamu bisa mengembangkan produk baru, atau meningkatkan kualitas produk lama saja.

Dengan begitu, tidak ada lagi masalah harus menggadaikan aset, atau meminjam modal dan kena utang piutang.

Konsultasi dengan Mentor yang Ahli

Cara Mengatur Keuangan Bisnis Online Untuk Pemula

Jika kamu adalah single fighter yang mengerjakan laporan keuangan sendirian, maka kamu bisa mencari bantuan mentor yang ahli dibidangnya, agar kamu tahu cara mengelola keuangan usaha dengan baik.

Konsultasi ini dilakukan agar bisnis kamu bisa berkembang lebih besar lagi.

Atau jika kamu merasa bisnis sudah semakin besar dan ingin mengelola keuangan lebih besar lagi tapi tidak tahu caranya, maka jalan berkonsultasi dengan ahli bisa kamu pilih.

Semakin besar perusahaan maka semakin besar pula laporan keuangannya, sehingga kamu perlu kerapian agar semua laporan tertata dengan baik. Kehadiran mentor juga bisa membantu kamu mendidik staff – staff keuangan, sehingga kamu tidak perlu lagi mengerjakan hal teknis.

Berkonsultasi dengan ahlinya juga bisa menjadi ajang mencari tahu seberapa sehat bisnis kamu, dan seberapa sehat kamu sebagai pebisnis yang menjalankan usaha.

Hal tersebut membantu kamu meningkatkan kemampuan agar menjadi lebih baik lagi.

Gunakan Software untuk Mengelola Keuangan dan Penjualan

Gunakan Software untuk Mengelola Keuangan dan Penjualan

Tips terakhir dalam cara mengelola keuangan usaha adalah gunakan software keuangan dan penjualan. Di jaman serba canggih ini, teknologi menjadi hal yang membantu para pebisnis untuk mengelola keuangan lewat software atau aplikasi keuangan.

Bagi pemula, penggunaan software ini sangat membantu sekali, sehingga usaha kecil pun laporan pembukuan dan keuangannya bisa tertata lebih rapi dan kemungkinan usahanya terus berkembang menjadi semakin besar.

Kesimpulan

Mengatur keuangan dalam berbisnis bukan hal sepeleh, dengan pengelolaan yang benar kamu bisa memantau tumbuh kembang bisnis yang dikelola sehingga mampu mengambil keputusan untuk keberlangsungan bisnis. Jika kamu salah dalam mengelola keuangan atau bahkan tidak sama sekali memperdulikannya, dapat dipastikan bisnis yang sudah dirintis akan stagnan dan berujung gulung tikar.

Nah itulah 9 tips yang bisa kamu praktekkan untuk mengelola keuangan dengan benar khususnya di bisnis online. Jangan sampai tidak mengelola keuangan ya, karena hal ini akan berakibat fatal.

Selamat mencoba!

Artikel Terkait :
(Visited 33 times, 1 visits today)
Close