Written by 12:23 am Bisnis Online

100+ Ide Barang Jualan Online Yang Laku Setiap Hari

Peluang Bisnis Online Jualan Online

Keterbatasan riset produk jualan menjadi masalah kebanyakan pemula saat ingin memulai bisnis online, karena tidak tahu mana produk yang laku di pasaran. Maka, kamu perlu mengetahui beberapa ide barang jualan online yang laku setiap hari dan wajib kamu coba. 

Mungkin kamu berpikir, ide jualan online kan banyak? Lantas mana yang sebaiknya kamu pilih?.

Nah, Informasi berikut ini bisa membantu kamu menentukan produk mana yang sedang diminati banyak orang saat ini dan kamu tetap bisa membuat penjualan tinggi meski memiliki banyak pesaing.

100+ Ide Jualan Online Yang Laku Setiap Hari 

Semua pelaku bisnis online pasti ingin barang jualannya laris di pasaran. Tentu saja, karena ingin meraup keuntungan yang besar dengan modal yang relatif murah. 

Apalagi di zaman sekarang banyak kemudahan yang bisa dimanfaatkan oleh pebisnis online, karena ada platform atau aplikasi marketplace yang membantu penjualan tanpa perlu sewa toko. 

Mengingat jualan online saat ini bisa dimulai kapan saja dan mudah banget. Ide jualan online menjadi hal penting untuk dicari? Yuk, simak rekomendasinya di bawah ini!

1. Jualan online skincare

Jualan online skincare

source : sirclo.com

Berdasarkan data yang dirilis oleh Nielsen and Euromonitor menunjukkan pertumbuhan penjualan produk kecantikan bertumbuh besar sejak 2017 sebesar 11,99 persen dengan memberikan kontribusi sebesar Rp 19 triliun.

Pada tahun 2021 pertumbuhan produk kecantikan ataupun kosmetik secara global kembali tumbuh sekitar 6,46 persen bahkan dalam penjualan online meningkat hingga 25 persen. Di Indonesia, produk kecantikan khususnya skincare diprediksi akan terus meningkat di tahun ini. 

Lalu, kenapa kok bisa tumbuh pesat banget? 

Pada dasarnya, produk kecantikan memang jadi salah satu kebutuhan yang dipakai setiap hari, sehingga konsumen akan terus membeli setidaknya sebulan sekali akan selalu ada repeat order. 

Selain itu, tren produk lokal semakin digemari masyarakat dan adanya kesadaran konsumen untuk tetap menjaga kulit tetap bersih dan sehat.

Di sisi lain penggunaan skincare meningkat dengan banyaknya komunitas yang speak up tentang pentingnya menjaga kulit sejak dini dan memotivasi survivor untuk bisa bangkit dan percaya diri dengan perawatan dari skincare.

Dilihat dari banyaknya antusias masyarakat dengan data yang tersedia, kamu bisa banget mencoba berjualan produk skincare, bisa mulai dengan menjadi reseller produk kecantikan atau membuat produk sendiri dengan jasa maklon yang bisa kamu temui di berbagai sosial media. 

2. Jualan Pengharum Ruangan

Jualan Pengharum Ruangan summerspring diffuser

Siapa yang tak kenal diffuser?

Ya, pengharum ruangan yang jadi tren di masyarakat apalagi sejak pandemi.

Harumnya yang pikiran dan memperbaiki mood menjadi incaran banyak konsumen.

Data dari penjual di salah satu marketplace hijau menyebutkan bahwa sejak pandemi penjualannya meningkat hingga 100 persen. 

Angka yang sangat menjanjikan dalam penjualan, dan harganya yang relatif terjangkau membuat konsumen tidak ragu untuk membeli.

Di masa sekarang apakah tetap menjanjikan? Tentu saja karena tingkat penggunaan yang tinggi menjadi faktor utamanya.

Kemudahan jualan lewat online juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan penjualan, jangan lupa untuk promosikan dengan cara – cara kreatif di sosial media yang kamu miliki.

Jadi, jualan pengharum  ruangan bisa dikategorikan sebagai ide jualan online yang laku setiap hari dan bisa banget kamu coba  

Apalagi rata – rata pemakaian satu bulan lamanya, sehingga kemungkinan repeat order semakin besar.

3. Jualan Pengharum Badan 

Jualan Pengharum Badan 

Produk pengharum badan atau parfum ini punya alasan kenapa masuk dalam rekomendasi ide jualan online, karena tingkat penggunaannya tinggi. 

Pengguna parfum biasanya untuk meningkatkan citra seseorang di mata orang lain dan meningkatkan kepercayaan diri seseorang, maka tak heran jika parfum akan selalu jadi kebutuhan primer yang dibutuhkan konsumen. 

Ada beberapa keuntungan yang mungkin dapat diperoleh ketika memulai bisnis atau berjualan parfum. 

  1. Presentase keuntungan bisa mencapai 100 persen apalagi jika kamu jualan parfum secara online 
  2. Tidak selalu harus mempunyai modal yang besar, jika kamu tidak bisa membuat parfum dengan brand sendiri karena terkendala modal, kamu bisa cari parfum yang best seller di pasaran dan jadilah resellernya. 
  3. Parfum memiliki jarak kadaluarsa yang lama, sehingga jika kamu stok dalam jumlah banyak, parfum masih tetap bisa di jual. 

Nah itulah ide jualan pengharum badan yang bisa kamu coba. 

Jika kamu perlu rekomendasi pengharum badan atau parfum best seller, bisa coba jual produk dari brand Summerscent di dropshipaja.com. 

Cara jualannya juga mudah banget, semudah kamu posting di whatsapp, pembeli langsung laris. 

4. Jualan online sabun badan / body wash

Jualan online sabun badan / body wash

Tahukah kamu produk scarlett jadi merek produk perawatan tubuh dengan konsumen terbanyak di Indonesia?

Berdasarkan data dari compas, Scarlett produk yang rilis tahun 2018 dapat menguasai pasar yang mencapai 18,9 persen. 

Jika kamu berminat untuk jualan online sabun badan, data diatas bisa jadi bahan pertimbangan, ternyata antusias masyarakat terhadap produk perawatan tubuh khususnya sabun badan termasuk tinggi. 

Selain itu, produk perawatan tubuh tidak hanya digunakan oleh konsumen perempuan saja, para pria pun juga sudah mulai menyadari tentang pentingnya merawat kesehatan kulit dirinya. 

Jika kamu tidak memiliki modal yang besar, maka bisa mulai dengan menjadi reseller produk perawatan dan menjualnya secara online melalui media sosial. Hanya saja, pastikan kamu  menjual produk yang sudah terdaftar BPOM untuk keamanan konsumen.

5. Jualan online essential oil

Jualan online essential oil

Essential oils adalah minyak herbal yang diklaim dapat membantu menenangkan, mengurangi hingga menghilangkan beberapa penyakit mulai dari sakit kepala dan sakit perut hingga infeksi jamur dan serangga.

Dengan manfaatnya yang luar biasa ini, essential oil juga merupakan ide jualan online yang bisa kamu pilih lho.

6. Jualan online pakaian

Jualan online pakaian

Semakin berkembangnya zaman, dunia industri fashion khususnya pakaian banyak menghadirkan tren – tren baru yang memikat para konsumen untuk terus membeli baik perempuan maupun laki – laki. 

Dari mulai pakaian sehari – hari, pakaian anak hingga pakaian super mewah menjadi incaran konsumen setiap harinya. 

Sebagai bahan primer, pakaian sudah pasti dicari setiap orang, tidak hanya untuk keseharian saja, untuk acara tertentu pun pakaian menjadi hal yang penting. 

Jika kamu ingin jualan online pakaian, waspada banyak persaingan yang ketat. Tapi tidak menutup kemungkinan kamu menang dari kompetitor. Langkah awal kamu bisa memanfaatkan whatsapp untuk tes pasar, dan pelajari cara jualan laris manis di whatsapp sebagai permulaan 

Biasanya pakaian yang paling laris di pasaran adalah pakaian perempuan, dibandingkan pakaian pria. 

Ada hal yang perlu kamu perhatikan jika akan memakai ide jualan online yang laku setiap hari ini, yaitu selalu ikuti tren yang sedang hype agar selalu update produk – produk terkini. 

Cara termudah untuk mengikuti tren adalah pantau sosial media influencer atau selebgram. 

Jika kamu pemula dan baru ingin terjun ke dunia pakaian, bisa banget coba menjadi reseller terlebih dahulu sebelum memutuskan produksi sendiri. 

7. Jualan online pulsa & voucher game

Jualan online pulsa & voucher game

Jaman sudah canggih, sekarang beli pulsa tidak harus jalan kaki menuju konter, pembelian pulsa sudah bisa secara online di toko – toko tertentu.

Karena kemudahan tersebut, kamu bisa memanfaatkan momennya untuk dijadikan bisnis.

apakah ide jualan pulsa menguntungkan? tentu saja, karena kebutuhan pulsa akan selalu ada setiap harinya. Jika marketnya sudah ada, kamu tinggal manfaatkan promosi agar konsumen mengetahui jualanmu.

Selain itu, kamu juga bisa berjualan voucher game untuk meningkatkan penjualan. Dilansir dari voi.id, akibat pandemi banyak yang mendownload game hingga 75 persen, oleh karena itu penjualan voucher game pun ikut meningkat.

Voucher game sendiri digunakan pemain game online sebagai mata uang yang ditujukan untuk membeli item – item yang hanya bisa didapatkan secara berbayar dalam sebuah game.

Misalnya jika kamu ingin membeli item berbayar di game online League of Legends, Call of Duty Mobile, Free Fire, Arena of Valor, dan game lainnya, kamu bisa membeli voucher game online dengan nama “Garena” yang nantinya dapat dikonversi sesuai dengan mata uang di game yang kamu mainkan.

Kenapa voucher game menjanjikan sebagai ide jualan yang bisa kamu coba? alasannya karena pengguna game online setiap harinya meningkat pesat, di Indonesia bahkan diprediksi menembus angka lebih dari 100 juta pemain. Angka yang sangat menjanjikan jika kamu terjun di dunia jualan voucher game.

8. Jualan online kebutuhan dapur

Jualan online kebutuhan dapur

source : kompas.com

Setiap rumah pasti membutuhkan peralatan rumah tangga, bukan? Maka pasar untuk produk ini sudah pasti ada. Tidak hanya peralatan rumah tangga, ada hal yang penting dan jika tidak dimiliki maka akan terasa kurang, yaitu bumbu dapur.

Bayangkan jika masak tapi tidak ada bumbu dapurnya, hambar bukan?

Lalu masak tanpa peralatan dapur juga tidak bisa, kamu akan merasa kesulitan. Nah alasan inilah yang bisa kamu jadikan peluang bisnis.

Jika dilihat dari kata kunci “dibutuhkan” dan saling terkait satu sama lain, maka jualan online kebutuhan dapur wajib banget dicoba.

Apalagi kebutuhan dapur adalah surganya para ibu rumah tangga, market yang cukup besar untuk dibidik.

Nah, kebutuhan dapur itu banyak macamnya, tidak hanya peralatan dapur seperti wajan, teflon, atau panci. Ada kebutuhan lain yang harus ada dalam rumah.

Pertanyaannya produk kebutuhan apa saja yang memiliki potensi menghasilkan untung yang besar?

Produk kebutuhan dapur dengan untung besar

Peralatan rumah tangga

alat rumah tangga hadir tidak hanya untuk memudahkan kamu beraktivitas, tetapi juga sebagai peluang bisnis yang menguntungkan.

Salah satu keuntungan dari berjualan peralatan rumah tangga adalah produknya beragam, misalnya kamu bisa mengincar emak – emak yang suka banget dengan panci, atau kamu mengincar ibu – ibu yang senang dengan hal simple segala peralatan dalam bentuk elektronik.

Karena peralatan dapur ini selalu dibutuhkan, demand di pasar sangat besar. Tinggal kamu pikirkan strategi promosinya dan rasakan keuntungan cuan yang didapatkan.

Bumbu dapur

Produk kebutuhan dapur adalah bumbu dapur. Ibu – ibu biasanya paling males jika harus mengulek atau mengiris bumbu, pasti maunya yang simple dan cepat.Maka bumbu dapur yang instan versi bubuk menjadi pilihan favorit ibu di rumah, karena alasan ini peluang menjual bumbu dapur mempunyai pasar yang cukup luas.

Kamu bisa coba dengan dropship di supplier bumbu dapur yang sudah terpercaya, sehingga kualitas, rasa dan produk sudah terjamin.

Beberapa ide jualan bumbu dapur online yang terbukti laris :

1. Bumbu Dapur Tradisional

  • Bumbu Rendang
  • Bumbu Soto
  • Bumbu Satay
  • Bumbu Bali
  • Bumbu Gado-Gado

Potensi Pasar: Pecinta kuliner tradisional dan ekspatriat yang ingin menikmati rasa asli.

2. Bumbu Dapur Internasional

  • Bumbu Taco (Meksiko)
  • Bumbu Curry (India atau Thailand)
  • Bumbu Sushi (Jepang)
  • Bumbu BBQ (Amerika)

Potensi Pasar: Pecinta kuliner internasional dan koki amatir yang ingin bereksperimen.

3. Bumbu Dapur Organik

  • Bumbu Tanpa MSG
  • Bumbu Vegan
  • Bumbu Bebas Gluten
  • Bumbu Halal

Potensi Pasar: Individu yang sadar kesehatan atau memiliki kebutuhan diet khusus.

4. Bumbu Instan

  • Bumbu Siap Pakai
  • Bumbu Saus Spesial
  • Bumbu Marinasi Instan

Potensi Pasar: Orang-orang sibuk yang ingin memasak cepat tanpa mengorbankan rasa.

5. Bumbu Dapur Khusus (Gourmet)

  • Bumbu Truffle
  • Bumbu Caviar
  • Bumbu Saus Anggur

Potensi Pasar: Koki profesional dan pecinta kuliner gourmet.

6. Paket Bumbu (Meal Kits)

Menyediakan bumbu yang dipaketkan dengan resep khusus untuk hidangan spesifik.

Potensi Pasar: Pemula dalam memasak dan mereka yang ingin mencoba sesuatu yang baru.

7. Bumbu Dapur Lokal

Menyediakan bumbu khas daerah atau etnis tertentu.

Potensi Pasar: Komunitas lokal dan mereka yang ingin mengeksplorasi rasa daerah.

8. Bumbu Dapur DIY

Menyediakan paket bahan-bahan untuk membuat bumbu sendiri di rumah.

Potensi Pasar: Orang kreatif yang ingin membuat bumbu dari awal.

Jika bisnis lainnya harus mengikuti tren yang ada, berbeda dengan kebutuhan dapur yang tidak peka terhadap tren, namun tetap mengedepankan inovasi untuk mempermudah konsumen pada saat pemakaian.

Bisa dikatakan, bisnis kebutuhan dapur ini cenderung memikirkan fungsi dari peralatan yang ditawarkan sehingga tidak perlu mengikuti tren yang ada.

Dari situ, bisa disimpulkan bahwa jualan online kebutuhan dapur adalah bisnis yang menjanjikan karena produknya tidak lekang oleh waktu. Namun jika para ibu membutuhkan ide lain, bisa baca juga 50+ Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal.

9. Jualan online aksesoris wanita

Jualan online aksesoris wanita

source : sirclo.com

Bisnis aksesoris wanita adalah salah satu bisnis online minim modal yang menjanjikan, karena rata – rata perempuan senang berdandan dan menyukai aksesoris cantik penunjang penampilan, sehingga produk satu ini dijamin tak akan pernah ada habisnya.

Biasanya bisnis aksesoris wanita ditekuni oleh ibu rumah tangga, jualan sambil momong anak tapi tidak menutup kemungkinan kamu yang muda bisa jualan online aksesoris wanita.

Kenapa sih jualan produk aksesoris ini menjanjikan?

a. Pertama, pasarnya mudah dibidik

Karena ini adalah produknya kaum hawa yang cukup besar, tentu saja akan dengan mudah membidiknya mana aksesoris khusus perempuan muda dan mana aksesoris khusus perempuan dewasa. Semua aksesoris wanita ini sudah pasti memikat dan menarik di mata perempuan.

Apalagi, jika produk yang kamu jual berkualitas, pasti mereka tertarik untuk membelinya.

b. Kedua, modal relatif kecil

Jika kamu ingin menekuni bisnis aksesoris wanita, tapi terkendala modal, kamu tidak usah khawatir. Sekarang tersedia supplier yang menyediakan aksesoris premium yang dapat dijual dengan harga terjangkau dan produk yang berkualitas.

Terkendala di modal? kamu bisa jadi reseller atau bisnis sistem dropship terlebih dahulu. Sehingga dari modal kecil kamu bisa merintis untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Adapun tips penting yang bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan jualan aksesoris wanita ini, yaitu strategi promosi secara visual, bisa dengan foto produk yang estetik maupun video yang menampilkan keindahan aksesoris secara detail.

Kamu juga bisa memanfaatkan sosial media seperti tiktok untuk menggaet pasar perempuan agar membeli produk aksesoris yang kamu jual.

10. Jualan online mainan anak

Jualan online mainan anak

source : lummoshop.co.id

Ide jualan yang terakhir adalah mainan anak, bisnis satu ini dapat mengincar pasar manapun, dari mulai anak – anak, remaja hingga orang tua.

Selain itu, modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar, bisa mulai dari 500 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah. Kabar baiknya dengan modal yang relatif kecil tersebut, kamu bisa meraih keuntungan yang menjanjikan.

Pada dasarnya, mainan anak ini cenderung murah, namun kembali lagi kepada kualitas yang disajikan apakah menggunakan bahan yang bagus atau yang standar saja.

Jadi jika kamu ingin menjual mainan anak lihat kembali bagaimana kualitas produk dan pasar yang kamu targetkan, sehingga mainan yang dijual akan bisa laris setiap harinya.

Jika dulu kamu perlu ke pasar atau ke toko untuk membeli mainan, jaman sekarang cukup sediakan toko di marketplace orang dapat dengan mudah memilih dan membeli mainan secara online.

Tips Jualan Mainan Anak

  • kamu patok harga wajar yang bersaing, jangan kemahalan dan jangan pula kemurahan. Pasalnya, persaingan di bisnis mainan anak ini sangatlah ketat. Jika mematok harga terlalu tinggi, kemungkinan produk kamu tidak akan dilihat pembeli.
  • promosikan dengan strategi yang tepat. Deskripsikan produk semenarik mungkin sehingga pembeli akan tertarik untuk membeli, jangan ada dusta diantara kalian, pastikan pembeli mengetahui detail dari produk mainannya sesuai dengan etalase yang ada di toko.
  • inovasi produk mainan. Saat ini banyak para orang tua yang berlomba – lomba membeli mainan edukasi agar anak terhindar dari pengaruh gadget. Kamu bisa coba menjual mainan edukasi yang menarik dan tidak rumit. Ingat anak – anak tidak suka kerumitan.

100 Ide Barang Yang Bisa Di Jual Online Terbukti Laris Berdasarkan Kategori

KategoriBarangPotensi Pendapatan
ElektronikSmartphone3.000.000 – 15.000.000
Laptop5.000.000 – 20.000.000
Smart TV2.500.000 – 10.000.000
Headphone200.000 – 2.000.000
Kamera Digital1.500.000 – 10.000.000
Powerbank100.000 – 500.000
Printer500.000 – 5.000.000
Tablet1.000.000 – 6.000.000
Jam Tangan Pintar300.000 – 3.000.000
Speaker Bluetooth150.000 – 1.500.000
PakaianKaos50.000 – 300.000
Dress Wanita100.000 – 1.000.000
Celana Jeans150.000 – 700.000
Sepatu Sneakers200.000 – 2.000.000
Jaket150.000 – 1.500.000
Pakaian Olahraga100.000 – 1.000.000
Kemeja100.000 – 500.000
Scarf50.000 – 300.000
Topi50.000 – 250.000
Tas Wanita150.000 – 2.000.000
KecantikanLipstik50.000 – 300.000
Serum Wajah100.000 – 1.000.000
Masker Wajah20.000 – 150.000
Shampoo30.000 – 200.000
Sabun Mandi10.000 – 100.000
Parfum100.000 – 1.000.000
Kosmetik Vegan50.000 – 500.000
Alat Make-up50.000 – 500.000
Makanan & MinumanKopi Bubuk50.000 – 300.000
Snack Sehat20.000 – 150.000
Teh Celup20.000 – 100.000
Madu Organik50.000 – 300.000
Minuman Energi10.000 – 50.000
Sereal Sarapan30.000 – 200.000
Bumbu Dapur10.000 – 100.000
Cokelat20.000 – 150.000
OlahragaSepatu Lari300.000 – 2.000.000
Alat Fitness200.000 – 5.000.000
Baju Renang100.000 – 500.000
Sepeda1.000.000 – 10.000.000
Matras Yoga100.000 – 500.000
Raket Badminton100.000 – 1.000.000
Bola Sepak50.000 – 300.000
Sepatu Sepakbola200.000 – 1.500.000
Mainan & HobiMainan Edukasi50.000 – 500.000
Model Kit100.000 – 1.000.000
Lego100.000 – 1.000.000
Puzzle50.000 – 500.000
Boneka50.000 – 1.000.000
Alat Menggambar50.000 – 500.000
Alat Musik Mini100.000 – 1.500.000
BukuBuku Novel50.000 – 300.000
Buku Pelajaran50.000 – 400.000
Buku Masakan50.000 – 300.000
Majalah20.000 – 100.000
Buku Bisnis50.000 – 400.000
Buku Seni50.000 – 500.000
Komik20.000 – 200.000
Buku Bahasa Asing50.000 – 400.000
KesehatanMasker5.000 – 50.000
Vitamin50.000 – 500.000
Thermometer50.000 – 300.000
Alat Tes Gula Darah200.000 – 1.000.000
Salep10.000 – 100.000
Obat Herbal30.000 – 200.000
Suplemen Makanan50.000 – 500.000
Alat Pijat100.000 – 1.000.000

Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Bagaimana cara memasarkan produk saya secara online?

Anda dapat memanfaatkan media sosial, iklan berbayar, SEO, email marketing, serta kolaborasi dengan influencer dan blog untuk meningkatkan visibilitas produk Anda.

Apakah saya perlu menyediakan banyak variasi dari satu produk?

Menyediakan variasi seperti warna, ukuran, atau rasa dapat menarik lebih banyak konsumen. Namun, Anda harus menyeimbangkan ini dengan manajemen persediaan yang efisien.

Bagaimana mengatur pengiriman untuk produk yang laku setiap hari?

Anda mungkin perlu bekerja sama dengan penyedia jasa logistik yang terpercaya atau mempertimbangkan untuk menggunakan fasilitas gudang dan pengiriman pihak ketiga untuk menangani volume yang besar.

Apa saja kategori barang yang paling laku dijual online?

Kategori yang sering laku dijual online termasuk Elektronik, Pakaian, Kecantikan, Makanan & Minuman, Olahraga, Mainan & Hobi, Buku, dan Kesehatan.

Bagaimana cara mengetahui produk apa yang sedang tren?

Anda bisa menggunakan alat analisis pasar, mengikuti media sosial, blog, atau forum industri, serta memantau kompetitor dan platform jualan online besar untuk mengidentifikasi tren saat ini.

Apakah produk yang mahal selalu laku dijual online?

Tidak selalu. Produk yang laku dijual online tergantung pada kualitas, merek, harga, dan permintaan pasar. Barang yang terjangkau dengan kualitas baik juga bisa sangat laku.

Apa yang harus saya pertimbangkan saat memilih produk untuk dijual online?

Pertimbangkan faktor seperti margin keuntungan, persaingan, ukuran dan berat (untuk pengiriman), umur produk, dan potensi pasar target Anda.

Apakah produk lokal bisa laku dijual online?

Ya, banyak konsumen yang mencari produk lokal yang unik dan berkualitas. Menyoroti aspek lokal dan otentik dari produk Anda bisa menjadi strategi pemasaran yang efektif.

Apakah saya harus memiliki toko fisik untuk menjual barang online?

Tidak, Anda bisa menjalankan bisnis e-commerce sepenuhnya online. Namun, memiliki toko fisik mungkin membantu dalam hal pemasaran dan distribusi, tergantung pada model bisnis Anda.

Apakah legal menjual barang bekas secara online?

Umumnya, menjual barang bekas legal asalkan Anda mematuhi semua hukum dan regulasi yang berlaku, termasuk menginformasikan secara jelas kondisi barang kepada pembeli.

Nah, itu dia tips yang bisa kamu praktekkan jika memilih ide jualan satu ini.

Oke, ide jualan online yang laku setiap hari sudah diinformasikan nih, sekarang giliran kamu untuk memilih mana yang sekiranya bisa kamu jual. Kamu bisa pilih lebih dari satu produk, tapi sangat disarankan untuk fokus satu lalu besarkan ya.

Jika terlalu banyak produk yang dijual kamu akan pusing sendiri. Oke, selamat praktek dan selamat cuan!

(Visited 3,258 times, 9 visits today)
Close