Written by 8:59 pm Bisnis Online

20+ Cara Jualan Desain Online Untuk Menambah Penghasilan

Jualan Desain Online Mudah

Jualan desain online saat ini lebih mudah dibandingkan dengan offline. Hal ini karena kamu bisa mempromosikannya kapanpun yang diinginkan dan bisa mendapatkan customer dari berbagai daerah bahkan hingga luar negeri.

Terdapat berbagai macam cara menjual desain online yang paling menguntungkan dan bisa dilakukan dengan mudah, terlebih jika anda memiliki keahlian dalam bidang desain grafis. Bisnis print on demand bisa jadi salah satu bisnis online terbaik untuk anda agar bisa mendulang penghasilan yang fantastis.

Apa itu produk custom ?

Jualan Desain Online Mudah

source : https://www.localmarketlaunch.com/

 

 

Customized Product atau produk kustom merupakan salah satu produk yang disesuaikan dan dirancang untuk promosi merek atau hadiah yang dipersonalisasi. Produk ini biasanya dirancang dengan logo merek dan teks atau teknik pencetakan grafis lainnya. Mulai dari kaos kustom, motor kustom, cincin kustom, dan lainnya.

Kenapa harus bisnis produk custom / print on demand ?

Ada beberapa alasan kenapa kamu harus memilih bisnis produk kostum untuk menjual desain yang telah dibuat. Berikut ini sudah ada penjelasan yang bisa kamu dapatkan.

1. Unik atau Jarang ada yang Sama

Apakah kamu pernah menemukan pakaian orang lain sama seperti yang digunakan? Rasanya pasti sangat kesal dan ingin membuka pakaian itu secepatnya.

Keunikan dari suatu barang tidak dapat dimiliki oleh produk masal. Hal ini karena produk massal berasal dari desain yang diproduksi dengan kuantitas banyak dan diulangi terus-menerus. Apabila kamu suka hal yang unik maka sebaiknya membuat produk kustom.

2. Lebih Personal

Produk kustom biasanya relatif dihubungkan dengan personal seseorang, apalagi bila sebuah hadiah. Sisi personal dari barang tersebut harus ditekankan, agar orang yang mendapatkan hadiah menjadi tampak bahagia.

Memang personalisasi terkait dengan emosional seseorang. Misalnya saja, apabila kekasihmu menyukai sebuah boneka binatang kucing yang bertanduk berwarna pelangi. Kamu harus bisa menemukan barang tersebut untuk dijadikan hadiah.

Namun, apakah barang tersebut dijual? Hal ini karena jarang ada orang yang memiliki ketertarikan seperti itu. Oleh karena itu, kamu membutuhkan jasa produk custom, untuk membuat produk yang personal.

3. Tidak Perlu Bersaing dengan Harga

Produk yang diproduksi masal dari desain berulang-ulang membuat nilainya menjadi berkurang. Kamu bisa menemukan produk massal tersebut dengan mudah.

Kamu juga bisa membeli bekas produk tersebut dengan harga yang murah. Namun, kamu tidak bisa membuat produk kustom secara pribadi karena biasanya produk tersebut inovatif dan tidak memiliki harga pasaran.

Ini adalah peluang bisnis terbaik untuk anda yang jago desain sebab anda bisa menjual dengan harga yang mahal. Jika bergabung di dropshipaja, anda akan diajarkan bagaimana cara menjual produk custom (print on demand) dengan harga yang mahal. Atau sebagai insight tambahan, anda bisa membaca artikel kami tentang Cara Menarik Pelanggan Agar Membeli Produk Kita.

4. Berkualitas

Mengenai kualitas, baik produk kustom dan produk masal itu relatif. Hal yang membedakan adalah produk kustom bisa disesuaikan kualitasnya sesuai kebutuhan dan kemampuanmu.

Sedangkan, produk masal kualitasnya akan ditentukan oleh perusahaan yang menjualnya. Bahkan, kamu tidak tahu kekurangan barang tersebut sebelum membelinya. Terkadang barang tersebut cepat rusak, karena ternyata bahannya kurang baik.

Tools terbaik untuk jualan desain online produk custom

Ketika berbicara mengenai tools terbaik untuk jualan desain online produk custom yang sudah familiar yaitu Adobe Photoshop. Namun, Kamu perlu banyak waktu untuk mengeksplorasi dan mempelajari Adobe Photoshop.

Banyak sekali pemula yang merasa terlalu rumit dan menghabiskan waktu untuk mempelajari Adobe Photoshop. Belum lagi, perangkat lunak ini menggunakan biaya langganan bulanan.

Namun, tidak perlu khawatir jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk mempelajari tool desain yang biasanya digunakan oleh para profesional. Untung saja, ada banyak tools desain grafis dengan fitur berkualitas tinggi. Berikut ini sudah ada penjelasannya.

1. Canva

canva

Ini merupakan salah satu aplikasi desain grafis online yang paling banyak disukai oleh Masyarakat. Canva dikenal sebagai alat desain online yang menawarkan fitur drag-and-drop, serta menyediakan banyak template menarik untuk Facebook Ads, Facebook Cover, logo, poster, dan lainnya.

2. Pablo

pablo

Apabila Kamu ingin sesuatu yang lebih disederhanakan, maka harus mencoba Pablo. Seperti Canva, Kamu bisa memulai desain dengan memilih template, quotes, pengumuman, promosi, dan lainnya.

Selain itu, untuk memiliki dimensi yang sempurna di Pinterest, Instagram, Facebook, serta Twitter, alat ini memungkinkan kamu mengubah posisi teks hanya dengan 1 klik. Kamu juga bisa mengunggah gambar dan logo untuk quotes, posting Media Sosial, Iklan Facebook, iklan Instagram, kiriman Pinterest, dan lain sebagainya.

3. Piktochart

Piktochart

Alat desain online ini sederhana dan intuitif, karena akan membantumu membuat kisah yang menyenangkan. Seperti Canva, fitur drag-and-drop Piktochart akan membuat proses desain menjadi sangat unik.

Kamu juga dapat membuat slide presentasi di Piktochart. Selain itu, Kamu juga bisa mengunduh semua slide sebagai gambar, atau hanya membagikan tautan dan langsung memulai presentasi.

4. Adobe Spark

Adobe Spark

Adobe Spark merupakan sebuah aplikasi desain grafis online dan seluler gratis lainnya. Aplikasi ini bisa digunakan dengan mudah untuk membuat gambar, video, dan halaman website.Secara keseluruhan, template yang telah tersedia akan bersih dan profesional.

Untuk menghemat waktu, pengguna dapat langsung pergi untuk template populer. Salah satu fitur yang membuat Adobe Spark menonjol yaitu fungsi pembuatan videonya. Hal yang harus Kamu lakukan hanyalah mengunggah beberapa gambar, lalu masukkan teks dan klik ‘berikutnya’.

5. Vectr

Vectr merupakan salah satu aplikasi yang siap melayanimu untuk edit desain. Meskipun tidak menyertakan banyak fitur seperti Adobe Illustrator, namun apiklikasi ini merupakan titik awal yang baik untuk membuat desain vektor Kamu. Kamu juga bisa mengunduh aplikasi desktop-nya untuk lebih banyak fleksibilitas saat mendesain grafik vektor.

Cara jualan desain online dalam bentuk produk custom

Ada beberapa cara jualan desain online dalam bentuk produk custom yang bisa menghasilkan uang tambahan tanpa modal di dropshipaja. Cara ini sudah banyak dibuktikan, antara lain:

1. Rencanakan Bisnis dengan Matang

Pertama, sebagai seorang pebisnis, kamu harus bisa memikirkan rencana bisnis yang matang. Rencana bisnis yang jelas dibutuhkan untuk membuat usaha kamu berjalan dengan lancar.

Contohnya saja, kamu bisa memikirkan nama yang cocok untuk bisnis. Mulai dari menghitung modal dan pengeluaran lain yang diperlukan untuk menggarap bisnis desain grafis. Tentukan juga target pasar yang akan dituju.

Dari hasil perencanaan yang ada di atas, kamu bisa menentukan kira-kira akan di bawa ke mana bisnis ini ke depannya. Hal ini berarti, perencanaan perlu agar kamu tidak kehilangan arah dalam menjalankan bisnis jasa desain grafis.

2. Pasang Harga yang Kompetitif

Bagian penting dalam sebuah bisnis jasa desain grafis, yakni masalah harga yang sesuai mampu bersaing dengan pasar. Untuk bisa mendapatkan gambarannya, kamu bisa melakukan perbandingan dengan kompetitor bisnis desain grafis lainnya.

Hal ini terjadi bila kamu memasang harga yang terlalu tinggi. Sehingga calon pelanggan tidak ingin memakai jasa desain grafis kamu. Apabila harga yang kamu pasang terlalu murah, maka akan berpotensi merugikanmu.

3. Menerapkan Strategi Marketing yang Baik

Sekarang ini untuk bisa melakukan marketing tidak terlalu sulit. Kamu dapat memulainya dengan membuat portofolio desain grafis di beberapa media sosial. Contohnya saja, di Instagram atau website yang sekiranya bisa menyasar target pasar.

Cara marketing ini dilakukan untuk memastikan orang, agar mengetahui kamu sedang menjalankan bisnis jasa desain grafis. Dengan cara ini, bisnis kamu akan langsung berkembang nantinya.

4. Manfaatkan Testimoni Pelanggan

Kamu tidak perlu ragu untuk meminta testimoni dari pelanggan setelah mereka menggunakan jasa desain grafis milikmu. Timbal balik atau ulasan dari pelanggan, bisa membantu kamu untuk membangun bisnis yang lebih baik lagi.

Nantinya, testimoni yang kamu dapat akan dipajang di media sosial sebagai bukti bahwa bisnis terhadap memiliki penilaian positif. Ulasan seperti inilah yang bisa menarik pelanggan lain menggunakan jasa kamu.

5. Perluas Relasi Bisnis

Jaringan dalam dunia bisnis memang penting karena nantinya akan membantu mengembangkan bisnis yang tengah dijalankan. Kamu juga bisa mencoba menjalin relasi dengan orang telah menjalankan bisnis jasa desain grafis atau yang sudah memiliki nama.

Selain bisa menambah jaringan, tentunya kamu dapat berkolaborasi dengan mereka untuk pengembangan bisnismu. Jaringan bisnis desain grafis bisa kamu temukan di komunitas desain grafis pada beberapa media sosial dan platform

Inspirasi produk custom terlaris yang bisa kamu desain

Barang custom bisa diberikan kepada siapa saja, mulai dari Orang tua, saudara, teman, sahabat, pacar, dan orang-orang terdekat. Berikut ini sudah ada beberapa produk costum yang paling laris dan dijamin anda bisa mendulang banyak keuntungan dengan menjual produk custom ini, antara lain:

1. Souvenir

Souvenir merupakan buah tangan untuk kenang-kenangan yang diberikan kepada seseorang. Souvenir juga bisa diberikan sebagai ucapan tanda terima kasih kepada tamu yang datang dalam sebuah acara seperti pernikahan atau seminar.

Souvenir juga bisa menjadi media promosi, untuk perusahaan atau komunitas agar lebih dikenal dan diingat banyak orang. Untuk barang custom yang dijadikan souvenir promosi tentu harus menyematkan nama perusahaan, merek, atau nama komunitas itu sendiri.

2. Custom Case

custom case dropshipaja

Handphone saat ini menjadi benda wajib yang harus dimiliki karena fungsinya lebih dari sekadar alat komunikasi. Handphone sekarang sudah banyak yang canggih dengan ukuran lumayan besar.

Sarung Handphon Custom yang didesain sendiri bisa menjadi hadiah unik dan spesial untuk orang terdekatmu. Kamu bisa menambahkan sentuhan personal sesuai pribadi orang yang akan kamu berikan hadih.

Sarung handphone ini biasanya tersedia dalam ukuran kecil, sedang, dan besar sesuai ukuran layar smartphone.

3. Tumblr

Tumblr

Tumblr atau botol minuman juga dapat dipersonalisasi sesuai keinginan sendiri. Kamu dapat memberikan desain atau gambar yang romantis pada tumblr sefta menghadiahkannya untuk pasangan.

Bagi kamu yang ingin menjalankan usaha dan memiliki karyawan, tumblr yang di-custom seragam bisa diberikan sebagai hadiah apresiasi untuk mereka sekaligus sebagai media promosi.

Kamu juga bisa mendesain gambar sendiri atau cukup dengan mengirimkan gambar saja dan botol minumnya akan didesain sesuai permintaan. Tumblr yang dijual ini biasanya berbahan PP dan aman untuk kesehatan serta bebas zat BPA.

Tinggi tumblr pada umumnya 19 cm dengan kapasitas 460 ml. Tidak usah cdmad tumblr akan rusak selama pengiriman karena sudah dikemas dengan tambahan bubble wrap.

4. Mug

mug custom dropshipaja

Sepasang mug bisa menjadi kado yang spesial, romantis, serta berkesan untuk pasangan pengantin. Kamu bisa memesan mug dengan foto pasangan pengantin sekaligus ditambahkan kutipan romantis yang akan melambangkan cinta mereka.

Mug ini bisa langsung mereka pajang atau gunakan untuk minum bersama. Cetak Mug Custom yang berlapis coating dan standar berwarna putih. Cara mengcostumnya cukup dipanaskan hingga suhu 200 derajat sehingga gambarnya jadi awet meski dicuci berkali-kali.

Gambar atau desain mug akan tampak lebih jernih dan mengkilap. Pilihlah mug dengan volume 325,3 ml, berukuran 9 x 7,6 cm, dan terbuat dari bahan keramik impor berstandar SNI dan kualitas grade A.

Kabar baiknya, jika kamu tertarik untuk berjualan produk custom terlaris seperti diatas, kamu bisa bergabung di dropshipaja. Kamu bisa dropship barang – barang custom tanpa modal, cukup kamu desain saja produknya dengan design yang cantik , jika ada penjualan tinggal serahkan saja semuanya ke dropshipaja. Belum tahu apa itu dropship ? baca artikel kami tentang pengertian dropship serta cara kerjanya.

Tak hanya itu, kamu juga akan bergabung dengan komunitas pengusaha mudah yang sehat dan tentunya positif, sehingga mendapat penghasilan 10jt / bulan bukanlah hal yang mustahil.

Itu saja beberapa hal yang berkaitan dengan jualan desain online dalam bentuk produk custom. Diharapkan bagi para pembaca bisa memahami dan mendapatkan referensi terkait jualan desain. Apabila anda masih membutuhkan ide bisnis apa yang cocok dengan keahlian, silahkan baca artikel kami tentang 30+ ide peluang bisnis online yang menjanjikan tanpa modal.

(Visited 1,205 times, 1 visits today)
Close