Written by 5:02 am Bisnis Offline, Bisnis Online

24 Ide Jualan Di Bulan Puasa Modal Minim Terbaik 2024

24 Ide Jualan Modal Minim Terbaik Saat Bulan Puasa 2023

Bulan puasa atau ramadhan dikenal sebagai bulan penuh berkah, bukan hanya pahala yang berlipat – lipat, namun memang di bulan ini biasanya banyak peluang bisnis yang sangat menguntungkan.

Jika kamu ingin mengambil peluang bisnis di bulan puasa tapi belum mengetahui ide jualan bulan puasa yang laris manis dan bisa kamu lakukan online maupun offline, maka rekomendasi di artikel ini cocok untuk kamu.

Biasanya usaha di bulan Ramadhan ini musiman, atau memang jualan yang sering ada saat bulan puasa, namun bisa juga kamu kembangkan lebih besar dan dijual di luar bulan puasa.

12 ide jualan online saat bulan puasa

  • Jualan Busana Muslim

Usaha di bulan ramadhan secara online bisa menjadi pilihan, salah satu ide jualan bulan puasa online adalah busana muslim. Ya, bulan ramadhan memang identik dengan busana muslim, banyak ibu – ibu yang mempersiapkan busana muslim, untuk dipakai saat lebaran nanti ataupun dipakai untuk buka bersama dengan keluarga besar maupun teman.

Biasanya setiap tahun, busana muslim di bulan Ramadhan memiliki tren tertentu dan bisa menghasilkan banyak keuntungan jika kamu berjualan ide usaha ini.

  • Jualan Kurma Online

Makanan favorit yang harus selalu ada di bulan Ramadhan yaitu kurma, biasanya para muslim akan berbuka dengan yang manis dan kurma adalah hal yang disunnahkan. Oleh karena itu, banyak orang berburu kurma saat bulan puasa. Jadi jika kamu menjual kurma secara online di bulan puasa, maka peluangnya besar karena pasar juga sedang membutuhkan.

  • Perlengkapan ibadah

Sebagai salah satu ibadah yang dijalankan umat muslim, bulan puasa banyak orang yang mencari perlengkapan ibadah yang baru, terutama untuk menyambut lebaran, perlengkapan seperti mukena, peci, sarung hingga sajadah pasti diburu oleh audiens. Kamu bisa jualan perlengkapan ibadah ini secara online, sehingga pasarnya pun lebih luas.

  • Produk kecantikan

Sebenarnya produk kecantikan tidak identik dengan bulan ramadhan, namun peluang usaha satu ini bisa dikembangkan menjadi lebih besar meskipun bulan puasa berakhir. Produk kecantikan seperti lipstik, bedak, serum dan lain – lain tetap jadi incaran di bulan puasa. Alasan sederhananya karena ingin tetap cerah dan glowing meski sedang menahan puasa.

Jadi, jika kamu ingin menjual produk kecantikan, maka kamu harus pikirkan ide kreatif agar ketika jualan produk kecantikan, kamu bisa menjadikannya usaha kreatif di bulan puasa, kamu juga bisa gunakan analisa pasar dengan metode SWOT agar bisnis kamu lancar.

Ide jualan bulan puasa seperti produk kecantikan ini bisa jadi gebrakan baru untuk usaha kamu, karena peluangnya jangka panjang dan kebutuhan pasarnya selalu ada.

  • Rental mobil

Bagi orang – orang yang memiliki kampung halaman, pasti akan mudik saat menjelang lebaran, nah jika kamu punya banyak kendaraan, tidak ada salahnya menjual jasa rental mobil untuk lebaran. Selain pulang kampung, tujuan rental mobil biasanya digunakan untuk berwisata dan berziarah.

Kamu bisa menyewakan rental mobil dengan sistem booking online bisa menggunakan nomor whatsapp atau menggunakan website dan postingan di sosial media untuk membuka jasa rental mobil ini.

  • Frozen Food

Siapa yang suka makan frozen food? Makanan simpel ini bisa jadi makanan yang di stok banyak selama bulan puasa. Saat sahur kamu tinggal menggorengnya ataupun saat berbuka.

Ada berbagai macam frozen food seperti sosis, baso, dimsum dan lain – lain, ide jualan bulan puasa ini bisa dibilang sangat menjanjikan.

  • Parcel Ramadhan

Di Indonesia saling kirim parcel ramadhan sudah jadi tradisi, namun banyak orang yang mencari penjual parcel karena ingin membeli yang simple dan tidak perlu repot merangkai.

Jika kamu membuka jasa parcel di bulan puasa, maka selamat kamu bisa kebanjiran orderan, namun jangan sampai pembuatannya asal – asalan ya, kamu harus membuatnya lebih menarik dan unik agar pelanggan bisa repeat order di kemudian hari.

  • Jasa custom amplop

Bulan puasa usai, lebaran tiba. Biasanya di momen lebaran ini ada yang namanya bagi – bagi tunjangan hari raya atau THR. Untuk memberikan THR kurang lengkap rasanya jika tidak menggunakan amplop. Walaupun seperti ide bisnis biasa, namun amplop custom akan jadi unik di bulan puasa karena amplopnya bisa disesuaikan dengan siapapun yang akan menerima THR.

Jadi jika kamu punya bakat design, kamu bisa sekalian buka jasa amplop lebaran custom ini, dijamin peluang bisnis satu ini bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan.

  • Masker edisi lebaran

Walaupun pandemi telah berakhir dan kasusnya sudah mulai mereda, masker masih menjadi kebutuhan yang tak terlupakan dan tetap dicari di bulan Ramadhan.

Kamu bisa menjadikan peluang bisnis ini unik dan kreatif, jika kamu bisa membuat masker yang senada dengan baju busana muslim untuk hari raya lebaran.

  • Cleaning service

Siapa yang rumahnya di tinggal mudik dan ditinggalkan ART atau asisten rumah tangga? Biasanya orang – orang ini akan mempekerjakan cleaning service untuk menjaga rumahnya tetap bersih meski ditinggalkan lama.

  • Jualan kue kering

Sekarang ini, kue kering sudah bermunculan selama bulan puasa dan saat mendekati lebaran. Banyak yang membeli kue kering untuk dijadikan suguhan bagi tamu yang datang.

Dengan pangsa pasar yang lumayan banyak, kamu bisa menjual kue kering ini secara online dan menggunakan pengiriman kurir agar pesanan sampai ke tangan pelanggan dengan selamat.

Selain untuk suguhan banyak juga yang membeli kue kering untuk hampers atau parsel lebaran. Gimana sangat menjanjikan ya peluang bisnis satu ini.

  • Katering makanan

Katering makanan, salah satu peluang bisnis yang sudah umum sekali dan banyak bermunculan saat bulan puasa. Katering makanan ini bisa kamu buka secara online dengan pemesanan dan siap antar memakai kurir, maupun secara offline dengan membuka lapak di tempat – tempat makanan.

Walaupun saingannya banyak, tapi katering makanan ini punya peluang bisnis yang menjanjikan karena bisa dijual selama 24 jam, saat sahur hingga sore menjelang berbuka.

Selain ide jualan online, ada juga ide jualan offline yang gak kalah menjanjikan dan punya potensi keuntungan yang besar. Jika kamu tertarik untuk membuka bisnis hanya saat bulan ramadhan, maka ide – ide bisnis ini bisa kamu lakukan.

Baca juga : Cara Jualan Online Untuk Pemula, Dijamin Laris Manis !

14 Ide Jualan Offline Saat Bulan Puasa

  • Jualan takjil

Jika kamu ingin jualan di bulan puasa yang laris maka ide jualan takjil adalah jawabannya. Kamu bisa berjualan takjil seperti bubur sumsum dan kolak atau makanan gurih dan manis lainnya yang selalu dirindukan pada saat bulan puasa.

Karena kebutuhannya selalu ada setiap hari, maka peluang bisnis satu ini bisa sangat laris, apalagi jika kamu membuka lapak di tempat yang strategis.

  • Jualan minuman segar

Minuman segar adalah salah satu jualan dengan keuntungan besar kedua setelah jualan takjil, karena setelah berpuasa, banyak orang yang mencari minuman segar untuk bisa menyegarkan tenggorokannya dari rasa haus. Nah jika kamu akan berjualan minuman segar, maka bersiaplah kebanjiran untung besar.

  • Jualan Kelapa Muda

Kelapa muda menjadi pilihan bagi banyak orang untuk melepas dahaga setelah seharian berpuasa. Tak jarang orang dengan modal minim memulai usaha jualan kelapa muda ini di bulan puasa karena tidak memerlukan modal yang besar. Selain itu, skill yang dibutuhkan pun tidak begitu sulit, kamu hanya perlu memiliki skill mengupas kelapa muda yang mudah untuk dipelajari.

  • Jualan ketupat

Walaupun sebagian masyarakat Indonesia bisa membuat ketupat tapi karena repot banyak juga yang akhirnya membeli, ketupat sangat dibutuhkan di momen puasa maupun lebaran.

Coba bayangkan makan opor tanpa ketupat seperti makan sayur tanpa garam, kurang nikmatnya.

Karena pangsa pasarnya ada, kamu bisa berjualan ketupat di rumah saja tanpa harus membuka lapak juga lho.

  • Jualan es buah

Sama seperti ide jualan minuman segar lainnya, es buah juga jadi primadona saat berburu takjil, kesegaran es yang manis dengan buah – buahan segar memang tak tertandingi. Nah jika kamu mau jualan es buah, bisa banget membuka lapak dan siap untuk mendapatkan cuan yang banyak.

  • Penitipan kendaraan

Saat bulan puasa, banyak orang yang mudik dengan menggunakan transportasi umum, sehingga kendaraan pribadi di simpan di rumah, namun terkadang banyak juga yang khawatir kendaraannya hilang, makanya peluang bisnis ini hadir sebagai solusi, jika kamu punya lahan yang luas dan aman digunakan, membuka jasa penitipan kendaraan bisa jadi pilihan bisnis menjanjikan.

  • Usaha laundry

Saat bulan puasa, terkadang sebagian masyarakat merasa lelah untuk mencuci pakaiannya sendiri, maka mereka lebih banyak mencari laundry.

Peluang bisnis ini bisa sangat menjanjikan dan bisa dijadikan usaha jangka panjang juga lho.

  • Jualan puding

Puding salah satu makanan manis yang bisa jadi takjil saat berbuka puasa. Sama seperti jualan takjil maupun jualan minuman segar, jualan puding punya potensi keuntungan yang besar pula.

  • Jasa jahit

Tradisi menjahit baju lebaran sudah ada saat menjelang bulan puasa, beberapa keluarga di Indonesia menggunakan jasa jahit untuk menjahit pakaian yang sama, sehingga saat lebaran satu keluarga punya seragamnya.

Jika kamu punya skill dan kemampuan jahit, peluang bisnis ini bisa sangat menjanjikan, apalagi dalam satu bajunya kamu bisa menghasilkan 300 – 500 ribu rupiah.

  • Jasa oleh oleh khas

Oleh – oleh khas itu bisnis jangka panjang, tidak hanya musiman saat bulan puasa saja, banyak masyarakat yang mencari jajanan atau oleh – oleh khas untuk dibawa mudik atau pulang kampung.

Dan tradisi ini terus ada sampai sekarang. Jika kamu menjual oleh – oleh khas, kamu bisa membuka bisnis ini untuk waktu yang lama, dan keuntungannya pun lumayan menjanjikan.

  • Jajanan pasar

Jajanan pasar seperti kue basah, gorengan risol isi, kue kering dan snack – snack yang dijual dipasar bisa jadi ide jualan bulan puasa yang laris, karena bulan puasa itu surganya jualan makanan. Kamu bisa menjual jajanan pasar ini dan mendapatkan keuntungan.

Bahkan jajanan pasar tidak hanya bisa kamu jual di bulan puasa saja lho, hari – hari biasa juga tetap laku.

  • Hidangan sahur

Banyak masyarakat yang ingin menyantap sahur dengan instan dan simple, sehingga hidangan sahur pasti akan dicari. Jika kamu pintar memasak, ide jualan bulan puasa ini bisa kamu coba.

  • Jasa penukaran uang

Penukaran uang makin marak saat bulan puasa, apalagi sekarang ada uang dengan design baru yang pasti jadi incaran untuk masyarakat dalam tradisi angpau atau THR lebaran.

Kamu bisa menjajal bisnis ini dan mendapatkan keuntungan yang lumayan.

Nah itulah beberapa ide jualan bulan puasa baik online maupun offline yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan saat bulan Ramadhan.

(Visited 3,137 times, 1 visits today)
Close