Written by 7:38 am Bisnis Offline

10 Ide Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga di Desa Terbaik 2024

Ide Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga di Desa

Kata siapa tinggal di pedesaan banyak tertinggal? di era serba digital, banyak masyarakat desa juga sudah melek digital lho, disamping itu banyak peluang usaha yang terbuka lebar untuk dijalani seperti artikel sebelumnya 50+ Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal.

Apalagi sudah banyak masyarakat yang membuka peluang usaha dengan bisnis UMKM. Semua usaha ini tak pandang bulu lho, dari muda hingga tua, dari yang kerja kantoran hingga ibu rumah tangga. 

Jika saat ini kamu masih belum memulai usaha meskipun di desa, kesempatannya masih sangat luas lho, cari tau apa yang dibutuhkan masyarakat di desa kamu, lalu buatlah bisnis dari survey tersebut. 

Terlebih jika kamu adalah seorang ibu rumah tangga, yang ingin mencari tambahan penghasilan, membuka usaha di desa adalah salah satu pilihan yang bisa menguntungkan. 

Ada banyak rekomendasi ide usaha untuk ibu rumah tangga di desa yang bisa di coba untuk dijadikan usaha sampingan bahkan usaha utama.  

10 Peluang usaha untuk ibu rumah tangga di desa

Berikut ini adalah peluang usaha untuk ibu rumah tangga di desa yang bisa jadi acuan untuk kamu menentukan mau menjalankan bisnis seperti apa. 

Baca juga : Ide Usaha Online Modal Kecil Yang Menguntungkan

1. Petani

Sebagai ibu rumah tangga yang tinggal di desa, menjadi petani masih jadi incaran untuk menghasilkan pundi – pundi rupiah lho, karena dalam sekali panen saja kamu bisa mengantongi jutaan hingga puluhan juta rupiah. Ada banyak jenis petani, dari mulai petani padi, sayur dan lain sebagainya.

Menjadi petani juga tidak ketinggalan jaman lho, karena demand dari produknya masih banyak dibutuhkan, selain itu di era digital  banyak petani yang go online, yang menjajakan hasil taninya seperti umbi – umbian, sayuran, beras dan lain sebagainya di platform atau merchant online. Dengan begitu, keuntungan pun semakin lebih besar mengingat setiap harinya ada saja yang memesan kepada kamu. 

2. Pengepul Hasil Tani

Jika kamu tidak memiliki lahan untuk membuka bisnis pertanian, namun kamu memiliki kemampuan di bidang pertanian, menjadi pengepul hasil tani bisa jadi usaha menjanjikan bagi ibu rumah tangga. 

Tidak hanya keuntungan yang besar tapi kamu juga jadi wadah untuk membantu para petani agar lebih mudah menjual hasil pertaniannya. 

Selain dijual ke pasar di kota – kota besar atau kota terdekat kamu, jika hasil tani yang kamu kumpulkan memiliki kualitas yang bagus, kamu bisa menjualnya ke beberapa supermarket, dan margin harganya bisa menjadi lebih tinggi. 

3. Menjual Sayuran Segar [Membuka warung atau sayur keliling]

Bagi sebagian masyarakat di desa membeli sayuran segar biasanya harus pergi ke pasar dan jaraknya cukup jauh dari rumah, dengan kamu membuka usaha untuk ibu rumah tangga di desa sebagai penjual sayuran segar, justru membuka peluang besar untuk menambah pundi – pundi rupiah. 

Karena kebanyakan masyarakat pasti akan membeli sayuran segar kepada kamu dibandingkan mereka harus pergi jauh – jauh ke pasar, jangan lupa harga sayuran segarnya jangan terlalu mahal, bisa lebih mahal sedikit dari harga standarnya agar jualan kamu terkenal dan bisa laris di masyarakat. 

4. Buka warteg atau warung makan matang

Masyarakat di desa meskipun daya konsumtifnya terbilang rendah, tapi membuka warung masakan matang bisa jadi ide usaha untuk ibu rumah tangga di desa, karena beberapa sektor yang ada di desa membutuhkan warung makan ini sebagai kemudahan ketika mencari masakan matang untuk makan sehari – hari. 

Bahkan omsetnya terbilang cukup menjanjikan, jika ramai dalam sehari kamu bisa mengantongi ratusan hingga jutaan rupiah.

5. Toko Sembako ala Grosir 

Akses masyarakat desa untuk mendapatkan kebutuhan pokok terbilang cukup jauh karena harus pergi ke pasar maupun supermarket yang jaraknya lumayan jauh dari desa. Jika kamu membuka toko sembako ala grosir, kamu bisa menjadi toko impian masyarakat di desa, karena banyak dari mereka pasti berbelanja ke toko kamu.

Membuka toko sembako ala grosir ini juga peluang yang menjanjikan, karena potensi keuntungannya bisa sampai jutaan rupiah per hari lho, apalagi toko kamu jadi incaran bagi pemilik warung – warung kecil untuk berbelanja kebutuhan mereka berdagang.

Baca juga : 15 Usaha Rumahan Yang Cocok Untuk Pemula & Tidak Ada Matinya

6. Agen Pulsa, PLN hingga PDAM

Karena kemajuan teknologi, sekarang banyak orang yang memanfaatkan handphonenya untuk membayar pulsa, PLN hingga PDAM, namun ada beberapa masyarakat di desa yang belum bisa menggunakan kemudahan tersebut, sehingga jika kamu berjualan sebagai agen pulsa yang bisa transfer uang, transfer pembayaran PLN, tentu akan jadi kemudahan bagi masyarakat desa, kamu bisa mengambil keuntungan dari admin setiap transaksi yang dilakukan mulai dari 2500 hingga 5000 rupiah dalam sekali transaksi.

7. Membudidayakan Ternak Hewan

Ide usaha untuk ibu rumah tangga di desa adalah dengan ternak hewan, selain lahannya yang masih luas, ternak hewan menjadi salah satu sampingan yang cukup menjanjikan. Kamu hanya perlu mengerti bagaimana perawatan hewan hingga kandangnya, pemberian makan dan vaksin serta kebutuhan lainnya.

Biasanya ada dari pejabat desa yang membantu sosialisasi kesehatan hewan ternak juga, sehingga kamu bisa menjaga usaha ini tetap sehat. Apalagi jika kamu ternak hewan seperti ayam yang memang setiap harinya banyak yang membutuhkan. Sedangkan jika kamu ternak sapi dan kambing saat hari raya idul adha kamu bisa mendapatkan keuntungan besar.

8. Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam adalah salah satu usaha untuk ibu rumah tangga di desa, dengan adanya koperasi ini banyak masyarakat yang terbantu, namun kamu tetap harus memperhatikan aturan dan syarat administrasinya agar tetap legal dan ditaati oleh masyarakat yang berpartisipasi. Namun dengan membuka koperasi simpan pinjam, kamu harus lebih berhati – hati dalam membuat peraturan agar tidak membuat kamu rugi.

9. Rental Komputer, PS dan Fotokopi

Bagi masyarakat desa perangkat elektronik seperti komputer susah dimiliki bahkan jarang ada yang memilikinya di rumah, oleh karena itu membuka rental komputer bisa jadi alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Selain rental komputer, ada pula rental PS yang digemari oleh anak – anak di desa karena jarang ada anak – anak yang memiliki PS di rumah.

Dalam urusan dokumen, tentu setiap masyarakat desa harus memiliki dokumen fotokopi, dengan membuka usaha fotokopi selain menguntungkan kamu juga memberikan kemudahan bagi masyarakat desa untuk urusan dokumen – dokumen penting.

10. Salon Kecantikan

ide usaha untuk ibu rumah tangga di desa berikutnya adalah salon kecantikan, bagi masyarakat di desa pergi ke salon adalah hal yang jarang dilakukan karena harus pergi ke kota untuk mendapatkan pelayanan salon.

Baca juga : 20 Contoh Kata – Kata Promosi Make Up di IG

Nah kamu bisa membuka jasa layanan salon kecantikan di desa, untuk membantu masyarakat desa dalam merawat kecantikannya.

Nah itulah beberapa ide usaha untuk ibu rumah tangga di desa yang bisa kamu coba untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan menguntungkan dalam setiap bulannya. Selain itu dengan membuka salon kecantikan kamu juga bisa mengasah skill perawatan kecantikan kamu.

(Visited 1,277 times, 8 visits today)
Close