Written by 6:03 am Bisnis Offline

Cara Memulai Usaha Rental Mobil, Peluang dan Tantangannya

Cara Memulai Usaha Rental Mobil, Peluang dan Tantangannya

Cara memulai usaha rental mobil cukup mudah dilakukan. Jasa usaha rental mobil saat ini memang mempunyai potensi usaha yang menjanjikan. 

Bagaimana potensi bisnisnya? Simak artikel ini sampai habis ya. 

Melihat Potensi Peluang Usaha Rental Mobil Yang Menggiurkan

Bisnis rental mobil ini tidak hanya dibutuhkan di sekitar kota saja bahkan di pedesaan pun usaha ini menggiurkan karena memang demand yang membutuhkan cukup banyak. 

Apalagi di hari – hari besar nasional, hari liburan sekolah, atau hari raya umat beragama pasti usaha rental mobil ini laris, karena banyak yang menggunakannya untuk pulang kampung atau berwisata. 

Atau pun event atau acara – acara tertentu juga bisa jadi peluang jasa rental mobil ini laku di pasaran. 

Dengan potensi yang menggiurkan ini maka usaha rental mobil bisa dilakukan meskipun kamu pemula. 

Dibalik potensi keuntungannya yang menggiurkan, dan demand yang besar terhadap rental mobil, ada beberapa alasan kenapa usaha rental mobil mempunyai potensi yang menggoda. 

Usaha Rental Mobil Bisa Dimulai Tanpa Modal

Cara memulai usaha rental mobil tidaklah sulit bahkan kamu bisa mulai bisnis ini tanpa modal. 

Memang, usaha rental mobil membutuhkan mobil sebagai alat yang dibutuhkan dalam usaha ini, namun mobil bukanlah perkara barang murah, kamu perlu biaya yang tinggi untuk membeli mobil.

Namun, membuka usaha rental mobil bisa dimulai tanpa modal, misalnya salah satu keluarga kamu memiliki mobil, kamu bisa mengajaknya untuk membuka bisnis ini. 

Keuntungannya bisa sharing profit sesuai kesepakatan.

Keuntungan Usaha Rental Cukup Besar

Keuntungan usaha rental mobil ini potensinya cukup tinggi. Apalagi jika bisnis dijalankan dengan strategi yang tepat. Kamu bisa memanfaatkan lingkungan sekitar untuk mengetahui bagaimana potensi usaha rental mobil ini. 

Bahkan sekarang banyak usaha rental yang menggunakan aplikasi, atau word of mouth untuk mendatangkan pelanggan. 

Bukan tidak mungkin dalam satu bulan kamu bisa mendapatkan keuntungan besar. 

Target pasarnya luas 

Rental mobil ini bisa dibilang bisa dijangkau oleh masyarakat manapun, dengan begitu target market kamu jadi lebih luas dan beragam. 

Kamu bisa mengincar ibu – ibu pengajian, mengincar gathering keluarga dan masih banyak lainnya. 

Selain disewakan kepada perorangan, kamu juga bisa menyewakan atau memasarkan rental mobil ini kepada perusahaan yang membutuhkan. 

Mudah Mengelola Bisnisnya 

Potensi keuntungan usaha rental mobil memang besar dan tinggi, oleh karena itu layak untuk dicoba sebagai bisnis.

Selain itu, rental mobil juga mudah mengelolanya, kamu tidak perlu sistem yang ribet untuk mengelola bisnisnya.

Kamu hanya perlu admin untuk membalas chat pelanggan yang ingin pakai jasa rental mobil, selain itu, kamu juga hanya perlu membuat syarat dan ketentuan seperti jaminan KTP sebagai tanda untuk menyewa mobil.

Nah itu lah potensi usaha rental mobil, dari potensi diatas kamu bisa mengetahui cara memulai usaha rental mobil yang sederhana tapi keuntungannya besar.

Cara memulai usaha rental mobil tidak perlu ribet – ribet, dengan potensi diatas kamu hanya perlu persiapkan mobil untuk direntalkan dan beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh pelanggan kamu.

Meskipun cara memulai usaha rental mobil terbilang mudah dilakukan, namun yang namanya bisnis pasti ada halangan dan rintangan yang harus dilewati.

Tantangan Yang Harus Di Antisipasi Para Pemula

Meskipun cara memulai usaha rental mobil mudah dan bisnisnya pun mudah dikelola, tantangan di depan pasti ada.

Apalagi jika kamu pemula di bidang ini, kamu harus mengantisipasi tantangan – tantangan yang bisa saja terjadi.

Berikut ini adalah beberapa tantangan yang harus diantisipasi oleh para pemula di bisnis rental mobil.

Rawan Penipuan dan Pencurian

Penipuan dan pencurian memang jadi tantangan bagi usaha rental mobil. Oleh karena itu cara memulai usaha rental mobil yang aman adalah dengan menghindari penipuan dan pencurian dengan memang GPS pada kendaraan. Selain itu sebagai jaminan sewa, kamu juga perlu meminta identitas penyewa seperti KTP, KK hingga bukti domisili tinggal.

Rentan Kerusakan Mobil

Namanya juga menyewakan mobil untuk dikendarai oleh orang lain. Rentan kerusakan bisa jadi tantangan yang harus dilewati. Oleh karena itu perlu perjanjian diawal dengan penyewa apabila terjadi kerusakan maka penyewa wajib mengganti rugi.

Dengan demikian, penyewa pasti akan dengan hati – hati membawa mobil yang ia sewa dari bisnis kamu.

Selain itu kamu juga bisa menjaga mobil dengan mendaftarkan asuransi mobil, agar jika terjadi apa – apa, ada asuransi mobil sebagai solusinya, karena oknum yang tidak bertanggung jawab akan selalu ada.

Rentan Kecurangan dari Penyewa

Tantangan berikutnya adalah rentang kecurangan, biasanya penyewa mangkir dalam melakukan pembayaran, oleh karena itu wajib untuk membayar diawal untuk menghindari kecurangan seperti ini.

Jika pun perlu DP terlebih dahulu, pastikan membuat perjanjian diatas materai.

Penyewa Melebihi Jam Sewa

Bisnis rental mobil memang terkadang bergantung pada kondisi perjalanan, meskipun sudah ada ketetapan jam sewa, pasti ada saja pelanggan yang melebihi jam sewa entah karena kondisi macet atau ada sebab lainnya.

Hal tersebut bisa mengganggu jadwal rental mobil lainnya, karena pelanggan yang lain bisa saja menunggu mobil yang masih di pakai oleh pelanggan yang seharusnya sudah mengembalikan mobil.

Oleh karena itu, sebagai solusi kamu perlu memberitahukan jam berapa mobil harus diantarkan kembali, jika melebihi batas misalnya dalam sejam akan dikenai tarif sekian ratus ribu.

Maka pelanggan akan mengembalikan mobil sesuai dengan jam sewa yang sudah ditentukan sebelumnya.

Mobil Kotor

Mobil yang disewakan biasanya dikembalikan dalam keadaan kotor, dan hal tersebut biasa dijumpai di bisnis rental mobil.

Sebagai pemilik bisnis tentu saja kamu rugi, karena perlu waktu membersihkan mobil yang kotor, dan waktunya pun tidak sedikit.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu menerapkan sistem deposit, dimana penyewa mobil akan memberikan jaminan agar mobil dikembalikan dalam keadaan bersih seperti awal disewa.

Kompetisi Bisnis yang Ketat

Karena usaha rental mobil ini terbilang mudah dimulai, banyak bisnis seperti ini. Sehingga kompetitor bisnis pun banyak.

Kamu harus melek terhadap persaingan agar tidak kalah dengan kompetitor.

Mulailah memberikan pelayanan terbaik yang tidak pelanggan temukan di tempat lain.

Dari mulai pelayanan customer service, pelayanan booking rental mobil, diakon, promk, dan cashback yang bisa menarik perhatian pelanggan nantinya.

Kamu juga bisa menerapkan sistem membership agar pelanggan bisa menikmati berbagai promo lainnya yang lebih menarik.

Jangan lupa untuk memanfaatkan sosial media agar usaha rental bisnis kamu semakin terdepan dibandingkan kompetitor lainnya. Apalagi di era sekarang banyak orang yang mencari apapun serba online maka kamu bisa membuat akun sosial media untuk usaha rental mobil agar  menjangkau lebih banyak audiens lagi

Perhitungan Modal, Keuntungan Dan BEP (Break Even Point)

1. Modal Awal:

  • Pembelian mobil: Rp 200.000.000 (misalnya untuk mobil jenis sedan)
  • Biaya operasional awal (administrasi, iklan, dll): Rp 10.000.000
  • Biaya perawatan awal: Rp 5.000.000

Total Modal Awal: Rp 215.000.000

2. Biaya Operasional Bulanan:

  • Gaji karyawan (misalnya 2 orang): Rp 4.000.000
  • Biaya perawatan: Rp 1.000.000
  • Biaya lain-lain (seperti iklan, administrasi, dll): Rp 1.000.000

Total Biaya Operasional Bulanan: Rp 6.000.000

3. Pendapatan: Misalkan Anda menyewakan mobil dengan tarif Rp 300.000 per hari. Jika mobil disewa selama 20 hari dalam sebulan:

Pendapatan Bulanan: 20 hari x Rp 300.000 = Rp 6.000.000

4. Keuntungan Bulanan: Pendapatan Bulanan – Biaya Operasional Bulanan = Rp 6.000.000 – Rp 6.000.000 = Rp 0 (tidak ada keuntungan atau kerugian)

5. Break Even Point (BEP): Modal Awal / Keuntungan Bulanan = Rp 215.000.000 / Rp 0 = Tidak dapat dihitung (karena keuntungan bulanan adalah Rp 0)

Namun, jika Anda dapat meningkatkan jumlah hari penyewaan atau menaikkan tarif sewa, Anda bisa mendapatkan keuntungan dan menghitung BEP dengan lebih tepat.

Misalnya, jika mobil disewa selama 25 hari dalam sebulan dengan tarif yang sama:

Pendapatan Bulanan Baru: 25 hari x Rp 300.000 = Rp 7.500.000 Keuntungan Bulanan Baru: Rp 7.500.000 – Rp 6.000.000 = Rp 1.500.000 BEP: Rp 215.000.000 / Rp 1.500.000 = 143,33 bulan atau sekitar 12 tahun

Dengan demikian, Anda memerlukan sekitar 12 tahun untuk mencapai titik impas dengan asumsi di atas. Tentu saja, ini hanyalah perhitungan kasar dan Anda perlu mempertimbangkan banyak faktor lain seperti depresiasi mobil, fluktuasi harga, dan lain-lain saat membuat rencana bisnis yang lebih rinci.

Tips Agar Orang Mau Menyewa Terus Ditempat Kita

Agar orang tertarik untuk menyewa mobil di tempat Anda, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

  1. Kualitas Mobil: Pastikan mobil yang Anda sewakan selalu dalam kondisi prima. Mobil harus bersih, bebas dari masalah teknis, dan terawat dengan baik.
  2. Harga Bersaing: Tawarkan harga yang kompetitif. Anda bisa melakukan survei pasar untuk mengetahui tarif rental mobil di daerah Anda dan menyesuaikan harga Anda sesuai dengan kualitas layanan yang Anda tawarkan.
  3. Promosi: Lakukan promosi secara rutin, baik melalui media sosial, website, atau media lainnya. Anda bisa menawarkan diskon khusus untuk penyewaan jangka panjang atau pada hari-hari tertentu.
  4. Pelayanan Prima: Berikan pelayanan yang ramah dan cepat respons. Pelanggan akan merasa dihargai dan memiliki kesan positif terhadap bisnis Anda.
  5. Lokasi Strategis: Jika memungkinkan, pilihlah lokasi yang mudah diakses dan dikenal oleh banyak orang.
  6. Variasi Jenis Mobil: Tawarkan berbagai jenis mobil, dari yang ekonomis hingga mewah, agar pelanggan memiliki banyak pilihan sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka.
  7. Transparansi: Pastikan tidak ada biaya tersembunyi. Jelaskan semua biaya yang mungkin dikenakan kepada pelanggan sejak awal.
  8. Testimoni dan Ulasan: Mintalah pelanggan Anda untuk memberikan testimoni atau ulasan setelah menggunakan jasa Anda. Ulasan positif akan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan baru.
  9. Kerjasama dengan Mitra Bisnis: Anda bisa bekerja sama dengan hotel, agen perjalanan, atau bisnis lainnya untuk memberikan paket khusus atau diskon bagi pelanggan mereka yang ingin menyewa mobil.
  10. Asuransi dan Keamanan: Tawarkan asuransi untuk mobil yang disewa. Hal ini akan memberikan rasa aman bagi pelanggan dan mengurangi risiko kerugian bagi Anda.
  11. Sistem Pemesanan yang Mudah: Buatlah sistem pemesanan yang mudah, cepat, dan dapat diakses melalui berbagai platform, seperti website, aplikasi, atau media sosial.
  12. Pelatihan Karyawan: Latih karyawan Anda untuk memberikan pelayanan terbaik, mulai dari proses pemesanan hingga pengembalian mobil.
  13. Update Teknologi: Gunakan teknologi terbaru, seperti GPS, aplikasi pemesanan, atau sistem keamanan canggih, untuk meningkatkan kualitas layanan Anda.

Dengan menerapkan tips di atas, Anda dapat meningkatkan daya tarik bisnis rental mobil Anda dan menarik lebih banyak pelanggan.

Nah itulah beberapa tantangan cara memulai usaha rental mobil yang biasa terjadi, meskipun tantangan selalu ada, pastikan kamu sudah menyiapkan solusi untuk melewati tantangan – tantangan yang ada di bisnis ini.

(Visited 642 times, 1 visits today)
Close