Written by 12:17 am Bisnis Offline

Peluang Usaha Cafe Modal 5 Juta, Rincian & Strateginya

Peluang Usaha Cafe Modal 5 Juta, Rincian & Strateginya

Ingin punya bisnis cafe tapi modal hanya 5 juta? kira – kira cukup gak ya?

Saat ini, peluang bisnis di era sekarang memang sangat bervariasi, kamu bisa memilih banyak ide bisnis apa saja sesuai dengan modal yang kamu punya.

Lantas, bagaimana jika kamu ingin membuat sebuah cafe, tapi modal kamu hanya 5 juta saja, apakah dengan 5 juta cafe kamu bisa berjalan dengan lancar tanpa terkendala biaya?

Membuat sebuah cafe memang susah – susah gampang, kamu harus punya ide anti mainstream agar berbeda dengan konsep toko yang sudah ada di pasaran.

Namun terkadang untuk membuat konsep ide cafe yang unik dan menarik harus mengeluarkan banyak biaya, sedangkan modal kamu terbatas di 5 juta saja.

Sebagai gambaran untuk usaha cafe modal 5 juta, berikut ini kamo rincikan modal 5 juta bisa kamu gunakan untuk apa saja agar cafe yang kamu rintis bisa launching untuk pertama kalinya dan bahkan bisa berkembang.

Apakah Usaha Cafe Adalah Bisnis Yang Menjanjikan ?

Pertanyaan ini tentu tidak memiliki jawaban yang pasti karena banyak faktor yang dapat mempengaruhinya. Namun, cafe dapat menjadi usaha yang menjanjikan jika dijalankan dengan baik dan mempertimbangkan beberapa faktor penting seperti lokasi, konsep, target pasar, kualitas makanan dan minuman, manajemen keuangan yang baik, serta strategi pemasaran yang efektif.

Beberapa alasan mengapa usaha cafe dapat menjadi menjanjikan antara lain:

  1. Popularitas: Cafe merupakan tempat populer untuk bersantai, bekerja, atau berkumpul bersama teman dan keluarga. Hal ini membuat cafe menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh banyak orang.
  2. Diversifikasi Produk: Cafe memiliki peluang untuk menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman, mulai dari kopi, teh, kue, makanan ringan, hingga makanan berat. Diversifikasi produk ini dapat menarik lebih banyak pelanggan.
  3. Trend Kopi: Minuman kopi menjadi tren yang terus meningkat di berbagai kalangan masyarakat, terutama kalangan muda. Cafe yang menawarkan berbagai varian kopi dan inovasi minuman kopi dapat menarik pelanggan yang beragam.
  4. Tempat Nongkrong: Cafe juga berfungsi sebagai tempat nongkrong yang nyaman dan santai bagi banyak orang. Faktor ini membuat cafe menjadi tempat yang menarik untuk bertemu dengan orang-orang dan menciptakan pengalaman sosial.

Namun, perlu diingat bahwa bisnis cafe juga memiliki tantangan dan risiko seperti persaingan yang ketat, fluktuasi biaya bahan baku, dan manajemen operasional yang kompleks. Suksesnya usaha cafe bergantung pada bagaimana pemilik cafe dapat mengatasi tantangan tersebut dan mengelola bisnis dengan baik.

Sebelum memulai usaha cafe, penting untuk melakukan riset pasar yang menyeluruh, membuat rencana bisnis yang matang, dan mempertimbangkan modal yang diperlukan. Selain itu, memiliki passion dan dedikasi dalam mengelola cafe juga merupakan faktor penting untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis ini.

Rincian Modal 5 Juta Untuk Usaha Cafe

✅ Kompor beserta tabung gasRp. 450,000
✅ Alat makan 12 setRp. 550,000
✅ 1 set meja 4 kursiRp. 1,600,000
✅ Alat kebersihanRp. 100,000
✅ Papan NamaRp. 55,000
✅ Dekorasi SederhanaRp. 100,000
✅ Wajan 1 setRp. 250,000
✅ Kopi LokalRp. 175,000
✅ Coklat bubukRp.70,000
✅ Susu bubuk full creamRp.75,000
✅ Gula pasirRp. 30,000
✅ Roti tawarRp. 180,000
✅ Topping roti (meses, keju, dll)Rp. 150,000
✅ Lain – LainRp. 715,000

Usaha cafe modal 5 juta bukanlah hal mustahil, kamu bisa memulai usaha hanya dengan modal terbatas, namun usaha tetap bisa berkembang. Berikut ini adalah rincian usaha cafe modal 5 juta, yaitu :

1. Lokasi Cafe

Yang perlu kamu perhatikan adalah lokasi untuk membangun cafe, terkadang sewa lapak atau ruko untuk cafe membutuhkan biaya yang banyak.
Oleh karena itu kamu perlu mencari lokasi yang pas dengan budget yang sesuai.

Biasanya ada tempat usaha cafe untuk coffee shop yang disewakan seharga 500,000 sampai 1,600,000 per bulannya. Misalnya kamu mengambil yang paling murah yaitu 500Ribu.

2.Persiapkan Alat dan Operasional

Jika lokasi sudah disewa, kamu tinggal persiapkan alat, bahan baku dan juga operasional.
Berikut adalah rincian biayanya;

a. Kompor beserta tabung gas senilai Rp.450,000
b. Alat makan 12 set senilai Rp. 550,000
c. 1 set meja 4 kursi (kamu bisa mulai dengan 3 – 4buah kursi) Senilai Rp.1,600,000
d. Alat kebersihan senilai Rp.100,000
e. Papan Nama senilai Rp.55,000
f. Dekorasi Sederhana Senilai Rp. 100,000
g. Wajan 1 set Senilai Rp.250,000

Total dari keseluruhan adalah Rp. 3,605,000

3. Bahan Baku

Jika kamu ingin membuka cafe sederhana, seperti coffee shop, kamu bisa membuat menu seperti kopi, coklat hangat atau dingin serta roti bakar.
Berikut adalah rincian bahan baku yang diperlukan;

a. Kopi Lokal senilai Rp175,000
b. Coklat bubuk senilai Rp.70,000
c. Susu bubuk full cream Rp.75,000
d. Gula pasir senilai Rp. 30,000
e. Roti tawar senilai Rp. 180,000
f. Topping roti (meses, keju, dll) senilai Rp. 150,000

Totalnya adalah Rp. 680,000

Sisa dari modal kamu yang 5 juta untuk membangun cafe adalah Rp.715,000

Sisa uang tersebut bisa kamu pakai untuk biaya promosi, bisa menggunakan buzzer yang dibayar per hari untuk meramaikan cafe, bisa sewa influencer dengan rate harga 200 hingga 300 ribu rupiah, atau promosi iklan di Instagram yang per harinya bisa dimulai dari harga Rp. 20,000 saja

Nah itulah rincian usaha cafe modal 5 juta saja. Lalu strategi seperti apa yang bisa kamu lakukan, untuk memulai cafe modal 5 juta ini.

Strategi Memulai Usaha Cafe Modal 5 Juta

Strategi yang bisa kamu lakukan untuk memulai usaha cafe modal 5 juta ini cukup ribet diawal, karena dengan biaya yang terbatas kamu harus memanfaatkannya agar bisa membangun cafe.

Berikut ini adalah strateginya;

1. Riset Target Pasar

Sama halnya seperti bisnis lainnya, usaha cafe modal 5 juta juga perlu riset target pasar, jangan sampai ketika kamu sudah membuka cafe, tapi lokasi tempat kamu berjualan tidak sesuai dengan target pasar yang kamu tuju, yang bisa menyebabkan cafe kamu sepi pelanggan.

Riset target pasar bisa dimulai dengan menentukan siapa target market kamu, bisa mahasiswa, bisa pegawai kantoran dan lain sebagainya.

Setelah itu kamu list atau survey kira – kira apa kebutuhan mereka.

Misalnya kamu menyasar pegawai kantoran, biasanya jam makan siang maupun sore mereka sudah mumet dengan kerjaan yang semakin numpuk, dan yang mereka cari adalah kopi sebagai penghilang penat.

Nah jika kamu jualan kopi di daerah kantoran, maka dijamin produk yang kamu jual bisa laku.

2. Tentukan Tema atau Konsep Cafe

Meskipun tema atau konsep cafe bisa sangat menguras biaya, kamu bisa mensiasatinya dengan menggunakan tema – tema simple yang hemat biaya. Misalnya kamu hanya perlu orname antik untuk membuat cafe kamu terlihat antik, bahkan dekorasinya bisa kamu buat handmade atau membeli dengan kisaran 100 hingga 200 ribu saja.

3. Rincikan Biaya Cafe

setelah kamu mengetahui target market dan juga tema cafe, langkah selanjutnya adalah merincikan besaran biaya membangun cafe, seperti yang sudah dibahas diatas

4. Promosikan Cafe

Ini adalah bagian penting dalam membangun cafe dengan modal yang  minim, kamu harus memanfaatkan modal yang tersisa untuk promosi cafe kamu agar pelanggan berdatangan.

Kamu bisa manfaatkan sosial media secara organik maupun berbayar dengan iklan atau bekerjasama dengan influencer.

Semakin kamu giat mempromosikan cafe, maka besar kemungkinan cafe kamu bisa ramai pengunjung.

Resiko Dalam Membuka Usaha Cafe

Membuka usaha cafe memiliki berbagai resiko yang perlu diperhatikan dan dihadapi dengan baik. Beberapa resiko utama dalam membuka usaha cafe antara lain:

  1. Persaingan yang Ketat: Industri cafe biasanya memiliki persaingan yang sangat ketat, terutama di daerah yang padat penduduk atau perkotaan. Banyak cafe lain yang menawarkan produk serupa, sehingga Anda harus memiliki keunggulan yang jelas untuk menarik pelanggan.
  2. Fluktuasi Biaya Bahan Baku: Biaya bahan baku seperti kopi, teh, makanan, dan minuman bisa mengalami fluktuasi yang signifikan tergantung pada pasokan dan permintaan. Fluktuasi ini dapat mempengaruhi margin keuntungan Anda dan menyulitkan perencanaan keuangan.
  3. Ketergantungan pada Cuaca: Cuaca yang buruk atau musim yang kurang menguntungkan bisa mempengaruhi kunjungan pelanggan ke cafe Anda. Pada hari-hari hujan atau musim yang sepi, pendapatan cafe bisa menurun.
  4. Pergantian Tren dan Selera Pelanggan: Selera dan tren pelanggan dalam hal makanan, minuman, dan dekorasi cafe bisa berubah dengan cepat. Jika Anda tidak mengikuti tren dan selera terbaru, cafe Anda mungkin kehilangan daya tarik.
  5. Masalah Kesehatan dan Keamanan: Usaha cafe harus memastikan kebersihan dan keamanan makanan agar terhindar dari masalah kesehatan atau klaim hukum dari pelanggan. Pelanggaran terhadap standar kesehatan bisa merusak reputasi dan mengakibatkan penurunan jumlah pelanggan.
  6. Manajemen Operasional yang Kompleks: Cafe membutuhkan manajemen operasional yang kompleks, terutama dalam hal persiapan dan penyajian makanan dan minuman. Jika manajemen tidak efisien, hal ini dapat menyebabkan kesalahan, pemborosan, dan penurunan kualitas produk.
  7. Modal dan Biaya Operasional: Membuka cafe memerlukan modal yang signifikan, termasuk biaya sewa tempat, peralatan, stok bahan baku, dan biaya operasional harian. Perlu memastikan bahwa bisnis cafe memiliki sumber pendanaan yang cukup untuk bertahan dalam jangka panjang.

Untuk menghadapi resiko ini, seorang pengusaha cafe perlu memiliki rencana bisnis yang matang, melakukan riset pasar yang menyeluruh, mengelola keuangan dengan bijaksana, mempekerjakan staf yang terampil, dan terus mengikuti perkembangan industri dan tren konsumen. Dengan persiapan yang baik dan manajemen yang efisien, resiko dalam membuka usaha cafe dapat diminimalisir dan kesempatan untuk sukses menjadi lebih besar.

Nah itulah strategi memulai usaha cafe modal 5 juta yang bisa kamu lakukan sebagai pemula. Selamat mencoba.

(Visited 832 times, 1 visits today)
Close