Written by 3:22 am Bisnis Offline

15++ Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Omset Jutaan

15++ Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Omset Jutaan

Sebagai Ibu rumah tangga, pasti kamu ingin menambah penghasilan uang. Namun kamu belum mengetahui Usaha Rumahan untuk Ibu rumah tangga itu apa saja. Padahal pilihan usaha untuk ibu rumah tangga itu banyak yang bisa ditekuni.

Usaha rumahan untuk ibu rumah tangga juga tidak kalah menguntungkan, kamu bisa berpotensi menghasilkan pemasukan besar hingga omset jutaan rupiah.

Namun terkadang menekuni usaha bagi ibu rumah tangga susah untuk membagi waktu luang yang tersisa, bentrok dengan kerjaan atau urusan rumah tangga yang belum selesai.

Tetapi jika usaha rumahan untuk ibu rumah tangga ini ditekuni dengan baik, maka omset jutaan rupiah bisa masuk kantong kamu.

Jika kamu penasaran apa saja usaha untuk ibu rumah tangga yang omsetnya bisa jutaan rupiah, simak rekomendasinya dalam artikel berikut ini.

15++ Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Rekomendasi usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang bisa kamu tekuni dan mendapatkan omset hingga jutaan rupiah. Berikut adalah daftarnya;

1. Usaha Rumahan Makanan & Minuman

Usaha Rumahan untuk ibu rumah tangga yang pertama adalah usaha rumahan makanan dan minuman. Ada berbagai jenis usaha rumahan di bidang makanan dan minuman, seperti berikut ini:

  • Jualan Frozen Food atau Makanan Beku

Jualan frozen food masih menjadi pilihan yang sangat menjanjikan untuk dijadikan usaha rumahan untuk ibu rumah tangga apalagi keuntungannya sangat fantastis.

Usaha rumahan frozen food ini bisa dimulai dengan modal yang minim, misalnya kamu menyetok 10 pcs terlebih dahulu untuk mengetes pasar. Setelah banyak pembeli kamu bisa menaikan stok frozen foodnya.

Biasanya modal di awal sekitar 650 ribu, namun jika usaha frozen food ini ditekuni kamu bisa mengantongi omset yang luar biasa 200 hingga 400 juta dalam perbulan, kuncinya konsisten jualan dan perbanyak stok sesuai kebutuhan pelanggan.

  • Jualan Katering Rumahan

Jika kamu hobi memasak dan masakan kamu cukup menjanjikan untuk dijual, maka kamu bisa memulai usaha katering rumahan.

Biasanya catering rumahan ini sangat populer dikalangan pekerja yang ingin makan enak tapi tidak punya waktu untuk memasak.

Modal awal untuk katering ini tergantung menu yang kamu sediakan bisa mulai dari 500 ribu hingga 3 juta rupiah.

Sedangkan omset dari usaha catering ini juga cukup menjanjikan sekitar 100 hingga 120 juta perbulannya.

  • Usaha Camilan Snack & Kue

Usaha rumahan untuk ibu rumah tangga berikutnya adalah usaha camilan snack dan aneka jenis kue. Usaha ini cocok banget dilakukan oleh ibu rumah tangga untuk mengisi waktu luang sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan.

Biasanya modal usaha snack & aneka jenis kue ini tidak besar. Kamu bisa buat sistem pre order sehingga akan membuat kue ketika ada pelanggan yang memesan saja.

Modal awal bisa mulai dari 300 hingga 1 juta tergantung kebutuhan, sedangkan omset per bulannya sekitar 40 juta rupiah.

  • Menjual Sayuran & Buah – Buahan

Menjual sayuran dan buah – buahan bisa kamu jadikan usaha rumahan untuk ibu rumah tangga  yang bisa laku setiap harinya, karena kebutuhan sayur mayur serta buah – buahan biasanya di cari setiap hari.

Untuk memulai usaha ini kamu butuh modal yang lumayan besar untuk menyetok sayur dan buah segar. Kamu bisa mulai bisnis ini dengan modal 1 jutaan.

Sedangkan omset yang bisa kamu dapatkan adalah sekitar 6 hingga 18 juta per hari. Bayangkan dalam satu bulan kamu bisa meraup keuntungan omset puluhan hingga ratusan juta rupiah.

  • Membuka Warung Makan

Membuka warung makan sederhana di depan rumah bisa jadi pilihan untuk kamu membuka usaha rumahan untuk ibu rumah tangga.

Biasanya warung makan ini diincar oleh para pekerja atau ibu rumah tangga yang malas memasak dan ingin membeli makanan yang sudah siap di makan.

Modal awalnya pun tidak besar kamu bisa mulai dengan 300 hingga 1 juta tergantung seberapa banyak menu yang kamu jual.

Untuk omset membuka warung makan ini juga cukup menjanjikan jika kamu tekuni setiap harinya, sekitar 6 hingga 20 juta dalam setiap bulannya.

  • Franchise Makanan

Jika kamu sering melihat makanan seperti kebab, pecel lele, burger, atau minuman yang berada di berbagai tempat, biasanya itu adalah bisnis franchise. Usaha rumahan omset jutaan rupiah ini bisa kamu coba lho, namun memang, kamu harus memiliki modal yang lumayan besar untuk memulai.

Ibu rumah tangga yang memulai bisnis franchise bisa mulai dengan membuka franchise dekat rumah bahkan di rumahnya sendiri.

Omset yang bisa kamu dapatkan dari jualan makanan franchise sekitar 20 juta hingga 300 juta perbulan.

  • Jualan Minuman Kekinian

Jualan minuman kekinian bisa jadi pilihan usaha rumahan untuk ibu rumah tangga berikutnya, kamu bisa berjualan minuman boba atau minuman thai tea yang kekinian saat ini.

Untuk memulai jualan minuman kekinian  kamu tidak perlu modal yang besar, tapi omset yang kamu dapatkan bisa sangat menjanjikan mulai dari 15 juta hingga 60 juta per bulannya.

  • Jualan Toast Kekinian

Toast menjadi salah satu makanan yang sedang viral saat ini, kamu bisa menjadikan toast usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang cukup menjanjikan. Modal awalnya tidak terlalu besar. Harga toast yang dijual kisaran harga 30 ribu hingga 65 ribu per pcsnya, maka dalam per bulan kamu bisa mengantongi 9 juta rupiah hingga puluhan juta rupiah.

Untuk memulai jualan Toast ini kamu hanya perlu memiliki alat pembuat toast dan bahan – bahan toast nya saja. Atau kamu bisa menggunakan alat yang ada di rumah untuk awal memulai.

2. Usaha Jasa Rias atau MUA

Semua wanita biasanya bisa berdandan, skill yang dimiliki oleh ibu rumah tangga dengan memoles kuas make up bisa dijadikan usaha rumahan omset jutaan lho.

Biasanya jasa rias atau biasa disebut make up artist ini dibutuhkan pada momen tertentu, seperti wisuda, tunangan, menikah dan lain sebagainya.

Kamu bisa memanfaatkan skill tersebut untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan, bahkan menjadi MUA itu bisa menjanjikan lho, omset yang didapatkan dari satu klien saja mulai dari 300 ribu rupiah, jika dalam satu hari ada 5 klien maka kamu sudah mengantongi 1,5 juta rupiah dalam satu hari. Bayangkan dalam sebulan omset kamu bisa sampai puluhan juta rupiah.

3. Menjadi Freelance Penulis Online

Menjadi penulis online bisa menjadi alternatif usaha rumahan untuk ibu rumah tangga, dengan memanfaatkan skill menulis dan waktu luang yang ada setelah kerjaan rumah selesai, kamu bisa memulai jasa freelance menulis online.

Terlebih, pekerjaan menulis online ini sedang banyak dibutuhkan oleh beberapa perusahaan untuk mengisi tulisan artikel di website bisnis mereka.

Omset yang didapatkan menjadi penulis online beragam tergantung project yang kamu tangani, ada yang mulai 100 ribu per sekali project, ada pula sampai 1 juta rupiah bahkan 5 juta rupiah dalam sekali project.

4. Menjadi Voice Over Artist

Jika kamu memiliki suara yang bagus dan unik, usaha rumahan omset jutaan rupiah berikutnya ini bisa kamu coba, menjadi voice over artist, biasanya usaha ini dibutuhkan untuk mengisi audio dalam konten, jingle bisnis dan lain sebagainya.

Omsetnya pun beragam ada yang mulai dari 25 ribu sampai 1 juta dalam sekali project Voice over.

5. Menjadi affiliate marketer

Menjadi affiliate marketer sedang digemari oleh para ibu rumah tangga, karena hasilnya yang menguntungkan namun usaha rumahan ini tidak menyita banyak waktu. Usaha rumahan omset jutaan bisa dicoba adalah menjadi affiliate marketer.

Saat ini banyak ibu rumah tangga yang memanfaatkan marketplace seperti shopee, tokopedia, tiktok shop dan lain sebagainya untuk menjadi affiliator, prosesnya dimulai ketika kamu sudah mendaftar menjadi affiliator dan memiliki kode referral atau link khusus yang diberikan oleh brand tertentu.

Baca juga : Tiktok Shop Affiliate Partner : Program & Cara Daftarnya

Setelah itu kamu mulai membuat konten tentang produk yang harus kamu promosikan dari brand yang kamu daftarkan affiliate. Setelah konten dibuat, kamu unggah di sosial media. Jika ada followers kamu yang tertarik dengan produk yang kamu promosikan dan checkout di link yang kamu cantumkan, maka dari situlah kamu mendapatkan komisi.

Jadi setiap ada pembelian melalui link yang kamu bagikan di konten, saat itu juga kamu bisa mengumpulkan komisi. Omset yang bisa didapatkan beragam mulai dari 1 juta, 5 juta, bahkan sampai ratusan juta rupiah per bulannya.

6. Menjadi content creator

Usaha rumahan untuk ibu rumah tangga berikutnya adalah menjadi content creator, hampir sama dengan affiliate marketer, namun bedanya kamu fokus dalam pembuatan konten. Sekarang ada banyak jenis konten yang bisa dibuat oleh ibu rumah tangga, seperti konten POV, konten informasi, atau konten komedi yang menghibur.

Jika konten yang kamu buat sudah banyak viewsnya dan menambah followers akun sosial media kamu, maka saat itulah banyak brand – brand yang memakai jasa kamu untuk endorsement. Dari jasa tersebutlah kamu mendapatkan keuntungan.

Baca juga : 8 Cara Endorse Selebgram & Artis Untuk Pemula, Dijamin Untung!

Biasanya omsetnya beragam tergantung rate card dari akun sosial media kamu, ada yang mulai 300 ribu per konten, sampai jutaan rupiah per kontennya. Jika konsisten kamu bisa mendapatkan puluhan sampai ratusan juta per bulannya dari konten yang kamu buat.

7. Membuka bisnis spa

Jika kamu memiliki keterampilan perawatan tubuh maupun pelayanan spa, kamu bisa memulai usaha rumahan omset jutaan ini lho, meskipun modalnya cukup besar karena kamu perlu peralatan dan staff spa, tapi potensi keuntungannya cukup menjanjikan lho.

Omset dalam sebulan yang bisa kamu dapatkan dari bisnis spa mulai dari 6 juta sampai 21 juta rupiah per bulannya.

8. Menjadi reseller & dropshiper

Usaha rumahan untuk ibu rumah tangga berikutnya adalah berjualan online dengan modal minim, kamu bisa mulai menjadi reseller atau dropshipper, biasanya untuk memulai bisnis online ini kamu harus menentukan produk apa yang ingin kamu jual, kemudian mencari suppliernya dan cara berjualannya melalui sosial media, iklan atau mulai dari whatsapp.

Untuk memulai jualan reseller atau dropshipper ini kamu bisa membuat toko online di marketplace yang biayanya gratis. Setelah itu kamu bisa langsung berjualan.

Omset yang bisa kamu dapatkan dari bisnis online sistem ini beragam tergantung margin profit yang kamu ambil, sekitar 10 hingga 100ribu dalam sekali jual produk. Maka jika kamu bisa menjual sekitar 5 pcs produk perharinya, kamu bisa mendapatkan keuntungan 50 ribu sampai 500 ribu rupiah.

9. Membuat barang handmade

Barang handmade adalah salah satu usaha rumahan omset jutaan, karena barang handmade memiliki nilai jual tinggi yang tidak bisa dimiliki oleh sembarang produk di luar sana. Misalnya kamu membuat tas handmade dari bambu, maka dari mulai motif hingga bahannya saja sudah berbeda dan bisa jadi unlimited hanya beberapa orang saja yang bisa memilikinya.

Dengan nilai jual tinggi tersebut, kamu bisa menjual barang handmade dengan harga yang tinggi, bahkan ada lho tas handmade yang harganya menyentuh jutaan rupiah. Nah jika kamu tertarik untuk membuka usaha rumahan omset jutaan dengan membuat barang handmade, pastikan kamu memberikan kualitas terbaik sebagai nilai plus dari produk yang kamu jual ya.

Nah itulah, beberapa rekomendasi usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang bisa kamu coba praktekkan. Selamat mencoba.

(Visited 1,224 times, 1 visits today)
Close