Written by 12:15 am Bisnis Online

Tiktok Shop Affiliate Partner : Program & Cara Daftarnya

Tiktok Shop Affiliate Partner Program & Cara Daftarnya

Setiap marketplace, saat ini berlomba – lomba menyediakan program affiliate untuk para penggunanya, tak terkecuali sosial media Tiktok dengan program Tiktok Shop Affiliate Partner.

Program Tiktok Shop Affiliate Partner ini adalah cara alternatif bagi kamu untuk mendapatkan penghasilan lewat sosial media, dengan cara yang mudah.

Seperti yang kita ketahui sistem affiliate marketing adalah sistem yang sederhana, hanya dengan membagikan link kamu bisa mendapatkan komisi berupa uang.

Baca juga : Affiliate Marketing Adalah: Pengertian & Cara Kerjanya

Komisi tersebut bisa kamu dapatkan jika ada followers kamu yang membeli produk dari link yang kamu bagikan.

Sebagai platform sosial media yang populer saat ini, Tiktok menambahkan fitur Tiktok Shop Affiliate Partner untuk menggaet para penggunanya agar bisa memanfaatkan Tiktok untuk mendapatkan penghasilan.

Lantas apasih Tiktok Shop Affiliate Partner serta bagaimana cara mendaftar program Tiktok Shop Affiliate Partner ini? Temukan jawabannya dengan menyimak artikel ini sampai habis.

Apa Itu Tiktok Shop Affiliate Partner?

Tiktok Shop Affiliate Partner adalah sebuah program yang merupakan fitur tambahan yang disediakan oleh Tiktok dimana dengan program ini menyediakan metode penjualan yang bisa membuat konten yang dibuat oleh kreator Tiktok menghasilkan pundi – pundi rupiah.

Program Tiktok Shop Affiliate Partner ini pun mudah dilakukan hanya dengan mempromosikan sebuah produk dalam bentuk konten dan nantinya kamu akan mendapatkan komisi jika ada followers kamu yang membeli produk tersebut.

Kenapa program Tiktok Shop Affiliate Partner ini sangat digemari? Alasannya karena program ini mampu memberikan penghasilan kepada creator konten yang mempromosikan produk brand tertentu.

Selain itu, karena pengguna Tiktok di dunia bahkan di Indonesia saja banyak hampir 109juta orang dan terus bertambah, maka tak heran jika dengan membuat konten dan mengikuti program Tiktok Shop Affiliate Partner ini, kamu berpeluang mendapatkan banyak passive income yang tak terkira.

Bahkan dilansir dari user spending, Tiktok adalah aplikasi dengan spending uang terbesar oleh penggunanya hingga 1,6 trilliun.

Dengan angka sebesar ini, peluang untuk kamu mendapatkan penghasilan lewat program Tiktok Shop Affiliate Partner ini menjadi semakin besar bukan?

Namun untuk mengikuti program ini ada beberapa hal yang harus kamu siapkan. Sama halnya seperti mendaftarkan akun sosial media, maupun marketplace lainnya, kamu perlu memiliki akun Tiktok, KTP atau identitas yang bisa digunakan seperti paspor, rekening bank dan alamat pengiriman.

Setelah semua persiapannya lengkap kamu bisa mendaftarkan diri ke program Tiktok Shop Affiliate Partner.

Jika kamu ingin mendaftar namun masih bingung bagaimana sih cara kerja dari program Tiktok Shop Affiliate Partner ini, sebenarnya sederhana dan sama dengan program affiliate lainnya.

Dalam program Tiktok Shop Affiliate Partner ini ada 4 pihak yang terlibat untuk membantu kamu dalam mengikuti program ini, yaitu yang pertama adalah merchant seorang seller atau pemilik produk yang menyediakan produk untuk dijual.

Kedua adalah affiliate network, sebagai wadah yang menaungi hubungan antara merchant dan affiliate marketer. Ketiga adalah affiliate marketer, disini kamu adalah orang yang bertindak sebagai affiliate marketer atau kreator konten untuk mempromosikan produk hingga akhirnya nanti kamu bisa mendapatkan komisi.

Dan yang terakhir adalah konsumen, pengguna tiktok baik followers maupun non followers yang bersedia membeli produk dari kode atau link yang kamu cantumkan di konten yang telah dibuat.

Nah dari 4 pihak tersebut, seharusnya kamu sudah punya gambaran alur dari program Tiktok Shop Affiliate Partner ini. Secara sederhana setelah kamu daftar program ini, langkah pertama adalah memilih merchant untuk mendapatkan kode referral, kemudian membuat konten untuk mempromosikan produk dari merchant, ada pengguna yang membeli dari kode kamu atau membeli dari link yang kamu input di bio akun tiktok, dan kamu mendapatkan komisinya.

Setelah mengerti alurnya dan syarat yang diperlukan, kamu siap untuk mendaftarkan diri di program Tiktok Shop Affiliate Partner? Berikut adalah cara – caranya.

Bagaimana Cara Daftar Tiktok Shop Affiliate Partner

Cara mendaftarkan diri di program Tiktok Shop Affiliate Partner ada beberapa langkah, sebelum kamu memulai mendaftarkan diri di program ini, kamu harus mempunyai akun Tiktok shop terlebih dahulu, tujuannya agar kamu bisa mendapatkan izin untuk menjual produk merchant yang nantinya akan kamu promosikan.

Untuk bisa membuat akun tiktok shop, kamu perlu memiliki lebih dari 2000 followers, minimal berusia 18 tahun, dan aktif posting video dalam 28 hari terakhir.

Jika syarat diatas sudah kamu penuhi, kamu bisa membuat akun tiktok shop dengan mudah, caranya yaitu;

Masuk ke akun tiktok kamu, lalu pilih profil dan pilih menu creator tools, setelah itu pilih Tiktok shop dan submit dengan menekan tombol Apply.

Setelah akun tiktok kamu selesai dibuat dengan menggunakan cara diatas. Selanjutnya masuk ke langkah daftar ke program Tiktok Shop Affiliate Partner.

Di situs resmi dari Tiktok ada 2 cara untuk bisa mendaftarkan diri ke program Tiktok Shop Affiliate Partner yaitu mendaftarkan diri sebagai seller dan mendaftarkan diri sebagai creator.

Jika kamu memilih daftar program Tiktok Shop Affiliate Partner sebagai seller, maka langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke halaman Tiktok Shop Seller Centre.

Jangan lupa untuk Authorize Tiktok shop kamu dan melengkapi data – data yang diperlukan seperti mengisi email, nomor telepon dan lain sebagainya.

Setelah selesai dan berhasil masuk atau login, kamu pilih tombol start selling.

Disini biasanya kamu diminta untuk mengupload dokumen yang dibutuhkan, seperti dokumen ijin merchant hingga memasukkan nomor rekening bank.

Kemudian klik submit dan tunggu verifikasi jika kamu berhasil terdaftar di program Tiktok Shop Affiliate Partner ini.

Cara kedua, mendaftar program tiktok shop affiliate partner sebagai creator. Langkah yang perlu kamu lakukan adalah;

  1. Login ke akun tiktok kamu
  2. Pilih profil dan ke menu shop
  3. Kemudian pilih ecommerce creator centre
  4. Pilih menu commissions
  5. Kemudian pilih add products
  6. Lengkapi data yang dibutuhkan dan pilih add affiliate products
  7. Tunggu sampai kamu diverifikasi oleh seller atau merchant yang memiliki produk yang kamu tambahkan
  8. Jika sudah disetujui oleh merchant, kamu bisa menambahkan link produk di video tiktok maupun di link bio tiktok kamu

Nah itulah cara mendaftarkan diri di program Tiktok Shop Affiliate Partner yang super gampang. Setelah mendaftarkan diri baik sebagai seller maupun sebagai creator, selanjutnya yang kamu lakukan adalah melakukan promosi agar komisi kamu bisa bertambah.

Tantangan dalam mendapatkan komisi di program Tiktok Shop Affiliate Partner ini adalah bagaimana kamu bisa membuat konten tiktok yang bagus dan menarik, karena konten kamu berada di lautan konten dengan produk yang serupa.

Baca juga : 11 Ide Konten Tiktok Untuk Bisnis Biar FYP & Viral

Bagaimana caranya kamu membuat konten yang stand out dibandingkan yang lain. Jika kamu mampu konsisten dengan membuat konten yang menarik, maka komisi yang kamu dapatkan bisa semakin banyak setiap harinya.

(Visited 790 times, 1 visits today)
Close