Written by 5:15 pm Bisnis Offline, Bisnis Online

50+ Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal

Tahu Krispi, usaha sampingan ibu rumah tangga

Saat ini sudah ada banyak ide usaha yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga, baik tanpa modal maupun dengan modal namun biayanya minim. Beberapa usaha sampingan ibu rumah tangga bisa dijalankan dari hobi, sebagai modal dasar untuk menghasilkan pundi-pundi uang.

Melalui adanya keahlian atau minat, hobi berpotensi menjadi sebuah bisnis dengan peluang keuntungan yang besar. Simak berikut ini sudah ada beberapa ide usaha sampingan bagi ibu rumah tangga yang nyaris tanpa modal.

Usaha Sampingan Jualan Makanan Ringan

Biasanya, orang yang ingin memulai usaha makanan, pasti bingung dengan jajanan ringan apa yang laku di pasaran. Kini sudah ada banyak sekali peluang usaha sampingan jualan makanan ringan yang menjanjikan dan bisa dipilih oleh para IRT. Diantaranya sebagai berikut.

Tahu Krispi

Tahu Krispi, usaha sampingan ibu rumah tangga

Salah satu makanan ringan yang laku setiap hari, yaitu tahu krispi. Makanan satu ini memiliki peluang yang tinggi dalam menarik minat calon konsumennya.

Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir, usaha tahu krispi sangat populer di kalangan masyarakat. Cara membuatnya juga mudah sehingga cocok untuk pemula.

Hanya dengan modal yang tidak besar, Anda bisa mendapatkan keuntungan berkali lipat dari usaha ini. Tidak hanya bisa dijadikan makanan ringan saja, tahu krispi juga dapat menjadi santapan pendamping nasi. Hal inilah yang membuat tahu krispi banyak disukai oleh konsumen.

Bakso goreng

Bakso goreng, usaha sampingan ibu rumah tangga

Bakso goreng atau basreng termasuk dalam salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga yang laku setiap hari. Seperti yang diketahui bakso merupakan makanan yang populer dan disukai oleh masyarakat Indonesia.

Apalagi, variasi dari bakso sendiri sangat beragam dan salah satu yang menguntungkan adalah bakso goreng. Cita rasa yang begitu identik dengan pedas membuat basreng disukai oleh banyak orang.

Anda bisa menambahkan bumbu lainnya seperti jagung bakar, keju, dan masih banyak lagi. Modalnya juga cukup murah, sehingga keuntungan yang diperoleh sangat besar.

Cilok

Cilok, usaha sampingan ibu rumah tangga

Jika dilihat dari sisi bentuknya, cilok memiliki kemiripan dengan bakso. Namun, cilok menggunakan bahan dasar tepung terigu atau kanji.

Makanan ini sangat disukai oleh masyarakat. Hal inilah yang membuat cilok menjadi pilihan usaha sampingan ibu rumah tangga yang laku setiap hari dan sangat menguntungkan tentunya. Sama halnya dengan bakso, cilok juga mempunyai variasi rasa seperti bumbu kacang atau taburan balado.

Selain itu, isi di dalam cilok juga bermacam-macam. Apabila dulu lebih identik dengan polos, kini sudah ada isi daging sapi, sosis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pempek

Pempek, usaha sampingan ibu rumah tangga

Makanan ringan yang satu ini sangat disukai oleh setiap kalangan dan cukup laris. Pada umumnya, pempek yang dijual memiliki isian berbeda-beda dan diberi bumbu khusus.

Dari sisi modalnya, bahan pempek termasuk murah sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dalam proses pembuatannya. Sedangkan sisi penjualannya sendiri, kini sudah banyak pempek yang dipasarkan secara online menggunakan aplikasi pesan antar atau media sosial.

Telur gulung

Telur gulung, usaha sampingan ibu rumah tangga

Telur gulung merupakan salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga yang menguntungkan dan tentunya disukai semua orang. Apabila Anda sering datang ke tempat seperti sekolah, rata-rata ada pedagang telur gulung yang berjualan di sana.

Memang, makanan ini sangat populer karena di dalam balutan telur terdapat bihun sehingga cita rasanya nikmat. Hal ini juga yang membuat telur gulung sangat cocok sebagai penunda lapar.

Hanya dengan harga modal yang tergolong murah, Anda bisa membuka usaha telur gulung ini. Apalagi, dari sisi kepopulerannya, telur gulung banyak sekali diminati sehingga lebih mudah memasarkannya.

Tidak hanya dijual di pinggir jalan, Anda juga bisa menjual telur gulung melalui online. Selain usaha sampingan jualan makanan ringan yang ada diatas, Anda juga bisa berbisnis sampingan lainnya.

Usaha Sampingan Jualan Kue

Saat ini, sudah ada banyak jenis makanan yang bisa diolah untuk dijadikan peluang bisnis rumahan tanpa modal. Anda juga dapat menitipkan makanan tersebut di warung kemudian dijual.

Pasalnya, jajanan atau camilan yang biasanya di jumpai di warung sebenarnya bukanlah buatan pemilik, melainkan titipan. Selain mudah dilakukan, bisnis kecilan semacam ini tidak memerlukan banyak modal.

Agar membantu Anda menentukan jenis makanan yang tepat untuk bisnis. Berikut ini sudah ada sejumlah ide usaha sampingan jualan kue untuk ibu rumah tangga yang dapat dipilih.

Aneka Gorengan

Aneka Gorengan

Gorengan merupakan salah satu camilan yang banyak sekali disukai oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Tidak ada salahnya coba menitipkan camilan yang satu ini di warung terdekat. Adapun variasi gorengan yang bisa dibuat, seperti ubi, pisang goreng, bakwan, tahu isi dan lainnya.

Aneka Kue Basah

Aneka Kue Basah, usaha sampingan ibu rumah tangga

Selanjutnya, Anda bisa membuat usaha sampingan ibu rumah tangga dari kue basah. Contoh kue basah yang bisa Anda coba buat di antaranya sebagai berikut: dadar gulung, Kue lapis, Bolu kukus, dan Kue putu.

Aneka Makanan dari Kacang

Aneka Makanan dari Kacang

Banyak sekali yang suka makanan dari bahan kacang. Proses pembuatannya juga tidak sulit. Anda juga bisa mengolah kacang menjadi makanan ringan, seperti kue kacang polong, kacang atom, dan kacang kulit.

Brownies

Usaha sampingan ibu rumah tangga yang menguntungan satu ini juga bisa Anda coba. Buatlah brownies ala rumahan dengan potongan kecil harga yang murah, agar anak-anak bisa membelinya.

Bakpao Aneka Isi

Anda bisa menjadikan usaha sampingan yang satu ini dititipkan di warung. Agar lebih menarik, Anda bisa membuat aneka isian yang bervariasi.

Donat

Donat merupakan salah satu camilan yang banyak peminatnya. Anda bisa membuatnya versi rumahan, dengan topping aneka rasa. Untuk memulainya, jangan membuat dalam jumlah yang terlalu banyak.

Puding Rumahan

Proses pembuatan puding ini sangat mudah dan tidak memerlukan modal yang besar. Meski hanya dengan modal kecil, puding merupakan salah satu usaha camilan yang akan menghasilkan keuntungan banyak.

Roti Aneka Rasa

Ide usaha sampingan jualan kue yang dititipkan ke warung selanjutnya adalah roti aneka isi atau rasa. Camilan ini dapat menjadi salah satu ide bisnis rumahan yang sangat menjanjikan.

Roti bisa menjadi pilihan pembeli saat mencari sarapan. Anda bisa membuat berbagai variasi isian roti untuk menjadi daya tarik pembeli. Beberapa ide yang ada di atas cocok bagi Anda yang hobi memasak, atau sebagai langkah awal memulai bisnis rumahan.

Usaha Sampingan Jualan Makanan Kekinian/Musiman

Saat ini, rasa yang lezat bukan lagi jadi satunya kunci kesuksesan bisnis kuliner. Anda harus bisa memanfaatkan tren yang sedang populer ke dalam usaha jualan makanan.

Terutama di tengah perekonomian yang sulit, Anda harus bisa mencari ide usaha sampingan ibu rumah tangga yang juga bisa dengan mudah dijual online menggunakan layanan pesan antar seperti GoFood. Berikut ini sudah ada beberapa ide usaha makanan kekinian 2022 yang bisa Anda coba sekarang.

Salted egg chicken

Salted egg chicken

Tren makanan kekinian dengan menggunakan saus telur asin atau biasa dikenal sebagai salted egg ini sudah populer selama beberapa tahun. Sehingga sampai saat ini tetap ramai diserbu oleh masyarakat Indonesia.

Salted egg chicken yang lezat sangat mudah dihidangkan. Ini karena pembuatannya cukup menggunakan ayam goreng tepung di atas nasi dengan lumuran saus salted egg yang menggiurkan.

Keripik salted egg

Keripik salted egg

Apabila biasanya keripik kulit ikan salmon dijual dengan bumbu salted egg. Maka Anda bisa memilih untuk menjual keripik kentang atau keripik singkong salted egg yang harga produksinya lebih murah.

Anda bisa menjualnya hanya dengan sistem pre-order atau delivery melalui aplikasi layanan pesan antar GoFood. Sehingga para pembeli bisa lebih mudah mendapatkan keripik salted egg Anda.

Makaroni pedas

Makaroni pedas

Bagi para pecinta makanan pedas, sudah tidak asing lagi dengan makanan kekinian yang satu ini. Umumnya makanan ini dijual dengan dua pilihan, yaitu makaroni kering atau makaroni basah.

Anda bisa langsung menyediakan berbagai macam aneka pilihan bumbu pedas, mulai dari yang sedang hingga ekstra pedas. Dikarenakan sifatnya yang digoreng kering, makaroni pedas ini memiliki shelf life cukup lama. Sehingga dapat langsung diproduksi dalam jumlah besar dan tetap tahan lama.

Kebab goreng

Kebab goreng

Makanan kekinian ini dapat disulap menjadi kebab goreng yang ukurannya lebih kecil dari kebab biasanya. Ditambah lagi dengan lelehan keju dan berbagai isian daging yang akan menggoyang lidah.

Usaha sampingan jualan makanan kekinian/musiman ini cocok sekali untuk disantap saat sedang bosan di rumah. Jadi, ini merupakan peluang terbaik Anda untuk memulai usaha kebab goreng.

Pizza goreng

Sempat viral karena bentuknya yang mini dan serupa pastel, pizza goreng ini bisa menjadi ide usaha makanan kekinian 2022 yang menguntungkan. Anda hanya perlu menggoreng kulit lumpia dengan tambahan isian daging, saus tomat, dan keju.

Makanan kekinian ini pasti sangat disukai oleh berbagai macam kalangan, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Harganya jauh lebih murah ketimbang seloyang pizza yang jadi daya tarik tersendiri.

Takoyaki

Usaha makanan kekinian khas Jepang ini telah digandrungi sejak lama. Tekstur kulit luarnya begitu renyah terasa semakin nikmat dengan isian yang lembut dan potongan daging gurita kenyal.

Cara memasaknya juga terbilang unik, sehingga mampu menarik perhatian banyak orang. Rasanya juga semakin lezat dengan baluran mayonnaise dan taburan bonito flakes.

Itulah beberapa ide usaha sampingan jualan makanan kekinian/musiman yang bisa Anda coba. Jangan lupa, untuk urusan operasional usaha, Anda bisa mendaftar anggota GoFood.

Usaha Sampingan Jualan Makanan Sehat

Usaha Sampingan Jualan Makanan Sehat

Segmen pasar untuk makanan sehat sebenarnya memang tidak sebesar makanan cepat saji. Akan tetapi, sejumlah orang memiliki kebutuhan yang besar pada penyediaan makanan sehat. Sehingga biasanya orang tersebut rela mengeluarkan uang lebih demi mendapatkan makanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menjual makanan sehat, maka harus tahu jenis makanannya secara dan menentukan siapa saja orang yang ingin membelinya. Berikut ini sudah ada beberapa ide peluang usaha sampingan jualan makanan sehat untung besar yang bisa dicoba, antara lain:

Katering Diet Sehat

Pandemi Covid-19 menjadikan orang mengurangi aktivitas atau sama sekali tidak makan diluar rumah. Meskipun telah memasuki tahun 2022 sekiranya orang tersebut tidak mempunyai aktivitas diluar rumah, sehingga tetap stay at home.

Oleh sebab itu, catering harian sehat menjadi peluang kreatif untuk dijadikan bisnis. Dimana makanan sebagai salah satu kebutuhan pokok manusia yang dikonsumsi setiap harinya.

Buatlah makanan diet sehat yang rendah kalori, gula, serta garam. Sehingga makanan tersebut bisa menjadi solusi bagi orang yang ingin hidup sehat, sekaligus menjaga berat badan agar tidak mudah terserang penyakit.

Lalu cermati target pasar apa yang bisa dijangkau untuk katering diet sehat ini. Misalnya saja seperti, untuk wanita pekerja kantoran yang tidak ingin ribet dan lain sebagainya.

Makanan Organik

Makanan organik menjadi salah satu solusi terhadap orang yang sangat menjaga kebersihan dan takut jika harus pesan makanan dari luar. Jadi mereka hanya perlu membeli bahan makanan kemudian bisa diolah sendiri.

Makanan organik sendiri telah terkenal menjadi makanan sehat di Indonesia, bahkan sebelum masa pandemi. Target pasar dari makanan organik sudah pastinya ibu rumah tangga yang seringkali memasak di rumah.

Agar bisa membantu konsumen, sebaiknya disediakan layanan antar barang hingga sampai rumah. Anda bisa menggunakan kurir Grab atau Gojek, namun jika mempunyai tim kurir sendiri akan lebih baik.

Makanan Vegetarian

Makanan vegetarian menjadi alternatif sebagian orang, karena mengkonsumsi daging mempunyai potensi menyebabkan penyakit. Oleh sebab itu, makanan vegetarian bisa menjadi solusi untuk ide bisnis.

Orang yang mengkonsumsi makanan vegetarian bisa dari anak-anak sampai orang tua. Tidak ada batasan umur tersendiri untuk orang yang akan memakan makanan vegetarian tersebut. Jangan terlalu khawatir tentang rasa karena tidak menggunakan ayam atau daging lainnya.

Rasa dari makanan vegetarian sebenarnya tetap gurih dan renyah, makanan ini juga lebih bernutrisi tinggi. Jadi konsumen tidak perlu khawatir berat badan meningkat saat mengkonsumsinya.

Salad Buah

Anda juga bisa menjual salad buah karena berisi banyak vitamin dan serat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Membuat salad buah juga tidaklah sulit, sehingga bisa menjadi usaha sampingan ibu rumah tangga yang mudah jalankan.

Hal yang terpenting dalam bisnis salad buah adalah menemukan supplier buah dan bisa konsisten menyediakan buah murah. Target pasar salad buah sendiri juga dapat dikatakan dikonsumsi oleh semua golongan.

Tidak lupa teknik pemasarannya, pemasaran harus direncanakan dengan baik melalui strategi promosi yang tepat. Hal ini karena bisa menjadi faktor yang menentukan kesuksesan bisnis.

Seenak dan sesehat apapun makanan yang Anda produksi, bila tidak diimbangi dengan strategi pemasaran dan promosi yang tepat, maka akan sia-sia. Dikarenakan masyarakat tidak akan mengenalinya, sehingga penjualan pun menjadi seret.

Penyediaan menu makanan sehat sangatlah layak dijadikan sebagai bidang bisnis yang ditekuni. Dikarenakan minat masyarakat akan gaya hidup sehat semakin meningkat.

Itu saja beberapa usaha sampingan jualan makanan sehat yang menguntungkan dan bisa menjadi andalan Anda. Anda bisa mencobanya di rumah terlebih dahulu dan membuat rinciannya biayanya.

Usaha Sampingan Membuka Catering Rumahan

Usaha Sampingan Membuka Catering Rumahan

Membuka usaha catering menjadi salah satu rencana bisnis yang menarik untuk dicoba. Dikarenakan saat ini mayoritas masyarakat lebih sering memesan makanan ketimbang memasaknya. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, bisa jadi mereka tidak memiliki waktu atau malas untuk memasak.

Apabila Anda berminat untuk memulai usaha ini, maka informasi kali ini memberikan beberapa saran untuk dicoba. Tentunya ada beberapa rekomendasi bisnis yang dapat disesuaikan kembali dengan kemampuan dan modal Anda.

Catering Diet atau Sehat

Rekomendasi usaha sampingan ibu rumah tangga tanpa modal tapi bisa untung besar yang bisa pebisnis coba adalah katering diet atau sehat. Saat ini pola hidup sehat memang semakin populer di kalangan masyarakat. Sehingga tidak salah bila Anda memilih peluang bisnis ini, dengan memanfaatkan tren.

Katering makanan sehat pasti lebih disukai oleh banyak konsumen, namun pebisnis harus cermat dalam menentukan jumlah kalori untuk setiap makanan yang disajikan. Pemilihan bahan baku juga tidak dapat sembarangan, karena harus memperhatikan kalori pada setiap masakan.

Catering Rumahan

Anda juga dapat menyiapkan makanan untuk anak kost atau ibu pekerja, yang tidak memiliki waktu memasak. Peluang bisnis ini sangat menarik dicoba, pebisnis dapat menyajikan makanan tiga kali sehari, atau dua kali pada siang dan malam hari.

Catering untuk Perusahaan atau Sekolah

Peluang usaha catering berikutnya yaitu, menyajikan paket makanan untuk perusahaan atau sekolah. Apabila tertarik untuk memilih jenis katering ini, Anda hanya perlu memperhatikan daerah sekitar.

Apabila lokasi Anda sangat dekat dengan kawasan perkantoran atau sekolah, maka bisa menjadi pilihan. Umumnya, perusahaan akan menyiapkan makanan kepada pegawai, atau saat selesai rapat mereka memesan makanan agar lebih praktis.

Sama halnya dengan sekolah, biasanya pemesanan makanan akan diperuntukkan untuk guru yang bekerja, atau saat sedang ada acara.

Catering Pesta

Kurang lengkap rasanya apabila mengadakan pesta tanpa makanan. Saat mengadakan acara ulang tahun, pernikahan, syukuran dan lainnya, pasti Anda memerlukan katering makanan dalam jumlah banyak. Hal ini karena akan memakan waktu lebih banyak bila memasaknya sendiri.

Jadi jumlah modal Anda terbatas, maka bisa memulai usaha katering kecil-kecilan, dan memasarkannya secara luas agar modal bisa cepat kembali. Hanya dengan modal kecil, penjual tetap bisa mendapat banyak keuntungan, dengan memasarkan produk secara luas.

Pasti akan ada lebih banyak konsumen yang tahu tentang bisnis Anda. Jadi Anda bisa mempertahankan rasa dan kualitas pada bahan baku masakan.

Memang menjalani usaha sampingan membuka catering rumahan tidak selalu mudah, apalagi di awal memulai bisnis. Jadi jangan langsung berkecil hati, apabila penjual belum memiliki pelanggan tetap.

Dikarenakan mayoritas calon konsumen, memang selektif apabila berhubungan dengan cita rasa pada makanan. Anda bisa memulai bisnis ini hanya dengan melakukan promosi terlebih dahulu. Dengan begitu, bisa menarik perhatian konsumen untuk mencicipi masakan penjual.

Menjual produk dalam bentuk makanan, memang mempunyai daya tarik tersendiri. Banyak sekali aspek yang membuat makanan mampu menarik perhatian konsumen. Oleh karena itu, jangan langsung terjun ke dunia usaha sampingan ibu rumah tangga ini, dan pelajari terlebih dahulu berbagai ilmu mengenai usaha catering.

Usaha Sampingan Jualan Pakaian Online

Usaha Sampingan Jualan Pakaian Online

Usaha sampingan jualan pakaian online bisa menjadi alternatif bagi Anda terutama yang memiliki ketertarikan dalam bidang busana. Hal ini karena keuntungannya cukup menjanjikan dan bisa menjadi bisnis jangka panjang.

Ada beberapa jenis baju online yang dapat Anda tawarkan sebagai ide bisnis jualan. Tanpa perlu berlama-lama lagi, inilah jenis-jenis produk fashion yang bisa Anda tawarkan sebagai ide jualan baju online.

Busana Muslim

Busana Muslim

Produk jualan baju online yang pertama menempati urutan terlaris yaitu busana muslim. Mengingat banyaknya jumlah penduduk di Indonesia yang merupakan mayoritas muslim menjadikan tingginya angka kebutuhan masyarakat terhadap produk busana muslim.

Busana muslim ini identik dengan produk fashion seperti aneka hijab, kerudung, gamis, dress dan lainnya. Anda juga bisa memantau terlebih dahulu perkembangan tren yang sedang beredar di pasaran. Sebab, perkembangan pakaian selalu hadir dengan tren.

Contohnya saja, bila saat ini tren hijab dan baju sedang booming dengan model plisket, maka Anda dapat mencari supplier baju yang memiliki model tersebut. Sehingga bisa memasarkannya sebagai produk jualan baju online.

Pakaian Atasan

Jenis pakaian berikutnya dalam usaha sampingan ibu rumah tangga adalah pakaian atasan wanita dan pria. Terdapat dua jenis atasan pria dan wanita, yakni terdiri dari kemeja wanita yang dikenal sebagai blouse atau long shirt.

Ternyata, juga ada jenis blouse di dalamnya tergantung dari jenis model lengan, yaitu ada ¾ potong lengan, atau lengan berkerut, lengan balon dan lainnya. Selain itu, ada jenis bahan atasan yang dapat mempengaruhi harga jual produk kepada konsumen sesuai selera.

Sementara itu, untuk kaos juga ada beragam jenis model kerah dan bahan. Misalnya saja seperti katun, spandex, hingga bahan yang mirip seperti sweater sekalipun.

Pakaian Bawahan

Bagi Anda yang seringkali belanja secara online, pasti tidak asing dengan membeli jenis pakaian satu ini yaitu pakaian bawahan. Bawahan wanita ada begitu banyak jenisnya, mulai dari bentuk celana, rok hingga legging.

Ditambah lagi, ada berbagai jenis model celana mulai dari celana jeans, l hot pants, kulot, dan lainnya. Begitu pula dengan bawahan rok yang mempunyai beragam jenis bahan dan model. Mulai dari flare skirt, maxi skirt, plisket skirt, cotton skirt, span skirt dan masih banyak lainnya.

Outerwear

Pakaian yang satu ini menjadi salah satu item fashion yang bisa melengkapi penampilan seseorang terutama wanita. Fungsinya juga sangat beragam ada yang sebagai penghangat tubuh seperti jaket dan coat. Ada juga sebagai fashion yang memiliki nilai plus di mata orang lain agar tampil lebih trendy dan percaya diri.

Jenis outerwear yang bisa Anda jual misalnya cardigan, jaket, leather jacket, bomber jacket, jeans jacket, oversized sweater, oversized shirt, fur coat dan masih banyak lagi. Pastikan produk yang Anda jual mempunyai sasaran target pasar terlebih dahulu, agar tidak mengalami kerugian.

Kebaya

Item ini bisa Anda temukan sebagai warisan kebudayaan di Indonesia yang dapat dilestarikan. Hampir setiap event yang diselenggarakan pada hari penting seperti wisuda, acara pernikahan, pengantin pria dan wanita, reunian pasti menggunakan pakaian kebaya.

Hal ini karena kebaya bisa diandalkan menjadi busana yang dapat digunakan saat ada acara formal dan resmi. Anda bisa memilih jenis bahan terlebih dahulu dan model kebaya yang ingin dipasarkan kepada konsumen sesuai budget Anda.

Itu saja beberapa usaha sampingan jualan pakaian online yang bisa menjadi referensi bagi Anda untuk memulai bisnis. Semoga bisa bermanfaat sekaligus menginspirasi Anda dalam topik jualan online.

Usaha Sampingan Jualan Pengharum

Usaha Sampingan Jualan Pengharum

Usaha sampingan jualan pengharum saat ini memang sedang banyak digandrungi oleh Masyarakat, salah satunya pengharum ruangan. Pengharum ruangan merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasi bau tidak sedap.

Tidak hanya itu, ada tipe pengharum ruangan yang sekaligus berfungsi sebagai dekorasi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini sudah ada beberapa jenis pengharum ruangan yang bisa Anda jadikan sebagai usaha.

Pengharum Ruangan Tipe Spray

Pertama, ada pengharum ruangan yang berbentuk spray dan sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu menekan alat penyemprotnya, lalu aroma wangi akan menyebar cepat ke seluruh ruangan.

Tipe pengharum spray lebih cocok untuk menghilangkan bau secara instan di rumah. Hanya saja, pengharum yang satu ini wanginya cenderung cepat hilang.

Pengharum Ruangan Berbentuk Padat

Ada juga tipe pengharum ruangan yang berbentuk padat mirip seperti lilin. Hanya saja, Anda tidak perlu membakarnya untuk menghasilkan aroma wangi dari pengharum.

Cukup potong kemasannya sedikit, kemudian gantungkan di bawah kipas angin atau pendingin ruangan. Angin yang keluar dari kipas dan AC bisa saja membantu menyebarkan aroma wangi ke seluruh ruangan dengan efektif.

Reed Diffuser

Alternatif usaha selanjutnya adalah pengharum berbentuk minyak esensial cair seperti reed diffuser. Tipe pengharum satu ini memanfaatkan batang rotan untuk menyerap dan menyebarkan aroma dari minyak esensial.

Pemakaiannya mudah karena tidak memerlukan listrik, baterai, maupun api. Anda hanya perlu mencelupkan batang rotan ke botol minyak esensial dan meletakkannya di sudut ruangan. Tidak hanya wangi, tipe pengharum satu ini mempunyai tampilan yang estetik.

Lilin Aromaterapi

Selanjutnya, ada bisnis pengharum ruangan berupa lilin aromaterapi. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu membakar sumbu lilin. Selain menghasilkan aroma wangi, lilin aromaterapi juga memiliki efek relaksasi sehingga dapat membantu memperbaiki suasana hati.

Apalagi jika Anda menyalakan lilin di malam hari dengan kondisi lampu yang padam atau gelap gulita. Namun bila ingin menggunakan pengharum berupa lilin, maka pastikan meletakkannya jauh dari benda yang mudah terbakar.

Aroma Beads

Manik-manik yang berisi gel juga bisa menjadi alternatif usaha sampingan ibu rumah tangga. Anda hanya perlu merendamnya dalam minyak esensial untuk menyerap aromanya.

Setelah itu, bisa masukkan manik gel ke dalam kantong filter atau botol kecil yang berlubang. Gel akan mengeluarkan aroma yang diserap ke seluruh penjuru ruangan. Hanya saja, tipe pewangi seperti ini lebih cocok untuk area kecil, seperti lemari, kamar mandi, dan lain sebagainya.

Pengharum Ruangan Berupa Dupa

Selain untuk berdoa, dupa juga bisa berfungsi sebagai pengharum ruangan. Apalagi saat ini sudah ada tipe dupa yang memiliki kandungan aroma alami seperti kayu manis, pinus, dan lainnya.

Anda hanya perlu membuat dengan dibakar untuk menghasilkan asap yang beraroma. Namun perlu Anda pahami, jangka waktu pemakaian dupa lebih pendek ketimbang lilin aromaterapi. Biasanya, satu batang dupa hanya bisa bertahan selama 1-2 jam jika menyala terus menerus.

Pengharum Ruangan Elektrik

Terakhir, Anda bisa coba usaha sampingan ibu rumah tangga yaitu diffuser elektrik untuk mengharumkan hunian. Aroma diffuser dikenal sebagai alat yang bisa mengubah minyak esensial menjadi uap wangi dengan bantuan energi listrik.

Uap yang akan tercipta, nantinya keluar secara otomatis setiap selang beberapa menit dan menyebar keseluruh ruangan. Hal ini bentuknya uap air, konon alat ini lebih sehat untuk digunakan di rumah.

Melalui beberapa usaha sampingan jualan pengharum untuk ibu rumah tangga yang ada di atas sudah ada gambaran Anda ingin usaha apa. Oleh karena itu, Anda bisa menyiapkan modal terlebih dahulu agar lancar usahanya.

Namun anda juga bisa coba berjualan pengharum summercent by summerspring tanpa modal dengan system dropship, coba deh baca info lengkapnya di dropshipaja.com, supplier parfum original terbaik di indonesia.

Usaha Sampingan Jualan Perlengkapan Bayi

Perlengkapan Harian Bayi

Bisnis perlengkapan bayi sebenarnya bisa dibilang usaha sepanjang zaman. Perlengkapan bayi saat ini dibutuhkan untuk keperluan pribadi atau sebagai hadiah.

Permintaan terhadap produk perlengkapan bayi tidak pernah sepi. Mulai dari bedak hingga boks bayi. Itulah sebabnya bisnis perlengkapan bayi bisa menjadi salah satu peluang untuk Anda yang ingin memulai usaha.

Usaha sampingan jualan perlengkapan bayi disebut tidak pernah mati karena terus dibutuhkan konsumen tanpa pandang waktu. Apalagi dengan adanya berbagai produk yang berkualitas dan harga terjangkau.

Kesadaran orang tua untuk beli barang berkualitas juga sangat tinggi. Segala macam pernak-pernik dan perlengkapan esensial telah dipenuhi demi kenyamanan si kecil.

Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk memulai bisnis perlengkapan bayi. Selain itu, Anda juga bisa membuka toko online di sosial media.

Produk perlengkapan bayi memang diperlukan mulai dari usia 0-2 tahun. Dalam masa tersebut bayi lebih cepat besar, sehingga pakaian dan beberapa kebutuhan lainnya harus membeli baru.

Apabila Anda ingin memulai bisnis perlengkapan bayi, buat katalog semenarik mungkin. Mulai dari katalog cetak maupun yang ada di Instagram.

Beri keterangan detail serta harga perlengkapan bayi yang dijual. Kira-kira apa saja perlengkapan bayi yang tidak boleh terlewatkan, berikut daftarnya.

Perlengkapan Harian Bayi

Perlengkapan harian bayi seperti popok sekali pakai, kain, bedak, sampo, sabun, minyak kayu putih, sampai minyak telon. Semua barang tersebut wajib dimiliki sebagai bisnis perlengkapan bayi.

Barang-barang harian tersebut akan mendukung bisnis terus berjalan. Lengkapi dari berbagai macam merek dan ukuran, sehingga pembeli bisa memilih.

Fashion Bayi

Anda juga wajib menyediakan fashion bayi kekinian di toko. Contohnya saja pakaian bayi, tas, kaus kaki, topi, dan lain sebagainya.

Sediakanlah perlengkapan fashion mulai dari bayi baru lahir hingga usia dua tahun. Lalu ikuti tren terkini mengenai jenis fashion apa yang banyak diminati. Pilihlah yang menurut Anda lucu dan menggemaskan.

Perlengkapan Menyusui dan Makan Bayi

Tidak hanya perlengkapan bayi, perlengkapan ibu hamil dan ibu menyusui juga bisa Anda jual. Anda bisa menjual susu dan vitamin untuk ibu hamil.

Selain itu, sediakan juga perlengkapan menyusui seperti dot, alat pompa ASI berbagai jenis, hingga perlengkapan makan bayi. Perlengkapan makan bayi tidak hanya alat makan, melainkan peralatan untuk membuat makanan bayi.

Mainan dan Aksesoris Bayi

Anda juga wajib menyediakan berbagai macam mainan dan aksesoris bayi. Pilihlah produk mainan yang aman digunakan untuk balita serta mainan edukatif untuk dijual.

Adapun aksesoris bayi biasanya mengenai celemek, kaus kaki dan tangan, bandana, topi, dan sebagainya. Mainan dan aksesoris ini banyak sekali dicari untuk keperluan pribadi atau dijadikan hadiah.

Bagaimana, apakah Anda sudah memiliki bayangan tentang bisnis perlengkapan bayi? Apabila tertarik dengan bisnis ini, segera praktikkan beberapa penjelasan di atas.

Usaha Sampingan Jualan Tanaman Hias

Usaha Sampingan Jualan Tanaman Hias

Bisnis tanaman hias menjadi salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga yang banyak diminati. Bisnis tanaman hias sangat menjanjikan dan masih mempunyai prospek bagus kedepannya. Hal ini karena banyak sekali orang yang membutuhkan tanaman hias.

Menurut balai penelitian tanaman hias, pandemi covid 19 yang mewabah beberapa tahun terakhir memberikan dampak yang sangat luar biasa bagi perkembangan agribisnis tanaman hias di Indonesia, untuk itu usaha sampingan tanpa modal ini bisa jadi alternatif bagus.

Dikarenakan tanaman hias dianggap bukan hanya sekadar tanaman, namun juga keindahannya bisa membuat yang memilikinya senang. Selain itu, tanaman ini disebut sebagai penyegar udara atau anti polutan.

Pada umumnya, usaha tanaman bisa dilakukan secara turun temurun. Oleh karena itu, bisnis tanaman ini tidak terlalu membutuhkan keahlian khusus. Agar Anda tidak salah memilih dalam memulai usaha tanaman hias, sebaiknya membaca rekomendasi di bawah ini:

Bunga Mawar

Tanaman bunga mawar dapat dikatakan memiliki prospek bisnis cerah di masa depan sekaligus menguntungkan. Hal ini karena tanaman hias bunga mawar mempunyai 3 jenis usaha yang bisa dikomersilkan.

Contohnya saja dari penjualan bibit bunga mawar, bunga mawar dalam pot dan bunga mawar potong. Tidak tanggung-tanggung, potensi usaha tanaman berwarna merah ini juga bisa mencapai ratusan juta per bulan.

Bunga Anggrek

Selain bunga mawar, anggrek juga menjadi salah satu bisnis tanaman yang mempunyai prospek baik kedepannya. Bunga anggrek sering dijumpai di rumah-rumah ketimbang bunga mawar.

Bunga anggrek mempunyai dua jenis usaha yang bisa dikomersilkan antara lain bibit bunga dan anggrek dewasa. Potensi bisnis tanaman ini cukup besar, meski masih lebih kecil ketimbang bunga mawar.

Bunga Matahari

Berikutnya, usaha sampingan ibu rumah tangga untuk tanaman hias yang menguntungkan adalah bunga matahari. Selain warnanya yang cerah, bunga matahari juga mempunyai banyak keunggulan. Bisnis tanaman bunga matahari bila ditekuni dengan serius akan menghasilkan keuntungan puluhan juta per bulannya.

Bunga Melati

Usaha sampingan ibu rumah tangga selanjutnya, tanaman bunga melati yang memiliki penggemarnya sendiri. Keindahan dari bunga melati dan wangi khasnya menjadikan bunga melati sebagai usaha tanaman dengan prospek menjanjikan.

Bahkan, usaha ini tidak kalah dari prospek bisnis bunga mawar. Usaha bunga melati sudah memiliki tiga model usaha antara lain, penjualan bibit, tanaman hias dan bunga potong yang biasanya digunakan untuk kebutuhan acara.

Bunga Kamboja

Bunga kamboja merupakan salah satu lambang dari kesetiaan yang memiliki prospek bagus kedepannya sebagai tanaman menjanjikan keuntungan. Sebagian orang memesan bunga kamboja untuk acara-acara pemakaman.

Sehingga kedepannya jenis dari tanaman ini masih mempunyai peluang bisnis yang tidak kalah dengan bisnis bunga mawar. Umumnya, bunga kamboja diperjualbelikan dalam bentuk bibit, pohon dan bonsai.

Pohon Bonsai

Berikutnya, jenis tanaman yang tidak kalah memberikan keuntungan yaitu usaha sampingan jualan tanaman hias bonsai. Bisnis tanaman bonsai menjadi salah satu tanaman yang memiliki pasarnya tersendiri dan paling menguntungkan.

Dengan model yang variatif tentunya pebisnis bonsai bisa memberikan harga bervariasi pula. Umumnya, penikmat tanaman bonsai merupakan salah satu golongan menengah ke atas lantaran harganya cukup menguras kantong.

Pengusaha tanaman ini juga dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menyesuaikan porsi harga dari tanaman bonsai yang diperjualbelikan. Tanaman bonsai ini tentunya memiliki potensi harga yang menggiurkan untuk bisnis.

Hal ini karena dijual dengan harga jutaan hingga milyaran tergantung dari model atau bentuknya. Jadi semakin unik dan besar tanaman bonsai, maka semakin mahal harganya.

Semakin tua usia bonsai, harganya bisa semakin tinggi. Tentunya hal ini bisa menjadi investasi jangka panjang dan bisnis yang sangat menjanjikan.

Sedikit gambaran, untuk tanaman bonsai memang lebih populer dan sering ditemui di Indonesia. Contohnya saja bonsai serut, bonsai kelapa, hingga bonsai beringin harganya mencapai Rp200 ribuan sampai Rp700 ribuan.

Itulah beberapa tanaman hias yang memiliki prospek bagus sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga tanpa modal. Masih banyak tanaman yang disukai orang, misal saja tanaman Sri Rejeki, atau Lidah Mertua.

Usaha Sampingan Jualan Kerajinan Tangan

Usaha Sampingan Jualan Kerajinan Tangan

Bisnis kerajinan tangan bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin mengubah hobi menjadi sumber penghasilan..Di tengah barang-barang yang diproduksi massal, kerajinan tangan masih mempunyai tempat di hati para peminatnya sehingga tidak perlu takut kehilangan pelanggan.

Dikarenakan keunikannya, kerajinan tangan justru lebih disukai oleh beberapa orang, sehingga membuka bisnis di bidang ini memiliki peluang keuntungan yang besar. Apabila dijalani dengan sungguh-sungguh, usaha sampingan jualan kerajinan tangan ini bisa membuka lapangan pekerjaan baru.

Ketika semakin berkembang, Anda bisa memasuki pasar ekspor. Bagi Anda yang ingin merintis bisnis, tetapi masih bingung, berikut referensi beberapa ide bisnis kerajinan tangan di bawah ini:

Sabun Organik

Usaha sampingan ibu rumah tangga pertama, yakni membuat sabun organik. Kini sabun organik bisa dibuat dengan berbagai macam variasi warna, bentuk, dan aroma.

Jika lebih banyak pilihan sabun organik yang ditawarkan, maka akan semakin besar minat pelanggan terhadap produk. Sebelum Anda memutuskan untuk menjual sabun organik, mungkin membutuhkan beberapa kali eksperimen. Untuk membuatnya, Anda bisa mencari tutorial dari internet.

Coba buat sabun yang bervariasi, kemudian lakukan uji coba terhadap keluarga dan teman terdekat untuk mengetahui produk mana yang layak jual dan tidak. Selanjutnya, Anda bisa menjual sabun organik secara satuan atau bundle. Tidak lupa untuk mengemasnya dengan wadah yang menarik untuk meningkatkan minat pelanggan dalam membeli.

Aksesoris

Usaha sampingan jualan kerajinan tangan lainnya, yakni usaha aksesoris. Kini, ada berbagai macam aksesoris yang bisa Anda buat sendiri.

Salah satu jenis aksesoris yang sangat populer terbuat dari beads atau manik-manik. Anda juga bisa membuat kalung, cincin, atau gelang dari bahan tersebut.

Mainkan warna dan model aksesori yang lebih menarik. Cari juga berbagai macam referensi untuk mengetahui tren aksesori seperti apa yang sedang banyak diminati pasar.

Selain dapat membuat aksesori untuk dikenakan di tangan dan leher, Anda juga bisa membuat aksesori berupa strap mask atau strap kacamata. Kini, kedua item ini sudah menjadi salah satu jenis kerajinan tangan yang populer.

Strap mask bisa digunakan hanya untuk menggantung masker di leher saat tidak dikenakan, atau bisa digunakan sebagai konektor. Sementara itu, strap kacamata bisa digunakan untuk menggantung kacamata dan menambah nilai estetika ketika digunakan.

Lukisan

Bagi Anda yang memiliki keterampilan menggambar, bisa mencoba untuk membuka usaha sampingan ibu rumah tangga sebagai jasa lukis. Lukisan termasuk jenis karya yang banyak sekali diminati karena nilai keindahannya.

Selain bisa dijadikan sebagai dekorasi ruangan, lukisan juga bisa digunakan sebagai ide bingkisan atau hadiah untuk orang-orang tersayang.

Oleh sebab itu, Anda memiliki target pasar yang cukup luas untuk memasarkan lukisan hasil karyamu. Untuk menjual jasa lukis, Anda bisa menyediakan berbagai ukuran lukisan.

Itu saja beberapa ide usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk memulai usaha tanpa modal. Diharapkan dengan ulasan kami yang cukup lengkap ini bisa menambah ide serta wawasan anda agar dapat mencari pundi – pundi uang diluar penghasilan utama. Manakah yang ingin Anda coba?

Artikel Terkait :
(Visited 15 times, 1 visits today)
Close