Written by 3:11 am Bisnis Online

3 Cara Jualan Foto Online Agar Menghasilkan Uang Bagi Pemula

3 Cara Jualan Foto Online Agar Menghasilkan Uang Bagi Pemula

Zaman serba canggih, cari penghasilan tambahan pun makin mudah apalagi dengan adanya internet. Kamu bisa cari cuan tambahan secara online. Salah satu peluang penghasilan tambahan yang cukup menjanjikan adalah jualan foto online.

Jika kamu hobi fotografi, jualan foto online bisa jadi salah satu cara kamu mendapatkan penghasilan secara online, kamu bisa jualan foto online dengan berbagai macam kategori dari mulai portrait, landscape, hewan, gedung – gedung dan lain sebagainya.

Daripada kamu hanya memposting foto di sosial media saja, lebih baik jualan foto online yang juga sama – sama menghasilkan.

Tertarik untuk jualan foto online tapi gak tau dimana jualannya? Tenang, berikut ini adalah rekomendasi aplikasi jualan foto online yang bisa kamu coba untuk menjual foto hasil karya kamu.

10 Rekomendasi Aplikasi untuk berjualan foto online

1. Shutterstock.com

Aplikasi jualan foto online yang pertama adalah shutterstock.com. Siapa yang tak kenal dengan platform ini? Semua jenis karya foto ada disini, bahkan kamu bisa mendownloadnya secara free dan ada pula yang berbayar.

Biasanya karya dalam shutterstock meliputi foto, ilustrasi, video, vektor hingga musik.

Untuk memulai jualan foto online di shutterstock, kamu bisa mendaftar terlebih dahulu dan membuat akunnya.

Setelah itu kamu bisa mulai memposting foto – foto yang kamu akan jual, biasanya kamu akan dibayar sesuai paket yang kamu pilih dan jenis lisensi yang kamu miliki.

Penghasilan kamu akan semakin bertambah jika banyak yang mengunduh foto yang kamu unggah.

Namun, untuk mendapatkan pembayaran pertama, kamu harus mengumpulkan 35 dollar terlebih dahulu, baru setelah itu kamu bisa mendapatkan hasilnya yang akan dikirim setiap bulannya.

2. Alamy

situs jualan foto online berikutnya adalah Alamy. Di situs ini kamu bisa jualan foto online dari keseharian kamu hingga foto yang lebih spesifik seperti landscape pemandangan atau gedung.

Dilansir dari website resminya, saat ini ada lebih dari 348 juta stock foto, panorama 360 derajat, vektor dan video. Bahkan dalam sebulannya Alamy bisa membayar lebih dari 1 juta dollar kepada kontributor yang telah menjual hasil karyanya di situs mereka.

Kamu bisa memanfaatkan situs Alamy untuk jualan foto online dan mendapatkan penghasilan per bulannya.

3. Adobe Stock

Salah satu produk adobe yang bisa kamu manfaatkan untuk jualan foto online adalah adobe stock.

Di situs ini kamu bisa menggunggah hasil foto yang kamu jepretatau bahkan hasil editan foto yang menarik menggunakan produk adobe lainnya seperti lightroom.

Selain jualan foto online, di adobe stock kamu juga bisa editing foto secara langsung di situs tersebut lho, semakin praktis bukan jualan foto onlinenya karena disediakn fitur tanpa harus download aplikasi.

4. Getty Images

Getty images sedikit berbeda dengan situs jualan foto online lainnya, karena kamu bisa jualan foto online secara eksklusif. Misalnya kamu menjual foto dengan kualitas tinggi. Biasanya getty images digunakan oleh fotografer professional, sehingga untuk mendaftar menjadi kontributornya pun seleksinya lumayan ketat dibandingkan situs jualan foto online lainnya.

Namun, jika karya kamu bagus dan punya nilai seni tinggi, tak usah khawatir untuk bergabung dengan getty images, bayarannya juga mahal lho bahkan lebih besar dari platform lainnya.

5. iStockphoto.com

Hobi fotografi? Jualan foto online aja dan dapatkan pundi – pundi rupiah, kamu bisa mulai dengan menggunakan aplikasi atau situs istockphoto.com.

Namun untuk menjadi bagian kontributor istockphoto, kamu perlu mendaftar di getty images, karena istockphoto merupakan bagian dari getty images.

Cara jualan foto online di istockphoto cukup mudah, kamu tinggal kirimkan foto melalui google drive dan dropbox, setelah itu akan dikurasi oleh editor dari istock sebelum di jual kepada pelanggan.

6. Etsy

Platform jualan foto online yang paling mudah untuk diakses adalah Etsy. Platform ini cocok untuk pemula dalam jualan foto online. Di situs ini, foto kamu bisa dilihat oleh berbagai kalangan karena pelanggannya jutaan lho.

Kerennya lagi, hanya di Etsy kamu bisa menjual karya digital sekaligus karya fisik yang sudah di cetak. Dengan begitu, jualan foto online pun akan lebih menguntungkan, bukan?

7. 500px

Situs jualan foto online yang sudah menampung jutaan fotografer di seluruh dunia. Kamu bisa menjual stok foto apapun yang kamu miliki untuk dibeli oleh pelanggan 500px.

Biasanya foto yang kamu jual dan dibeli pelanggan, digunakan untuk keperluan atau kebutuhan komersil atau editorial. Jadi jangan heran jika nantinya banyak foto – foto kamu digunakan dalam iklan.

Berbeda dengan platform jualan foto online lainnya, di 500px meskipun kamu adalah pemula dan baru mengunggah foto yang kamu jual, namun foto kamu bisa muncul di halaman pertama lho, jadi bisa bersaing langsung dengan kontributor lama yang sudah menjual banyak foto.

Kesempatan dibeli pelanggan pun menjadi lebih besar.

Nah itulah beberapa rekomendasi aplikasi jualan foto online yang bisa kamu coba untuk menambah penghasilan, bahkan bisa menjadi penghasilan utama lho.

Oke, sekarang kamu sudah tau tempat jualan foto onlinenya, tapi cara jualan agar cepat menghasilkan uang itu gimana? Simak caranya berikut ini.

Cara Jualan Foto Online Agar Menghasilkan Uang

Meskipun jualan foto online terlihat mudah, ada beberapa cara yang bisa menjadi shortcut untuk kamu menghasilkan uang hasil jualan foto online. Berikut adalah caranya;

1. Tentukan Niche Foto yang Kamu Jual

Menentukan niche itu penting lho, sehingga kamu punya pelanggan tertarget. Misalnya kamu menjual foto dengan tema landscape gedung, maka orang – orang yang menyukai gedung, institusi pemerintah atau corporate akan tertarik untuk membeli foto kamu.

2. Tentukan Aplikasi Tempat Kamu Jualan Foto Online

langkah kedua adalah pastikan kamu menentukan mau pakai aplikasi mana untuk jualan foto online hasil karya kamu, dengan memilih tempat jualan kamu bisa menjadi lebih fokus.

Apakah ingin membuka website pribadi, atau menjadi kontributor yang membuat hasil karya kamu menjadi stock foto yang bisa dibeli kapan saja oleh pengguna aplikasi jualan foto online tersebut.

3. Pastikan Kamu Memiliki Lisensi

Semua hasil karya itu akan punya hak ciptanya ketika dipublikasikan, bahkan foto yang ada di media sosial pun punya hak cipta lho.

Meskipun kamu jualan foto online tanpa fisik, tapi hukum tentang hak cipta tetap berlaku lho. Kamu harus punya legalitas agar jualan foto online kamu gak bermasalah dan aman – aman saja.

Ada beberapa lisensi atau hak cipta yang harus kamu miliki ketika jualan foto online seperti lisensi untuk penggunaan pribadi, komersial, editorial, hak eksklusif dan non eksklusif serta bebas royalti.

Nah itulah cara jualan foto online yang aman dan bisa menghasilkan uang, namun jualan foto online harus punya kesabaran ekstra ya, karena saingan kamu banyak, apalagi kontributor di setiap situs jualan foto online ini sampai puluhan ribu orang.

Jika kamu ingin sukses jualan foto online, kamu juga perlu ciri khas, agar ketika pelanggan membutuhkan foto tertentu, maka mereka akan mengingat kamu. Selamat mecoba.

(Visited 546 times, 1 visits today)
Close