Written by 12:29 pm Bisnis Online, Informasi

Print On Demand : Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya !

Print On Demand : Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya !

Bisnis percetakan atau printing dikenal sebagai salah satu bisnis yang berkembang pesat. Selain percetakan konvensional yang menggunakan metode kuno, percetakan digital juga semakin bermunculan. Masing-masing sudah mempunyai pangsa pasar tersendiri. Salah satunya kehadiran bisnis print on demand.

Bisnis print on demand merupakan salah satu perkembangan bisnis percetakan digital yang sudah lama muncul. Namun, agar pelayanan konsumen lebih khusus, maka hadir model usaha print on demand ini.

Apa Itu Print On Demand ?

Print on demand adalah merupakan bisnis yang menjual produk printing. Mulai dari kain, kertas, mug dan media lain yang bisa di print dengan produk bersifat custom.

Dikarenakan bisa di custom maka konsumen dapat menentukan spesifikasi produk yang ingin dibeli. Produk dari print on demand dapat langsung dibeli dalam jumlah satuan maupun partai besar.

Meskipun konsumen dapat menentukan spesifikasi produknya, namun produk yang dibuat dibatasi dalam hal tertentu. Seperti dimensi ukuran material, jenis material yang dapat diproduksi, ukuran area cetak, serta batasan lainnya dimana setiap produk bisa berbeda-beda.

Jenis Produk Print On Demand di Dropshipaja

Jenis Produk Print On Demand di Dropshipaja

Terdapat beberapa jenis produk dari bisnis print on demand yang dapat dipesan dalam jumlah kecil. Apabila Anda berminat, maka bisa memesan produk tersebut dalam jumlah satuan.

1. Kaos Custom

Kaos custom (Custom T-shirt) yang dijual dropshipaja memiliki bahan adem dan nyaman, yakni katun combed 30s. Kaos ini memiliki berbagai ukuran dan jenis lengan (pendek maupun panjang).

Menggunakan sablon polyflex yang awet dan tidak mudah rusak. Kaos ini seringkali menjadi request (permintaan) para anak muda yang ingin mempunyai kaos kreasi sendiri, baik tulisan maupun desain.

2. Casing HP Custom

Hampir semua orang yang berada di kota besar telah memegang gadget dengan berbagai ragam. Namun, case yang dijual di tempat umum rata-rata hampir sama.

Sehingga tampak sangat membosankan dan tidak memiliki daya tarik orang lain. Bisa dibandingkan dengan casing hp berdesain dan tanpa desain sama sekali.

Sementara itu, custom case bisa dibuat gambar atau desain sesuai keinginan. Custom case di Dropshipaja.com sudah ada berbagai macam tipe handphone dari yang low end sampai high end.

3. Custom Power bank

Seperti yang diketahui, kebutuhan anak zaman sekarang, yakni sangan, pangan, papan dan colokan. Manusia saat ini tidak akan bisa jauh-jauh dari gadget. Hal ini yang menyebabkan penjualan powerbank melesat tajam.

Namun, banyak yang merasa bosan dengan tampilan powerbank yang itu-itu saja. Untuk menjawab kebosanan tersebut Dropshipaja menjual produk powerbank yang bisa di custom tampilannya sesuai dengan keinginan.

4. Custom E-money

Banyak sekali pengguna e money di Indonesia saat ini untuk akses tol. Kary ini digunakan untuk membuat peminat custom e-money melesat naik.

DropshipAja juga sudah menyediakan e money dari BRI (Bank Rakyat Indonesia), BCA (Bank Central Asia), dan Mandiri. Semuanya dapat di custom sesuai keinginan dari customer sehingga memudahkan sebagai dropshipper untuk meraup keuntungan dari sini.

5. Pakaian

Bisnis pakaian sebenarnya tidak pernah ada habisnya. Umumnya, bisnis pakaian selalu mengikuti perkembangan zaman diperlukan oleh seluruh manusia.

Akan tetapi, tingkat persaingan bisnis pakaian sangatlah tinggi. Oleh sebab itu, Anda harus jeli menciptakan merek pakaian yang diinginkan konsumen. Pastikan juga menjaga kualitas dari pakaian dan harga jual kompetitif.

6. Sendal dan tas

Produk dropshipaja berikutnya adalah sepatu dan tas. Sandal diperlukan sebagai alas kaki sekaligus meningkatkan penampilan.

Sedangkan, tas diperlukan untuk menyimpan barang penting dalam satu tempat. Meskipun persaingan tinggi, cepat tanggap, pelayanan ramah, produk variatif, serta harga bersahabat menjadi kunci untuk menarik calon konsumen.

7. Custom Flash disk

Kartu Flash disk ini memiliki kapasitas 8 GB dan bisa di custom untuk perorangan, perusahaan, serta UKM (Usaha Kecil Menengah) untuk sarana promosi. Jadi sangat simple dibawa kemana-mana karena tipis dan multifungsi bisa untuk branding.

Bahkan, lebih mudah untuk menjual produk ini karena banyak sekali komunitas, perusahaan atau perorangan yang menggunakan flash disk untuk sarana promosi atau branding.

Cara Kerja Bisnis Print On Demand

Cara Kerja Bisnis Print On Demand

source : https://www.ecommerceceo.com/

Pada umumnya, bisnis Print on Demand akan dijalankan menggunakan sistem dropshipping, di mana Anda bertindak sebagai “wajah”. Hal ini berarti, semua kegiatan operasional di belakang layar seperti proses produksi, pengemasan dan pengiriman dilakukan oleh supplier.

Model bisnis Print on Demand telah memproduksi produk secara custom sesuai spesifikasi yang diminta pelanggan. Saat ini, produk dengan hasil custom menjadi incaran para pelanggan.

Hal ini karena, pelanggan bisa memilih model, ukuran, warna maupun desain produk sesuai dengan kebutuhannya. Sehingga, produk yang akan dihasilkan menjadi lebih unik.

Tentunya, produk jualannya juga harus beragam, mulai dari kaos, hoodie, mug, tas, topi, casing handphone, dan masih banyak lainnya. Misalnya saja, saat membeli kaos, Anda bisa memilih bahan, ukuran, warna dan desain gambar yang akan dicetak pada produk tersebut.

Baca juga : 30 Ide Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Yang Menjanjikan

Bagi Anda yang berminat bisnis print on demand ini, maka harus ikuti cara kerjanya. Berikut ini sudah penjelasan terkait cara kerja dari usaha print on demand adalah sebagai berikut:

1. Tentukan Niche

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu menentukan niche. Biasanya dalam dunia bisnis, untuk mendapatkan keuntungan besar, maka harus menggunakan niche yang unik.

Secara umum, niche adalah kata khusus yang ditujukan agar mencapai target marketing. Berdasarkan The Balance SMB, niche adalah salah satu bagian dari sektor pasar dengan produk dan konsumen yang lebih spesifik. Niche terbagi dalam beberapa jenis, yaitu:

  • Whole niche merupakan niche yang berhubungan dengan pembahasan luas termasuk seluruh topik.
  • Broad niche merupakan niche yang cakupan pembahasannya hanya sebagian besar dari topik yang akan dijelaskan.
  • Themed niche merupakan niche yang cakupan pembahasannya hanya pada satu topik tertentu saja.
  • Micro niche merupakan niche yang cakupan pembahasan lebih detail serta sempit.

Dengan menerapkan beberapa niche dalam website atau blog, Anda bisa memperoleh berbagai keuntungan sebagai berikut:

  • Pencarian dan pembahasan topik akan lebih fokus dan maksimal. Hal ini karena penggunaan niche yang hanya dikhususkan untuk satu topik saja.
  • Google bisa mengakui keunikan website atau blog tersebut sehingga akan masuk dalam website otoritas pencarian google.
  • Pemakaian Search Engine Optimization (SEO) bisa menjadi lebih mudah.

Apabila Anda sudah menentukan niche yang tepat untuk produk, maka dapat memulai mengembangkan produk.

2. Buat Desain Produk dan Website

Apabila Anda memiliki skill di bidang desain, maka bisa menjadi kesempatan emas untuk menonjolkan kemampuan. Anda bisa membuat desain yang lebih unik agar calon pelanggan tertarik.

Realistis saja, bisnis Print on Demand ini sangat bergantung dari desain produk yang dibuat. Apabila Anda tidak memiliki skill desain grafis, maka manfaatkan situs penyedia desain seperti Teespring, Redbubble, Design by Human dan masih banyak lainnya.

Apabila Anda sudah menentukan desain produk yang tepat, maka langkah selanjutnya membuat situs website. Hal ini akan mendukung kelancaran bisnis yang sedang dijalankan.

Sebelum itu, Anda harus bisa menentukan platform sesuai kebutuhan bisnis. Anda juga bisa memanfaatkan media sosial, seperti Instagram dan Facebook karena di sana banyak penggunanya dari berbagai kalangan. Selain itu, platform media sosial ini gratis dan dilengkapi fitur yang mudah digunakan.

3. Tentukan Supplier

Untuk kelancaran bisnis Print on Demand, Anda harus bisa memilih supplier yang tepat untuk diajak bekerja sama. Tentunya, Anda harus bisa melihat rekam jejak terlebih dahulu dalam memenuhi pesanan partner bisnisnya.

Pertimbangkan juga, apakah mereka ingin bertanggung jawab apabila ada masalah dalam proses pesanan. Hal ini sangatlah penting diperhatikan bila Anda ingin bisnis bisa berjalan dengan lancar dan bertahan dalam jangka waktu lama.

Dropshipaja merupakan supplier terbaik untuk anda yang bingung mencari supplier, kami terus berupaya agar dapat membantu para reseller mendapatkan omset impian mereka dengan menghadirkan berbagai jenis produk yang terbukti laris dipasaran, untuk bergabung anda bisa menuju dropshipaja.com.

4. Lakukan Promosi

Apabila Anda ingin bisnis berkembang, maka harus melakukan banyak promosi. Di zaman sekarang, sangat mudah dalam melakukan promosi melalui platform media sosial, hanya dengan memanfaatkannya.

Ada berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis. Berikut ini sudah ada beberapa cara untuk melakukan bisnis, antara lain:

  • Memanfaatkan media sosial untuk menjangkau seluruh target pasar yang lebih luas.
  • Bisa bergabung di grup atau komunitas sesuai dengan niche produk.
  • Menggunakan influencer untuk bisa mempromosikan bisnis. Tidak lupa untuk melihat rekam jejaknya dan value yang diberikan bisnis Anda.
  • Melakukan optimasi Search Engine Optimization (SEO) pada website agar website bisa lebih mudah ditemukan. Selain itu, Anda bisa memilih kata kunci yang pas sesuai dengan produk yang dijual.
  • Melengkapi website atau media sosial Anda dengan konten yang bermanfaat dan menarik. Konten yang menarik ini akan menjadi perhatian bagi calon pelanggan.
  • Selalu mencantumkan review positif atau feedback dari pelanggan untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan terhadap usaha Anda. Semakin banyak komentar positif dari pelanggan, maka reputasi bisnis akan makin naik.

Namun, jika ada komentar negatif dari pelanggan, maka Anda harus mengajukan permohonan maaf. Selain itu, menawarkan perbaikan pelayanan demi kepuasan pelanggan.

Layanan keluhan pelanggan ini bisa memberikan gambaran mengenai citra bisnis Anda terhadap pelanggan. Jangan sampai Anda menggunakan review palsu, karena akan berpengaruh pada reputasi bisnis di kemudian hari.

5. Memeriksa Performa Bisnis

Langkah yang terakhir untuk menjalankan bisnis Print on Demand (POD) adalah memeriksa performa bisnis. Tujuan dari performa bisnis ini untuk melakukan perbaikan apabila ada kekurangan demi kemajuan bisnis Anda.

Baca juga : 7 Tips & Cara Jualan Online Laris Di Whatsapp, Pasti Cuan !

Selain itu, agar bisnis Anda mempunyai performa yang baik sehingga tidak akan mengalami kerugian. Memeriksa performa bisnis juga bisa langsung menentukan apakah strategi marketing yang Anda gunakan selama ini tepat dan efektif untuk menarik calon pelanggan.

Anda juga harus bisa memeriksa desain produk apakah kurang menarik, tampilan website masih kurang baik, serta item produk yang perlu ditambah.

Anda juga harus konsisten dalam pengelolaannya. Pada intinya, Anda harus bisa mencari berbagai kemungkinan kesalahan demi kemajuan performa bisnis Anda.

Itu saja beberapa penjelasan mengenai bisnis print on demand yang banyak dibutuhkan masyarakat. Kehadiran pembayaran digital dan berkembangnya perusahaan ekspedisi tentunya mendukung bisnis ini.

Artikel Terkait :
(Visited 19 times, 5 visits today)
Close