Written by 3:42 am Informasi

Biaya Admin / Biaya Potongan Tokopedia Terbaru Untuk Seller

Biaya Admin Biaya Potongan Tokopedia Terbaru Untuk Seller

Baru baru ini, Tokopedia sebagai marketplace terbesar di Indonesia telah menaikkan biaya admin tokopedia per transaksi baik untuk seller maupun untuk pembeli.

Banyak penjual di bisnis online menggunakan Tokopedia sebagai platform transaksi pembelian yang memudahkan customer membeli produk mereka. Seperti pada umumnya, meskipun membuka toko di Tokopedia gratis namun ada biaya yang perlu dikeluarkan oleh seller dalam setiap transaksinya sesuai dengan kebijakan pusat yaitu Tokopedia.

Nah, biaya yang perlu dikeluarkan biasanya dipotong dari transaksi yang kamu dapatkan dan perhitungannya dihitung berdasarkan satu kali transaksi. Sehingga jika kamu mempunyai 10x transaksi, maka biaya potongan tokopedia seller menjadi lebih besar 10x lipat.

Lalu, apa sebenarnya biaya potongan atau biaya admin tokopedia seller ini? Dan apa saja jenisnya, mari kita simak bersama di artikel ini.

Kenapa Jualan Di Tokopedia Kena Potongan?

Ibarat kita menyewa lahan untuk jualan pasti ada biaya admin atau biaya layanan yang harus dikeluarkan, tujuannya biaya admin tokopedia tersebut digunakan untuk meningkatkan performa aplikasi sehingga toko kamu bisa semakin nyaman digunakan untuk berbelanja online.

Selain kenyamanan, kamu juga bisa meningkatkan penjualan toko kamu karena kamu bisa mendapatkan pelanggan dari berbagai wilayah di Indonesia.

Potongan Tokopedia seller dibagi menjadi beberapa macam tergantung kategori grup produk dan tergantung kepada jenis keanggotaan dari para seller.

Jenis – Jenis Potongan Biaya Admin Tokopedia & Penjelasannya

Berikut ini adalah beberapa  jenis potongan biaya admin tokopedia beserta penjelasannya. Potongan tokopedia seller dibagi berdasarkan kategori grup dan jenis keanggotaan yang dimiliki oleh seller. Berikut adalah jenis – jenisnya.

  1. Biaya Layanan Tokopedia Seller Regular Merchant

Seller yang memulai jualan di tokopedia termasuk kedalam kategori regular merchant. Biasanya keuntungan yang didapatkan oleh seller regular merchant adalah dibebaskan dari biaya admin tokopedia seller untuk 100 transaksi pertama yang didapatkan.

Selain itu, ada promo gratis ongkir juga yang bisa dimanfaatkan untuk menarik pelanggan baru ke toko kamu. Karena kamu termasuk ke dalam seller baru, memang diawal 100 transaksi tidak ada biaya layanan atau biaya admin tokopedia, namun setelahnya ada biaya potongan tokopedia seller. Biasanya biayanya dihitung per produk.

Ada presentase biaya admin tokopedia untuk setiap kategori produk, yaitu:

  1. 3,8% untuk seller yang menjual produk kategori 1
  2. 3% untuk yang menjual produk kategori 2
  3. 2,6% untuk produk yang dijual di kategori 3
  4. 1,6% untuk kategori 4
  5. 1% untuk produk di kategori 5

Sebagai informasi, produk kategori 1 adalah produk – produk buku, dapur, elektronik, kamera, makanan dan minuman, produk ibu dan bayi, perawatan tubuh, alat rumah tangga dan lain sebagainya, sedangkan produk kategori 2 adalah fashion anak, fashion muslim, fashion pria, kesehatan, komputer dan lain sebagainya.

Baca juga : Produk Dihapus Tokopedia, Penyebab & Cara Mengembalikannya

Kategori 3 adalah fashion wanita, kecantikan, logam mulia dan lain sebagainya. Sedangkan kategori 4 adalah fashion muslim, kecantikan dan fashion wanita. Dan kategori 5 adalah handphone, otomotif seperti mobil dan sepeda.

  1. Biaya Layanan Tokopedia Seller Power Merchant

Seller yang sudah berada di tingkat kedua disebut sebagai power merchant. Jika kamu mendapatkan title power merchant maka kamu akan mendapatkan berbagai fasilitas dan fitur penunjang jualan, kamu juga bisa mendapatkan kredibilitas tinggi.

Selain seller yang terverified dan mendapatkan badge, fasilitas lain yan bisa kamu dapatkan adalah mengupload lebih dari 5000 produk.

Nantinya jika toko kamu berjalan dengan baik dan ada peningkatan kamu bisa masuk ke power merchant pro. Namun, biaya layanan power merchant lebih besar presentasenya dibandingkan dengan reguler seller.

Berikut adalah rincian biaya power merchant yang harus dibayarkan oleh seller, yaitu:

  1. 4,5% untuk di kategori grup 1.
  2. 3,8% untuk di kategori grup 2.
  3. 3,1% untuk setiap produk di grup 3.
  4. 1,8% untuk produk di kategori grup 4.
  5. 2% untuk produk di kategori grup 5.

Nah itulah beberapa rincian biaya power merchant yang harus kamu tanggung jika memiliki title power merchant.

  1. Biaya Layanan Tokopedia Seller Power Merchant Pro

Tingkatan seller yang sudah memiliki kredibilitas tinggi adalah power merchant pro. Kamu bisa mendapatkan banyak fasilitas yang lengkap dan eksklusif.  Untuk bisa menjadi seller power merchant pro, kamu harus minimal mempunyai 3 pesanan selesai dengan pendapatan bersih sebesar 350ribu, setelah itu kamu bisa mengajukan verifikasi untuk seller power merchant pro.

Syarat lainnya kamu harus mempunyai minimal 70 poin untuk bisa mendapatkan title power merchant pro.

Kamu bisa mendapatkan biaya ongkir yang lebih ringan dibandingkan dengan yang lain, rating toko kamu juga meningkat. Kamu juga mendapatkan fitur spesial seperti pengiriman instant dan same day yang bisa memudahkan pelanggan yang ingin menerima paket pesanan lebih cepat tanpa harus menunggu 2 sampai 3 hari.

Selain itu kamu bisa mendapatkan badge dan verified yang spesial serta banyak fitur lainnya. Nah kabar baiknya, jika kamu sudah mendapatkan badge power merchant pro, biaya power merchant pro sama dengan biaya layanan power merchant, tapi kamu mendapatkan lebih banyak keuntungan dan fasilitas dibandingkan dengan tingkatan seller kedua.

Nah itulah beberapa rincian biaya admin tokopedia yang dibagi dalam berbagai kategori grup produk. Namun perlu diingat besaran biaya potongan tokopedia seller ini disesuaikan dengan banyaknya fasilitas dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Baca juga : 13 Cara Jualan Di Shopee / Tokopedia / Lazada Agar Cepat Laku

Fasilitas dan fitur lebih banyak ini bisa kamu manfaatkan untuk menunjang dan meningkatkan performa toko kamu menjadi lebih baik lagi. Semakin toko kamu kredibilitasnya tinggi, semakin besar pula potensi kamu mendapatkan penghasilan yang lebih besar lagi.

Meskipun ada biaya admin tokopedia, seller di tokopedia tetep bisa berjualan dengan keuntungan besar.

(Visited 689 times, 1 visits today)
Close