Written by 8:31 pm Informasi

Kelebihan & Kekurangan Bisnis Produk Berupa Jasa

Kelebihan & Kekurangan Bisnis Produk Berupa Jasa

Bisnis di era serba online ini membantu kamu bebas berjualan apa saja, bisa menjual produk atau menjual jasa lewat skill yang kamu miliki.

Jika kamu tidak ingin stock produk atau belum bisa berjualan barang, kamu tetap bisa menghasilkan uang dengan cara menjual produk berupa jasa.

Bisnis dengan cara menjual produk berupa jasa memang susah – susah gampang, ada kelebihan dan kekurangan produk berupa jasa yang harus kamu ketahui jika kamu ingin memulai bisnis berupa produk jasa.

Namun, sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan produk berupa jasa, ketahui terlebih dahulu apa itu bisnis produk berupa jasa.

Apa Itu Bisnis Produk Berupa Jasa ?

Bisnis produk berupa jasa adalah sebuah bisnis dengan produk yang dijual bukan berupa barang fisik melainkan berupa jasa atau layanan yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Sebagai contoh bisnis produk berupa jasa biasanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, misalnya bisnis jasa kelola sosial media.

Produk yang dijual adalah jasa mengelola sosial media pelanggan dari mulai membuat copywriting, desain sosial media, admin hingga menjadi analytic sosial media.

Baca juga : Copywriting untuk Pemula : Cara Menulis Teks yang Memikat

Untuk bisa memberikan pelayanan produk berupa jasa ini, kamu harus menguasai skill atau kemampuan tertentu yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Misalnya pelanggan membutuhkan jasa penulis maka kamu bisa membuka bisnis produk berupa jasa menulis, content writer atau copywriter dan lain sebagainya.

Nah itulah pengertian bisnis produk berupa jasa. Pada intinya untuk memulai bisnis ini kamu perlu kemampuan tertentu sesuai dengan layanan jasa yang akan kamu jual.

Namun, kamu harus mengetahui kelebihan dan kekurangan produk berupa jasa sebagai pertimbangan kamu menjalani bisnis.

Kelebihan Produk Berupa Jasa

Sebagai kelebihan, Bisnis jasa ini memang mudah dilakukan, selain itu ada beberapa Kelebihan produk berupa jasa lainnya yang harus kamu ketahui, yaitu:

1. Bisnis Jasa Gak Ada Matinya

Jika kamu ingin memulai bisnis yang gak ada matinya, maka bisnis produk berupa jasa adalah jawabannya. Layanan jasa akan selalu dibutuhkan pelanggan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sehingga bisnis produk berupa jasa ini tidak punya masa kadaluarsa sama sekali, karena manfaatnya akan terasa setelah layanan jasa dibeli oleh pelanggan.

Dan.. bisnis produk berupa jasa ini tidak akan ada kata basi karena produknya berupa pelayanan jasa.

2. Memulai Bisnis dengan Modal Minim

Memulai bisnis produk berupa jasa ini tidak akan menguras kantong kamu, karena modalnya juga minim.

Kamu hanya perlu menyiapkan skill dan kemampuan kamu sebagai alat untuk memberikan pelayanan jasa kepada pelanggan.

Selain skill, kamu bisa menyiapkan alat lain yang dibutuhkan untuk mengelola bisnis.

Kamu juga tidak harus mengeluarkan budget untuk sewa tempat, jika kamu mulai dengan single fighter kamu bisa memanfaatkan ruangan didalam rumah sedangkan jika kamu sudah membutuhkan staff kamu bisa bekerja secara work from anywhere.

baca juga : 20 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Yang Menjanjikan

3. Gak Perlu Siapin Storage Khusus

Karena bukan barang atau produk fisik, kamu tidak perlu menyiapkan tempat penyimpanan khusus seperti gudang karena kamu tidak perlu menyimpan barang jualan.

Kamu juga tidak perlu memikirkan biaya operasional yang besar, tanpa storage khusus kamu bisa menghemat biaya.

4. Tidak Ada Stok Produk

Sekali lagi, karena barang yang kamu jual bentuknya jasa atau pelayanan kamu tidak perlu stok produk. Apalagi dalam bisnis jasa ini yang menjadi prioritas adalah bagaimana membuat pelanggan puas dengan pelayanan jasa kamu.

Jika pelanggan puas maka bisnis jasa kamu pun bisa semakin berkembang.

5. Minim Resiko Kerugian

Sebagai pebisnis tentu kamu mencari keuntungan bukan? Nah dengan membuka bisnis berupa produk jasa kamu bisa mendapatkan keuntungan yang potensinya besar tergantung kepada layanan yang kamu berikan.

Namun, kamu juga memiliki resiko kerugian dengan menjalankan bisnis produk jasa ini.

Resiko kerugian yang bisa kamu dapatkan minim dibandingkan jenis bisnis lainnya, karena kamu bekerja ketika ada permintaan dari pelanggan, namun kamu harus pintar – pintar menghadapi pelanggan. Jangan sampai kamu mengerjakan project tapi pelanggan kabur tanpa bayar.

Pastikan kamu mendapatkan pembayaran di awal sebelum memulai mengerjakan permintaan dari pelanggan.

Nah itulah kelebihan produk berupa jasa yang bisa jadi pertimbangan kamu jika ingin memulai bisnis ini. Kebanyakan bisnis jasa ini menguntungkan bahkan keuntungannya bisa dimulai dari 50 ribu hingga jutaan rupiah dalam sekali project.

Kekurangan Produk Berupa Jasa

Dibalik kelebihan, tentu ada kekurangan produk berupa jasa, berikut adalah kekurangannya:

1. Susah Mendapatkan Klien Pertama

Sebagai pemula dalam menjalankan bisnis produk berupa jasa ini kamu mungkin akan mengalami kesulitan dalam mendapatkan pelanggan pertama, alasannya karena kamu belum memiliki portofolio yang cukup untuk menggaet mereka.

Percayalah sebagai pelanggan baru, mereka belum mengetahui bagaimana kualitas layanan jasa yang kamu berikan. Oleh karena itu wajib untuk kamu menyertakan portofolio agar mudah meyakinkan pelanggan.

Selain portofolio, pastikan pelayanan kamu on time dan juga ramah untuk menjaga kepercayaan dari pelanggan.

2. Produksi Terbatas Sesuai Kesepakatan

Jika kamu berbisnis produk jasa, produksi jasa kamu mungkin terbatas, karena sesuai dengan kesepakatan kerjasama antar pelanggan.

Selain itu tidak adanya retur, jika kamu membeli produk layanan jasa maka yang kamu dapatkan adalah hasil yang sudah dikerjakan dan kesempatan revisi sesuai kesepakatan.

3. Persaingan Lumayan Ketat

Di era teknologi digital, membuka layanan jasa memang perlu waspada, karena saingan kamu ketat, bukan lagi sesama bisnis sebagai kompetitor kamu, namun produk AI juga jadi saingan kamu.

Tapi jika kamu bisa memanfaatkan teknologi AI, maka kamu bisa selangkah lebih maju dari kompetitor.

Nah itulah kelebihan dan kekurangan produk berupa jasa, jika kamu ingin memulai bisnis produk berupa jasa, kamu bisa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan produk berupa jasa agar tidak salah langkah.

(Visited 1,926 times, 2 visits today)
Close