Written by 3:49 am Informasi

Fakta Menarik & Sejarah Logo Starbucks yang Wajib Anda Tahu

Fakta Menarik & Sejarah Logo Starbucks yang Wajib Anda Tahu

Siapa sih yang tak kenal starbucks? Coffee shop yang terkenal di kalangan anak muda ini punya cabang lebih dari 30,000 toko di seluruh dunia. Tapi tahukah kamu dibalik kesuksesannya ada sejarah menarik terkait logo starbucks?

Starbucks punya nama, produk, dan logo yang sangat populer dan sukses merepresentasikan kopi dengan baik, karena hal tersebut menjadi alasan kenapa starbucks mahal.

Untuk mengenal lebih jauh, mari kita jelajahi sejarah dan evolusi logo Starbucks, dari awal yang sederhana pada tahun 1971 hingga menjadi raksasa kopi global seperti sekarang ini.

Sejarah Singkat, Evolusi dan Arti Logo Starbucks dari Masa ke Masa

Sejarah singkat Starbucks

Percaya atau tidak, ternyata asal muasal manusia telah minum kopi adalah karena para gembala melihat kambing seolah menari setelah memakan sebagian tanaman coffea, dan itu bermula sejak abad ke -9. Dan kopi pertama yang dibuat adalah oleh seorang biksu yang mengambil tanaman coffea lalu membuat secangkir kopi, sampai ia bisa terjaga sepanjang malam.

Dan lucunya, mungkin kamu penggemar kopi harus berterimakasih kepada kambing karena telah membantu kamu menemukan dan bisa menikmati secangkir kopi yang nikmat.

Tapi dulu kopi tidak sepopuler sekarang, Inggris memang punya peran andil mengenalkan kopi ketika perang revolusi terjadi patriotik disana meminum kopi daripada teh.

Dan dulu, sebagian besar pengecer kopi memiliki kualitas kopi yang rendah dan disajikan kepada pelanggan dengan menggunakan kaleng.

Melihat hal itu, tiga pendiri Starbucks, Gordon Bowker, Zev Siegl, dan Jerry Baldwin ingin berbuat lebih baik. Mereka bermimpi menciptakan tempat yang aman di Seattle, tempat orang bisa datang dan menikmati kopi, teh, dan rempah-rempah. Di satu sisi, mereka merevolusi cara kita minum kopi.

Seiring berjalannya waktu, di tahun 1987 toko kopi berkualitas rendah itu akhirnya berganti menjadi Starbucks Coffee dan berkembang menjadi sangat populer hingga saat ini. Ya, Starbucks dianggap menjadi toko kopi terbesar di abad ini.

Evolusi Logo Starbucks dari Masa ke Masa

Seiring waktu berjalan, starbucks menampilkan logo dan kemasan yang menarik perhatian kamu, seperti yang kita tahu logo adalah wajah perusahaan kamu.

Memiliki logo yang mudah diingat dan dapat dikenali membantu meningkatkan loyalitas dan meningkatkan brand awareness.

Sejak perusahaan didirikan di Seattle, pemiliknya mengambil inspirasi besar dari sejarah maritim kota tersebut saat mereka mendesain logo. Logo Starbucks dulu yang benar – benar asli pada tahun 1971 berwarna hitam dan putih (dan kemudian coklat) dan menampilkan putri duyung berekor dua di dinding kedai kopi Starbucks, dilingkari dengan nama perusahaan “Starbucks: Coffee, Tea, Spices”.

Ide di balik logo tersebut adalah diyakini bahwa siren memikat para pelaut dengan suara mereka yang indah ke sebuah kapal karam di lepas pantai. Berdasarkan hal ini sebagai inspirasi, para pendiri ingin memberikan gagasan bahwa Starbucks bisa menggoda pecinta kopi layaknya siren.

Logo Starbucks saat ini minimalis dibandingkan dengan desain sebelumnya. Ini membantu mereka beriklan di situs web, mencetak logo mereka pada produk seperti cangkir kopi dan kaos, dan materi promosi lainnya.

Mari kita lihat bagaimana logo itu muncul.

1971

Logo Starbucks 1971

Pada tahun 1971 para pendiri Starbucks menginginkan nama yang tak terlupakan untuk perusahaan kopi baru mereka. Mereka telah mendengar bahwa kata-kata yang dimulai dengan “st” memikat dan mudah diingat, jadi mereka awalnya memilih “Starbo”, nama kota pertambangan yang mereka temukan di peta. Mereka kemudian memikirkan “Starbuck”.

Starbucks adalah nama salah satu karakter dari kisah maritim klasik Herman Melville, Moby-Dick. Karena mereka menjual biji kopi, teh, dan rempah-rempah dari seluruh dunia, masuk akal jika julukan mereka mengacu pada “tradisi pelayaran para pedagang kopi awal”, seperti yang dinyatakan situs web Starbucks.

Saat desainer Terry Heckler duduk untuk mendesain logo Starbucks, dia fokus pada tema bahari merek tersebut. Melalui penelitiannya, Heckler terinspirasi oleh potongan kayu Norse dari sirene dua sisi dari abad ke-16.

Dalam mitologi Yunani, sirene ini (sebagaimana mereka juga disebut) akan memikat para pelaut untuk menabrakkan kapal mereka di lepas pantai pulau-pulau kecil. Logo Starbucks akan melakukan hal yang sama, yaitu memikat pelanggan untuk membeli kopi yang enak.

Logo starbucks pertama menggunakan warna coklat kopi yang memiliki arti duniawi, stabil dan memelihara. Lambang putri duyung terlihat sepenuhnya, memegang ekornya dengan kedua tangan. Desain melingkar memungkinkan mereka memutar nama perusahaan mereka di sekitar logo starbucks, dengan kata Coffee, Tea, Spices, menggambarkan menu apa saja yang tersedia.

1987

Logo Starbucks 1987

Namun seiring waktu berjalan, perusahaan tersebut akhirnya dibeli oleh Howard Schultz, yang tidak membuang waktu untuk mendesain ulang logonya. Ini akan menjadi evolusi pertama dari logo Starbucks.

Schultz mempekerjakan Terry Heckler, seorang seniman, dan desainer untuk membantu pembuatan logo baru. Menarik inspirasi dari pelabuhan Seattle dan ingin memasukkan ide awal yang baru dan peluang baru untuk tumbuh dan sukses, Heckler membuat beberapa perubahan besar pada logo.

Putri duyung menerima makeover. Payudaranya ditutupi oleh rambutnya, dia mempertahankan mahkotanya, dan dia menjadi lebih ramping.

Warna logo starbucks diubah dari coklat menjadi hijau Kelly untuk mewakili tujuan baru perusahaan. Kata “teh” dan “bumbu” juga dihilangkan. Sebagai gantinya, mereka membuat merek kata baru, Starbucks Coffee, dengan dua bintang yang menghubungkan kata-kata tersebut.

Penggunaan dan penempatan bintang membantu logo starbucks menonjol dan mendorong identitas mereknya agar mudah diingat dan mudah dikenali.

1992

Logo Starbucks 1992

Pada tahun 1992, Starbucks mengalami perubahan desain logo starbucks ketiganya. Logo memperbesar putri duyung, menciptakan tampilan close-up yang lebih intim. Angkatan lautnya tidak lagi terlihat, dan hanya sebagian ekornya yang terlihat.

Font juga dipertajam dengan tampilan yang lebih profesional dan modern. Hasilnya adalah logo starbucks dengan tampilan dan nuansa yang lebih bersih, dengan sirene memiliki dampak dan fokus yang lebih besar.

2011

Logo Starbucks 2011

Menyadari betapa kuat dan suksesnya merek mereka, Starbucks menghilangkan banyak elemen desain yang sudah dikenal dari logonya, memberinya tampilan dan nuansa yang sangat modern, dengan gaya minimalis.

Mereka mengucapkan selamat tinggal pada tanda kata, bintang, dan cincin luar bagian logo. Logo starbucks sekarang terfokus sepenuhnya pada starbucks siren, yang diperbesar dan diberi facelift. Mata, hidung, dan rambutnya didesain ulang agar lebih simetris, dan mengembalikan warna latar belakang hijau yang ikonik.

Starbucks menjelaskan bahwa pendekatan terbaru ini memungkinkan logo starbucks untuk menarik dan terhubung dengan audiens di seluruh dunia.

Banyak sekali yang bisa kita pelajari dari evolusi logo Starbucks. Memiliki maskot yang unik dan dapat dikenali membantu mereka menciptakan kehadiran merek yang kuat, tidak hanya di Amerika tetapi juga di negara-negara di seluruh dunia.

Sejak awal, logo Starbucks mereka terhubung dengan brand mereka dengan cara sekuat mungkin. Tidak ada kopi Starbucks tanpa logo.

Lingkaran adalah bentuk teratas untuk digunakan karena mewakili perjalanan keliling dunia tanpa akhir. Selain itu, ini adalah bentuk yang mudah digunakan dalam berbagai format, baik Anda mencetaknya di cangkir kopi atau iklan cetak seperti koran dan papan reklame.

Tidak hanya itu, tetapi logo lambang memberikan kesan tradisional yang tak lekang oleh waktu, itulah sebabnya Starbucks begitu lama menjadi favorit.

Seiring dengan sirene mereka yang sekarang terkenal, memilih warna hijau cerah dan sehat sebagai warna merek utama mereka juga mempromosikan rasa kasih sayang, pengasuhan, dan kebaikan.

Logo Starbucks adalah contoh sempurna tentang seberapa efektif desain logo berjalan seiring dengan upaya identitas dan brandingnya.

Makna Tersembunyi di Balik Logo Starbucks

Seperti yang kita ketahui dari berbagai evolusi logo starbucks, terdapat makna tersembunyi yaitu lambang siren dalam logo starbucks.

Dari masa ke masa, siren tetap diambil sebagai bagian penting dalam logo, dalam mitologi yunani, siren adalah mahluk yang bisa menghipnotis pelaut dengan suaranya, dengan kata lain starbucks ingin logo siren ini menjadi daya pikat pecinta kopi sehingga mereka akan berkumpul dan membeli kopi starbucks.

Gaya Logo Starbucks dari Negara – Negara di Seluruh Dunia

Sebenarnya logo starbucks di seluruh dunia menggunakan logo aslinya, namun berbeda dengan Rusia dan Arab saudi yang mengganti logo starbucks.

Rusia

logo starbucks Rusia

Gerai starbucks kembali dibuka di Rusia, namun ada perbedaan yang signifikan dari nama hingga logonya menjadi Star Coffee, siren yang ada di dalam lingkaran logo menjadi perempuan yang menggunakan topi berbintang 2

Arab Saudi

logo starbucks arab

Arab saudi jadi salah satu negara yang membuka gerai starbucks, namun karena logo starbucks yang memperlihatkan rambut seorang wanita, akhirnya logo starbucks di Arab pun diubah, tidak ada gambar wanita yang tidak menutup aurat, tetapi hanya lambang  mahkota dengan empat bintang, dua di kanan dan dua di kiri diantara kata starbucks coffee

itulah sejarah singkat, arti dan fakta menarik tentang logo starbucks.

(Visited 5,723 times, 12 visits today)
Close