Written by 11:48 pm Informasi

Fungsi, Manfaat, Tujuan Logo Bagi Bisnis & Perusahaan

fungsi manfaat dan tujuan logo bagi perusahaan bisnis 2

Dengan banyaknya pemilik usaha baik kecil, menengah hingga atas, kamu membutuhkan sesuatu yang bisa membedakan kamu dengan yang lainnya, yaitu dengan logo sebagai identitas. Selain itu, manfaat logo juga banyak dan sangat penting ada dalam bisnis kamu.

Namun permasalahannya adalah banyak pebisnis yang bisa menghabiskan waktu waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk sebuah logo yang jadi representasi brand atau usaha kamu.

Dalam artikel ini, kamu akan mendapatkan informasi tentang apa itu logo dan apa fungsi serta manfaatnya bagi perusahaan kamu.

Apa Itu Logo Perusahaan?

apa itu logo

Logo sendiri adalah representasi visual yang muncul pada tanda perusahaan, kertas, dan iklan yang digunakan pelanggan untuk mengidentifikasi perusahaan Kamu.

Selain itu, beberapa channel pemasaran seperti sosial media, email, bahkan aplikasi chat memerlukan logo brand kamu, manfaat logo tersebut agar usaha terlihat profesional.

Sebuah logo yang baik mampu memberikan pelanggan gambaran tentang karakter dan nilai perusahaan kamu secara visual.

Ada beberapa pengertian mengenai logo, seperti :

  1. Logo adalah simbol yang terdiri dari teks dan gambar yang mengidentifikasi bisnis. Logo yang baik menunjukkan apa yang dilakukan perusahaan dan nilai brand dalam bentuk visual.
  2. logo adalah simbol dengan kombinasi teks dan gambar yang membantu pengguna atau pelanggan mengidentifikasi brand dan membedakan antar perusahaan. Logo dapat berupa tanda atau simbol dan nama perusahaan yang merupakan Merek Dagang (™) atau Hak Dilindungi (®) dari perusahaan atau organisasi.
  3. Logo perusahaan adalah simbol identitas perusahaan Kamu. Ini menciptakan kesan pertama pelanggan Kamu tentang perusahaan atau brand Kamu. Logo yang baik dapat mengirim pesan kepada pelanggan tentang nilai-nilai perusahaan, menciptakan loyalitas brand dan memberikan tampilan perusahaan yang lebih profesional.
  4. Logo adalah salah satu bagian desain grafis yang paling menantang. Hanya seorang ahli yang dapat membuat logo sempurna yang sesuai dengan kebutuhan merek dengan tetap memperhatikan aturan visual dan grafik.

Biasanya masalah seorang pebisnis yang tidak memiliki skill design adalah mendesign logo agar mampu menggambarkan perusahaannya.

Karena sebuah design logo itu adalah tentang menciptakan tanda brand visual yang sempurna untuk sebuah perusahaan. Tergantung pada jenisnya, sebuah logo biasanya terdiri dari simbol atau brandmark dan logotype, bersama dengan tagline.

Bisnis yang bagus bisa dimulai dengan logo yang bagus & tujuan menjadi brand besar yang mudah dikenali.

Logo juga bisa membuat pengguna dan pelanggan mengerti apa yang kamu lakukan dan layanan apa yang kamu berikan.

Logo harus berdiri sendiri dengan branding perusahaan sebagai salah satu elemen terpenting dari bisnis dan identitas perusahaan.

Logo pun memiliki beberapa jenis tergantung pemakaian dan jenis perusahaannya, berikut ini adalah jenis – jenis logo

Jenis Logo

Menurut salah satu majalah Entrepreneur, ada tiga jenis dasar logo yaitu logo yang berbasis font, ilustrasi literal, dan simbol abstrak,. Beberapa logo menggunakan kombinasi dari jenis ini. Logo berbasis font hanya terdiri dari nama perusahaan dalam font yang dipilih dengan cermat yang membuatnya menonjol.

Ilustrasi literal, seperti sepotong roti di samping nama toko roti, cukup mengirimkan pesan tentang apa yang dilakukan perusahaan tersebut, tentu kamu sudah paham manfaat logo roti tersebut bukan ?

rotistuff

source : zarla.com

Simbol abstrak, seperti swoosh Nike, brand sepatu dengan citra perusahaan yang mempromosikan gaya hidup atletis.

nike

 

Menggunakan simbol sebagai logo adalah langkah yang berisiko karena mengharuskan pelanggan berpikir apa yang sebenarnya kamu jual, sehingga kamu perlu memperkenalkan filosofi dari logo tersebut.

Oleh karena itu jika kamu memilih jenis logo hanya berbentuk simbol, kamu perlu belajar filosofi logo terlebih dahulu, agar logo brand kamu bisa merepresentasikan usaha yang kamu jalani.

Sedangkan logo berbasis font memungkinkan konsumen untuk mengenali perusahaan baru dengan nama mereka.

Dalam logo ada beberapa elemen penting yang harus kamu terapkan, seperti :

Elemen Penting Dalam Logo

5 elemen penting dalam sebuah logo

Elemen penting dalam logo mampu memberikan pemahaman yang lebih mudah dimengerti oleh pelanggan, sehingga kamu perlu menerapkan elemen – elemen berikut ini dalam logo brand kamu.

Elemen pertama adalah Kesederhanaan:

kamu perlu menjawab beberapa pertanyaan berikut ini, apakah logo akan cukup sederhana untuk dipahami sebagai identitas merek? mudah dikenali? cukup fleksibel agar sesuai dengan kebutuhan merek?

Elemen Kedua adalah Berkesan:

Apakah logo yang kamu buat memberikan kesan – kesan seperti, Apakah dapat dikenali? dan dapat dikenali pada pandangan pertama? atau detik pertama dalam pikiran pelanggan?

Elemen Ketiga adalah Keabadian:

Apakah logo akan terus dipakai dalam jangka panjang, dan akan terus seperti pertama kali dibuat, dan apakah logo akan menempel diingatan pelanggan dalam 10, 30 hingga 50 tahun yang akan datang.

Seperti contohnya Brand Indomie, Brand Aqua, Disney, apple dan lain sebagainya

Elemen keempat adalah Skalabilitas:

apakah ini akan berfungsi dengan baik di setiap konteks? apakah cukup responsif untuk dapat disesuaikan dalam berbagai ukuran tanpa kehilangan kualitas?

Elemen kelima adalah Kesesuaian:

Apakah logo yang kamu buat sudah sesuai dengan bisnis yang kamu jalani?

Itulah pengertian dan beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang logo perusahaan.

Selain itu, karena logo itu penting bagi sebuah perusahaan, ketahui yuk apa sih manfaat dan fungsi logo bagi perusahaan?

Fungsi & manfaat logo bagi perusahaan & sebuah bisnis

Fungsi & manfaat logo bagi perusahaan & sebuah bisnis

Seperti penjelasan diatas, pentingnya logo untuk brand adalah agar bisa memiliki ciri khas atau identitas tersendiri, dan membedakan brand dengan kompetitor.

Lalu apa saja fungsi dan manfaat logo bagi perusahaan?

1. Ini Menarik Perhatian

Logo harus dapat menarik perhatian, perusahaan memiliki waktu sekitar 2 detik untuk meyakinkan pelanggan potensial bahwa produk mereka layak dipertimbangkan.

Logo dapat dengan cepat menarik perhatian pelanggan dan mengkomunikasikan nilai inti perusahaan dengan cara yang menarik.

Jarak untuk bisa meyakinkan pelanggan agar tertarik itu singkat, karena pada dasarnya konsumen menilai bisnis kamu dari penampilannya.

Maka kesan pertama itu penting. Jika logo bekerja dengan baik untuk mewakili perusahaan kamu, maka perusahaan kamu akan mudah dikenali.

Contoh saja McDonalds, logo dengan simbol M yang mampu menarik perhatian pengguna, selain simple dan sederhana, simbol M dapat merepresentasikan brand dengan sangat baik.

mcdonalds icon

2. Membuat Kesan Pertama yang Kuat

Kamu memiliki satu kesempatan untuk melakukannya dengan benar.

Logo adalah pengenalan pertama perusahaan kepada konsumen. Jika dirancang dengan baik, hal itu dapat menarik minat publik dan mengundang mereka untuk mempelajari perusahaan lebih jauh; jika tidak, kamu baru saja mengasingkan pelanggan potensial dan pada dasarnya merusak bisnis yang kamu jalani sekarang.

Kesan pertama ini adalah cara kamu untuk segera mengkomunikasikan kepemilikan atas produk yang kamu jual atau niche pasar yang kamu kuasai.

3. Fondasi Identitas Brand Kamu

Branding yang sukses adalah tentang menceritakan kisah yang akan mempengaruhi emosi pelanggan secara sederhana namun dapat mudah diingat.

Baca juga : Testimoni Pelanggan – Pengertian, Manfaat & Contohnya

Dan, meskipun benar bahwa desain logo hanyalah bagian dari brand perusahaan dan berfungsi sebagai dasar untuk keseluruhan narasi di mana brand dibangun.

Warna, font, simbol, semua ini ditentukan oleh cerita yang ingin kamu ceritakan, dan logo kamu mampu jadi representasi brand yang kamu bangun.

4. Memberikan Kesan

Logo adalah simbol yang digunakan pelanggan untuk mengenali brand kamu. Idealnya, Kamu ingin orang langsung mengingat perusahaan kamu hanya dari logo saja, dan yang lebih penting bagaimana reaksi atau perasaan yang dirasakan konsumen ketika melihat logo brand kamu.

Karena logo yang bagus adalah elemen visual yang menyenangkan secara estetika, itu memicu ingatan positif tentang brand kamu.

Dan, jika kita semua jujur, beberapa audiens kamu kemungkinan besar akan melupakan nama bisnis kamu,  tetapi mereka akan segera mengaitkan logo kamu dengan ingatan mereka tentang brand kamu.

5. Membedakan kamu dengan kompetitor

Berani tampil beda dengan logo kamu, kenapa nggak?

Justru kamu akan lebih memiliki identitas dibandingkan dengan kompetitor diluar sana, dan agar pelanggan mengetahui bahwa kamu dan brand yang kamu bangun memiliki keunikan tersendiri.

Mungkin saja brand fashion banyak, tapi kenapa brand gucci atau channel yang paling diingat oleh pelanggan?

Atau mungkin kedai minuman yang menjual kopi di kota kamu ada banyak, tapi kenapa kopi kenangan dan starbuck yang jadi idolanya pelanggan?

Jika kamu ingin mendapatkan perhatian pelanggan, kamu bisa membuat logo yang berbeda, sehingga ketika kamu berjualan, atau brand kamu mulai beroperasi, maka pelanggan akan melihat perbedaan yang unik, dan membuat brand kamu berbeda dengan kompetitor.

Logo perusahaan yang dirancang dengan baik dapat mengomunikasikan segalanya mulai dari latar belakang perusahaan (profesional, santai, menyenangkan) hingga misi mereka (hiburan, efisiensi, dan inovasi) melalui ikon yang tepat atau font yang tepat.

Dengan kata lain, logo kamu adalah forum untuk menyampaikan nilai-nilai brand kamu dan menunjukkan kepada konsumen kamu jauh lebih baik daripada brand sebelah yang jadi kompetitor.

6. Menumbuhkan Loyalitas Brand

Seiring pertumbuhan brand kamu, logo akan menjadi lebih akrab bagi banyak konsumen, dan keakraban ini menciptakan persepsi bahwa kamu dapat dipercaya dan mudah diakses.

Oleh karena itu kamu harus bisa konsisten memperkenalkan ini logo brand kamu dengan nilai – nilai positif yang mewakili brand kamu.

Coba pikirkan: Saat kamu berbelanja peralatan olahraga dan tiba-tiba melihat celana olahraga dengan swoosh Nike, kamu langsung siap untuk membeli. Mengapa? Karena dengan pakaian Nike, kamu bahwa Nike adalah brand yang kamu percayai.

Dari segi kualitas bahan, harga, keunikan dan lain – lainnya, kamu jauh lebih mempercayai nike, brand yang memang sudah terkenal, dibandingkan brand – brand baru yang mungkin belum bisa pelanggan percayai.

Kepercayaan dibangun di atas logo yang dirancang dengan baik, dan loyalitas brand cepat diikuti.

Begitu mereka menyukai kamu, maka pelanggan akan secara otomatis mencari brand kamu, tanpa perlu melihat brand – brand lainnya, tentu saja logo memberikan perannya disini.

Misalnya saja jika kamu membutuhkan brand yang bisa memberikan kamu peluang usaha dengan atau tanpa modal besar menggunakan sistem dropship.

Maka kamu akan mencari brand yang menyediakan fasilitas jualan dengan sistem dropship, seperti dropshipaja, logonya simple dan mudah diingat, dropshipaja menggunakan simbol huruf D dan ada keranjang belanja yang merepresentasikan penjualan.

Begitu mereka tahu logonya, dan tahu representasi dari logo brand nya, maka mereka akan mencari brand kamu.

catatan penting disini adalah Jika kamu tidak memiliki logo (dan yang menonjol), maka kamu kehilangan kesempatan untuk membuat bisnis atau brand kamu melekat di benak audiens.

Jadi itulah beberapa hal tentang logo dan pentingnya logo untuk perusahaan, jika kamu belum memiliki dan memutuskan menggunakan logo seperti apa, semoga artikel ini bisa membantu.

(Visited 161 times, 1 visits today)
Close