Written by 12:20 am Informasi, Tips & Trik

Produk Dihapus Tokopedia, Penyebab & Cara Mengembalikannya

Produk Dihapus Tokopedia, Penyebab & Cara Mengembalikannya

Sebagai penjual online yang memanfaatkan marketplace untuk jualan, etalase produk yang dijual adalah hal yang penting.

Salah satu marketplace yang banyak digunakan oleh seller adalah tokopedia.

Tokopedia, marketplace yang udah berdiri sejak 2009 ini jadi marketplace terbesar di Indonesia dan sudah ada banyak seller yang mencari nafkah dengan berjualan online di Tokopedia.

Karena banyaknya seller yang jualan, otomatis kamu sebagai penjual disana memiliki banyak pesaing, untuk bisa unggul kamu harus memperbaiki tampilan toko.

Salah satunya adalah foto produk yang profesional unuk ditampilkan etalase toko.

Namun, meskipun foto produk sudah profesional ada saja masalah yang dialami oleh seller.

Seperti adanya produk yang tiba – tiba dihapus oleh Tokopedia yang bisa membuat penjualan dari seller terganggu.

Alasan Kenapa Produk Dihapus Tokopedia

Ada beberapa alasan kenapa produk di hapus oleh tokopedia, karena produk yang kamu jual tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku di Tokopedia.

Berikut ini adalah alasan kenapa produk kamu bisa dihapus oleh tokopedia, yaitu:

Baca juga : 13 Cara Jualan Di Shopee / Tokopedia / Lazada Agar Cepat Laku

1. Menjual Produk yang dijual IMITASI

Setiap brand memiliki hak ciptanya sendiri, seperti HAKI. Oleh karena itu, jika kamu menjual produk dengan brand yang sudah ada, baik sebagai reseller maupun penjual yang sengaja menjual brand tertentu, wajib mencantumkan nama brand. Jika tidak produk kamu dianggap sebagai produk imitasi dan melanggar HAKI

2. Deskripsi Produk Tidak Jelas

Jika deksripsi produk kamu tidak jelas bahkan terbilang kosong. Maka kemungkinan produk kamu akan dihapus oleh tokopedia

3. Foto Produk tidak sesuai standar

Jika kamu menampilkan foto produk dalam etalase toko, kamu harus membuat foto produk terlihat jelas, ada deskripsinya dan lain sebagainya. Jika tidak memenuhi standar produk kamu bisa dihapus.

4. Judul Produk Tidak Sesuai Ketentuan

Judul produk yang tidak relevan, terlalu banyak sinonim dan penamaan judul tidak sesuai akan membuat produk kamu dihapus. Oleh karena itu judul produk kamu harus dibuat sejelas mungkin.

5. Harga Tidak Wajar

Harga memang penting dicantumkan, namun jika harga terlalu murah bahkan terlalu mahal tapi tidak sesuai dengan produk yang dijual dipasaran, maka akan terindikasi penipuan, kemungkinan produk dihapus pun jauh lebih besar.

6. Salah Kategori Produk

Kamu perlu hati – hati dalam mencantumkan kategori produk, jangan sampai produk yang kamu jual salah kategori. Misalnya kamu menjual produk mie maka kategorinya harus makanan, jangan dimasukkan ke kategori handphone dan lain sebagainya.

7. Spam Produk

Jika kamu menjual produk dengan deskripsi, judul serta gambar yang sama secara berulang kali, maka tim tokopedia akan menghapus produk kamu karena dianggap sebagai produk yang dilarang serta memanipulasi produk.

Nah itulah beberapa alasan kenapa produk kamu dihapus oleh tokopedia.

Terkadang ketika kamu sudah membuat produk di tokopedia, namun ternyata ada yang keliru, kamu harus bisa menerima dan memperbaikinya.

Namun bagaimana jika kamu tidak melakukan pelanggaran, tapi pihak tokopedia menghapus produk kamu.

Baca juga : Contoh & Cara Desain Toko di Shopee/Tokopedia Agar Menarik

Cara Mengatasi / Mengembalikan Produk Yang Telah Dihapus

Jika produk kamu telah dihapus oleh tokopedia, berikut adalah cara mengatasi dan mengembalikan produk kamu agar tampil live kembali di etalase toko.

Berikut adalah cara mengatasi dan mengembalikan produk yang telah dihapus tokopedia, yaitu:

Dilansir dari website resmi tokopedia, ada 3 cara mengatasi produk yang telah dijual, seperti :

1. Jika informasi produk, seperti nama, harga, deskripsi produk dan lain sebagainya tidak sesuai. Kamu bisa mengubah informasi produk yang telah di hapus tersebut di menu Halaman akun toko, kemudian pilih produk dan klik daftar produk, setelah itu kamu pilih menu edit. Pastikan kamu mengubah informasi yang sesuai dengan syarat dan ketentuan dari tokopedia.

2. Jika kamu mendapatkan email tentang penghapudan produk dan ingin mengembalikannya kembali, kamu bis amenghubungi tim tokopedia dengan membalas email tersebut.

3. Jika toko kamu dimoderasi karena penghapusan produk, kamu bisa mengaktifkan toko kembali. Namun jika ada kendala kamu bisa menghubungi tim tokopedia untuk dibantu pengaktifan toko kembali.

Namun, jika semua syarat dan ketentuan sudah sesuai, dan produk kamu tetap dihapus, kamu bisa melaporkan ke tim tokopedia untuk mengembalikan produk yang telah dihapus.

Nah itulah beberapa solusi cara mengatasi dab mengembalikan produk yang telah dihapus oleh tokopedia.

Meskipun sedikit rumit karena beberapa kasus harus menghubungi tim tokopedia, namun kamu harus melakukannya jika ingin produk kamu kembali ke etalase toko.

Baca juga : 11 Platform Terbaik Untuk Jualan Online Terbukti Laris

Biasanya tim tokopedia akan merespon dengan cepat berbagai masalah yang kamu hadapi, sehingga tidak usah khawatir komunikasi kamu terganggu dengan tim CS tokopedia.

Sebagai catatan, untuk membuat toko kamu aman dan produk kamu juga aman, pastikan kamu mengikuti aturan dan kebijakan dari tokopedia, jangan sampai produk kamu dihapus karena pelanggaran yang sepele namun berakibat fatal pada penjualan kamu yang menurun.

(Visited 390 times, 4 visits today)
Close