Written by 7:44 am Bisnis Online, Informasi

Jualan Jasa Online Yang Menguntungkan Untuk Pemula

Jualan Jasa Online Yang Menguntungkan Untuk Pemula

Di tahun 2022, apa sih jualan jasa online yang menguntungkan? ternyata jawabannya lumayan banyak lho. Apalagi jika kamu punya skill yang bisa dijual, seperti menulis, desain grafis atau skill yang memang banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan.

Lalu apa saja jualan jasa secara online yang bisa dicoba dan dipraktekkan? di artikel ini akan ada beberapa rekomendasinya khusus untuk kamu.

7 Jasa yang dapat dijual secara online & menghasilkan uang

1. Freelance Writer

Jika kamu mempunyai hobi menulis, tidak ada salahnya menjual jasa ini secara online. Beberapa perusahaan membutuhkan jasa ini untuk memenuhi strategi pemasaran, baik untuk menulis konten sosial media maupun untuk copywriting jualan.

Untuk mencoba menjual jasa ini, kamu bisa menjadi Freelancer atau pekerja lepas, yang biasanya akan dibayar setelah pekerjaan selesai. Biaya atau tarif jualan jasa menulis ini tergantung tingkat kesulitan dalam menulis dan tentu saja harus ada kesepakatan sebelum memulai pekerjaan.

Jika kamu mengerjakan tugas ini fokus dan rajin, maka kamu akan bisa mendapatkan fee yang sepadan.

2. Desain Grafis

Peluang Bisnis Sebagai Design Grafis

Sama hal nya dengan jasa menulis, cara jualan jasa online satu ini bergantung pada skill mendesign.

Saat ini banyak perusahaan yang bergelut di bisnis online membutuhkan desain grafis untuk membuat design produknya agar menarik perhatian audiens, maka usaha design grafis ini bisa kamu lakukan secara online.

Jika kamu berhasil memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan yang memesan jasa desain grafis, maka kemungkinan repeat order semakin besar.

3. Copywriter Atau Content Creator

Influencer atau Selebgram 

Copywriter dan content creator, profesi yang dicari banyak pelanggan di dunia serba online seperti sekarang. Jika kamu punya skill menulis konten yang menjual, maka jasa jualan secara online satu ini bisa kamu coba.

Biasanya copywriter dibutuhkan untuk menulis pengantar ulasan produk, menulis copywriting landing page untuk memasarkan produk. Intinya tugas copywriter adalah menulis untuk menjual, tentu saja tulisannya harus unik dan menarik untuk dibaca oleh pelanggan.

Jika usaha ini bisa kamu tekuni dengan serius, maka penghasilan dan keuntungan yang kamu dapatkan akan semakin berkembang, apalagi sekarang banyak yang sedang membutuhkan jasa copywriter maupun content creator.

4. Affiliate Marketing

Memahami Affiliate Marketing Lebih Dalam

source : nichepursuits.com

Sudah baca artikel tentang affiliate marketing?

Jika belum, usaha online satu ini cukup menguntungkan dan sedang digemari oleh masyarakat lho, karena sistemnya yang mudah.

Seorang affiliate marketer tugasnya sederhana, cukup mempromosikan produk dari brand yang ia daftarkan afiliasi, jika ada pembeli yang membeli setelah melihat promosi kamu, maka kamu akan mendapatkan komisi.

Alur sederhananya seperti ini kamu daftar afiliasi – promosikan produk dengan kode referral – dapat penjualan – kamu dapat komisi.

Agar mempermudah proses promosi, kamu harus mempunyai blog atau akun sosial media, yang bisa dipasang atau disematkan link afiliasi khusus kamu.

5. Sponsored Post

Salah satu jasa jualan secara online berikutnya adalah sponsored post, tapi untuk bisa melakukannya kamu harus punya blog atau website.

Biasanya cara kerjanya adalah kamu melakukan penulisan artikel untuk memberikan review produk atau layanan si klien, kekuatan atau hasil tergantung pada cara penulisan kamu, harus menarik sehingga memberikan gambaran produk dan menarik konsumen untuk membeli.

Kamu sebagai penulis artikel dan membuat sponsored post akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan kesepakatan awal dengan pemilik produk yang kamu promosikan.

6. Publisher Iklan

Peluang Bisnis Pemasaran dan Periklanan

Menjadi publisher iklan adalah salah satu usaha yang menguntungkan karena di jaman sekarang banyak perusahaan berlomba – lomba mengiklankan produknya agar dapat menjangkau audiens lebih luas lagi.

Kamu hanya perlu bermodalkan website atau blog yang punya trafik besar, maka kamu bisa menjadi publisher iklan bagi perusahaan yang ingin menaruh iklannya di website kamu.

Cara kerjanya mudah, pasang iklan produk di website dan blog yang kamu miliki, bisa berupa iklan baris, iklan bergambar yang penting bisa terlihat oleh pembaca agar tertarik untuk membeli produk atau jasa.

7. Penulis Buku Self Publishing

bisnis penulis skrip

Kamu senang menulis novel atau buku? Saat ini seorang penulis buku dan menerbitkan buku secara mandiri bisa menjadi hal yang menjanjikan.

Apalagi jika kamu sudah punya pengikut atau pembaca setia.

Penulis buku self publishing bisa kamu mulai dengan mencoba menuangkan tulisan kamu di wattpad, secara jangka panjang jasa ini bisa sangat menjanjikan.

Kamu juga bisa memasarkan hasil tulisan kamu di beberapa komunitas pembaca buku atau novel, sehingga bukumu bisa terjual laris ke konsumen.

Itulah beberapa jualan jasa online yang menguntungkan dan bisa kamu coba. Oh iya jika kamu butuh rekomendasi platform untuk menjual jasa online kamu baik dari dalam dan luar negri, simak informasinya dibawah ini

5 platform aplikasi jualan jasa online dalam dan luar negeri

Sribulancer

Sribulancer

Bagi kamu yang menjual jasa secara online sebagai seorang freelancer, rekomendasi website freelance terbaik yang bisa kamu coba adalah Sribulancer.

Kamu bisa menjual jasa dari berbagai bidang lho, seperti bidang copywriting, audio, video, branding, desain grafis, pemasaran, programming, iklan dan masih banyak lagi.

Ada lebih dari 27,000 freelancer yang sudah tergabung di Sribulancer. Keunggulan jika kamu menjual jasa di platform ini adalah transfer pembayarannya melalui bank lokal, kamu tidak perlu menggunakan credit card untuk bisa mendapatkan bayaran dari jasa yang kamu jual.

Freelancer Indonesia

freelancer.co.id

Freelancer Indonesia, selain menjadi tempat untuk menawarkan jasa freelance secara online, bisa juga menjadi platform outsourcing dan crowdsourcing.

Platform freelancer satu ini terbilang gratis, kamu tidak perlu membayar apapun untuk bisa menawarkan jasa yang kamu punya, tinggal buat akun menggunakan email atau facebook pribadi saja.

Setelah itu pasarkan jasa kamu, dan dapatkan orderan pertama.

Fastwork

fastwork

Fastwork adalah situs freelancer yang cukup populer di Indonesia, telah dipercaya oleh berbagai bisnis dan perusahaan.

Jika kamu ingin menjual jasa yang kamu punya, tinggal daftarkan diri sebagai freelancer, ada banyak bidang yang bisa kamu pilih dari mulai desain grafis, penulisan, translator hingga pemasaran dan masih banyak bidang lainnya.

Untuk memulai, kamu perlu membuat akun dan diverifikasi oleh tim fastwork, jika ditolak profilmu perlu diperbaiki dan verifikasi kembali untuk bisa aktif menjual dan toko virtual kamu bisa dilihat oleh klien.

Upwork

Upwork

Upwork adalah platform freelancer terbaik dan dikenal sebagai work marketplace terbesar di dunia dengan ribuan jasa yang ditawarkan.

Platform ini sudah ada di Indonesia dengan berbagai bidang jasa yang ditawarkan, kamu bisa mendaftar terlebih dahulu sebelum menjual jasa yang kamu punya.

Kelebihan dari platform ini adalah menyediakan chat individu dan grup, serta voice call yang memudahkan pekerjaan individu maupun kolaboratif berjalan dengan efektif.

Fiverr

Fiverr

Dan yang terakhir adalah Fiverr, platform yang cukup terkenal di kalangan freelancer Indonesia. Selain mengaksesnya dari website, platform ini memiliki versi aplikasi untuk mobile.

Jadi kamu bisa menjual jasa dengan mudah tanpa harus membuka laptop.

Kelebihan dari fiverr adalah kamu bisa mengikuti berbagai pelatihan secara gratis untuk mengembangkan skill kamu lho.

Nah itulah beberapa rekomendasi platform yang bisa kamu gunakan sebagai aplikasi jualan jasa online kamu. Pastikan kamu membaca syarat dan ketentuan yang berlaku di setiap platform ya agar hasil yang kamu dapatkan sesuai dengan target yang kamu inginkan.

Selamat mencoba!

(Visited 44 times, 1 visits today)
Close