Written by 6:57 pm Bisnis Online, Informasi

Dropship Adalah: Pengertian Dropshipping & Cara Kerjanya

Apa Itu Dropship, Dropshipper, Dropshipping

Saat berbicara tentang bagaimana mendapatkan uang dari internet, tentu akan muncul banyak jenis bisnis online yang bisa kamu geluti. Mulai dari barang hingga jasa , semua dapat kamu manfaatkan untuk mendulang uang hanya dengan bermodalkan internet.

Namun ada satu istilah yang mungkin sering kamu dengar yaitu dropship. Dropship adalah salah satu model bisnis online dimana anda berjualan produk secara online milik orang lain tanpa harus me-nyetok barang tersebut, tentunya dengan harga yang sudah anda naikkan.

Lantas, seperti apa cara kerja dropship dan pengertian lengkapnya ? pada artikel kali ini kita akan membahas tuntas pengertian dropship atau dropshipper, cara kerjanya, dan bagaimana untuk bisa menjadi dropshipper handal untuk menambah pemasukan atau bahkan menjadi bisnis utama anda.

Apa Itu Dropship / Dropshipper / Dropshipping ?

Apa Itu Dropship, Dropshipper, Dropshipping

Dropship adalah sebuah jenis bisnis online yang saat ini trend, awalnya bisnis ini popular di kalangan internet marketer luar negeri, namun makin kesini, jenis bisnis ini semakin popular di kalangan pebisnis online Indonesia.

Lalu reseller adalah orang yang menjual Kembali barang dari supplier, dalam hal ini andalah resellernya.

Model bisnis yang sering juga di sebut dropshipper atau dropshipping ini gampangnya anda hanya perlu jualan gambar saja, anda menawarkan orang secara online dengan memperlihatkan foto produk yang biasanya sudah disiapkan oleh para supplier. Nantinya, apabila terjadi penjualan maka anda akan melakukan pemesanan ke supplier dan supplier akan mengirimkan pesanan tersebut ke customer anda dengan nama toko anda.

Perlu anda ketahui, peran supplier disini cukup penting sebab jika supplier nya nakal atau tidak professional, bisa dipastikan bisnis anda akan hancur dan harapan untuk mendulang uang dari internet pun akan sirna. Namun jika sampai disini anda merasa kalau bakat anda bukan di bisnis dropship, maka bisa baca artikel kami yaitu ide peluang bisnis online tanpa modal yang menjanjikan.

Bagaimana Memilih Supplier Dropship Yang Tepat ?

Memilih Supplier

source : https://www.mas-software.com/

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, peran supplier sangatlah penting sebab anda 100% harus mempercayakan produk yang telah dipesan oleh customer anda, mulai dari packaging, kualitas produk, pelayanan after sales, dan lain sebagainya.

Anda tentu tidak mau jika customer anda hilang Cuma gara-gara oknum supplier yang tidak professional bukan ?

Maka dari itu, pilihlah supplier yang memenuhi beberapa kriteria berikut ini :

  • Memiliki produk yang berkualitas dan terbukti laris dipasaran
  • Memiliki pelayanan optimal, sehingga apapun kendala anda bisa segera teratasi
  • Tersedia berbagai macam pilihan kurir
  • Proses penyiapan barang hingga dikirim cepat
  • Packaging rapi
  • Adanya pelayanan after sales yang baik seperti retur jika barang rusak
  • Sudah berpengalaman bertahun – tahun melayani banyak reseller
  • Menyediakan katalog barang yang berkualitas

Jika supplier anda sudah memenuhi beberapa kriteria diatas, maka selamat anda sudah satu Langkah untuk dapat terjun ke bisnis dropship ini.

Memang pemilihan supplier bukan hal yang mudah, anda harus jatuh bangun dulu untuk bisa menemukan supplier yang tepat guna memenuhi kebutuhan bisnis dropship anda.

Namun, jika anda masih bingung dalam pemilihan supplier, cobalah menjadi reseller dropshipaja. Sebab dropshipaja sudah memenuhi semua kriteria supplier terbaik yang telah kita bahas sebelumnya dan sudah terbukti banyak sekali reseller yang terbantu bisa menghasilkan uang dari internet dengan cara dropshipping.

Cara Kerja Bisnis Dropship

Dropship Adalah: Pengertian Dropshipping & Cara Kerjanya

source : https://www.domainesia.com/

Seprti yang telah kita singgung sebelumnya, dropship adalah bisnis yang membuat anda bisa berjualan tanpa modal dan stok barang.

Dari penjelasan tersebut mungkin Sebagian dari anda sudah mengerti proses bisnis / cara kerja dropship ini. Namun bagi yang belum paham, kami akan coba jelaskan ulang secara lebih mendetail.

Alur dalam melakukan bisnis dropshipping adalah sebagai berikut :

  • Anda mencari supplier, katakanlah anda mempercayai dropshipaja sebagai supplier anda maka anda akan menjual produk – produk yang telah disediakan oleh dropshipaja.
  • Manfaatkan katalog yang ada, katalog ini berupa gambar barang yang bisa anda tawarkan kepada teman, kerabat, atau bahkan via online seperti lewat sosial media (facebook , Instagram, whatsapp, tiktok, dll) dengan harga yang sudah anda naikkan / markup.
  • Selanjutnya, buatlah orang membeli produk yang telah anda tawarkan tersebut.
  • Apabila terjadi penjualan, mintalah customer anda membayar kepada anda (harga jual yang sudah di markup tadi + ongkos kirim jika barangnya dikirim langsung kerumah customer), jangan lupa pula untuk menanyakan detail pengiriman seperti nama lengkap, alamat detail dan kontak si customer.
  • Lalu anda melakukan pesanan ke dropshipaja sesuai dengan detail yang telah diberikan oleh customer anda tadi.
  • Biarkan dropshipaja bekerja dan memproses pesanan customer anda, nantinya dropshipaja akan mengirim pesanan tersebut ke customer anda dengan nama toko anda.
  • Selamat, sampai disini anda sudah sukses berbisnis online dengan model dropship / dropshipping.

Sebenarnya tantangan terbesar anda untuk bisa menggeluti bisnis dropship adalah dalam mencari supplier dan mencari customer untuk bisa membeli produk yang anda tawarkan. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang Bagaimana Cara Menarik Pelanggan Agar Membeli Produk Kita, semoga dengan adanya artikel tentang pengertian dropship ini bisa membantu anda mendapatkan penghasilan tambahan ya, terimakasih.

Artikel Terkait :
(Visited 15 times, 2 visits today)
Close