Written by 5:46 pm Tips & Trik

8 Cara Bisnis Online Sukses, Pemula Juga Bisa Kok !

Cara Bisnis Online Sukses

Saat ini sudah banyak pengusaha yang berbisnis online semakin sukses dan membuat siapa saja tergiur mengikuti jejaknya. Untuk menjadi seperti mereka, tentunya harus memahami terlebih dahulu cara bisnis online sukses mulai dari awal hingga mendapatkan keuntungan.

Apalagi kini sudah ada media sosial, website, dan blog gratis, yang memudahkan Anda berjualan online. Oleh karena itu, bagi Anda yang berencana membuka usaha simak informasi berikut ini.

8 Cara Bisnis Online Sukses Bagi Pemula

Berbisnis online memang bukan perkara yang mudah, dibutuhkan keberanian untuk melangkah dan modal tidak sedikit. Pengorbanan yang besar dari waktu hingga tenaga dan hasil yang tidak menentu, membuat sebagian orang mundur sebelum memulai usaha.

Baca juga : Pemasaran Online dan Offline, Mana yang Lebih Baik ?

Padahal seperti yang diketahui, banyak pebisnis yang saat ini sudah besar dan memulai bisnisnya dari tempat kecil dengan modal seadanya. Memang ada banyak sekali resiko ketika awal merintis bisnis.

Namun, seiring berjalannya waktu dengan kerja keras yang tidak kenal lelah maka semuanya akan terbayarkan dengan bisnis yang mulai berkembang sampai keuntungan meningkat. Berikut ini sudah ada penjelasan mengenai cara bisnis online sukses, antara lain:

1. Miliki mindset bisnis yang Besar

Miliki mindset bisnis yang Besar

Cara bisnis online pertama adalah memiliki mindset yang besar. Jangan pernah mimpi untuk menghasilkan uang banyak dari bisnis yang dibangun sendiri, jika tidak memiliki mindset.

Ini merupakan hal pertama yang harus dimiliki seseorang bila ingin mempraktekkan cara jualan online tanpa modal. Pola pikir seorang pengusaha harus tahu bagaimana cara mendapatkan untung dari perputaran modal yang dimiliki.

Terserah apapun barang dan jasa yang akan ditawarkan, hal sederhana yang dipikirkan adalah bagaimana keuntungan menjadi berlipat dari modal awal. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh mental yang pekerja keras dan tidak manja.

2. Identifikasi masalah yang akan dihadapi pasar

Identifikasi masalah yang akan dihadapi pasar

Tujuan utama dari membangun bisnis adalah solusi bagi masalah orang yang akan jadi konsumen. Apabila dari awal Anda memahami masalah yang sedang terjadi di masyarakat dan meresponnya dengan ide bisnis, tentunya ini menjadi peluang besar untuk berkembang.

Cara bisnis online sukses selanjutnya ini, Anda harus mengamati apa yang sedang trend saat ini. Contohnya saja, bagaimana transportasi online menjadi solusi di kota besar yang tidak memungkinkan orang untuk memiliki kendaraan sendiri karena kemacetan lalu lintas.

3. Lakukan riset pasar

Lakukan riset pasar

source : sribu.com

Sebelum membangun usaha online dengan potensi pasar yang menguntungkan, Anda harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Jangan terlalu buru-buru membuka usaha online dan merasa percaya diri dengan apa yang dimiliki saat ini.

Ini bisa menjadi kesalahan jika Anda tidak melakukan riset pasar terlebih dahulu. Ada banyak sekali peluang di luar sana untuk menargetkan konsumen dengan pangsa pasar secara signifikan.

Buatlah riset tentang siapa saja yang akan menggunakan produk Anda dan bagaimana berinteraksi dengan mereka. Apabila Anda menyasar target yang lebih umum, pastinya bisa mencoba bisnis online melalui media sosial. Namun, bila ingin menargetkan konsumen yang lebih spesifik, maka Instagram bisa jadi pilihan.

4. Cari model bisnis yang tepat

model bisnis yang tepat

source : https://www.jurnal.id/

Cara bisnis online sukses selanjutnya adalah mencari model bisnis yang tepat. Dalam perkembangan teknologi saat ini, bisnis online memiliki beberapa model yang bisa dipilih sesuai kemampuan para pelaku usahanya.

Mulai dari bisnis makanan, online shop baju, bisnis rumahan, atau apa saja, intinya tetap memiliki model bisnis yang hampir sama. Beberapa model bisnis yang dijumpai saat ini adalah model dropship atau reseller.

Model bisnis dropship lebih menekankan kepada teknik marketing, di mana Anda harus mempromosikan produk tertentu tanpa harus memiliki produk tersebut. Akan tetapi, seolah-olah Anda memiliki toko yang menjual produknya.

Sedangkan reseller merupakan sebuah model bisnis konvensional dimana Anda membeli barang dari distributor dalam jumlah banyak dengan selisih harga cukup besar. Hal ini dilakukan untuk menjualnya kembali dengan harga eceran.

Kedua model bisnis ini bisa dilakukan bagi pebisnis pemula yang disesuaikan dengan kemampuan modal dan marketing. Anda bisa memilih diantara keduanya untuk bisnis online yang dijalankan sekarang.

5. Tentukan target pasar

Tentukan target pasar

source : https://projasaweb.com/

Setelah Anda melakukan pengamatan terhadap kondisi pasar saat ini, tentunya sudah memiliki target pasar spesifik. Mulai dari awal sejak Anda memutuskan untuk membuka bisnis online, target pasar harus sudah dipetakan terlebih dahulu.

Hal ini agar Anda bisa membangun brand dari toko atau produk yang akan dijual. Contohnya saja, Anda akan menjual frozen food, tentu nama produk yang diperkenalkan terhadap konsumen dan ibu rumah tangga tentu berbeda.

Baca juga : Bagaimana Cara Menarik Pelanggan Agar Membeli Produk Kita ?

6. Lakukan perbandingan harga pasar

Lakukan perbandingan harga pasar

source : techinasia.com

Semua orang pasti ingin menjual barang dengan keuntungan yang besar. Namun, pertanyaan besarnya adalah, apakah harga yang ditawarkan tidak kemahalan atau malah kemurahan untuk pasar yang ditargetkan?

Dalam mengatasi hal ini tentu Anda perlu melakukan perbandingan harga dari produk sejenis. Bandingkan terlebih dahulu dengan harga yang telah ditawarkan oleh kompetitor.

Produk yang bagus tapi overprice bisa saja membunuh bisnis Anda bahkan sebelum mengambil keuntungan. Apalagi untuk pebisnis pemula, hal ini harus dihindari.

Hanya dengan melakukan perbandingan harga, Anda tahu berapa persen keuntungan yang didapat. Jadi apabila ada potongan harga, nominalnya masih masuk akal.

7. Manfaat akun media sosial untuk promosi

Cara Bisnis Online Sukses | akun media sosial untuk promosi

source : https://ibrand.id/

Dalam membuat usaha online shop terlaris tentunya tidak mudah. Anda perlu effort lebih agar bisa sukses dan bertahan. Cara bisnis online sukses berikutnya adalah menyiapkan akun media sosial untuk kebutuhan promosi.

Dikarenakan memulai usaha online sebagai pemula berarti Anda berhubungan dengan akun media social untuk melakukan promosi, atau transaksi. Saat ini setiap akun media sosial telah diberi kebebasan untuk memasang iklan.

Bahkan, Facebook dan Instagram sudah memiliki fitur market yang bisa digunakan secara gratis oleh siapa saja. Buatlah akun media sosial untuk brand produk yang akan dijual, lalu pajang semua produk yang ditawarkan.

Baca juga : 7 Inspirasi Konten Instagram Agar Reels FYP, Terbukti Ampuh !

Tidak lupa untuk memperbarui foto produk atau memposting konten, untuk menarik perhatian konsumen agar melihat toko online milik Anda. Tidak lupa mencari tips mengenai cara bisnis online sukses di instagram dan facebook yang tepat agar referensi Anda semakin banyak.

8. Buat promosi semenarik mungkin

promosi semenarik mungkin

source : Uprint.id

Biasanya, beberapa produk terjual karena bisa menarik minat konsumen lainnya dan sesuai ekspektasi. Namun di sisi lain, sejumlah produk justru laris karena promosi yang dibuat menarik meski kualitasnya biasa saja.

Baca juga : 30 Ide Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Yang Menjanjikan

Dari sini Anda bisa menilai bahwa promosi yang baik dapat menolong produk yang awalnya dipandang sebelah mata, malah membuat kalang kabut kompetitor. Untuk urusan promosi, Anda bisa membuat tim kreatif sendiri dengan tujuan mendapatkan atensi dari target pasar.

Itu saja 8 cara bisnis online sukses untuk pemula yang bisa Anda terapkan sekarang juga. Penting juga Anda untuk mencari tahu bagaimana cara membuat surat izin usaha online agar bisnis yang dikelola semakin berkembang dan legal.

Artikel Terkait :
(Visited 10 times, 1 visits today)
Close